Ternyata Assassin's Creed adalah seorang muslim


Assassin, sebuah kata yang mungkin tak asing lagi bagi kita. Para gamer tentunya tahu akan karakter dan kisahnya. Selain itu, kata-kata assassin sudah sering terdengar di media internet, televisi, ataupun majalah. Assassin adalah salah satu legenda yang kurang tercium masyarakat dunia di tengah berkecamuknya Perang Salib.

Jerussalem adalah kota suci yang menjadi sengketa dari dulu sampai sekarang. Di tanah ini terdapat Solomon’s temple, The Dome of the Rock, The al-Aqsa Mosque, and the Church of the Holy Sepulchre. Awalnya kota ini diserahkan secara damai kepada Khalifah Umar ibn Khaththab pada tahun 637 M atau 16 H. Selama 8 abad, Muslim, Nasrani, dan Yahudi hidup dengan damai berdampingan di bawah kekhalifahan. Sampai akhirnya, Jerussalem dapat ditaklukkan oleh gelombang Pasukan Salib (Crusaders). Para prajurit haus darah ini membantai 70.000 Muslim yang berlindung di Masjidil Aqsha. Bahkan para semua Yahudi dan Nasrani yang membantu mempertahankan kota juga menjadi korban pembantaian. Sampai-sampai seorang sejarawan barat mengungkapkan, “Pembantaian terbesar yang membuat kami melewati genangan darah hingga mata kaki”. Kurang dari 1 abad kemudian, Jerussalem kembali ke pangkuan pasukan muslim setelah kemenangan gilang gemilang 12.000 tentara Allah pimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi menghempaskan 50.000 Pasukan Salib di lembah Hittin. Richard The Lion Heart, pada tahun 1191 tersebut bermaksud merebut kembali Jerussalem dari kaum Muslimin.

Kembali ke latar Assassin’s Creed, kota Jerussalem yang pada tahun itu telah ada di bawah pemerintahan Muslim itu, divisualisasikan sebagai kota di mana Muslim, Nasrani, dan Yahudi dapat hidup berdampingan. Di sana berdiri kokoh masjid-masjid, gereja-gereja, dan kuil-kuil Yahudi. Dan Acre, sebuah kota yang digambarkan cukup suram. Hal ini mungkin dikarenakan tragedi Acre pada Juli 1191 yang berhasil ditaklukkan oleh tentara Salib. Hanya karena keterlambatan pembayaran uang tebusan sebesar 200.000 keping emas oleh Shalahuddin, Richard membantai 3.000 muslimin Acre yang kebanyakan wanita dan anak-anak.

Secara garis besar saya terkesan pada visualisasi yang mendekati real oleh para desainer game ini. Hanya saja, saya tidak sepakat pemandangan akan pengememis dan orang gila yang ada di berbagai sudut kota, serta beberapa tentara yang mengganggu warga sipil. Terkesan memaksakan dengan men-genaralisasi-kan keadaan yang ada pada setiap kota. Maklum, ketika kota-kota dalam game itu dibuat sebagai kota yang aman tentram, tentunya akan sedikit sekali aksi pertarungan yang membuat game ini akan terasa menjenuhkan.

Assassin aslinya berasal dari kata arab, yaitu Hasyasyin. Hasyasyin juga turut memainkan perannya di sini. Dalam memainkan peran sebagai Assassin, kita akan berkeliling menjelahi ketiga kota tersebut, mencari informasi tentang keadaan pasukan Shalahuddin dan Richard. Tentu, hasyasyin memainkan perannya sebagai pembunuh rahasia, melenyapkan tokoh-tokoh yang dianggap berpengaruh dan mengganggu pada masa itu.

Dalam sejarah, 2 pasukan besar itu bertemu dan berperang di Arsuf pada September 1191. Dan akhirnya, pada Sepetember 1192 tercapai kesepakatan damai antara Shalahuddin dan Richard, yaitu Jerussalem tetap dipegang umat Islam, dan umat Kristen diperbolehkan berziarah dengan damai.

Korban-korban yang berjatuhan akibat aksi pembunuhan rahasia Hasyasyin, yaitu Nizamul Mulk (1092), Wazir al-Afdal (1122), Ibnu Kashab (1124), al-Bursuqi (1126), Raymond II of Tripoli (1152). Pada 1191, tokoh-tokoh nyata perang Salib yang dibunuh dalam Assassin’s Creed adalah Garnier de Naplouse (hospitaller), William de Montferrat, Sibrand (pimpinan ksatria Teuton), dan Robert de Sable (pemimpin ksatria Templar). Tak berhenti sampai di situ, Conrad de Montferrat pada 1192 terbunuh di tangan Hasyasyin. Kuat dugaan bahwa Richard ada di balik pembunuhan itu. Shalahuddin al-Ayyubi juga menjadi target, dan beberapa kali hampir terbunuh. Terakhir, pangeran Edward dan Raja Edward dari Inggris yang menjadi korban dengan racun pada 1271.

Kelompok pembunuh rahasia ini pun melemah setelah bentengnya di Alamut dihancurkan kekaisaran Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan pada 15 Desember 1256. Rekaman sejarah hasyasyin juga lenyap karena bangsa mongol yang tidak berminat pada ilmu pengetahuan tersebut menghancurkan perpustakaan hasyasyin.

Namun, dalam pengepungan mongol 1256 itu, sebagian mereka masih hidup dan menyebarkan ajaran sesatnya. Mereka adalah sempalan dari syi’ah fathimiyyah yang beraliran Isma’iliyyah. Sejarah tentang pergerakan mereka telah direkam oleh banyak literatur Ulama Ahlu-sunnah setelahnya. Terbukti dalam bukunya Imam Ibn Khaldun, setelah mereka bangkit dari keterpurukannya, mereka memulai pergerakan baru, yaitu melenyapkan ulama Islam. Salah satunya Imam Ibn Taimiyyah, Ibn Qoyyim bahkan Ibn Katsir tak luput dari target mereka. Pada 1273, cabang-cabang Hasyasyin di Syiria diberangus oleh Kesultan Mamluk. Legenda Hasyasyin pun runtuh dengan sedikit sekali menyisakan serpihan sejarah.

Sumber

21 komentar:

  1. wahahahaha...
    belum habis bahannya...
    ya udahlah, lanjut bro..
    semoga peringkat blog-nya naik.

    BalasHapus
  2. komputer lo buatan orang kafir, mending lo gak usah main komputer !!

    fuck your self :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. argumen lu bakalan invalid kalau adminnya buatin artikel "komputer terinspirasi dari Al-Quran". LOL!

      Hapus
    2. cpunya haram tuh wkwkwk buatan kafir wkwkwkwk

      Hapus
  3. asassin's creed judul gamenya boss bukan nama tokohnya

    BalasHapus
  4. gahahahah ga salah emang muslim di bilang IDIOT ama NASA, cepet percaya ama yang namany berita HOAX

    http://www.muslimsandtheworld.com/nasa-confirms-that-muslims-are-idiots/

    BalasHapus
  5. Shinchan masuk islam juga looh ...!

    BalasHapus
  6. yang punya blog pliss jangan ngawur kalo posting informasi2 yang data2 engga bisa di buktikan secara fakta,,,,, jangan demi kepentingan pribadi anda semaunya sendiri... malu2in

    BalasHapus
  7. Coba main ACIII, perhatikan lambangnya dengan jelas. itu yah lambang Muslim???? segitiga dan segitiga terbalik?! Mohon pake landasan yang jelas. Saya juga muslim, saling mengingatkan

    BalasHapus
  8. komfuter ente komfuter yahudi lho :v lambang assassin creed itu lambang yahudi lho segitiga terbalik :v gak barokah mending ente fentung :^)

    BalasHapus
  9. yang punya blog harus di fentung

    BalasHapus
  10. konten blognya bagus, namun terlalu berlebihan bung!

    BalasHapus
  11. Blog orang sesat dijalan nyasar ga karuan..

    BalasHapus
  12. Ksatria Baja Hitam Muslim26 Juli 2013 00.57

    Alhamdulillah, sesuatu ya... Sing moco ojo serius2 tenan to, ndak edan. sante wae...

    BalasHapus
  13. ooohhh, ,pantes pake jilbab...

    BalasHapus
  14. ordo assassin dan templar itu atheis tolol!
    buka aja situsnya

    BalasHapus
  15. Assassin aslinya berasal dari kata arab, yaitu Hasyasyin.

    Assassin bukannya dri bahasa inggris ya yg berartikan pembunuh bayaran, maaf klo salah soalnya saya sendiri org indo :p

    Tapi sesungguhnya saya sangat sangat terhibur oleh article yg 1 ini

    Saya ucapkan terima kasih untuk penulis blog ini :p

    Lanjutkan gan article lo yg lebih konyol lage

    Situ agama apa kek saya tidak perduli, mao claim semuanya, saya juga ga perduli

    ASLE LUCU

    BalasHapus
  16. islam ??? Syiah keles... Syiah itu org2 yg melencengkan perintah rasulullah... Kalo ada lambang iluminati, itu bkn brarti dia org yahudi. Tapi itu bagian dari sejarah..... Http://fauzanashariblog.blogspot.co,

    BalasHapus
  17. Assassin's Creed BUKAN MUSLIM. Shalahuddin Al Ayyubi ATAS IZIN ALLAH SWT YANG TELAH Berhasil MENUMPAS GERAKAN Assassin's.

    BalasHapus