Ternyata tertawa terbahak-bahak diharamkan dalam Islam


Tertawa dengan suara keras adalah hal yang dimurkai Allah SWT, Rasul SAW adalah yang paling banyak tertawa, namun tertawa beliau SAW adalah tanpa suara, yaitu merupakan senyum lebar yang sangat cerah namun tidak bersuara, apalagi terbahak-bahak, sebagaimana riwayat Anas ra, bahwa seseorang berbicara membalik penafsiran dan berucap dengan ucapan-ucapan konyol yang menyebabkan tertawa keras, maka ia akan tersungkur di neraka jahannam selama 70 tahun. Dan berkata Imam Nawawi bahwa banyak tertawa adalah penyebab gelap dan kerasnya hati. (Faidhulqadir Juz 4 hal.259)

Rasul SAW membenci tertawa terbahak-bahak, sebagaimana hadits Rasul SAW bahwa, barangsiapa yang terbahak-bahak dalam shalatnya, maka ia mengulang wudhunya dan shalatnya. Maka menurut madzhab Hanafi, tertawa terbahak-bahak membatalkan wudhu. (Faidhulqadir Juz 4 hal.259)

Berkata pula Ali bin Husein ra, barangsiapa yang tertawa terbahak bahak, maka runtuhlah sebagian dari ilmunya. (Kitab Sunan Addarimiy no.583)

Dan masih banyak lagi riwayat mengenai hal ini. Dalam ilmu kedokteran : Waspadai Cidera Pada Rahang karena Tertawa Terbahak-Bahak

Rahang adalah struktur tulang yang berada di sekitar mulut dan gigi, di mana tulang tersebut akan bergerak naik dan turun di saat melakukan gerakan mengunyah.

Bagian teratas dari rahang disebut rahang atas, dan bagian terbawah disebut rahang bawah. Hanya rahang bagian bawah saja yang dapat berpindah atau bergeser. Kedua bagian rahang tersebut saling dihubungkan dengan engsel di dalam tengkorak. Engsel ini terletak di depan telinga (engsel Temporomandibular), dan merupakan sambungan otot yang kuat dari rahang tengkorak.

Keretakan atau bergesernya rahang merupakan cedera yang biasa terjadi. Bergesernya rahang dapat diartikan bahwa rahang bawah telah bergeser dari posisi awalnya (posisi normal) dan bisa terjadi hanya pada salah satu engsel saja atau dialami oleh kedua engsel tersebut (kiri dan kanan). Sedangkan patah atau retak pada rahang dapat diartikan bahwa terdapat keretakan atau patah pada tulang rahang.

Keretakan atau bergesernya rahang biasanya terjadi bila ada cedera pada wajah, seperti akibat benturan keras pada wajah karena kecelakaan motor, cedera pada saat berolahraga, jatuh dari tempat yang tinggi, bahkan hal-hal yang tanpa sadar sering kita lakukan seperti tertawa terbahak-bahak atau menguap yang terlalu lebar.

Gejala - gejala bila mengalami keretakan atau bergesernya rahang antara lain:
1. Terasa nyeri pada rahang di saat mengunyah atau mengigit
2. Rahang terasa kaku
3. Kesulitan membuka mulut dengan lebar
4. Bengkak atau terjadi perubahan yang tidak normal pada pipi atau rahang
5. Mati rasa, terutama di bagian bawah bibir
6. Wajah membengkak
7. Wajah menjadi memar
8. Kerusakan atau gangguan pada gigi

Bila mengalami gejala seperti tersebut di atas sebelum ditangani oleh dokter ahli, maka pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh diri sendiri adalah dengan menyanggah bagian rahang dengan kedua tangan (seperti menopang) dan segeralah periksa ke dokter, karena bila terlambat, akan berakibat fatal seperti tiba-tiba mulut tidak bisa dikatupkan lagi atau dibuka kembali. Nah, kalau sudah begini mau tidak mau harus segera dilakukan operasi.

Keretakan atau bergesernya rahang biasanya dapat disembuhkan atau dipulihkan kembali dengan pengobatan medis, walaupun kemungkinan cedera lagi dapat terjadi atau terulang kembali setelah masa pemulihan. Biasanya cedera terjadi kembali dikarenakan ada beberapa komplikasi seperti:
1. Jalannya udara tersumbat/tidak lancar
2. Pendarahan
3. Pernafasan terganggu karena ada darah atau makanan yang masuk kedalam paru-paru
4. Infeksi pada rahang atau wajah
5. Rahang bergeser kembali (kambuh)
6. Nyeri pada engsel rahang
7. Kesulitan dalam berbicara (sementara)
8. Kesulitan dalam mengunyah makanan (sementara)
9. Masalah pada gigi

WaLlahu a’lamu bishshawab

Sumber

10 komentar:

  1. Masuklah anggota Indonesia Lawak Klub, OVJ dan semua acara lawak lainnya ke neraka 70 tahun..agan ts juga soalnya blog ente ini salah satu lawakan terlucu di internet

    BalasHapus
  2. Muhammad juga nabi terlucu dalam sejarah.....
    Kecing onta sebagai obat
    Jin muslim Setan beragama islam
    allah swt tuhan yg ikut agama muhammad..
    allah swt berdoa bagi muhammad... alah swt berdoa kepada tuhan yg mana ya
    Sayap kiri lalat beracun dan sayap kanan adlh obat..
    Jin lari sambil kentut saat mendengar suara azan..
    Lebah makanannya Buah buahan..
    Surga penuh birahi dgn 72 bidadari ala muhammad...party sex surga
    Matahari terbenam di lumpur hitam....
    Setan bergelantung di bulu kemaluan kl tidak dicukur selama 40 hari..
    Petir adalah panah berapi penembak jin....
    guntur adalah suara malaikat yg bertasbih...

    Ini saja dulu sains ala muhammad...

    Alquran adalah buku Bodoh yg diciptaan orang bodoh (muhammad buta huruf) untuk orang bodoh (muslim-ah) yg rela mati bagi ideologi gila nabi arab ini...

    Ingat... allah swt itu tuhan yg tidak maha kuasa sehingga masih kalah sama setan... setan bisa menampakkan dirinya dalam wujud tuyul, pocong, genderuwo, dll, sementara tuhannya islam-allah swt sampai sekarang tidak bisa....

    BalasHapus
  3. Kpd anonim 30 maret 2014 23:02 apa anda masalah dengan allah swt ?

    BalasHapus
  4. Hey... im from singapore. I read your blog and translate using google translate. Im in indonesia now because i have a bussines in jakarta city. I love indonesian . But people like you like a junk. Cuz you so racist. Do you know? You write this article using computer and who make a first computer? They are yahudi. And who make a first handphone? They are motorolla the americans phone product. So throw out your computer and dont use handphone. Use letter to comunication. You are fucking racist and evil muslim people dont use handphone or computer because it made by non muslim people. My brother is true indonesian people specially muslim is to dumb, racist and love a dirty sex. I think i know why indonesian always poor. Love u christian , buddha and hindunisme people in indonesian. Dont fear with dumb muslim people like this writer blog. Sorry my english not good. But im good speak chinese.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cius dari s'pur om ? kok bilang jewish yahudi sih :v

      Hapus
  5. Hei kalian!
    Tau gg sih asal usul solat tu gmna?

    pada suatu hri, si mamad jlan jlan nyari perek, tpi gg tau knpa, si mamud gg dpt perek,, sesampainya di mekah ada pesta gigolo d sbuah rumah bentuknya kubus (sekarang kabah), karna udh terlanjur ngaceng gg nemuin perek, para gigolo itu pun meng gangbang si mamat di luar rumah sambil bergiliran seperti mengitari rumah itu dan menghadap kesana dgn menyodomi nya dgn gaya nungging alias doggy, pada saat di perkosa si mamad teriak ahhh, ahhh,,, dan disanalah terciptanya sholat dgn gaya doggy nya dan erangan si mamad ahh=> alahhhukabarz. setelah puas, si mamad pulang dgn senangnya sambil mnjilati peju di wajah dan sekujur tubuhnya, maka si mamud memperingatiny dgn hari ramadon, karena ketagihan, si mamad balik lagi hingga 5x dalam sehari, yg mnjadikan solat itu lima kali,,
    Nah begitu sobat, menarik ya!!!
    Makin banyak tahu makin banyak ilmu ba bay!!

    BalasHapus
  6. kebohongan inzil itu lihat debat dr,zakir naik dgn para pendeta terkenal sampai paus paulus diazak berdebat G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ berani.saksikan di youtube debat zakir naik.pendeta campbel.pastor rukni.terbukti inzil sekarang buatan manusia,hanya nabi isa yg tau inzil asli sebanarnya.ternyata org ini termaksu makluk bodoh,tdk pernah ada inzil org nasrani.inzil itu diperuntuhkan umat israel,bukan nasrani,pertnayaannya nasrani penganut apa..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. woy dodol...yg harusnya brtanya bgitu kami,,bukan elu,,muhammad sumbernya dari mana??di kasihi allah gk dia,,wong muhammad manusia biasa.sdngkan isa a.s anak allah

      Hapus
  7. Saksikan debat dr.zakir di youtube ada juga versi indonesia..hebat zakir naik.hapal isi inzil luar kepala.adakah petinggi kristen yg hapal alkitabnya sendiri,bohong kalau ada..

    BalasHapus
  8. Berarti muhammad gak pernah ketawa, pantas aja mukanya masem.
    Jangan deh bergaul ma islam, gak bisa di ajak becanda, bisanya ngomongin kabel kuning ma merah disambung kemana agar bomnya dashyat

    BalasHapus