Ternyata damai adalah hasil penemuan orang Islam


Syekh Al-Azhar Al-Syarief, Dr Ahmad Al-Tayyib mengatakan, damai dan perdamaian merupakan produk peradaban Islam sejak masa permulaan (kerasulan). Oleh karenanya, hubungan antara kaum Muslim dan non-Muslim tecermin dalam satu kata kunci, yaitu mengenal pihak lain (saling mengenal). Hal tersebut karena pemikiran filsafat Islam dalam kaitannya dengan hubungan antara Muslim dan non-Muslim didasari pada 2 kenyataan (hakikat).

Pertama, kenyataan bahwa perbedaan (al-ikhtilaf) merupakan hukum alam (sunnatullah) yang ditetapkan Allah SWT. Dia menciptakan manusia dengan perbedaan warna kulit, bahasa, agama, tradisi dan tabiat. Memang seandainya Allah berkehendak, maka tidak sulit bagi-Nya menjadikan manusia sebagai satu umat yang sama dalam segala hal. Namun hal tersebut tidak dikehendaki-Nya, malahan “perbedaanlah” yang dikehendaki-Nya dan atas sebab perbedaan itulah manusia diciptakan.

Allah SWT berfirman, "Dan jika Tuhanmu menghendaki, tentu Dia jadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih, kecuali orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka." (QS. Hud: 118-119). Penggunaan isim isyarah "dzalika" pada kalimat tersebut menurut para ahli tafsir merujuk pada kata "wa la yazalu mukhtalifiin", sehingga maknanya atas sunnatullah berupa perbedaan keyakinan, pemikiran, rasa, tabiat dan kecenderungan yang terdapat pada manusia itulah maka manusia itu diciptakan.

Kedua, kenyataan bahwa manusia diciptakan dengan hukum alam untuk saling mengenal antara yang satu dengan yang lain. Dengan kata lain, manusia diciptakan untuk saling menjalin "ukhuwah insaniyah" (QS. Al-Hujurat: 13).

2 kenyataan tersebut, mau tidak mau harus dicarikan solusi dan tata kelolanya oleh manusia. Dan Rasulullah SAW telah menunjukkan melalui perjalanan hidupnya bahwa damai dan perdamaian merupakan jalan terbaik untuk mengkompromikan perbedaan dan upaya untuk saling mengenal antarmanusia.

Perhatikanlah berbagai pendekatan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam menjalankan dakwahnya di Makkah dan Madinah. Perhatikan pula berbagai perjanjian yang dibuat oleh Rasulullah SAW dengan kaum Anshar, kaum Yahudi di Madinah, dan kaum kafir Quraisy yang kesemuanya menunjukkan upaya-upaya serius menciptakan perdamaian dalam rangka mencari tata kelola yang baik demi keberlangsungan kehidupan. Perhatikan lebih detail lagi syariat peperangan dalam Islam yang tidak lain merupakan situasi pengecualian dalam rangka menghapus kezaliman, menegakkan kebenaran, menafikan kebatilan, menegakkan kedamaian, keamanan dan ketenangan, mempertahankan agama, negara, jiwa, harta, benda, kebebasan beragama dan kemanusiaan.

Allah SWT berfirman, "Diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka dizalimi. Dan sungguh, Allah Maha Kuasa menolong mereka itu, (yaitu) orang-orang yang diusir dari kampung halamannya tanpa alasan yang benar, hanya karena mereka berkata, ‘Tuhan kami ialah Allah’.”

“Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentu telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah, Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh Allah Mahakuat, Mahaperkasa."
(QS. Al-Hajj: 39-40).

Maka, jika pada saat ini terdapat sekelompok orang yang mengatasnamakan diri sebagai kelompok Islam dengan kebiasaan melakukan kekerasan, kejahatan, teror dan mengganggu ketentraman masyarakat, dapat dipastikan bahwa perbuatan mereka bertentangan dengan syariat Islam. Dan mereka perlu belajar Islam langsung melalui teks aslinya, bukan dari para ideolog-ideolog yang salah dalam memahami ajaran Islam yang damai.

Wallahu a'lam.

Sumber

13 komentar:

  1. ternyata kedamaian adalah hasil penemuan manusia..hebat,hebat.,.

    BalasHapus
  2. Abu Al-Musqlaim19 Mei 2013 06.36

    ... dan siapapun yang berani mengatakan bahwa islam bukan agama damai, akan kami bantai!!

    BalasHapus
  3. Abu Al-Musqlaim19 Mei 2013 06.36
    damai..damai slim

    BalasHapus
  4. Kami tahu Islam agama damai, daripada bantai kami, bantai saja para teroris dan pembakar gereja yang mengatasnamakan Islam !!

    BalasHapus
  5. Islam itu agama damai! Kafir Amerika itu banyak melanggar HAM! Islam tidak mengajarkan kekerasan.
    Fakta:
    Tetapi bagi siapa yang menentang Islam dan menghina Nabi Muhammad akan dihukum pancung!
    Siapa keluar Islam akan dihukum mati.
    Perang antar saudara hanya paling banyak terjadi di negara mayoritas Islam.

    Tanya kenapa?

    BalasHapus
  6. sakarep mu
    akan ada hari di mana Allah akan menampakkan wujud-Nya
    dan kalian akan menyesal
    sekarang tertawa ajaa terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan ya allah swt akan menampakkan wujudnya.. ngimpi kamu..
      nurunin wahyu aja pake calo (jibril roh jahat dari goa hira) karena tidak maha kuasa... cari tuh di quran klo semasa kenabiannya muhammad allahnya itu pernah gk meperlihatkan wujudnya sama muhammad dan didukung saksi. Allah swt telah mati saat muhammad mati karena si swt tidak lain tuhan fiktif buatan muhammad untuk memuluskan kepentingannya. Sebelum di upgrade muhammad jadi allah swt, tuhannya (berhala arab berbentuk batu bagina - hajar aswad) itu adalah sembahan bapaknya si abdullah (abdi allah) yg sampai matinya tidak pernah jadi islam (kafir) karena islam dibuat muhammad saat ayahnya sudah mati.

      Hapus
  7. Ahahahaha, huahahahaha, ihihihihi... 100 tahun kemudian: ahahahah ahahahah

    BalasHapus
  8. yg ini bikin gwe ngakak......berbeda dengan fakta di lapangan....dasar muna

    BalasHapus
  9. Yang nulis sabar aja ya, allah pasti akan membalasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah swt gak akan bisa balas karena dia tidak maha kuasa, dia cuma bisa menghasut muslim agar membela dirinya... tuhan macam apa tuh allah swt yg butuh pertolongan umatnya (jihad)...

      Nih aku ajarin MANTRA PEMANGGIL IBLIS SWT.... allah hu akbar..!! 3x
      sambil meledakkan diri dgn bom.... buktinya orang islam meneriakkan mantra itu sambil bikin rusuh, membunuh yg non islam, membakar gedung ibadah umat lain, saling tembak antara shiah dgn sunni..
      Allah hu akbar = IBLIS maha besar..

      Hapus
  10. ISLAM ITU AGAMA DAMAI SILITMU!!!!
    Semua kejadian pengeboman di Indonesia dipelopori oleh umat Islam, dan kebanyakan karena alasan "JIHAD", BERIKUT AKSI PENGEBOMAN PARA MUSLIM BIADAB PENGIKUT MUHAMAD YANG SADIS:
    1. Tanggal 28 Maret 1981 Garuda Indonesia diserang oleh teroris dibajak oleh 5 orang bersenjata yang mengaku sebagai angota Komando "JIHAD".
    2. 21 Januari 1985 aksi terorisme dengan motif “JIHAD” terjadi lagi.
    3. 1 Agustus 2000, sebuah bom meledakkan Kedubes Filipina.
    4. 27 Agustus 2000, bom kembali menimpa kedutaan. Kedutaan kali ini yang menjadi sasaran adalah Malaysia.
    5. 13 September 2000, bom kembali terjadi di Gedung Bursa Efek Jakarta
    6. 24 Desember 2000, bom ini tepat diledakkan di beberapa kota di Indonesia yang sedang merayakan malam Natal.
    7. Pada 22 Juli 2001 bom diledakkan di Gereja Santa Anna dan HKBP.
    8. Pada 23 September 2001 bom yang meledakkan kawasan Plaza Atrium Senen.
    9. Pada tanggal 12 Oktober 2001 pengeboman di restoran cepat saji KFC.
    10. Pada 6 November 2001 pengeboman terjadi di halaman sekolah AIS (Australian International School).
    11. 1 Januari 2002, bom meledak di kawasan Bulungan, Jakarta. Pada hari yang sama bom kembali meledak di berbagai gereja di Palu, Sulawesi Tengah.
    12. Pada 12 Oktober 2002, terjadinya Bom Bali, korban tewas sejumlah 202.
    13. Pada 5 Desember 2002, bom meledakkan sebuah restoran cepat saji, McDonald’s Makasar.
    14. Pada 3 Februari 2003 di lobi Bhayangkari Mabes Polri Jakarta.
    15. Pada 27 April 2003 di terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta.
    16. Pada 5 Agustus 2003 di Hotel JW Marriott.
    17. Bom Palopo yang terjadi pada 10 Januari 2004.
    18. Bom Kedubes Australia yang terjadi pada 9 September 2004.
    19. Pemboman Gereja Immanuel di Palu, Sulawesi Tengah pada 12 Desember 2004.
    20. Pada tanggal 21 Maret ada dua bom yang meledak di kota Ambon.
    21. Pada tanggal 28 Mei, ada 22 orang yang tewas dalam pemboman yang dikenal dengan Bom Tentena.
    22. Pada 8 Juni 2005, bom meledak di Pamulang.
    23. Pada tanggal 1 Oktober 2005, bom kembali mengguncang Bali. Dalam peristiwa ini, 22 orang tewas.
    24. Pada tanggal 31 Desember 2005, sebuah pasar di Palu, Sulawesi Tengah.
    25. Pada tahun 2009, dua bom diledakkan secara bersamaan di Jakarta tepatnya JW Marriott dan Ritz-Carlton.
    26. Pada 15 April 2011 polisi berhasil menggagalkan aksi pemboman terhadap Gereja Christ Cathedral.
    27. Sebuah bom bunuh diri kembali diledakkan di GBIS Kepunten, Solo, Jawa Tengah pada tanggal 19 Agustus 2012.
    Maaf kalau saya tidak memberikan info mendetail tentang serangkain pengeboman oleh para Muslim tersebut, tapi kalian bisa mencarinya di Google dengan mengetik tanggal dan tempat pengeboman. DAN BUAT PARA MUSLIM jika kalian masih tetap beranggapan ISLAM itu agama yang cinta damai, sebaiknya kalian mendaftar diri ke RUMAH SAKIT JIWA, karena otak kalian telah dicuci oleh AL-QURAN yang isinya hanya karangan MUHAMMAD.

    BalasHapus
  11. Sebelum bilang islam damai, lihat dulu kenyataannya apa yang terjadi, sesama islam aja bisa saling perang, bahkan di allah mu mengajari untuk perang, bukannya mengajari cara hidup berdampingan sesama pemeluk agama lain.
    Agama Teroris...

    BalasHapus