Ternyata penemu sistem komputer adalah orang muslim


Tenyata pada masa lalu, bangsa islam telah mengenal sistem komputer, pastinya komputer pada masa itu tidak secangih komputer komputer pada zaman sekarang. Komputer bangsa islam pada abad petengahanini digunakan untuk mengetahui waktu dan posisi benda-benda di angkasa, membantu dalam pelayaran, mempertahakan keakuratan kalender, memperkirakan gerhana, bahkan mengukur bumi.

ALBURUJ merupakan peranti astronomi yang paling penting sebelum era teleskop muncul. Ilmuwan abad pertengahan di Timur Tengah, khususnya bangsa Islam telah menggunakan alat ini untuk berbagai hal. Astrolab secara prinsip sebenarnya sudah ada sejak sekitar 150 SM. Namun, bentuk fisiknya baru muncul kira-kira 400 M. Alat ini menjadi bagian penting di periode Islam sejak tahun 800 M.

ALBURUJ terdiri dari sebuah model langit yang tertera pada lempeng logam melingkar. Di sekliling lingkar luar lempeng logam itu terukir skala derajat, atau kadang penanda waktu. Jarum penunjuk yang bisa diputar (alidad) digunakan untuk menentukan ketinggian suatu bintang ketika peranti ini diangkat setinggi lengan yang teracung. Hasilnya kemudian terbaca pada ukuran berskala.

Dengan alburuj ini, penggunannya juga bisa mengenali bintang-bintang, memprediksi kapan matahari terbit dan tenggelam setiap hari, menentukan jarak ke Mekah, menyurvei tanah, menghitung tinggi objek, hingga berlayar! Tak heran, bangsa-bangsa Islam masa itu menjadi petualang tangguh baik di darat atau laut. Lewat merekalah, akhirnya astrolab diperkenalkan kepada bangsa Eropa melalui Spanyol (Moor).

Meskipun bangsa Yunani dulu sudah meyakini bentuk bumi adalah bulat, entah mengapa, pada perkembangannya bangsa-bangsa di Eropa lebih menerima pendapat soal bumi yang datar. Mata mereka mulai terbuka setelah Copernicus dan Galileo-Galilei memberi pembuktian soal bumi bulat. Padahal dalam Perjanjian Lama, kitab suci umat Kristen sendiri sudah menulis tentang bumi itu bulat. Demikian juga Quran meyakini bentuk bumi pun bulat. Ilmuwan-ilmuwan muslim membuktikan iman mereka dengan penyelidikan lanjut, di antaranya melalui alburuj ini.

Sekitar abad 9 M, saat bangsa Islam menguasai separuh dunia, naskah-naskah ilmiah seperti karya astronom Yunani Ptolemeus diterjemahkan ke bahasa Arab. Dinasti Abbasiyah juga mendapatkan naskah-naskah Sansekerta yang kaya akan informasi tentang matematika, astronomi, dan ilmu pengetahuan lainnya. Observatorium juga banyak dibangun di kota-kota tempat peradaban Islam berada. Di tempat ini, para ilmuwan memiliki berbagai alat paling canggih masa itu seperti astrolab, kuadran, sekstan, dan jam matahari.

Penetapan Mekah sebagai kiblat mendorong cendikiawan Muslim mempelajari ilmu falak. Sejak abad 13, banyak masjid dibangun memperkerjakan seorang astronom profesional (muwaqqit), sehingga bisa menentukan arah kiblat secara tepat. Lagi-lagi komputer saku alburuj jadi panduan utama. Tidak itu saja, ilmuwan Muslim bisa menentukan tanggal dan hari-hari raya untuk ibadah berdasar pengamatan pada peredaran bulan dan matahari, dan mereka juga bisa membantu orang yang akan naik haji merencanakan rute perjalanan paling efisien ke Mekah.

Mengukur Bumi Ekspansi Islam ke berbagai belahan bumi menciptakan pembuatan peta bumi ini, termasuk pembuatan globe. Para pembuat peta berupaya keras melakukan pengukuran yang akurat. Khalifah al-Makmun pernah mengutus 2 tim survei ke Gurun Siria dilengkapi astrolab serta tongkat dan tali pengukur. 2 tim tersebut berjalan berlawan arah hingga mereka mengamati satu derajat perubahan ketinggian Bintang Utara. Hasil perhitungan mereka menunjukkan bahwa jarak yang mereka tempuh sama dengan 1 derajat garis Lintang, atau 1/360 keliling bumi. Jadi, setelah dikalkulasi, keliling bumi dari kutub ke kutub adalah 37,369 kiometer. Perhitungan ini sangat mendekati dengan hasil teknologi modern jaman sekarang, yakni 40,008 kilometer! Maka kesimpulannya, tak menutup kemungkinan bila peradaban bangsa Islam saat jaya dulu menyebar hingga ke ujung-ujung bumi, dan bahkan (boleh jadi) sampai ke Amerika.

Sumber

20 komentar:

  1. SUBHANAUWLOH......MASYAK WALLOH......AULLOHKUBARRBARR.....
    ALBURUJ.....ALBURIT....ALBUNTUT...
    SESUATU BANGET YA....!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. panas niyee BURITMU.!! hihihihi

      Hapus
    2. hahah org Islam bego dikira komputer bgituan?
      komputer generasi pertama aja 1946-1959.

      komputer itu pke listrik (elektronik) pke bhsa mesin 1010101010 binary, bkn yg begituan.
      Wlau pun gw bkn ahli tpi tau lh dikit2.

      hahahah

      Hapus
    3. Gua inget lagu kristen yang gini.
      JINGLE BERR JINGLE BERR BAPAKMU GEMBEL, KERJANYA DIHOTEL JADI PENGEPEL!! WKWK

      Hapus
  2. >Az Zukrhruf (qs 43 :61 ) Wa innhu la'ilmun lilssaa'ati falaa tamtarunna bihaa waittabi'uuni haadzaa shiraathun mustaqimun : dan sesungguh nya ISA itu benar" memberikan pengetahuan ttg hr kiamat , krn itu jgn lah ragu" ttg hr kiamat itu & ikutilah AKU ,ini jalan yg lurus.
    >Nyawa nabi muhammad ada di tangan DIA ISA putra maryam (hadist mutiara III no 4251)
    >Yesus Adalah Hakim yg adil (hadist shohih muslim -127). YESUS dr ROH ALLAH (Qs :45 -91 & annisa 171).Semua anak manusia sdh tersentuh oleh setan kecuali ISA putra maryam (Hadist shohih buchori jilid III hal 208 ayat 1493)
    >Hanya Pengikut ISA lah di atas orang" kafir hingga hr kiamat (qs 3 : 55 ).Dan bangsa Israel menerima anugrah yg gk di terima umat lain (qs. almaidah : 20). Israel bangsa pilihan ALLAH (qs albaqaroh-47).Allah beserta Israel (qs almaidah :20).Isa almasih adalah yg terkemuka di dunia dan di akhirat (sura ali imran 3 : 45). Isa mengetahui hr kiamat (qs.43:61).
    >Beberapa Ayat Pertentangan Dlm Alquran : Isa bs menciptakan Burung (qs 3:49).Selain alloh tdk ada yg bs menciptakan lalat pun (qs 22:73). Bumi dan langit di ciptakan dlm 8 masa (qs 41:912) sedang ayat (qs 7 : 54,qs 25 :59 )bumi dan langit di ciptakan dlm 6 masa.
    >Isa putra maryam seorang Imam mahdi & hakim yg adil (hadist shohih muslim jilid 1)

    BalasHapus
  3. Ni gara2 nabi si islam memed sehingga pengikutnya jd penipu kwkwkwkwkw.. Jd sbnarnya bkn salah pengikutnya tp salah nabinya. Koq si memed gk ksh teladan yg baik yaa ...kasihan umat nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oi kristen babi...
      agame lo tu lh yg telah mencuri semua ilmu kami yg ada di perpustakaan terbesar di baghdad yg telah di hancurkan oleh kaum babi lu...

      kalau gk tau sejarah jangan sok tau lah...
      semua ilmuan kristen itu adalah penipu
      semua ilmu mereka itu berasal dari perpustakaan di baghdad yg telah mereka hancurkan itu....

      Hapus
    2. WKWKWWK ITU PERADABAN PERSIA BEGO! BUKAN PERADABAN ISLAM ATAUPUN ARAB! BIAR LU TAU ORANG PERSIA PINTAR2 SEBELUM ISLAM MASUK

      Hapus
    3. Wakakakakaa, udah gk bisa balas koment lagi tuh yang diatas, perpustakaan persia mau di klaim jadi perpustakaan peradaban arab juga tapi gagal,. akhirnya pura2 bisu dia,. wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Gimana cara nya kristen nyuri ilmu pengetahuan islam di baghdad????

      Yg nyerang baghdad kan bangsa mongol.
      Lagian juga sisa2 tentara mongol yg tinggal di timur tengah keturunanya akhirnya masuk islam

      Nga ada kerajaan kristen saat itu sampai di baghdad kejauhan dan biasanya kerajaan2 kristen saat itu klo nyerang hanya khusus kota2 yg sudah dijadikan sasaran aja seperti yerusalem, antiokia, tripoli,dll
      Setelah itu langsung bertahan.

      Hapus
    5. Sekedar tambahan lagi
      Selain di baghdad ada lagi kota yg dikatakan pusat ilmu pengetahuan Islam saat itu yg dimana kota itu terdapat perpustakaan kuno yg koleksi nya paling bnyk zaman itu

      Nama kotanya Alexandria mesir
      Tapiiiiiii........
      Wakakakaka kotanya dan perpustakaannya akhirnya dibakar oleh umat Islam sendiri tepatnya oleh dinasti Fatimid.
      Alasannya mrka menganggap sains itu bida'ah dan semua koleksi perpustakaan itu dibakar krn anggapan mrka satu2nya catatan tulisan yg benar hanya alquran yg sesat.
      Sayangnya bnyak catatan2 ilmuan islam ada perpustakaan itu, untungnya ada beberapa org berhasil menyelamatkan catatan llu menyeludupkannya ke Eropa yg saat itu mulai menerima Sains

      Hapus
  4. SUBAHENOL OLOWABAAAR!!

    BalasHapus
  5. alhamdulillah
    karena membaca blog ini saya jadi insap
    saya sekarang percaya kebenaran islam 1000 persen
    saya sedikit cerita pengalaman spritual saya
    ternyata waktu isra mi'raj nabi muhammad sempat mampir di planet mars
    dan berhasil mengislamkan alien disana
    begitulah bisikan gaib yang saya dapat setelah sholat tahajud 100 rakaat
    allahu akbar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo nelen Jangkrik rebus brapa biji tadi malem? ampe fly high gitu akwakwak
      XD ngaco post lo

      Hapus
    2. sayapun lebih percaya akan islam ,, sayapun akan sholat 100x sehari seperti yg diperintahkan alloh biarpun orang sedunia mentertawakan ...

      Hapus
  6. BAROKAH GAN

    MANTAP

    BalasHapus
  7. Duh islam islam .., miris gw liat kalian ,org-org kristen atau pun agama budha, hindu dsb, kami sudah tau ttg kalian muslim , klo kalian itu sbnrnrnya ngiri sama org- org kristen yg di ridhoi kepintaran, kesejahteraan , pionir di segala bidang lah , maka kalian tidak henti2 nya memprovokasi , menjelek2 kan ,tidak ♏åƱ mengakui kelebihan2 pengikut Yesus ,membuat pemberontakan, { mulai dari pemberontakan di moro filifina , Poso ,GAM , Alkaidah , perang antara islam sunni dan syiah , perang antara Islam muhammadiah dgn Ahmadiah dll , maka tidak heran dunia sudah mencap kalian agama islam dan bangsa teror, sesama islam pun gk pernah damai , liat sendiri negara2 dan bangsa islam di dunia gmn menurut kalian ??, yang pasti Tidak ada kedamaian dan ketentraman disana . Maka tidak heran dan betul yg di katakan Tuhan YESUS dlm firman nya yg mengatakan = [Matius 7 ayat 3 dan 5] = Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Ayat 5 = Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu." Artinya Gajah di depan mata tidak dpt kamu liat namun semut dimata org lain dapat kamu liat . Begitulah kalian para muslim , jd kalian sama seperti org2 farisi di israel pada waktu dan sampai saat ini msh menentang ttg ajaran TUHAN YESUS \ ISA ALMASIH , kalian Ļɑђ̨ yg di sebut para domba2 sesat itu . Juga ttg nabi palsu sdh di firman kan Tuhan YESUS yaitu di mat 7 ayat 15 = "Waspadalah terhadap nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

    BalasHapus
  8. MANA ADA SISTEM KOMPUTER DI AL QUR'AN ADA-ADA SAJA KALAU BILANGAN BINNER MIRIP DENGAN I - CHING.
    APA PESAWAT TERBANG DITEMUKAN ISLAM?

    JANGAN PERCAYA HOAX TENTANG MANUSIA MANUSIA KONYOL,
    ISLAM SELALU DIAM SAMPAI SESUATU DITEMUKAN SETELAH ITU HOAX HOAX KALAU PENEMUNYA MEREKA. WKWKWKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  9. Dasar yang komen bodoh semua!! Betul adanya penemu software adalah muslim!!!! ISLAM SEJATI YG BERNAMA BILL GATES maka BAROKAH BAGI SEMUA KAUM MUSLIM DUNIA membeli MICROSOFT!!!!!! WAJIB HUKUM NYA!!! (bagi yg non muslim, mau perang jangan blak blakan, support saja mereka seakan akan mendukung) biar mereka cinta produk produk zion yahudi dan USA beserta semua kapitalis2 dunia lainnya yang uangnya di pergunakan untuk membunuh bangsa barbar arab dan semua sekte sesat yg dinamakan ISLAM

    BalasHapus
  10. eehh,, ANONIM ,, klo ngomong jngn asal ajjh,, kyak kentut g dopan santun,, mna ad TUHAN yg dm kyak kita,, kyak presiden ajjh,, d anggat oleh presiden,, tuh kitap injil isi ny PALSU SEMUA,, yg kbenaran ny d ttup2i OLEH PASTUS2 BEGOOO,,

    INJIL IT 1/4 dr isi dr Al_Qur'an,, yv isi ny d sesat kn oleh pastur2 BEGOOO,, NGERTI LOOO,,

    BalasHapus