Ternyata pendiri Youtube dan Hotmail adalah orang muslim


Dalam buku yang diberi judul "YouTube A Success Story", profil 3 anak muda di balik kesuksesan YouTube, mereka adalah Chad Hurley, Steve Chan, dan Jawed Karim.

Chad Hurley lahir pada 1977 dan tumbuh di Pennsylvania Selatan, tepatnya di Birdsboro. Dia putra pasangan Donald, seorang konsultan keuangan, dan Jo Ann, seorang guru. Chad memiliki kecenderungan dalam bidang seni. Ia juga menyukai bisnis dan teknologi. Tanpa sadar, ia sudah kerap menggabungkan minat-minatnya tersebut. Saat duduk di kelas 9, ia membuat amplifier yang memenangkan juara ketiga Kompetisi Elektronik Nasional. Pada 1999, Chad menyelesaikan kuliahnya di Indiana University of Pennsylvania. Awalnya, ia mengambil jurusan ilmu komputer, tetapi kemudian dia memutuskan beralih ke jurusan desain grafis dan percetakan.

Steve Shih Chen lahir pada Agustus 1978 di Taiwan. Ia tinggal di Taipei sampai usia 8 tahun. Keluarganya kemudian berimigrasi ke Amerika Serikat. Ia mendaftar di John Hersey High School serta Illionis Math and Science Academy. Steve kemudian kuliah di University of Illionis di Urbana-Champaign. Ia adalah satu di antara karyawan-karyawan awal PayPal. Tempat ia bertemu Chad Hurley dan Jawed Karim.

Jawed Karim, seorang muslim yang taat beragama, dilahirkan di Merseburg, Jerman Timur, 1979. Ayahnya, Naimul Karim, adalah periset berkebangsaan Bangladesh pada perusahaan 3M. Ibunya adalah profesor asisten penelitian biokimia di University of Minnesota. Karim menghabiskan masa kanak-kanaknya di Jerman. Namun, pada 1992, keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Ia lulus dari Central High School (Saint Paul, Minnesota) dan mendaftar di University of Illinois di Urbana-champaign.

Ketiga anak muda tadi bertemu saat masih menjadi karyawan di PayPal. Pertemuan ketiganya terjadi ketika mereka frustasi saat berusaha mengirim e-mail yang berisi klip video. Mereka kemudian menyempurnakan infrastruktur platform video sharing mereka selama beberapa jam. Dari sini, guratan takdir menuju keberuntungan dimulai. Sesuatu yang mereka rintis tampaknya mulai membuahkan hasil-hasil yang sangat luar biasa.

Profil yang lebih lengkap dari ketiganya bisa dibaca lebih jauh dalam buku yang diterbitkan oleh penerbit Mizan setebal 162 halaman ini. Begitu juga dengan liku-liku perjalanan YouTube, konsep YouTube sehingga bisa menghasilkan begitu banyak keuntungan, sampai permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh YouTube berkaitan dengan hak cipta.

Pendiri Hotmail
Penemu HOTMAIL bukanlah warga Amerika sebagaimana diperkirakan oleh kebanyakan orang, tetapi adalah seorang muslim berkebangsaan India. HOTMAIL adalah jenis email yang paling sering digunakan di seluruh dunia, merupakan bahagian dari lingkungan operasi Microsoft Windows, yaitu sebuah perusahaan milik Amerika Serikat.

Latar belakang HOTMAIL meninggalkan kisah sukses pribadi yang pantas disebut-sebut, terutama seperti yang muncul pada nama penemunya sendiri yang menunjukkan ia adalah seorang muslim, yaitu Sabeer Bhatia.

Pada tahun 1988, Sabeer Bhatia datang ke Amerika untuk belajar di Universitas Stanford, kemudian dapat menyelesaikan studi dengan hasil yang memungkinkannya untuk bekerja di sebuah perusahaan internet. Di sanalah ia bertemu dengan seorang pemuda lulusan universitas yang sama, Jack Smith.

Hampir setiap perjumpaan mereka penuh dengan diskusi-diskusi, tetapi yang sering dibahas mereka adalah cara mengejar ketinggalan dengan internet dalam mendirikan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, diskusi-diskusi mereka selalu berkisar seputar perusahaan tempat mereka bekerja. Ketika disarankan oleh Akchwhma Riishma agar menggunakan semacam layanan perusahaan untuk meneruskan diskusi-diskusi mereka. Sabeer Bhatia langsung berfikir untuk merancang sebuah program yang kemudian diberikan alamat pribadi kepada setiap orang.

Demikianlah pekerjaan rahasia antara mereka dalam penemuan HOTMAIL. Pada tahun 1996, surat yang ditujukan kepada publik telah cepat menyebar sehingga dapat diterima oleh banyak kalangan pengguna internet. Hal ini disebabkan oleh keunggulan Sabeer Bhatia dalam menyediakan 4 fitur yang tidak dapat disaingi, yaitu setiap email yang dimiliki oleh pengguna adalah gratis, rahasia, pribadi dan dapat digunakan dimana saja di dunia.

Sumber

14 komentar:

  1. Heran liat isi blog ini. Kayaknya hampir semua isi dunia ini di klaim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener. bahkan kamu juga adalah hamba Alloh, ciptaan Alloh. Semua manusia, semua benda, dan apa saja juga semuanya hanya ciptaan dan kepunyaan Alloh yang telah menurunkan Islam.

      Hapus
  2. ....Oi, sabeer bhatia itu Hindu tong, hindu india....hehe, pantes blognya islam fanatik. Terima aja beritanya.

    BalasHapus
  3. Kasihan juga yach melihat blog yang satu ini. Agamanya gak PeDe, jadi perlu berita palsu untuk memperkuat KEIMANAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sudah bukti bukti yang telah diberikan oleh penulis tapi para penghujat islam cuma bisa koment bodoh aja.Jangan cuma komentar doang dong. Buktikan agama kalian mampu mengispirasi beragam temuan temuan yang luar biasa. Kalo cuma koar doang monyet juga bisa.Buktikan bahwa anda punya bukti yang kuat kalo koaran lu semua itu benar.Jangan cuma kayak anjing galak liar yang bodoh dan tak bertuan yang kalo ada orang lewat digonggongi demikian galak, padahal ga ada gunanya buat dia.Lu tidak tahu itu wajar, tapi sok tahu dan berkoar sembarangan tanpa bukti dan sumber yang jelas,itu yang begonya ga ketulungan.Kasihan ...kasihan....

      Hapus
    2. sebenernya di blog ini sama sekali ga ada bukti yang akurat loh , bahkan semua berita tidak masuk akal dengan kenyataan yang ada. bahkan terkesan MEMAKSAKAN. Sabeer bhatia itu orang Hindu loh , kenapa disitu ditulis muslim ? ini mah kebohongan publik tong ..

      Hapus
    3. blog ini justru harus dilestarikan dan dipertahankan
      lumayan buat bahan tertawaan :D

      Hapus
  4. jd gua harus bilang wooooow gitu
    354 mauuuuu

    BalasHapus
  5. manusia manusia di dunia ini pun islam
    tapi sayang islam ktp tidak murni lagi kalaupun ada islam untuk urusan dunia kyai artis menjual ayat2 alloh hanya untuk masuk neraka di dunia kaya tapi di akherat masuk neraka dari cara ibadahnya saja salah


    BalasHapus
    Balasan
    1. ANONIM sinkatan dari ANONYA ONO MINYAK tul kan SANGAT ZEZUAI ,,,,LG SAKIT GIGI EHHMAAF SAKIT HATTYYYYYYY nampak nya,,,,

      Hapus
  6. bagus kali blog nya bahh..!
    ngangkat2 org muslim, tapi logis kali cerita abang awak ini. mantaaap...! tapi kasian kali tetangga sebelah tu panas kali hatinya tak bisa nengok orang terhibur baca cerita2 lucu yang masuk akal ini.

    kasian kali kau lai, jangan emosi choy, nikmati ajalah hidup ini bahh.. nanti cepat mati pulak kau hahahahahaa...

    BalasHapus
  7. WKWKWK INI BLOG KOMEDI TERBAIK YANG PERNAH GW LIAT !!!
    AULLOHHUAKBARBAR!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa pake anonim? penakutkah anda?

      Hapus
  8. vagina itu milik islam loh !!!
    kalo ga percaya liat aja hajar aswad

    kontol itu juga milik islam loh !!!
    kalo ga percaya liat aja bentuknya mirip lafadz Alloh SWT

    BalasHapus