Ternyata penemu universitas adalah orang muslim


Tahukah siapa yang pertama kali mendirikan universitas di dunia ini? Ya! namanya adalah FATIMA AL FIHRI, seorang wanita Muslimah anak seorang saudagar. Sepeninggal ayahnya, dia mendapat harta kekayaan yang berlimpah dan kemudian mendirikan sebuah universitas di Fes Maroko bernama Al Qarawiyyin. Jadi, universitas tertua di dunia bukan Al-Azhar.

Kenapa disebut universitas? karena kinerja yang terjadi di dalamnya sudah terorganisir dan sitematis. Mereka yang hendak bergabung dikenakan syarat-syarat khusus, seperti hafal quran dan bisa berbahasa arab. Juga karena sudah ada mekanisme batasan masa belajar, yakni 5 sampai 15 tahun.

Mahasiswa bebas memilih studi yang hendak ia pelajari, dan setiap studi ada pengajar khusus yang spesialis dalam bidang studi tersebut. Para mahasiswa berkumpul di sekeliling pengajar yang bersandar di antara tiang-tiang masjid.

Ibnu Khaldun, seorang sejarawan dan bapak sosiologi adalah salah seorang alumnus universitas tertua tersebut, kemudian Lisanuddin bin khatib yang merupakan seorang penyair, dan lulusan lainnya baik yang berasal dari arab maupun Eropa.

Sampai sekarang, Universitas ini masih aktif dengan kegiatan belajar mengajarnya, namun amat disayangkan, karena Al-Qarawiyyin sekarang telah kehilangan pesona keilmuannya yang saat abad pertengahan lalu sempat membuat kagum Eropa dan bahkan dunia.

Sumber

4 komentar:

  1. Abu Al-Musqlaim1 Maret 2013 18.29

    itu memang benar
    penemu universitas, politeknik dan akademi adalah orang islam, awalnya bernama Al-Yu'unifarsiti, Al-Falitaqhniq dan Al-Aqadami'ah, kemudian orang-orang yahudi merubah namanya menjadi universitas, politeknik dan akademi

    BalasHapus
  2. Universitas sudah ada semenjak zaman romawi menjajah israel masbro.
    Islam mah tahunya cuma klaim sana sini krn ga pede dgn kebodohan aturan2 agamanya serta para umatnya yg begok.
    Hahahaha...

    BalasHapus
  3. lhaaaaaa..jadi lembaga pendidikan jaman Yunani kuno itu apa ya??yg dibilang sarjana yunani kuno?

    BalasHapus
  4. Universitas tertua itu Universitas Nalanda yang justru dihancurkan pasukan muslim saat menginvasi India.

    BalasHapus