Ternyata lawakan adalah musuh Islam


Seringkali dalam tontonan hiburan pelawak saling melempar hinaan, ledekan dan ejekan untuk menciptakan suasana segar. Dan mungkin kebawa dalam keseharian kita, pergaulan jadi kebawa sebagai budaya kebiasaan yang dampaknya gak sedikit dicatetan amal. Dalam acara lawakan, kadang bentuk tubuh atau raut muka pelawak yang kurang sempurna dijadikan sebagai bahan canda untuk menciptakan suasana humoris. Bahkan kondisi cacat atau kelainan orang menjadi bumbu dan komoditi lawakan, sehingga kadang sebagian pelawak meniru gaya bicara, cara berjalan, dan perilaku aneh seseorang untuk menggelitik tawa penonton. Lebih parah, terkadang simbol agama menjadi sarana pelecehan para pelawak yang hanya ingin populer.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman:
Ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkan, melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.
[Qaaf/50:17-18]

Lidah lebih tajam dari pisau, dan lebih bahaya dibandingkan dengan semua kejahatan, karena kebanyakan perbuatan jahat berawal dari mulut, atau kurang kontrol terhadap mulut. Oleh karena itu, Islam sangat perhatian terhadap bahaya lisan, dan menyuruh untuk menjaganya.

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Barang siapa yang menjaminku mampu menjaga apa yang ada di antara dua bibirnya dan di antara kakinya, maka aku akan jamin surga.
[Shahîh, diriwayatkan Imam al-Bukhâri dalam Shahîh-nya (6474) dan Imam Muhammad at-Tibrizi dalam Miskatul-Masabih, Bab: Mizah (4889)]

Di antara pertanda kebaikan Islam seseorang, ialah meninggalkan apa yang tidak penting baginya. Apalagi berbicara dusta dan bohong untuk mengundang gelak tawa manusia, maka yang demikian itu merupakan perkataan yang melebihi kesia-siaan. Seandainya mereka mengetahui akibatnya, sungguh mereka akan banyak menangis daripada tertawa.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Jika kalian mengetahui apa yang aku ketahui, maka kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis.
[Shahih, diriwayatkan Imam at-Tirmidzi dalam Sunan-nya (2313)]

Adakalanya seorang pelawak dengan seenaknya membuat guyonan yang melecehkan simbol dan syiar Islam. Bahkan pernah ada seorang pelawak dengan enteng membuat lelucon dengan ucapan “syukur (maksudnya, cukur) al-Hamdulillah” kepada temannya yang berperan sebagai tukang cukur botak sebelah. Padahal mengolok-olok agama dan menggunakan ayat-ayat al-Qur`an untuk bercanda hukumnya haram.

Karena mengolok-olok Allah atau Rasul-Nya atau Sunnah merupakan kekufuran dan riddah (keluar dari Islam). Yaitu mengeluarkan pelakunya dari keislaman, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan, dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentu mereka akan menjawab:
“Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?” Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami mema’afkan segolongan dari kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengadzab golongan (yang lain) di sebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa.
[at-Taubah/9:65-66]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
Dan di antara manusia (ada) yang mempergunakan perkataan yang tak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh adzab yang menghinakan. Dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami, (maka) dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbat di kedua telinganya, maka beri kabar gembiralah dia dengan adzab yang pedih.

Wallahu a’lam.
Sumber

21 komentar:

  1. ternyata orang teriak teriak pakai toa adalah teman muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog gila edhan...
      wkwkwkwkk.........

      Hapus
    2. kalo lawakan itu adalah musuh islam, kenapa penulis blog ini terus-terusan melawak dengan berbagai ertikel konyolnya?

      Hapus
  2. Ternyata yang sering hobi sodomi itu seorang muslim! dan pedofil adalah lulusan pesantren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngelawak gan :v

      Padahal lawakan kan musuh islam
      *LMAO

      Hapus
  3. barokah sekali antum

    BalasHapus
  4. orang ini pasti mempelajari ayatnya setengah-setengah,nggak full,alhasil salah-salahan

    BalasHapus
  5. blog ngaco pffftt

    BalasHapus
  6. Tempat yg paling pantas untuk penulisnya ini ya hidup di hutan wae.

    BalasHapus
  7. lah
    ente sendiri ngelawak min..
    liat aja banyak pembaca yang ngakak liat lawakan ente
    aduh min min...

    BalasHapus
  8. emang kadang ngelawak juga ga boleh berlebihan sih..
    ada benernya juga, terus yang ngerasa kena sama tulisannya bukannya mikir eh malah ngolok2..

    BalasHapus
  9. Wah ternyata ni blog berguna ntuk ngelawak. Sangat menghibur! Maju terus nih blog!

    BalasHapus
  10. ini adminnnya lagi ngasih contoh ngelawak pinter ya ?

    BalasHapus
  11. awkkwkw nga blh lawak tp ni blog ngelawak akkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
  12. lawakan adalah musih islam
    padahal ii blog isinya lawak semua =_=

    BalasHapus
  13. subhanalah ... bru tau saya klu lawakan adalah HARAM... Allahu Akbar...

    BalasHapus
  14. Tuhan menciptakan tawa agar kita bisa hidup bahagia di dunia. Kalo tertawa dilarang, berarti anda tidak mensyukuri nikmat yang diberikan Allah

    BalasHapus
  15. Ini membuktikan Agama islam benar ?
    Coba pikirkan lagi ?


    Gambar dan musik adalah musuh Islam = Benar ?
    (Jelas karena Karya karya lukisan dan penyanyi / pemain musik lebih berprestasi di negara negara amerika dan eropa )

    Cicak adalah musuh islam = Benar ?
    (Muslim yg baik , Jika anda memusuhi cicak itu sama saja anda membuktikan bahwa anda lebih buruk dari pada hewan tersebut )

    Anjing adalah musuh islam = Benar ?
    (ini memang sudah seharus ny di islam , krna negara negara amrik menggunakan anjing sebagai detektif utk melakukan penyelidikan)

    Russia Dan china musuh islam = Benar ?
    (Russia dan cina adalah negara dengan penduduk kristen ortodoks dan budha , jika anda memusuhi negara ini secara tidak langsung anda telah memusuhi 2 agama , Russia itu negara dengan militter setara dengan amrik jika mereka mendengar bahwa islam memusuhi mereka . Sudah bisa diramalkan kan ? )

    Uang kertas adalah musuh islam = Benar ?
    ( ini membuktikan bahwa al quran berisi hal hal yg aneh )

    Uang 10 rb musuh islam = Benar ?
    ( Ilmu cocokologi adalah tradisi islam , jadi klau ada org islam yg kehilangan 1 matany jadi bisa di usulkan bahwa itu adalah Illuminati oleh islam )

    Barcelona adalah musuh islam = benar ?
    ( Jika anda memusuhi barcelona itu artinya anda memusuhi spanyol ? , spanyol itu negara yg masuk UNI EROPA lo , jadi masuk akal lah klau muslim benci barcelona)

    Mark zuckerburg masuk islam = Benar ?
    ( 1 Berita ini sudah membuktikan bahwa Muslim memang sangat berat melihat orang orang hebat di amrik atau eropa beragama non muslim . Mereka mampu menebarkan berita hoax tanpa rasa malu . Jadi 1 saja umat islam yg terkenal di bagian barat mereka akan menyanjungnya tapi begitu banyak umat non muslim di bagian barat yg sangat berprestasi mereka menjadikan itu musuh , Great Logic For all muslim in world ..

    saya sangat bersyukur dengan Adanya blog ini , dengan demikian seluruh orang orang dapat melihat apa sih Muslim itu , Siapa musuh mereka teman mereka dan berita mereka ...

    LIHAT LAH APA YG ANDA LIHAT KARENA ANDA TIDAK DAPAT MENYEMBUNYIKAN NYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arti islam itu damai, siapa musuh siapa itu hanya politik anda saja sebagai orang yang tidak bergama mengadu domba

      Hapus
    2. Anonim 3 juli 2014 : islam itu damai, tolong bantu katakan itu ke korban bom yg ada di indonesia.....

      Hapus