Ternyata unta adalah musuh Islam


Beberapa hewan yang diserupakan dengan setan, di antaranya unta dan anjing hitam. Mengenai unta disebutkan dalam hadits Al Baro’ bin ‘Azib radhiyallahu ’anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai shalat di tempat menderumnya unta, beliau bersabda:
لَا تُصَلُّوا فِي مَبَارِكِ الْإِبِلِ ، فَإِنَّهَا مِنْ الشَّيَاطِينِ
“Janganlah shalat di tempat menderumnya unta karena ia dari setan.”
(HR. Abu Daud no. 493, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani).

Dalam lafazh Ibnu Majah disebutkan:
فَإِنَّهَا خُلِقَتْ مِنْ الشَّيَاطِينِ
“Karena ia diciptakan dari setan.”
(HR. Ibnu Majah no. 769).

Dari Hamzah bin ‘Amr Al Aslami radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
عَلَى ظَهْرِ كُلِّ بَعِيرٍ شَيْطَانٌ ، فَإِذَا رَكِبْتُمُوهَا فَسَمُّوا اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ
“Di setiap punggung unta itu ada setan. Jika kalian menungganginya, sebutlah nama Allah.”
(HR. Ahmad 2667, hasan kata Syaikh Al Albani).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan bahwa unta itu dari setan. Wallahu a’lam, yang dimaksud adalah termasuk serupa dengan setan. Karena setiap hewan yang sombong biasa disebut setan. Seperti anjing hitam disebut setan. Unta termasuk setan dari hewan ternak. Ada juga setan dari manusia.

Oleh karenanya, ketika manusia memakan daging unta, mungkin saja ia akan cenderung membangkang dan serupa dengan setan. Setan diciptakan dari api, sedangkan api dipadamkan dengan air. Sehingga karena itulah setelah memakan daging unta diperintahkan untuk berwudhu. Perlu diketahui bahwa hati manusia cenderung berubah sesuai dengan makanan yang ia santap.”

(Syarh ‘Umdatul Fiqh, 1: 185).

Begitu pula alasan lainnya, kenapa diperintahkan berwudhu setelah memakan daging unta, karena hal itu dapat memadamkan sifat setan yang jelek. Hal ini berbeda halnya ketika seseorang tidak berwudhu setelah memakannya. Dan di kalangan Arab biasa setelah memakan daging unta punya sifat pendendam. Lihat Majmu’atul Fatawa, 20: 523.

Adapun anjing hitam disebut setan karena anjing tersebut adalah sejelek-jeleknya anjing dan sedikit manfaatnya.

Wallahu waliyyut taufiq.

Sumber

26 komentar:

  1. emang setan bisa menciptakan mahluk hidup?kenapa juga unta disebut hewan yg sombong?aneh2 aja..

    BalasHapus
  2. anjing kau,unta adalah kenadaraan favorit nabi, hari raya korban yang dipotong diarab adalah unta,

    BalasHapus
  3. Anjing kao mualaf sesat!!!

    BalasHapus
  4. anjing sedikit manfaat??

    msh harus sekolah kauuuu

    BalasHapus
  5. Oalah...baru belajar yach... “Karena ia diciptakan dari setan.”..

    Ngajinya cuma baca terjemahan dan google. Bukan sama kiayi...

    BalasHapus
  6. Makanya, mending naik kuda :v
    Apa jangan jangan Kuda juga musuh Islam? gara gara dipake ma Orang Eropa?

    BalasHapus
  7. Banyak banget ya musuh islam. Agama yang damai. Damai buathokmu sempal....

    BalasHapus
  8. Sesama onta & bangsa onta dilarang saing2an :p wkwkwkwkwkwk....... kl ga ada onta ntar siapa yg nganter ke lokalisasi?

    BalasHapus
  9. loh di negara arab kan pada naik onta. pada pelihara onta, berarti setan semua donk?

    BalasHapus
  10. Hei tolol jangan seenaknya dong maen vonis onta musuh Islam, apa kau tak pernah tahu kalau Rasulallah memelihara onta, demikian juga para sahabat semua punya onta, apa kau tak pernah baca berabad lamanya saudagar Muslim bolak-balik lewat jalur sutera untuk berdagang dan berdakwah mengendarai onta? Pakai otak kalau ngomong jangan asal bunyi...ME - MA - LU - KAN...

    BalasHapus
  11. heh .. onta tuh kendaraan nabi .. masa jadi musuh islam si ...

    BalasHapus
  12. kok yang komen pada satu suara sih nggak ada yang pro ... pada kontra semua... nggak seru bangetlah... jangan plin plan bro yang konsistenlah.... adminnya kan nulis berdasarkan riset, hadits dan qur'an.... jadi bukan fitnah...

    BalasHapus
  13. semoga yang buat blog insyaf1 Januari 2014 08.50

    ya allah semoga yang nulis artikel dijauhkan dari kekeliruan dan fitnah, tapi kalo dia sengaja menyesatkan masukin aja ke neraka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doamu akan kukabulkan...

      Ttd -
      ALLAH SWT.

      Hapus
  14. Kedua jenis hewan ini sudah di"MUALAF"kan dan diberi label HALAL oleh MUA (Majelis Ulama Arab) maka sudah menjadi teman islam.

    BalasHapus
  15. hadist nya ga penuh tuh, masa onta musuh islam?? mending yg nulis blog belajar dulu

    BalasHapus
  16. Babi adalah saudara Nabi, itu sebabnya babi diharamkan, karena Nabi akan sedih apabila umatnya memakan saudara Nabi

    BalasHapus
  17. La ong sing nulis blok iku dudu islam koyo e,,,gendeng piye onta musuh islam,,,,la wong mari mulih haji setiap orang dpat hati onta,,,goblok sng ngeblok iki,,,,gk tau ngaji ceramah tok e isi ne

    BalasHapus
  18. Iya soalnya nabi muhammad tu gila g jelas islam jg g jls goblok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu Mau debat omong hayyu sekarang kamu dulu yang bertanya? silahkan mau tanya apa tentang islam kalo perlu saya kasih tau semuanya yang saya tahu

      Hapus
  19. Kalo Onta Musuh Islam Kenapa Nabi Naik,Mending tanya dulu ke ulama jangan langsung nulis,

    BalasHapus
  20. udah gak usah saling ejek, BHINEKA TUNGGAL IKA

    BalasHapus
  21. Lakum dinukum walyadin...
    Agamaku agamaku agamamu agama mu..

    BalasHapus
  22. ternyata penulis adalah urang gila

    BalasHapus