Ternyata memadamkan lampu sebelum tidur berasal dari ajaran Islam


Rasul Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kita untuk memadamkan lampu-lampu di malam hari (ketika hendak tidur), dan setelah beberapa tahun dilakukan pengkajian ilmiah modern tentang efek cahaya terhadap manusia dan lingkungannya, maka kajian itu mengatakan: ”Sungguh benar Nabinya kaum kaum Muslimin.” Maka mematikan lampu di malam hari adalah salah satu bentuk mukjizat ilmiah Nabawiyah yang melindungi manusia dan lingkungannya dan pencemaran cahaya, yang muncul disebabkan cahaya yang berlebih, yang mengenai tubuh seseorang di malam hari.

Nabi kita yang tercinta, Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam telah memperingatkan kita tentang bahaya lampu, apabila kita membiarkannya menyala ketika kita tidur. Dan peringatan dari Nabi tersebut terdapat dalam banyak riwayat, di antaranya ada yang disebutkan alasan dari peringatan tersebut, yaitu khawatir terjadi kebakaran, dan sebagiannya lagi tidak disebutkan alasan dari perintah memadamkan lampu di malam hari, agar perintah tersebut berlaku umum, dan sebagai bentuk kasih sayang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kepada seluruh makhluk di setiap tempat dan zaman. Di antara hadits-hadts tersebut adalah sebagai berikut:

Riwayat-riwayat yang disebutkan di dalamnya alasan untuk memadamkan lampu ketika hendak tidur di malam hari.
1. Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Pada suatu malam terjadi kebakaran di salah satu rumah penduduk di Madinah (ketika penghuninya tertidur). Lalu hal itu diceritakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda:” Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian, karena itu apabila kalian hendak tidur, maka padamkanlah ia lebih dahulu.” (HR. al-Bukhari)

2. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tutuplah tempat air kalian, pintu rumah kalian, dan matikanlah lampu-lampu kalian, karena bisa jadi tikus akan menarik sumbu lampu sehingga mengakibatkan kebakaran yang menimpa para penghuni rumah.” (HR. al-Bukhari)

3. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada: “Tutuplah oleh kalian bejana-bejana, rapatkanlah tempat-tempat minuman, tutuplah pintu-pintu, dan matikanlah lampu, karena setan tak dapat membuka ikatan tempat minum, pintu, dan bejana. Jika kalian tak mendapatkan penutupnya kecuali dengan membentangkan sepotong batang kayu kecil di atas bejananya dan menyebut nama Allah, maka lakukanlah. Karena tikus dapat merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya.” (HR. Muslim)

4. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada: “Tutuplah oleh kalian pintu rumah, ikatlah kantong air tempat minuman, tutuplah bejana-bejana, dan matikanlah lampu, karena setan tak dapat membuka pintu tertutup, melepas ikatan tempat minum, dan membuka bejana. Dan sesungguhnya tikus dapat merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya.” (HR. imam Malik dalam al-Muwatha’ dan at-Tirmidzi dalam Sunan-nya dan dishahihkan oleh al-Albani rahimahumullah)

Dan masih ada lagi beberapa riwayat yang lain.

Riwayat-riwayat yang tidak disebutkan di dalamnya alasan untuk memadamkan lampu ketika hendak tidur di malam hari.
1. Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman.” (HR. al-Bukhari)

2. Dari Jabir radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada: “Apabila malam telah datang (setelah matahari tenggelam), tahanlah anak-anak kalian (dari keluar rumah), karena setan bertebaran ketika itu. Apabila telah berlalu sesaat dari waktu ‘Isya biarkanlah mereka, tutuplah pintumu, dan matikanlah lampu serta sebutlah nama Allah” (HR. Al-Bukhari)

Penjelasan Hadits
Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata di dalam Fathul Bari, menukil perkataan dari imam al-Qurthubi rahimahullah: ”Perintah dan larangan dalam hadits ini adalah bentuk bimbingan (pengarahan).” Beliau mengatakan:’ Dan mungkin juga bermakna anjuran (sunnah)’ Dan imam Nawawi rahimahullah menegaskan bahwa hal itu adalah sebagai bimbingan, karena hal itu adalah untuk kemaslahatan duniawi.’ Namun dikomentari bahwasanya hal itu terkadang dapat mendatangkan maslahat secara agama, yaitu penjagaan terhadap jiwa yang haram untuk dibunuh, dan penjagaan terhadap harta yang diharamkan untuk dihambur-hamburkan.

Dalam hadits-hadits ini disebutkan bahwa seseorang jika tidur seorang diri, dan di dalam rumahnya ada api, maka wajib bagi dia untuk memadamkannya sebelum tidur, atau melakukan sesuatu yang membuatnya aman dari kebakaran. Demikian juga kalau di dalam rumah ada sekelompok orang, maka wajib atas sebagaian mereka (memadamkannya), dan yang paling berkewajiban adalah yang paling terakhir tidur.

Pandangan Ilmuwan Modern
Para ilmuwan saat ini berbicara tentang polusi cahaya pada malam hari, serta berbicara tentang bahaya terkena cahaya yang berlebih, terutama saat tidur.

Sebuah riset ilmiyah terbaru menegaskan bahwa tetap menyalanya lampu pada saat tidur akan mempengaruhi proses biologis yang ada di dalam otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan-gangguan yang mengakibatkan kegemukan. Oleh karena itu, para ilmuwan berpesan agar kita senantiasa mematikan lampu pada malam hari dalam rangka memelihara kesehatan tubuh dan otak. Dan Subhanallah, pesan yang baru diketahui oleh para ilmuwan pada abad 21, telah disampaikan sebelumnya oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sejak 14 abad yang lalu. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam hadits shahih: “Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman.” (HR. al-Bukhari)

Wallahu a’lam.
Sumber

27 komentar:

  1. Blogger : di hadits diatas disebutkan "tikus dapat membakar rumah kalian"...ntar buat "Tikus adalah musuh Islam" donk...

    BalasHapus
  2. Islam bukan ngajarin matikan lampu, tapi:
    1. Matikan nalar dan akal budimu
    2. Matikan musuhmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah lah, tidak ada habis nya kalau berdebat seperti itu di blog, ALLAH menciptakan AL-QUR'AN itu untuk petunjuk umat manusia, bukan cuman islam, dan ilmu yang semua terapkan itu dari AL-Qur'an. termasuk orang kristen. mereka mengadopsi dari AL-QUR'AN. cuman mereka tidak mau mengakui ke Esaan ALLAH. dan Al-Qur'an itu di per untuk kan bagi manusia yang MAU BERFIKIR, kalau tidak mau berfikir ya SEPERTI HEWAN. Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.
      (QS. Shaad, 38: 29)

      Sekali-kali tidak demikian halnya. Sesungguhnya Al-Qur'an itu adalah peringatan. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia mengambil pelajaran daripadanya (Al-Qur'an). Dan mereka tidak akan mengambil pelajaran daripadanya kecuali (jika) Allah menghendakinya. Dia (Allah) adalah Tuhan Yang patut (kita) bertakwa kepada-Nya dan berhak memberi ampun.
      (QS. Al-Muddatstsir, 74: 54-56)

      Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.
      (QS. Yuusuf, 12: 111)

      Dan Kami angkut Nuh ke atas (bahtera) yang terbuat dari papan dan paku, yang berlayar dengan pemeliharaan Kami sebagai balasan bagi orang-orang yang diingkari (Nuh). Dan sesungguhnya telah Kami jadikan kapal itu sebagai pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? Maka alangkah dahsyatnya adzab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku. Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS. Al Qamar 54: 13-15)

      Hapus
  3. sy matiakn lampu sbelum tdur, karna tagihan listrik sy membengkak tiap bulan, bukan krna islam..................

    BalasHapus
  4. gk usah asal ngomong . orang kristen hanya tw islam ada lah agama pembunuh ! itu slah,tpi bnyak pembuktian bahwa para penginjil mengira islam adalah pengrusak tapi justru mereka menyerahkan diri.ny kepada allah SWT setelah mereka benar" mebdalami islam waaupun berawal dari hinaan ,mereka memasuki islam dengan dasar hati . BUKAN PAKSAAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma ngomong disini, ngomong sama anak2 dan ibu2 yang ayahnya tak bersalah meninggal karena bom yang dilakukan atas nama Islam. Jangan salahkan orang bilang agama islam teroris, para pelaku bersembunyi di balik busuknya alquran dengan ajarab djihadnya

      Hapus
  5. Haditnya aja matiin lampu supaya nggak kebakaran, beda sama penelitian ilmuan kok disangkut2in jd mukjizat.. dongolnya mimin blum sembuh tow?

    BalasHapus
  6. TERUSKAN!! TERUSKANLAH HINAAN KALIAN DENGAN ISLAM. TAPI INGAT!! KALIANLAH YANG PALING TERHINA DI AKHIRAT NANTI.. INGAT ITU..
    KALIAN BERANI MENGHINA ISLAM, KARENA PIKIRANNYA:
    ISLAM ITU MENGAJARI MEMBUNUH;
    ISLAM ITU TERORIS..
    ISLAM ITU MENGAJAR YG BUKAN2X..

    TAPI, TERUSKANLAH HINAAN KALIAN,..
    INGAT.. KALIANLAH YG SANGAT TERHINA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau gk di hina Islam memang sudah jadi Agama paling hina sejak awalnya...
      Coba kamu artikan kalimat dibawah ini...
      Buta huruf =
      Mencabuli anak anak =
      Membunuh seseorang dan merampas hartanya =
      Menipu istrinya (hafsah) kmdn mencabuli budaknya =
      Membunuh seorang suami (kinana) kmdn mencabuli istrinya (safiyah)=
      Mencabuli menantunya sendiri (zainab) =
      Membunuh seorang penyair ( um kirfa) =

      Semua poin diatas dilakuan oleh Muhammad bin Abdullah.
      Menurut NURANI kamu sebagai manusia yg mempunyai Empati, apakah seseorang dengan Perbuatan seperti diatas....
      apakah Berahlak Mulia atau seorang BAJINGAN...

      Hapus
    2. kepingin debat dengan islam lihat buku ''protocol of zion'' mereka mengaku bahwa Allah tuhan mereka (yahudi) yang pintar itu apalagi nasrani yang sombong menganggap dirinya sok pintar

      Hapus
    3. nama nya manusia bro, ya pasti ada salah. lihat aja AMERIKA yang marotitas KRISTEN, pelecehan sexual di daerah terjajah, membunuh dan yang lain, lihat semua, pencabulan anak2 bukan nya dari KRISTEN EROPA semua, FILM PORNO mereka semua orang KRISTEN bro, sudah lah jangan membalik kan fakta. itu namanya manusia, orang yang bener2 beragama tidak akan mungkin melakukan hal2 yang negativ, termasuk orang kristen yang ta'at. tidak mungkin prilaku nya menyimpang.

      Hapus
    4. uclim kalap, wkwkwkwk.................

      Hapus
  7. Tau kan? Kadang kebakaran awalnya dr arus pendek? Makanya cb kl semua lampu di matiin, insya Allah terhindar dr kebakaran.

    BalasHapus
  8. Cuihh ajaran tolol , tanpa ajaran gn jg manusia udh pasti bakalan tau klo menyalakan lampu terus menerus adalah mubajir\pemborosan krn tagihan listrik akan naik . Malu gw baca ni , umat kristen udah pada nemun alat2 kedokteran, kontruksi ,senjata , IT , pesawat terbang dll aja gk sombong , gk disar2 kan , ni jaran gk pnting tau gk , jijik baca nya ..

    BalasHapus
  9. ini blog yang sangat bagus untuk menertawakan ketololan muslim.
    di blog ini, muslim kelihatan wajah aslinya
    goyang terus miiiinn.............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar KRISTEN GOBLOK, tuhan itu bukan ketua RT, RW, WALIKOTA, PRESIDEN, tuhan itu ya tuhan, masak tuhan di angkat kayak pejabat, NABI ISA Itu diangkat ALLAH Sebagai NABI bukan TUHAN. yang MENJADIKAN YESUS TUHAN kan UMAT nya sendiri. ha ha ha ha.. dasar TOLOL BANGET..pernahkan NABI ISA minta diangkat menjadi TUHAN?

      Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen ?

      Semua pengikut Yesus pasti mengakui bahwa mereka beragama Kristen. Tetapi apakah ada di antara mereka bisa memberikan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang tertulis di dalam Alkitab bahwa Yesus beragama Kristen?
      Jika Yesus ternyata bukan beragama Kristen, lalu apa nama agama Yesus yang sebenarnya? Siapa saja yang bisa menunjukkan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang benar-benar tertulis di dalam Alkitab (Bible), pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen, Banyak umat Kristiani tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Yesus bukan beragama Kristen dan yang menamakan agama itu `Kristen’ bukan Yesus, tapi Barnabas dan Paulus (Saulus) di Antiokhia. Perhatikan ayat-ayat Alkitab dibawah ini :
      “Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Sauius; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang.

      “Di Antiokhia-lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen” (Kis 11:23-26)

      Ayat diatas membuktikan bahwa yang menamakan agama itu “Kristen’ bukan Yesus. tetapi Barnabas dan Paulus.

      Hapus
    2. Nama kristen bukan Tuhan Yesus yg berikan. Sebab agama tidak penting. Hati yg penting. Kristen cuma panggilan untuk pengikut Yesus. Yesus tak bawa agama. Tapi keselamatan. Sebb agama boleh membangkitkan permusuhan, perkauman dan politik. Panggilan kristen utk pengikut Kristus. Apabila dijadikan agama, maka ada org yg hanya menjadi kristen tapi bukan pengikut kristus.

      Hapus
  10. yang muslim sabar yaa..
    Allah bersama orang orang yang sabar
    kita doakan agar yang menghina di beri hidayah oleh Allah agar islam memasuki diri mereka.. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma bilang sabar disini, bilang sabar sama korban yang tak bersalah yang terkena bom. Kalau sudah bilang sabar sama korban, baru tak acungin jempol.

      Hapus
    2. Sabar sebab mereka tidak tau siapa yg menulis komen. Terpaksa sabar. Kalau tau, pancung lehernya.

      Hapus
    3. Sabar sebab mereka tidak tau siapa yg menulis komen. Terpaksa sabar. Kalau tau, pancung lehernya.

      Hapus
  11. sabun aja yang nemuin orang islam
    kalau gak ada islam kalian pada bauk kketek ampe sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Ente...
      Lebih tepatnya Nabi Muhammad SAW yang menemukan
      Gunanya untuk pelumas pelernya agar tidak lecet waktu di digesek2 di vagina istri2 nya.
      Iya kan :D

      Hapus
    2. Islam hanya bisa menemukan cara merakit bom...

      Hapus
  12. Min..udahlah..saya yg islam ini rasanya miris baca postingan ente..pantas aja dikatain sm agama lain kl ente nulisnya begini..ya jgn marah kl dikatain macem2..krn ente yg mancing buat dikatain.ente yg nunjukin begonya ente..bicara hny krn baru tahu sedikit ilmunya.ente belajar dulu yg byk baru tar posting yg bagus dan berita yg penting..

    BalasHapus
  13. HANYA ISLAM YANG MAMPU MENYATUKAN LOGIKA (AKAL) & HATI (IMAN)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa itu logika bagi islam? Apabila muhamad yang zalim, pembunuh, berkahwin dgn anak kecil, membunuh suami dan merampas isteri, merampas harta org lain, dianggap manusia paling sempurna hanya kerana muhamad mengatakan allah menyuruhnya berbuat demikian? Apa itu iman islam? Kebodohan mengikut sesuatu hanya kerana itu teladan nabinya?

      Hapus