Ternyata orang ganteng diharamkan dalam Islam


Deportasi Pemuda karena Terlalu Ganteng
Salam, Ustad mesti sudah dengar berita orang ganteng yang dideportasi dari Saudi ke Abu Dabi. Sebenarnya semacam ini melanggar hak tidak? Karena dia ganteng kan gak salah. Kenapa harus dideportasi? Mohon tnggapannya… Trims
Dari: Imma

Jawaban:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
Bagian dari keistimewaan masyarakat kita, mudah memberikan komentar terhadap masalah yang sama sekali bukan menjadi kepentingannya. Bagi dunia pers, berita aneh adalah berita baik. Karena dengan ini, dia bisa mendapatkan rating kunjungan pembaca yang lebih tinggi. Urusan mendidik dan tidak mendidik bukan jadi soal, yang penting bisa tetap laris.

Deportasi orang tampan yang dilakukan pemerintah Saudi merupakan contoh dalam hal ini. Apa kepentingan masyarakat Indonesia dengan kebijakan ini? Sampai mereka harus gempar, bahkan memberikan komentar tanpa arah. Meskipun setidaknya ada satu pelajaran yang bisa kita tangkap dari fenomena ini, bahwa komentar masyarakat kita terhadap kasus tersebut menunjukkan bagaimana tingkat pemahaman mereka terhadap syariat Islam.

Berikut beberapa catatan yang bisa kita perhatikan terkait kasus deportasi tersebut:
Pertama, sejatinya kebijakan semacam ini pernah dilaksanakan di zaman khalifah Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu.

Suatu ketika Umar radhiyallahu ‘anhu jalan-jalan di malam hari, melaksanakan tugas sebagai khalifah. Tiba-tiba ada seorang perempuan yang memanggil-manggil nama Nashr bin Hajjaj. Dia berangan-angan untuk bertemu Nashr, sampai tidak bisa tidur. Wanita ini bersyair,

هل من سبيل إلى الخمر فأشربها ….. أو هل من سبيل إلى نصر بن الحجاج
Apakah ada jalan mendapatkan arak agar saya dapat meminumnya * * *
Atau apakah ada jalan untuk menemui Nashr bin Hajjaj.
Dia sedang mabuk kepayang, jatuh cinta dengan Nashr bin Hajjaj.

Pagi harinya, Umar mencari identitas Nashr bin Hajjaj. Ternyata dia berasal dari Bani Sulaiman. Seketika Umar radhiyallahu ‘anhu menyuruh Nasrh untuk menghadap. Ternyata Nashr bin Hajjaj ialah orang yang pandai bersyair, sangat bagus rambutnya dan sangat tampan wajahnya.

Kemudian Umar memerintahkan agar rambutnya digundul. Dia pun menggundul rambutnya. Tapi ternyata dia semakin tampan. Lantas Umar memerintahkan agar dia memakai surban. Setelah memakai surban, justru menambah ketampanananya dan menjadi hiasan baginya. Lalu Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, “Tidak akan tenang bersamaku seorang laki-laki yang dipanggil-panggil oleh perempuan.” Kemudian Umar radhiyallahu ‘anhu memberinya harta yang banyak dan dia mengutusnya ke Bashrah agar dia melakukan perdagangan yang dapat menyibukkan dirinya dari memikirkan perempuan dan menyibukkan perempuan dari dirinya.

Kisah ini disebutkan oleh sejumlah ulama. Di antaranya Syaikhul islam dalam kitab Istiqamah dan Majmu’ Fatawa, Ibnul Qoyim dalam Badai Al-Fawaid, Al-Alusi dalam Tafsirnya; Ruhul Ma’ani, dan As-Syinqithi dalam Adhwaul Bayan. Kisah ini dishahihkan Al-Hafidz Ibn Hajar dalam Al-Ishabah (6/485).

Kedua, bagi orang yang belum memahami rahasia di balik kesempurnaan syariat, akan bertanya-tanya, apa urusan Umar dengan ketampanan Nashr bin Hajjaj? Tentu saja yang dilakukan Umar bukan karena beliau iri dengan Nashr atau semata karena kurang kerjaan. Pemimpin sekelas Umar sangat jauh dari dugaan semacam ini. Untuk bisa mengerti latar belakang keputusan Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, kita perlu memahami satu kata kunci bahwa syariat islam adalah syariat yang membuka setiap jalan kebaikan dan menutup semua celah keburukan.

Jika kita perhatikan aturan syariat, kita bisa menyimpulkan bahwa syariat Islam sangat antusias untuk membuka setiap celah kebaikan dunia-akhirat dan menutup rapat setiap celah keburukan dunia-akhirat. Karena itulah, dalam urusan yang haram, Islam tidak hanya melarang yang haram saja, tapi juga melarang semua celah yang bisa mengantarkan kepada yang haram. Islam mengharamkan zina, Islam juga mengharamkan setiap celah menuju zina. Islam mengharamkan riba, Islam juga mengharamkan setiap celah menuju riba, seperti jual beli ‘inah, dst. Semangat seperti inilah yang sering dikenal oleh para ulama ushul fiqih dengan istilah Saddud Dzari’ah : menutup celah setiap jalan yang bisa memicu timbulnya perbuatan yang terlarang.

Syaikhul Islam mengatakan,
إن الشريعة جاءت بتحصيل المصالح وتكميلها وتعطيل المفاسد وتقليلها فالقليل من الخير خير من تركه ودفع بعض الشر خير من تركه كله …
“Sesungguhnya syariat datang untuk mewujudkan semua bentuk kebaikan dan menyempurnakannya, serta menghilangkan semua bentuk kerusakan dan menguranginya. Menjaga kebaikan yang sedikit, itu lebih baik dibandikangkan mengabaikannya. Mengurangi keburukan yang sedikit, itu lebih baik dari pada membiarkan semuanya.” (Majmu’ Fatawa, 15/312).

Setalah menyebutkan prinsip penting di atas, selanjutnya Syaikhul Islam menyebutkan kisah Nashr bin Hajaj bersama Umar,
ومما يدخل في هذا أن عمر بن الخطاب نفى نصر بن حجاج من المدينة ومن وطنه إلى البصرة لما سمع تشبيب النساء به..

Termasuk upaya mewujudkan semangat ini adalah sikap Umar bin Khatab yang mendeportasi Nashr bin Hajjaj dari kota asalnya Madinah ke kota Bashrah. Karena beliau mendengar beberapa wanita menyanjung-nyanjung dirinya.

Ketiga, Apakah Ini Hukuman? Jika kita perhatikan, sejatinya semacam ini bukan hukuman. Andaipun disebut hukuman, sejatinya hanya hukuman yang sangat ringan. Karena orang ini hanya dideportasi ke tempat lain, dan selanjutnya dia bisa beraktivitas sebagaimana umumnya masyarakat. Dia tetap mendapat hak kelayakan hidup. Dan kebijakan pemerintah muslim dalam hal ini adalah menjaga timbulnya peluang maksiat yang lebih besar. Sehingga tujuan sejatinya adalah sebagai pendidikan bagi umat.

Ini sebagaimana dijelaskan Syaikahul islam dalam lanjutan fatwanya,

يعاقب عليها؛ لكن كان في النساء من يفتتن به فأمر بإزالة جماله الفاتن فإن انتقاله عن وطنه مما يضعف همته وبدنه ويعلم أنه معاقب وهذا من باب التفريق بين الذين يخاف عليهم الفاحشة والعشق قبل وقوعه وليس من باب المعاقبة
Dalam kasus ini, Nashr bin Hajaj sebenarnya tidak melakukan dosa maupun perbuatan keji, sehingga dia layak dihukum. Akan tetapi mengingat ada beberapa wanita yang tergila-gila dengannya, maka beliau perintahkan untuk mengurangi kadar kegantengan pemicu fitnah. Dengan dia dideportasi dari negerinya akan mengurangi pikiran yang tidak karuan, fisiknya dan dia akan menyadari bahwa dia sedang dihukum. Semacam ini hakekatnya adalah menjauhkan orang dari kekhawatiran timbulnya perbuatan keji dan mabuk cinta, sebelum itu terjadi, dan bukan sebagai hukuman. (Majmu’ Fatawa, 15/313).

Keempat, Bukankah Ini Merugikan Satu Pihak? Kita sepakat ini akan merugikan pihak yang dideportasi. Padahal dia tidak melakukan kesalahan. Tapi harus ada yang dikorbankan demi berlangsungnya pendidikan bagi umat. Dalam kajian fikih, semacam ini termasuk bentuk mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan individu. Para ulama meletakkan kaidah,

يتحمل الضرر الخاص لدفع ضرر عام
Diambil kerugian yang lingkupnya kecil untuk menghindari kerugian yang lingkupnya umum. (Al-Wajiz fi Idhah Qawaid Al-Fiqh Al-Kuliyah, hlm. 263).

Mengorbankan hak orang yang dideportasi, itu pasti. Tapi pengorbanan ini akan lebih ringan dibandingkan kemaslahatan yang bisa dinikmati banyak orang. Setelah memahami ini, berlebihan ketika ada orang yang menggugat fenomena tersebut atas nama HAM.

Kelima, Tak Kenal maka Tak Sayang, demikian kata pepatah yang sering kita dengar. Para ulama juga menasehatkan hal yang sama,

الناس أعداء ما جهلوا
“Manusia akan menjadi musuh terhadap kebaikan yang tidak dia ketahui.”

Ketika yang dia benci tidak ada sangkut pautnya dengan ajaran Islam, mungkin masalahnya akan ringan. Namun ketika yang dibenci ajaran syariat, masalahnya menjadi runyam. Bisa dibayangkan ketika ada seorang muslim yang membenci aturan syariat agamanya karena dia tidak paham bahwa itu aturan syariat.

Apa yang dilakukan pemerintah Saudi dalam kasus ini tidak ubahnya sebagaimana keputusan Khalifah Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu. Dan itu sesuai dengan semangat yang diajarkan dalam Islam. Sayangnya, banyak muslim yang keburu buka mulut untuk komentar miring, padahal sejatinya itu sesuai dengan aturan agamanya.

Sekali lagi, hati-hati dengan komentar, karena semua akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah, Dzat yang Maha Mengetahui segalanya.

Allahu a’lam

Sumber

68 komentar:

  1. Wkwkwk kasian banget yak . Tapi kalo cewe terlalu cantik di seimpen di jadiin budak sexs ..

    BalasHapus
  2. Gan Anda juga klo tampan pasti jadi gigolo dan punya kelamin Ɣªп̥̥
    G̶̲̥̅̊
    gede hoho.

    BalasHapus
  3. bener2 alasan yg aneh .....

    BalasHapus
  4. Lhaaa.. terus.. katanya tuhan menciptakan mahkluknya dengan sempurna.. ganteng kan salah satu bentuk fisik ciptaan-Nya.. kok malah dilarang... #gagalPaham ane ma logika anda.. Sampahhh..!! Otak Onta..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk.... logika arab emang logika onta.. makanya perang terus tuh daerah.......

      Hapus
    2. mungkin di islam ganteng itu haram~

      Hapus
  5. Dilarang terlalu ganteng.. harus diikuti peraturan dilarang terlalu cantik dong.. jangan didiskriminasi.. orang ganteng dilarang.. orang cantiknya disimpen.. buat nyalurkan hasrat Sexual.. duhhh... Onta.. Onta..!!

    BalasHapus
  6. Mana nih ontanya kok kagak ada yang muncul??? :D

    BalasHapus
  7. pantesan dulu si
    mahmed milih jadi pedo... rupanya tak laku di pasaran

    BalasHapus
  8. judulnya ini sih yang terlalu provokatif, padahal isinya sama sekali ga berkaitan sama judulnya
    ngomong2 ini yang diatas kenapa anonim semua sih ? :o pada takut pake akun asli apa ? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente sndiri pake anonim gan

      Hapus
  9. astaga.... kenapa ini di lakukan dah jelas banget kok di jelaskan, supaya tidak terjadi zina...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keputusan untuk zina ato tidak itu dari orang yg liat. bukan dari orang yg ganteng. kalo ga mau zina, butain aja matanya.

      selese urusan..

      Hapus
  10. Ganteng ciptaan Tuhan..
    Kenapa diusir? D:





    Anontikus no 101

    BalasHapus
  11. Ganteng itu bawaan lahir, ciptaan Allah SWT, kok dibilang haram :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ga kalimat2 penjelasan diatas yg ada kata2 "haram"?





















      Hapus
    2. itu judulnya aja "diharamkan" :v

      Hapus
  12. akakakakakkaka ! kocak gan, gua harus lari dari indonesia. takut di kejar2 karna ganteng !

    BalasHapus
  13. katanya nabi adam adalah manusia yang sangat ganteng,jadinya dia haram dong

    BalasHapus
  14. berarti wajah nabi yusuf yang tampan itu haram ya....berarti allah yang tampan dan indah juga haram dong....?????aku bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Broh, kita tak tau allah berjenis kelamin apa. Jadi jngn sebut sembarangan broh,, Allahu a’lam

      Hapus
  15. Apakah anda seorang mualaf? Saya sarankan, pelajarilah islam dengan cerdas. Penjelasan anda bagus. TAPI tolong cari lagi apakah hadis/kisah yg anda ceritakan itu SHAHIH atau tidak. Anda harus waspada terhadap keberadaan hadis dan mushaf palsu. Harus jelas periwayatannya, tidak boleh terlalu jauh. Banyak umat kita yg terperosok ke bid'ah gara2 ini.
    Anda tidak bisa langsung membuat 'hukum fardhu ain' dengan mengatakan kalau ganteng itu haram. Memang anda siapa? Pembuat alquran? Muhammad s.a.w? Ulama? Anda harus berpikir panjang sebelum menetapkan sesuatu itu haram atau tidak.

    Saya berkata begini karena saya peduli umat saya sendiri. Saya malu kalau saudara saya sendiri sampa dipermalukan oleh orang yahudi yg pintar2 tersebut karena salah bicara. Sudah saatnya umat islam berpikir cerdas dan menguasai dunia.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali broo...yg salah judulnya itu..bisa menimbulkan penafsiran yg salah..krna ga semua orng baca penjelasannya

      Hapus
  16. terus bijimane ente ngejelasin Nabi Yusuf a.s? Nabi aje ada yang ganteng,teori ente menyesatkan!

    BalasHapus
  17. Dengan menulis artikel ini maka anda ente telah membuktikan kalau muka ente sangat amat jelek.

    BalasHapus
  18. nanti onta sama kambing kalah ganteng, ga barokah
    lol

    BalasHapus
  19. Gmn nabi yusuf yg katanya paling ganteng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anin : masa seorang Nabi itu haram ? -_-" , kakak agama nya apa? Non-Islam? kalau non, jangan ngomong sembarangan, anda gak tau apa yang kami (Islam) pelajari, kalau Islam , anda tau dari mana seorang nabi yang tampan/ganteng itu haram? emang nya disekolah anda, diajarin nya gitu? -mana mungkin- kalau atheis , ngapain sok" tau kalau nabi yang tampan/ganteng itu haram ? belajar dimana kak? kok bisa" nya ngomong gitu, Tuhan (Allah S.W.T) ngeliat kita semua, jaga omongan mu, agar selamat nanti di akherat!!!!!

      Hapus
    2. Anin : justru yg keliatan bodohnya disini adalah anda sendiri, yg muslim aja ga percaya sama artikel sesat kek gini... disaat itu lu lagi bangga²nya ngejek Nabi ??

      bahkan lonte pun masih lebih cerdas dibanding anda, dasar sampah... di dunia maya aja keliatan sampahnya anda, pasti anda lebih sampah di dunia nyata...

      kasihan

      Hapus
    3. itu ada artikel yg bil negri onta klo ada yg ganteng haram :D

      Hapus
    4. ahahaha... komennya kliatan begonya

      Hapus
    5. Mbak anin sebagiannya betul,,,kegantengan itu haram jadinya. Istilahnya kan kalo sampe dideportasi, berarti keberadaan benda itu sama dengan ditolak di negara yg bersangkutan. Jadi orang ganteng itu statusnya kaya sama dengan kokain. Jadi kalau bukan haram, ya apalagi istilahnya kalau bukan dibanned. Sy rasa yang jadi masalah tingkat intelektual org muslim perlu ditingkatkan lagi, supaya tidak melulu terjebak pada tampilan fisik dan yg sifatny materi belaka

      Hapus
  20. bocah semua, bza gomong doank!!! somplak

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu jg ngomong somplak...
      kayak kebagusan aja lo njir...

      Hapus
    2. muka kayak pantat kuali blng bocah...?
      ngaca woi...
      kayak lu bgus aja...
      "bza gomong doank!!!"...?
      pantat...
      lu yg bocah...
      ketik aja msih typo...
      begonya jngn terlalu d sombongin cuk...

      Hapus
  21. eh gwe gk suka Rosulullah di jelek2 in gtu lu dh pernah liat mukanya Rosulullah? makanya lu jgn banyak bacod doang gwe gk suka Rosulullah di jelek2in gtu...
    #blog macam apa ini malah jadinya blog menghina Rosulullah lu coba pikir Nabi Yusuf ama Nabi Muhammad
    kan Nabi Yusuh di kata orang yang ganteng tapi Nabi Muhammad masih paling ganteng dari Nabi Yusuf makanya lu jgn suka2 menghina Nabi Muhammad lu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. si bego koment

      Hapus
    2. ni apa2an sih malah adu ganteng2an nabi? emang kalo nabi ganteng trus dilombain, trus ada yg menang, trus lo dapet apa? geje bgt...

      yang ditiru tu sifatnya bukan parasnya...

      Hapus
  22. gobloktololdongo semua...bikin malu, fakta ginian aj dipercaya kyk ga sekolah...

    BalasHapus
  23. lah berarti nabi yusuf itu haram donk? ko rosul bisa haram? terus juga kan katanya nabi muhammad juga ganteng berarti nabi besar kita sendiri aja haram donk?

    BalasHapus
  24. Perang sesungguhnya bukan dengan senjata, namun dengan tulisan. Disini, semua memperrbutkan satu opini dengan yang lainnya, tidak melihat bahwa opini2 itu semua sudah membuat permusuhan diantara kita. Sebuah tulisan kecil bisa membuat perang, inilah contohnya.

    BalasHapus
  25. Semuanya berkomentar miring ya tapi lumayan artikelnya xixixixixi

    BalasHapus
  26. Masyaallah ente bener2 dah mabok ama nasi bungkus ya.

    BalasHapus
  27. wkwkw nabi yusf ganteng lho :V

    BalasHapus
  28. Umar itu banyak salahnya,, banyak pula khilafnya,, kenapa dijadikan rujukan ? Aneh !

    BalasHapus
  29. sebentar lagi MUI akan merelease fatwa klo pria ganteng itu HARAM...wkwkkwkwkkw

    BalasHapus
  30. heh. gini ae pada ribut.. pada ga ada kerjan lain po? wkwkwkwk

    BalasHapus
  31. Siap-siap dideportasi nih saya :(

    BalasHapus
  32. yg komen anak ingusan kabeh!! susut umbelnya!!

    BalasHapus
  33. Kecantikan menjadi sebuah fitnah. .HR bukhari

    BalasHapus
  34. intinya agama klo salah ditafsirkan ya spt ini.. agama pasti membawa kebaikan bagi manusia klo tidak berarti agama itu salah atau ada nabi2 palsu spt yang menulis artikel ini bahwa ganteng itu diharamkan padahal jelas2 di cerita nya ga ada tulisan bahwa ganteng itu haram.. >.<

    BalasHapus
  35. Halahh...ky pd tau aja ama yusuf dan muhammad. Klo emg berdua ganteng koq Gª pernah ada potonya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. absolutely true!!!

      tombol like mana ini??

      Hapus
    2. Mohammed berwajah Ancur abies! Tapi karena kebelet napsu sex maka yang ganteng dibilang haram dan diusir agar bini bininya bisa di sodomi, bahkan balita aja Di PAKE ama si Nabi ngehek itu

      Hapus
  36. hehehhe,,, dikibulin ratusan tahun masih gak sadar jg, masih dibela2in jg, pake nyawa segala dipertaruhkan.
    coba nalar dan logika dipake, biar gak dungu berkepanjangan kayak onta :p

    BalasHapus
  37. Negara + kepercayaan mangan taek..

    BalasHapus
  38. ini yang komentar kebanyakan mau bikin rusuh doang ngejelekin islam, ga penting masbro ditanggepin mereka seneng - seneng tertawa ga jelas mau masuk surga khayalan sendiri di dunia

    BalasHapus
  39. Buat agama islam tlg di review lagi ttg mslh agama nya , byk yg kocak dan gk msk akal plus amburadul agsma yg bener adlah agama yg lurus dan bener spt ucapan seorng nabi dan Tuhan kpd umat nya, utk itu alqouran bkn sebuah panutan krn dia bkn berasal dari Nabi dan Tuhan yg bener , klo ♏åƱ tau dan ngerti baca hadis dan alquran nya coba renungkan dgn akal sehat dan hati pikiran yg bersih jgn di tafsir2 lg. Tafsir = menebak , menduga2 = SALAH BESAR

    BalasHapus
  40. Kasian bgt yg deportasi..kenapa pemerintah saudi gak bikin layanan operasi plastik khusus bikin wajah ganteng jadi jelek aja

    BalasHapus
  41. semakin menambah bukti kebodohan umar bin khatab .

    BalasHapus
  42. NIH FAKTA NYATA :

    KENAPA HANTU / SILUMAN JAHAT YANG KADANG SUKA GANGGU TEH DAPAT DIUSIR OLEH Pastur - Pendeta - Kyai - Bhiksu dengan cara agamanya masing masing . Padahal katanya Patur - Pendeta - Bhiksu teh kata pa kyiai ya jelas orang sesat calon neraka . Ya sama pula pa kyiai juga dibilang sesat oleh orang non muslim ( pendeta - pastur - bhiksu ) . Silakan anda pikir fakta nyata yang kenyataannya tak terbantahkan itu hantu takut kepada orang soleh apapun agamanya . eh saya juga memeluk salah satu agama lho .
    Bila bener anda tidak sombong maka minimal rela merenungkan hal ini dengan JUJUR . TUNGGU JANGAN BURU BURU AMBIL KESIMPULAN .

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bro, eh tapi gue ngerasa kalo kyai itu ditakutin, ama hantu bukan karena dianya soleh, tapi soalna teh mukanya lebih serem dari hantunya, makanya hantu tiap ngeliat kyai itu kabur, hihihihi!!!!

      Hapus
  43. BAGI SIAPA SAJA YANG HOBI MENGUSIK MENGEJEK KEYAKINAN ORANG LAIN MAKA SAYA ANJURKAN AGAR :

    MEREKA YANG SALING EJEK ITU LEBIH BAIK SALING BERSUMPAH ATAS NAMA TUHAN MASING MASING DAN DENGAN HATI YANG TEGUH MNENYATAKAN DEMIKIAN : BILA KEYAKINAN SAYA / KAMI BENAR DAN KEYAKINAN DIA ADALAH SESAT MAKA SELAMATKAN KAMI DAN BINASAKAN DIA / MEREKA . TAPI BILA KEYAKINAN DIA /.MEREKA BENAR DAN KEYAKINAN SAYA / KAMI ADALAH SESAT MAKA BINASAKAN SAYA / KAMI DAN SELAMATKAN MEREKA .

    MUAK SAYA DENGAN RIBUT SALING EJEK .

    BalasHapus
  44. maklum, mamad kan mukanya tidak terlalu tampan, ama orangutan & onta aja gantengan orang utannya, maka nya dia gak suka sama yang lebih ganteng diharamkan tuh ( termasuk orangutan & onta juga )

    BalasHapus
  45. Ini blog paling konyol sedunia, sebelum bikin artikel mikir dong, wajah itu pemberian allah, kita gak bisa merubahnya, jadi pemberian allah haram dong, kalau bisa sebelum lahir minta wajah yang jelek mungkin gak haram.
    Busyet deh... bikin artikel ini pakai logika gak ya...

    BalasHapus