Ternyata penemu susu kambing adalah orang Islam


Umat Islam tentu tahu bahwa Rasulullah biasa meminum susu kambing, dan bukan susu sapi atau pun unta, terutama susu kambing yang dingin. Ternyata kebiasaan atau sunnah beliau yang satu ini juga menyimpan banyak hikmah.

Dibanding susu sapi, susu kambing punya beberapa keunggulan sebagai makanan tambahan bagi anak balita. Selain lebih mudah dicerna, susu kambing mengandung lebih banyak mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Di kalangan masyarakat luas, terutama di negara berkembang, pengertian susu lebih mengacu pada produk susu sapi. Di Amerika saja tidak kurang dari 10 juta ekor sapi dipelihara dan menghasilkan sekitar 56,7 juta ton susu. Padahal selain sapi, ternak lain yang sangat potensial menghasilkan susu adalah kambing. Saat ini susu kambing mulai populer di Indonesia, walaupun penyediaannya belum sebanyak susu sapi.

Jika pada sapi perah dikenal keturunan Holstein sebagai penghasil susu utama, di “keluarga” kambing yang terkenal sebagai penghasil susu berkualitas tinggi dengan kandungan lemak rendah adalah jenis Saanen. Jenis Nubian menghasilkan sedikit susu, tetapi berkadar lemak tinggi. Jenis Toggenburg, LaMancha, Ober hasli, dan Alpine termasuk penghasil susu kualitas menengah.

Bagaimana rasanya? Susu kambing yang berlemak tinggi tentu jauh lebih nikmat dibandingkan dengan yang berlemak rendah. Namun konsumsi susu berlemak tinggi berpotensi menyebabkan obesitas.

Sumber

9 komentar:

  1. subahenoool....
    orang islam menemukan susu kambing
    ternyata sebelumnya tidak ada yang tahu bahwa kambing bisa mengeluarkan susu

    BalasHapus
  2. 'Namun konsumsi susu berlemak tinggi berpotensi menyebabkan obesitas.'

    rasulullahnya pasti dah gembrot banget setelah beberapa tahun.

    BalasHapus
  3. wah bego... penemu susu kambing ya anak kambing... bego banget sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya cocoklah kalo begitu, muslim kan emang kambing semua...

      Hapus
    2. embeeeeekkk........

      Hapus
  4. ne blog tolol..
    w aja muslim ngakuin ne blog tolol

    BalasHapus
  5. Berarti penemu susu ibu jga islam? Ckckckck.....

    BalasHapus
  6. anonim wong kristen GOBLOG.!! Kafir stress..orang kristen klo ngomong ga pake Otak..dasar KULUP..ga disunat..sunat dulu gih..wekwekkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga Kontolnya di MUTILASI ya gan... lo tau gk tubuh yg gk lengkap namanya CACAT..... nyontek Tradisi Yahudi aja tentang sunat kog bangga.. Muhammad aja gak sunat, coba kamu cari dari Alqibul, hadis ato sirat mu.. si mamad cuma koar koar klo saat lahir dia sudah disunat..tp gk saksi tentang Kibulannya itu... dia cuma mewajibkan para budaknya (muslim) semntara dia sendiri gk sunat.. kasihan kalian Umat Unta Dikibulin nabi Goa Hira...

      Hapus