Ternyata gambar dan musik sangat diharamkan dalam Islam

MENGGAMBAR ITU HUKUMNYA HARAM

Ibnu ‘Umar RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: “Orang-orang yang melukis gambar-gambar akan disiksa pada hari kiamat, kepada mereka difirmankan: ‘Hidupkan apa yang telah kalian ciptakan!’”. (Shahih Muslim No.3942).

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Setiap tukang gambar itu akan masuk neraka. Allah akan menjadikan baginya dengan setiap gambar yang dia buat sesosok ruh yang akan menyiksanya di neraka Jahannam”. (Shahih Muslim No.3945).

Aisyah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Manusia yang paling berat siksaannya pada hari kiamat adalah mereka yang membuat karya seni yang serupa dengan ciptaan Allah”. (Shahih Muslim No. 5258; No. 5246; No. 5249; No. 5272; No. 5273; No. 5275).

Diriwayatkan dari Abu Thalhah RA, bahwa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing atau gambar makhluk yang bernyawa (gambar manusia atau gambar hewan)”. (Shahih Bukhari 54: 448).

Masihkah ada gambar presiden di dalam rumah antum? Masihkah ada lambang Burung Garuda di dalam rumah antum? Masihkah ada foto-foto idola antum di dalam rumah antum? Masihkah ada foto-foto antum dan keluarga antum di dalam rumah antum? Apakah antum seorang fotografer, kamerawan, pelukis, pemahat, atau pematung?

Camkan baik-baik, yaa akhi/yaa Ukhti, ajaran Islam sangat membenci semuanya itu! Jadi mulai dari detik ini, antum wajib membuang jauh-jauh semua gambar-gambar dan foto-foto apapun yang ada di dekat antum, biar antum tidak masuk ke neraka Jahannam!

MUSIK ITU HUKUMNYA HARAM

Berikut ini adalah perkataan para Salafushalih (nenek moyang Islam/pengikut awal Nabi Muhammad SAW) yang menyatakan bahwa musik itu hukumnya haram:

Abu Bakar Ash-Shiddiq RA berkata: “Sesungguhnya lagu dan musik adalah seruling syaitan”.

Imam Malik bin Anas RHM telah berkata: “Bernyanyi itu hanya dilakukan oleh orang-orang fasiq di antara kita”.

Orang-orang Syafi’iyyah (pengikut madzhab Syafi’i) mempersamakan lagu dengan kerusakan dan kebathilan.

Imam Ahmad RHM berkata: “Sesungguhnya lagu-lagu dan musik-musik itu menimbulkan kemunafiqan di dalam kalbu, jadi aku (Imam Ahmad) tidak tertarik (untuk mendengarkan lagu dan musik)”.

Shahabat-shahabat Imam Abu Hanifah RHM, mereka berkata: “Menghayati lagu dan nyanyian adalah suatu kefasiqan”.

‘Umar bin Abdul RHM berkata: “Lagu dan musik itu awalnya dari syaitan dan akhirnya dapat murka Allah”.

Imam Qurthubi RHM berkata: “Lagu dan musik itu dilarang keras (sangat diharamkan) berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah”.

Imam Abu Sholah RHM berkata: “Sesungguhnya lagu yang disertai alat musik, maka itu diharamkan berdasarkan ‘ijma (kesepakatan para ‘ulama)”.

Rasulullah SAW telah bersabda: “Nanti akan muncul di antara ummatku beberapa kaum yang menghalalkan zinah, sutera, khamar, dan alat-alat musik”. (Shahih Bukhari 69: 494B; Musnad Imam Ahmad V/342, Sunan Abu Dawud no. 3688, Sunan Ibnu Majah no. 4036).

Abu Hurayrah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: “Lonceng adalah alat musik yang berasal dari syaitan”. (Shahih Muslim no. 5279).

Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh akan ada manusia di antara ummatku yang meminum khamar, mereka menamakannya bukan dengan namanya, kepala mereka dipenuhi dengan alat-alat musik dan biduanita (lagu-lagu dan artis). Sungguh Allah akan memasukkan mereka ke dalam tanah dan akan mengganti rupa mereka dengan kera dan babi”. (Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah; dan Ibnu Hibban; dan Imam Bukhari di dalam Tharikhnya).

Yaa akhi/yaa ukhti, masihkah antum suka bernyanyi? Masihkah antum suka mendengarkan musik? Dan masihkah antum senang menghayati lagu dan mengidolakan (ngefens) terhadap penyanyinya? Jikalau antum masih senang, maka segera tinggalkanlah semuanya itu, karena antum akan masuk ke neraka Jahannam yang disebabkan antum suka bernyanyi, bermain musik, dan suka menghayati lagu.

Camkan baik-baik, yaa akhi/yaa ukhti, syari’at Islam mengharamkan adanya musik, lagu, maupun nyanyian!

ALLAHU AKBAR!

Sumber

76 komentar:

  1. walaupun penemu musik adalah orang islam, tapi ternyata musik sangat diharamkan dalam islam!

    WOLOWABAR!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. BY 1 DOTA AJA

      SEMF*CK

      Hapus
    2. yeeek hwana tuaek isane malah ngjak balas dendam via.. DOTA... muwahahahahahahaha!!!! soale gak ada kemampuan laen... itupun nek mampu..

      Hapus
    3. Ini yang posting blogpost kurang banyak baca nih..... Dalam islam kita semua diwajibkan untuk berfikir min, menelaah. Jadi bukan cuma berdasarkan hadist ini, hadist itu, dari syetan, dll. Yang kaya gini justru memperburuk image islam dimata dunia. Semua itu bergantung pada niatan. Kalo kata bang rhoma: Sungguh Ther---Lha---Luuuh ente.
      Tolong di edit, tolong baca-baca lagi. Kalau semua umat muslim berpikiran sempit, kapan maju nya? Yang ada cuma jadi teroris doang :(

      Hapus
    4. -----------------------------------------------------
      Denni Satria says :
      Jadi bukan cuma berdasarkan hadist ini, hadist itu, dari syetan, dll.
      ------------------------------------------------------

      Dari syetan ya? Jadi menurut mas Denni perawi hadist itu syetan?

      Hapus
  2. dan bahkan di blog inipun banyak sekali foto manusia,ternyata foto mahluk hiduppun juga musuh woloh!!

    BalasHapus
  3. jgn lupa penemu kamerapun muslim..kena deh penemunya digampar ama mamad!

    BalasHapus
  4. Leonardo da Vinci, Vincent van Gogh, Pablo Picasso, Salvador Dali, Rembrant, Goya, Raphael, dan Basuki Abdullah itu semuanya muslim..... Belum lagi Sulis, Maher Zain, Opic, Haddad Alwi, Debu, Raihan, Bimbo, Sami Yussuf, Sulis, Opic, Metallica, Lady Gaga, Michael Jackson, Bob Marley, Iron Maiden, dll juga merupakan muslim sejati....Jadi, piye, iki?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi muslim masuk neraka dong...!

      Hapus
  5. Terus yang berdakwah lewat lagu hukumnya gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya musuh islam, haram .... khan simpel ... terlalu.....

      Hapus
  6. FENTUNG!
    FENTUNG!

    BalasHapus
  7. fusing ane......
    FENTUNG FALA SENDIRI

    BalasHapus
  8. jadi gambar haram? then can you explain me why you posted image in your blog ? o wait blog juga haram ding ?
    yang bener gimana ini

    op go home you're drunk

    BalasHapus
  9. Aibon sejatinya utk di isep, bukan utk ditenggak gan XD

    #yaoming face#

    BalasHapus
  10. min bagi dong nyimengnya :v

    BalasHapus
  11. hadeewwwwwwwww.... tulisan koplak!

    BalasHapus
  12. go home you're drunk!!! pekok...bilang foto haram, ditampilin di blognya sendiri...

    BalasHapus
  13. ckckckckkcck...pemikiran "ngasal" kok bisa nongol di blogger ya. Mana ayat Quran yg melarang gambar dan tulisan haram hukumnya gan ?

    BalasHapus
  14. Kalo kaligrafi itu lukisan?DOSA DONK?

    BalasHapus
  15. Tuan admin, mohon maaf rujukan hadist anda kurang. jadi kesannya semua jenis gambar dan musik diharamkan..

    -Agustian-

    BalasHapus
  16. Dear admin yg ganteng:
    Tolong lengkapi hadistnya karena hadist yg anda share itu blm ada separuh dari jumlah keseluruhan hadist yg menerangkan tentang kesenian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adminnya bukan orang ganteng, karna orang ganteng itu musuh islam,dan admin adalah pengikut islam yg sempurna jgn bilang dirinya ganteng, dan saya lihat anda juga bertampang jelek, jadi anda jg muslimin yang setia! Allahuakbar!!

      Hapus
  17. Segala sesuatu tergantung niatnya bro, bila anda melihat gambar atau mendengar musik yang konten / pesannya baik namun cara pandang anda "ngeres" ya jadinya yang tercerap ngeres juga bro. Demikian juga sebaliknya. So menurut pendapatku, memahami hadits jangan pula cuma konteks tapi juga konten, jangan cuma kulit tapi juga isi/substansinya agar kita gak kaku dan jumud. Apalah artinya kita menggunakan atribut Islami bila akhlak kita jauh dari keteladaanan Rasulullah SAW.

    BalasHapus
  18. udah ayo pada pindah agama, nyaman di negeri tetangga XD~

    BalasHapus
  19. BUUUUULLLSSHHHYYYYYIIIIIIIIIITTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT
    *uhuk.. uhuk...

    BalasHapus
  20. jadi mengapa Allah nyiptain bakat tersebut kalo ngga ada hal positifnya?hewan seburuk babi aja ada manfaatnya di dunia yaitu buat kesuburan hara tanah & penyebar luas bibir tanaman yang jadinya hutan
    jadi jelasin ke ane mengapa tuh bakat diciptain kalo cuma buat bikin dosa aja?
    kasian lah para seniman terutama ane diberi bakat setan?

    Nyimeng ya min?

    BalasHapus
  21. WOI SESAT!!! KURANG KERJAAN AJA LOH!!!

    BalasHapus
  22. dear admin... sesuatu yang diharamkan pasti ada alasanya... tolong beri alasan kenapa musik itu haram... yang realistik dan rasional.. jangan cuma alasanya karena dari setan lah, menurut hadis ini lah, hadis itu lah, apa lah.. itu menurut saya bukan alasan tapi ngeyel tak beralasan.. sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gga boleh niru apa yg diciptakan Allah ya??, oh jadi kaligrafi juga ngga boleh dong, soalnya tulisan dibuat oleh manusia,manusia diciptakan oleh Allah, Allah memberi bakat kepada manusia untuk mahir kaligrafi, jadi kaligrafi itu ciptaan Allah juga, karena Allah maha pencipta,nah lo mau jawab gimana hayo?

      Hapus
    2. nah bener juga kata nih ^^^^ orang mas, jadi manusia tidak boleh berkarya, soalnya stiap yg kita ciptakan adalah ciptaan Allah, nah lo admin gimana mo jawabnya?

      Hapus
    3. Setuju nih, babi haram krn banyak cacing dalam perutnya, kalo musik haram kenapa ya?

      Hapus
    4. jika kau mendengarkan musik, shalatmu tidak khusyu

      Hapus
  23. Admin TOLOL...SUMPAH..TOLOL...
    Kalo Belajar Ngaji ya Mbok Harus ada Guru Ngajinyanya..jangan Belajar Cuma Dari Buku dan Internet....
    Ngaji Dulu Yang Bener..Pelajarin yang Bener..

    BalasHapus
  24. R.R.Wangsanagara2 Mei 2013 20.17

    Ketika Nabi bersabda, tentunya beliau sudah meng"Iqro" keadaan, beliau melarang membuat artwork yang menyerupai mahluk hidup, untuk menghindari kejadian yang dialami Umat Nabi Musa (yg menyembah patung sapi emas buatan mereka sendiri) atau seperti Umat Nabi Isa, yang hanya karena rindu akan sosok Nabi Isa, lalu membuat "perwujudan sang Nabi" yang kemudian di percaya sebagai sosok Isa, dan disembah. Belum lagi kisah umat nabi Ibrahim, dan orang-orang di jaman Nabi Muhamad sebelum Islam masuk.

    Kenapa ayat pertama yg turun itu al Iqra? karena kita disuruh "membaca kedaan" alias mengANALISA. Disuruh Iqra bukan Imla. Disuruh berfikir dari apa yang ada di sekitar kita.

    Orang Islam wajib Pinter, gak cuman baca Qur'an, tp juga baca "kitab lain" bisa Kitab UHP, Kitab Al Khemi, Kitab Al Kahli, Kitab Al Jabri, Kitabnya Ibn. Syina, yang sangat gak mungkin dibuat tanpa menggambarkan mahluk hidup didalamnya. (gimana cara Ibn Syina menerangkan penyakit dalam manusia tanpa menggabar manusia di dalamnya?)

    Please be smart... Iqro lebih banyak lagi ya Admin...

    Salam.
    RRW

    BalasHapus
  25. setiap hadits yang muncul terkadang memiliki asbabul wurud (sebab kenapa hadits tersebut muncul)

    hadits mengenai keharaman menggambar mempunyai asbabul wurud sebagai berikutL: zaman dahulu, orang2 arab biasa menggunakan gambar yang mereka buat menjadi sesembahan, tuhan yang dapat disembah. maka dari itu diharamkan gambar pada saat itu...

    sekarang dah tau alasan kenapa diharamkan, tinggal kembali ke kita...apakah kita sama dengan mereka? kembali ke niat masing2~

    yang haram ya menggambar sesuatu yang dilarang oleh agama...porno misal...

    Nabi mengajarkan untuk berdakwah, dan berdakwah bisa menggunakan media apapun~ termasuk menggambar...terima kasih..

    (Abdullah)

    BalasHapus
  26. kalo gambar dan musik haramn berarti kamu juga masuk neraka dong, nggak mungkin dr kecil kamu nggak pernah gambar dan dengerin musik

    BalasHapus
  27. berati anak anak tk yang menggmbar juga dosa, bahkan tk islam pun ada menggambarnya

    BalasHapus
  28. kalo org2 doloe semuanya islam , mungkin kita hidup hari ini sama dengan zaman purbakala . listrik gk ada , air ambil dari sungai , tv juga gk ada. berarti si ustad uje itu masuk neraka juga dia kan ada menyanyi lagu religius juga .

    BalasHapus
  29. Bagus, lanjutkan. Makin banyak org goblok spt kalian. Makin mudah mengusai negeri ini.

    BalasHapus
  30. Assalammu'alaikum. Saudara2ku... perlu kita sadari bhw bbrp org memang menjadi sempit pemikirannya krn mrk mengkaji sesuatu dg menggunakan kedangkalan ilmu yg dimilikinya.. bahkan byk jg yg tdk memakai ilmu sama sekali. Byk jg dr mrk yg mengkaji sesuatu yg diluar bidang yg dikuasainya scr kompeten. Hal ini cenderung akan menyebabkan kedangkalan & kekeringan hasil analisis.

    Oleh krn itu, jika ingin mengkaji sesuatu, apalagi ttg hadits2, sangat disarankan untuk didampingi oleh satu atau bbrp ahli yg memang bener2 kompeten dibidangnya.. bukan anak2 yg baru belajar 'kemaren sore' yg kemudian 'paginya berda'wah' seolah2 mrk adalah ahlinya.

    Jd jagalah! Jgn sampai hadits2 yg sebenarnya memang bertujuan baik dan mulia, malah bisa menjadi mentah krn didasarkan atas pemikiran2 yg berlandaskan kajian2 ilmu)yg sangat cetek (apalagi berpotensi akan menyesatkan ummat).

    Mohon maaf jika pendapat ini pun cetek. Ane berdo'a In Sya Allah kita semua selalu mendapatkan Petunjuk dan BimbinganNya. Aammiinn YRA. Assalammu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muslim yang spt anda ini yang termasuk sangat saya hormati.cuma kl yang punya blog ini gimana ya?gw jg bingung,abis ngakak mulu sih wkwkwkwk

      Hapus
  31. yok kita belajar terus dan jangan ragu mengatakan yang benar itu benar, bukan mencari cari celah untuk pembenaran,salut untuk penulis blog ini smg Allah memberi hidayah pd kita semua,maju terus admin.

    BalasHapus
  32. ibn hazm, "hadis yang mengatakan musik itu haram adalah palsu atau lemah"

    abu hanifah, "saat kudengar lagu, spt berhutang yg harus dibayar"

    imam malik, "boleh memiliki biduan, namun haram menjualnya"

    muh al ghazali, 'nyanyian spt bicara, tergantung isinya"

    BalasHapus
  33. Yang kafir itu islam...

    BalasHapus
  34. HEY ADMIN YANG TERHORMAT BOLEH BAGI GA GELE'NYA :D HAHA
    KALO MUSIKNYA KOSIDAHAN / MARAWISAN MASIH BISA DIBILANG HARAM JUGA ?
    KALO GAMBARNYA KALIGRAFI AYAT2 AL-QUR'AN / TULISAN ALLAH SEPERTI LOGO BLOG ANDA DI ATAS YG BERGAMBAR LAFADZ ALLAH MASIH MAU BILANG HARAM JUGA ?
    *TOLO ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua apa kau katakan itu disebut bi'dah

      Hapus
  35. SESAT ENTE
    fikiran semfit,jangan" ente mau jadi profokator ?

    go home you're drunk

    BalasHapus
  36. kamfret
    ngejelekin nama islam aja

    KILL YOUR SELF!

    BalasHapus
  37. aneh nih artikel

    BalasHapus
  38. aneh" aja... penasaran gw orang yg post kek ginian tampang orang nya kek gimana, cara hidup di masyarakat sosial nya kek gimana wkakakaka... dasar :3

    BalasHapus
  39. bagaimana dangan postingan anda ini
    http://mualaf-alhamdulillah.blogspot.com/2012/08/ternyata-penemu-musik-adalah-orang-islam.html
    http://mualaf-alhamdulillah.blogspot.com/2012/08/ternyata-aliran-musik-blues-adalah.html. Trus bagaimana dengan opick, uje, maher zein dll

    BalasHapus
  40. BUANG SEMUA UANG ANDA... KARENA ADA GAMBAR PAHLAWANNYA ... MENYIMPAN UANG HUKUMNYA DOSA....

    BalasHapus
  41. mati aja lah ini yg bikib blog

    BalasHapus
  42. Saya rasa in blog aga sedikit mabok -_-

    BalasHapus
  43. Ahh saya suka menggambar apalagi membuat komik, terus saya bakal masuk neraka jahannam?? padahal saya tidak menyekutukan Allah, saya patuh beribadah, dan tidak mengganggap Allah mempunyai anak, dan saya mesti satu neraka juga sama orang yang Syirik,, keterlaluan.....!!!!!

    BalasHapus
  44. Dari Abu Al-Faqam bin At-Thaqwir : Memang musik itu haram. Nabi Muhammad dan Sahabatnya tidak menyukai 1 Musik pun.

    BalasHapus
  45. penulis blognya kocak. blg musik musuh eslam, tp di artikel lain nulis penemu musik blues orang eslam. makanya pas sholat, jidatnya jgn terlalu keras dijedotin ke lantai, jadinya kyk gini deh

    BalasHapus
  46. COK COK COK COK, JANCOK. TOL TOL TOL TOL, KONTOL. SU SU SU SU, ASU. RIK RIK RIK RIK KIRIK. SELET MAK SUWEK!!!!! BLOG SOMPLAK LU!!! TAEK!

    BalasHapus
  47. Kesimpulan setelah baca BLOG ini : jangan ngeblog sambil nenggak aibon apalagi nyimeng, gini deh jadinya.

    BalasHapus
  48. kwkwwk muslim anggap musik sebagai musuh krna tu gambar di atas yg megang biola orang bule = kafir .
    dasar muslim . agama yg tak pernah damai di mata dunia ,

    BalasHapus
  49. ini adminnya mualaf ya ?

    BalasHapus
  50. Allahu Akbar.. adminnya nulis berdasarkan riset, hadits dan qur'an.... jadi bukan fitnah... jadi harus didukung oleh sesama Muslim !!!!!!!!!!!...

    BalasHapus
  51. Yang punya blog ini alergi pasang gambar,
    sambil nahan kentut supaya tdk ada bunyi musik kentut

    BalasHapus
  52. Aneh tapi ada. kalau begitu ngak perlulah ada musik di dunia, supaya semua manusia stress, lalu bunuh diri. karena tidak ada seni dari dalam diri. Logika mas

    BalasHapus
  53. 100%astu...apaan tuh di jalanan banyak orang ngamen gak haram.kata haji udin juga gak haram..koplak banget sih..iq lw pada jongkok

    BalasHapus