Ternyata Aristoteles adalah seorang muslim


Pernah mendengar nama Aristoteles? Atau paling tidak pernah membaca sejarah tentang filsuf Yunani ini.

Dari sumber yang saya baca di Wikipedia, Aristoteles adalah seorang filsuf Yunani, murid dari Plato dan guru dari Alexander yang Agung. Ia menulis berbagai subyek yang berbeda, termasuk fisika, metafisika, puisi, logika, retorika, politik, pemerintahan, etnis, biologi dan zoologi. Bersama dengan Socrates dan Plato, ia dianggap menjadi seorang di antara 3 orang filsuf yang paling berpengaruh dalam pemikiran Barat.

Ternyata dasar-dasar pemikiran Aristoteles telah disepakati atau didukung oleh para ahli filsafat Arab. Dan para pengikut Aristoteles menyematkan nama ajarannya dengan nama Aristotelianisme.

Dan Aristotelianisme adalah pandangan filsafat yang berasal dari Aristoteles (384-322 SM), bila dibandingkan dengan aliran Plato yang sebelumnya lebih bersifat realis. Pada mulanya gereja tidak mengindahkannya atau melawannya, namun kemudian etika, logika dan teori kausalitas serta pandangan Aristoteles mengenai jiwa manusia sebagai forma tubuh (tidak sama dengan Platonisme yang memandang tubuh sebagai penjara jiwa), besar pengaruhnya selama abad pertengahan, melalui dukungan para ahli filsafat Arab (Al-Kindi, Al-Farabi, dan Ibn Sina), Moses Maimonides (1135-1204) dan Thomas Aquinas (1255-1274).

Thomas Aquinas mengembangkan bukti-bukti adanya Allah atas dasar pemikiran Aristoteles, tetapi juga merintis pandangan bahwa jiwa itu kodratnya tidak dapat mati, hal yang tampaknya ditolak dalam Aristotelianisme.

Arti dasar dari Aristotelianisme adalah aliran yang mengikuti ajaran Aristoteles. Meski demikian, filsafat para pengikut Aristoteles tidak seluruhnya seragam. Untuk menunjuk para pengikut Aristoteles biasanya digunakan istilah netral "Aristotelian" dan bukan "paripatetik". Alasannya, istilah yang belakangan bisa saja menimbulkan kesan keliru bahwa metode pengajaran Aristoteles adalah percakapan sambil jalan-jalan.

Apa yang diajarkan oleh Aristoteles ternyata hampir menyamai apa yang dikatakan/diajarkan oleh para ahli filsafat Arab. Bahkan Thomas Aquinas pun serta merta mengembangkan bukti-bukti adanya Allah atas dasar pemikiran Aristoteles. Jadi dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan bahwa Aristoteles adalah Islam.

Jadi, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa ajaran Islam saat ini sudah masuk ke dalam jeroan, bahkan sampai ke tulang belulang, dan mendarah daging.

Sumber

17 komentar:

  1. Dul, Aristoteles lahir kapan Dul? Nabi Muhammad lahir kapan? Jangan bikin malu Dul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajari dulu pengertian Islam atau Muslim, nanti anda akan tahu, semua agama yang dibawa oleh rasul yang 25 akan ada kesamaan dalam hal "Akidah/Kepercayaan" terhadap Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah. Hanya dalam bentuk ibadahnya yang berbeda, tetapi dalam emng-Esa-kan Tuhan, tidak ada beda dan bahkan persis. Maka itu agama yang di bawa oleh Nabi Adam sampai Nabi Muhammad pada dasarnya adalah 1, yaitu Islam.

      Hapus
    2. Wahai tapir 15 januari. Ente blm tahu kalo mesin waktu udah diciptakan oleh islam sejak zaman nabi adam? Tuh aristoteles pake mesin waktu ke zaman muhammad utk bersyahadat.

      Berakalloh...

      Hapus
    3. Nabi Muhammad adalah penyempurna.
      smua yg berbuat baik dan mencegah perbuatn jahat itu adalah muslim. termasuk didalamnya aristoteles, harkules, samson, dll

      perlu kajian mendalam tentang nabi muhammad.

      Hapus
    4. PENULIS BLOG NYA

      CEPETAN TOBAT CUYYYYY

      Hapus
    5. cintailah sesamamu seperti dirimu sendiri

      Hapus
    6. anonim 3 juni, siapa muhammad? tidak ada yang menubuatkan muhammad itu nabi, adam, musa, nuh, ayub, yah yah, elyas, tidak ada satupun yang menubuatkan muhammad itu nabi.

      Hapus
  2. Nabi dan Rasul , Nabi ada Ratusan Ribu , Rasul ada 25
    itulah yg di Imani seorang Muslim. Bisa sja itu terjadi karna Allah telah mengInformasikan kebanyakan dari Umat mereka mengingkari dan malah kebanyakan dari Nabi2 itu dibunuh dan di Usir.
    jika Nabi-nabi sebelum Muhammad SAW mungkin bisa di Imani tapi kalo sesudah Nabi muhammad adalah Nabi2 palsu kecuali 2 orang yg akan membawa sya'riat Rasullulah yaitu Imam Mahdi dan Isa Alaihi Salam.

    BalasHapus
  3. Manusia Sempurna26 Februari 2013 02.36

    BLOG ANDA SANGAT MEMALUKAN BUNG.

    BalasHapus
  4. Gw...lama cari blog gini nich...
    ini baru nemu..........mantabbbbbbbbbbbbbbbbb...

    BalasHapus
  5. Aristotelianisme adalah pandangan filsafat yang berasal dari Aristoteles (384-322 SM)

    ........ dan ternyata islam sudah ada sejak tahun 300 Sebelum Masehi. Berarti Islam yang ada di Arab abad 7 masehi itu pasti agama palsu

    BalasHapus
  6. --Bung saya menilai memang ada benarnya tentang filsafat Aristoteles hampir sama dengan para ahli Filsafat arab, . jadi pada saat itu aristoteles d.k.k mengembangkan teori kedaulatan tuhan ,namun islam belum ada pada saat itu . Saat islam datang dan berkembang . Pada Zaman Daulah Abasiyah ahli filsafat barat Al-Farabi salah satunya dan ia lah orang yang pertama kali mempelajari Filsafatnya orang Yunani , Filsafat Aristoteles salah satunya , jadi pentas saja anda mengatakan ada kemiripan.
    --Thomas Aquinas itu hanya mencari bukti-bukti dan mengembangkan bahwa adanya tuhan , memang bisa di bilang Allah,Tapi itukan Teori, teori kedaulatan tuhan, TAPI GAN ISLAM BERKEMBANG PADA ABAD 6 atau 7 MASEHI( saya lupa tepatnya), Aristoteles itu pada tahun 300SM lho ! JAUH BANGET BEDANYA !!!!!
    --YANG BILANG ISLAM YANG ADA DI ARAB ABAD 7 MASEHI ITU AGAMA PALSU ,TOLONG TANYAKAN LAGI PADA USTADZ / KYAI / TOKOH AGAMA atau lainnya.
    --Saya menilai Blog Anda Sangat MEMALUKAN . Jangan Malu2 in gan.Lebih baik hapus postingan lho gan !

    BalasHapus
  7. kenapa gak sekalian Adolf Hitler/Joseph Stalin/Fidel Castro/Enver Hoxha dan sebagainya yg serupa sebagai bagian dari kalian??

    BalasHapus
  8. sebelum adanya Islam,agama yang mengesakan Allah disebut agama tauhid, seluruh nabi memegang agama tauhid ini...bisa jadi aristoteles jugo seorang penganut agama tauhid....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..ini baru bener..agama tauhid namanya..
      sebaiknya penulis blog coba pelajari lebih dalam lagi sebelum menginterpretasikan hasil pemikirannya sendiri..jangan menulis dan yakin dengan pemikiran sendiri bung..

      Hapus
    2. Setelah mendalami alquran ternyata dari 360 Berhala arab yg dihancurkan dan disisahkan 1 ilah bergelar allah swt hanyalah sebuah BATU yg dijadikan tauhid.

      http://indonesia.faithfreedom.org/forum/saya-tantang-semua-muslim-buktikan-allah-swt-bukan-batu-t22973/page200.html

      Hapus
  9. mas, mendingan cari kerja sono...

    BalasHapus