Ternyata penemu angka 0 adalah orang muslim


Dunia Eropa/Barat dari dulu sampai dengan sekarang sepertinya mengklaim bahwa gudang ilmu pengetahuan berasal dari kawasan Eropa/Barat. Tapi tahukah anda, sejatinya asal gudang ilmu pengetahuan berasal dari kawasan Timur Tengah, yaitu Mesopotamia yang menjadi peradaban tertua di dunia.

Masyarakat dunia sangat mengenal Leonardo Fibonacci sebagai ahli matematika aljabar. Namun di balik kedigdayaan Leonardo Fibonacci sebagai ahli matematika, aljabar ternyata hasil pemikirannya sangat dipengaruhi oleh ilmuwan muslim bernama Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi. Dia adalah seorang tokoh yang dilahirkan di Khiva (Iraq) pada tahun 780. Selama ini banyak kaum terpelajar lebih mengenal para ahli matematika Eropa/Barat, padahal sejatinya banyak ilmuwan muslim yang menjadi rujukan para ahli matematika dari barat.

Selain ahli dalam matematika, Al-Khawarizmi, yang kemudian menetap di Qutrubulli (sebelah barat Bagdad), juga seorang ahli geografi, sejarah dan juga seniman. Karya-karyanya dalam bidang matematika dimaktub dalam Kitabul Jama wat Tafriq dan Hisab al-Jabar wal Muqabla. Inilah yang menjadi rujukan para ilmuwan Eropa termasuk Leonardo Fibonacce serta Jacob Florence.

Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi inilah yang menemukan angka 0 (nol) yang hingga kini dipergunakan. Apa jadinya coba jika angka 0 (nol) tidak ditemukan coba? Selain itu, dia juga berjasa dalam ilmu ukur sudut melalui fungsi sinus dan tanget, persamaan linear dan kuadrat serta kalkulasi integrasi (kalkulus integral). Tabel ukur sudutnya (Tabel Sinus dan Tangent) adalah yang menjadi rujukan tabel ukur sudut saat ini.

Al-Khawarizmi juga seorang ahli ilmu bumi. Karyanya kitab surat Al-Ard menggambarkan secara detail bagian-bagian bumi. CA Nallino, penterjemah karya Al-Khawarizmi ke dalam bahasa latin, menegaskan bahwa tak ada seorang Eropa pun yang dapat menghasilkan karya seperti Al-Khawarizmi ini.

Sumber

23 komentar:

  1. Bahlul ente angka nol itu di dapet dari india.makanya baca sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mottonya adalah : "kafir yang menemukan, islam yang mengklaim"

      Hapus
    2. islam adalah bangsa penemu, ilmu matematika, kedokteran bahkan bangunan,bahkan aljabar buatan al khawarizmi dan kitabnya masih dipake bangsa nasrani yg bego itu hahahaha jd sebenarnya bangsa nasrani tanpa islam adalah bangsa tolol hahahah

      Hapus
    3. klo lu bilang angka nol ditemuin di india emg khwarizmi pernah menetap di daerah asia selatan setelah bermusafir dr tpt kelahirannya di khurasan di uzbekistan, dan bangsa india pada dahulu kala kebanyakan muslim bkn non muslim hahahahha

      Hapus
    4. Angka nol, dan angka2 desimal lain yang biasa kita sebut angka arab adalah angka Hindu (Matematika, Life, Pustaka Ilmu). Bahkan jauh sblmnya orang2 Sumeria telah menggunakan "nol" dengan cara menyisipkan spasi di antara dua angka karena mrk blm menemukan lambangnya walaupun sdh menyadari kegunaannya.

      Hapus
    5. "Anonim21 Februari 2013 04.17
      islam adalah bangsa penemu, ilmu matematika, kedokteran bahkan bangunan,bahkan aljabar buatan al khawarizmi dan kitabnya masih dipake bangsa nasrani yg bego itu hahahaha jd sebenarnya bangsa nasrani tanpa islam adalah bangsa tolol hahahah"

      Ya anda benar
      Kafir adlh bangsa tolol
      Jadi saya mohon jangan gunakan internet dan facebook

      Dasar slimer idiot

      Hapus
  2. ISLAM = Ikut Setan Lewat Ajaran Mohamad

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw emang paling setuju dr postingan yg sebelomnya sama komentar anonim yg satu ini...

      Hapus
  3. islam menemukan angka nol..ampe sekarang bocah2 muslim sering banget dapat nilai nol di sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwk......ngakak gan......

      Hapus
  4. thank for the information to the owner of the blog
    mmmmmmm for the readers...............your comment as like uneducated person

    BalasHapus
    Balasan
    1. Google translate musuh islam om.. ga boleh dipake

      Hapus
  5. islam memang menemukan angka nol, karena itulah sampai sekarang prestasinya juga NOL besar

    BalasHapus
  6. anonim goblok otak lu segede upil!!!! baca buku sejarah goblok!!! liat siapa penemunya??? Al-Khawarizmi!! bukan orang india

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku sejarah karangan siapa yg harus ane baca?
      Buku karangan FPI atau buku karangan admin blog ini?

      wakakakak...

      Hapus
  7. Allah telah menganugerahi orang-orang yahudi dengan otak yang jenius, banyak penemuannya. tetapi orang-orang timur tengah juga dianugerahi walaupun tidak sehebat orang-orang yahudi.
    harusnya kita berterima kasih kepada mereka bukannya saling mengejek satu sama lain.

    yang koment ISLAM= ikut islam lewat ajaran mohammad, semoga anda laknatullah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukankah salah satu gelar allah swt adalah Khairul Makarin = Penipu paling lihai. Kog sifatnya persis sifat iblis, jangan jangan allah swt adalah iblis yg ngaku sebagai tuhan...

      Hapus
  8. yang koment ISLAM = ikut setan lewat ajaran mohammad, semoga anda laknatullah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. la ente sendiri juga ngetik kalimat itu

      bilang aja 'anonim yg komen tanggal 21 februari'

      Hapus
  9. Ni blog emang ngawur. Al-Khawarizmi bukan penemu angka nol, tapi yg mempopulerkannya. beda dong. Justru nol ini pada mulanya muncul di India. Sungguh menyesatkan artikel2 di blog ini. baca nih linknya
    http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/03/10/sejarah-perkembangan-angka-di-dunia-540876.html

    BalasHapus
  10. Kita belum mengetahui siapa yang menemukan Angka 0, Namun sebagian mengatakan Al-Khawarizmi dan Sebagian orang India (Entah Siapa). Dan kita belum tahu kepastianya, Hanyalah Allah yang maha Mengetahui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh..
      bego lu baca Weda kitab org HINDU disana jelas" ditulis di india ditemukan angka 0

      Hapus
  11. kita harus menerima kebenaran ..terlepas dari islam apa non islam...yang penting itu benar tidaknya...jangankan dari manusia...kalau kbenaran itu dtngnya dari syetan pun bener tetap bener....(yg komen islam)

    BalasHapus