Ternyata ilmu akuntansi adalah hasil penemuan orang muslim


“Islam adalah agama yang komprehensif, semua diatur dalam Islam dari bangun tidur sampai mau tidur, dari masalah rumah tangga sampai masalah bernegara hingga ilmu pengetahuan semuanya tercakup di dalam Islam. Bahkan masalah Akuntansi sekalipun, ternyata juga menjadi bagian yang diatur oleh Islam. Di dalam Alqur’an kita dapat menemukan adanya ayat akuntansi yang secara panjang lebar membicarakan akuntansi lho…”

Demikianlah paparan yang di sampaikan kakak Mentor pada suatu sore yang teduh di pelataran Masjid Baitul Maal ketika saya dulu untuk pertama kalinya megikuti pertemuan Halaqoh pekanan di kampus. “Oh..ternyata tidak hanya ilmu-ilmu esakta seperti fisika, biologi ato’ kimia aja ya yang bisa kita temui’in ayat – ayat Al Qur’an yang membicarakannya secara spesial, Akuntansi juga ada lho di Al Qur’an.” Batinku waktu itu. Dengan rasa ketertarikan untuk mengetahui lebih lanjut masalah ini, kemudian aku mencoba untuk mempelajari referensi yang berhubungan dengan masalah ini melalui internet dan sumber bacaan lain, eh…hasilnya ternyata mengarahkanku pada satu kesimpulan kalau Akuntansi pada awalnya adalah milik kaum Muslimin bukan milik orang-orang Eropa. Gak percaya? Berikut ini beberapa argumen yang bisa penulis kemukakan, selamat membaca.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu`amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berutang itu mengimlakan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikit pun daripada utangnya. Jika yang berutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakan, maka hendaklah walinya mengimlakan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki di antaramu). Jika tak ada dua orang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka seorang lagi mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis utang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih dapat menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu, (Tulislah muamalahmu itu), kecuali jika muamalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit-menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al Qur’an Surat Al Baqarah : 282)

”Jika kamu dalam perjalanan (dan bermuamalah tidak secara tunai) sedang kamu tidak memperoleh seorang penulis, maka hendaklah ada barang tanggungan yang dipegang (oleh yang berpiutang). Akan tetapi jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (utangnya) dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya; dan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. Dan barang siapa yang menyembunyikannya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya; dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al Qur’an Surat Al Baqarah : 283)

Bukti-Bukti Otentik Peradaban Islam Telah mengenal Akuntansi
Al Qur’an Surah Albaqarah ayat 282-283 diatas telah mendorong umat Islam untuk peduli terhadap pencatatan kegiatan mu’amalah yang dilakukan tidak secara tunai dan menimbulkan tradisi pencatan transaksi keuangan dan perdagangan dikalangan umat Islam. Disamping itu, adanya kewajiban pembayaran zakat membawa konsekuensi bagi Pemerintah Islam untuk membuat laporan keuangan periodik Baitul Mal. Adapun bagi para pengusaha Muslim kewajiban membayar zakat membuat mereka melakukan klasifikasi asetnya sesuai ketentuan zakat dan membayarkan zakatnya jika telah memenuhi hisab dan haul.

Berikut ini kronologis bukti sejarah yang bisa menggambarkan perkembangan Akuntansi di dunia Islam:
1. Di masa rasulullah sudah ada sahabat yang memiliki tugas sebagai “Hafazhatul Amwal” ( Pengawas Keuangan ) Baitul maal.

2. Perkembangan pemerintahan Islam pada masa Khalifah Umar Bin Khotob r.a. hingga ke wilayah Afrika, Timur Tengah, Asia telah meningkatkan penerimaan dan pengeluaran negara. Para sahabat kemudian merekomendasikan perlunya pencatatan untuk pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran negara, sehingga Khalifah mendirikan lembaga yang khusus menangani masalah tersebut dan lembaga tersebut di beri nama “Diwan” ( Dawwana = tulisan )

3. Reliabilitas laporan keuangan di kembangkan oleh Khalifah Umar Bin Abdul Aziz (681-720 M) dengan kewajiban mengeluarkan bukti penerimaan uang. Kemudian Al Waleed bin Abdul Malik (705-715 M) mengenalkan catatan dan register yang tidak terpisah-pisah seperti catatan-catatan sebelumnya. ( Lasheen, 1973 )

4. Perkembangan Akuntansi mencapai puncaknya pada masa Daulah Abbasiah dimana Akuntansi di klasifikasikan pada beberapa Spesialisasi, yaitu Akuntansi peternakan, Akuntansi pertanian, Akuntansi Bendahara, Akuntansi Konstruksi, Akuntansi Mata uang, Pemeriksaan Buku / Auditing ( Al- Kalkashandy, 1913 ).

5. Ditemukannya sebuah manuskrip yang ditulis pada tahun 765 H./1363 M. Manuskrip ini adalah karya seorang penulis muslim, yaitu Abdullah bin Muhammad bin Kayah Al Mazindarani, dan diberi judul “Risalah Falakiyah Kitab As Siyaqat”. Tulisan ini disimpan di perpustakaan Sultan Sulaiman Al-Qanuni di Istambul Turki, tercatat di bagian manuskrip dengan nomor 2756, dan memuat tentang akuntansi dan sistem akuntansi di negara Islam. Huruf yang digunakan dalam tulisan ini adalah huruf Arab, tetapi bahasa yang digunakan terkadang bahasa Arab, terkadang bahasa Parsi dan terkadang pula bahasa Turki yang populer di Daulat Utsmaniyah,. Buku ini telah ditulis kurang lebih 131 tahun sebelum munculnya buku Pacioli “Luca Pacioli Summa de Arithmatica Geometria et Proportionalita” pada tahun 1494 yang menjadi cikal bakal didaulatnya Pacioli sebagai Bapak Akuntansi lantaran dalam salah satu Bab di bukunya dianggap telah memperkenalkan Double Entry Accounting System.

Lalu mengapa ya Akuntansi sampai bisa di-claim oleh orang-orang Barat sebagai produk mereka? Para sejarawan menduga sejak dulu para Entrepreuner Muslim telah menjalin kerjasama perdagangan dengan bangsa Italia sehingga secara otomatis telah terjadi transfer nilai sosial budaya dan ilmu pengetahuan. Hal ini bisa kita analogikan dengan pengaruh yang di bawa oleh para pedagang Muslim yang datang ke Nusantara dimana transfer nilai yang terjadi pada saat itu turut membawa perubahan signifikan bagi penduduk lokal Nusantara dari berbagai segi termasuk di dalamnya segi ilmu pengetahuan dan budaya.

Memang, buku Pacioli termasuk buku yang pertama kali dicetak tentang sistem pencatatan sisi-sisi transaksi (double entry), dan buku Al Mazindarani masih dalam bentuk manuskrip, belum di cetak dan belum diterbitkan. Al Mazindarani berkata bahwa ada buku-buku (barangkali yang dimaksudkan adalah manuskrip-manuskrip yang menjelaskan aplikasi-aplikasi akuntansi yang populer pada saat itu, sebelum dia menulis bukunya yang dikenal dengan judul :”Risalah Falakiyah Kitab As Sayaqat”. Dia juga mengatakan bahwa secara pribadi, dia telah mengambil manfaat dari buku-buku itu dalam menulis buku “Risalah Falakiyah” tersebut. Dalam bukunya yang masih dalam bentuk manuskrip itu, Al Mazindarani menjelaskan hal-hal berikut ini:

-Sistem akuntansi yang populer pada saat itu, dan pelaksanaan pembukuan yang khusus bagi setiap sistem akuntansi.
-Macam-macam buku akuntansi yang wajib digunakan untuk mencatat transaksi keuangan.
-Cara menangani kekurangan dan kelebihan, yakni penyetaraan.

Sumber

61 komentar:

  1. ha... ha... ha..., baru ketemu blog model begini, ini perlu di daftarkan ke MURI sebagai blog paling ngawur se dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya tdk sakit hati jangan buka bloknya, nanti kamu jadi darah tinggi, kena strok dan mati. sayangkan kalau belum sahadat. Perhatikan saja perkembangan Islam diseluruh dunia sangat luar biasa...nanti kamu malah ketinggalan...sayangkan kalau nggak sempat

      Hapus
    2. sy setuju dgn pendapat anda... klw nda suka jangan dibuka blokxa org apalagi menghinaxa ... itu tandaxa andalah yg ngawur dasar tdk tau malu ... terus klw yg ngawur'mah justru agama kalian yg mengatakan bahwa bumi itu datar kyk kancing baju...hwahwahwa...

      Hapus
    3. hehehehe kalau islam tukang tipu gini mah mendingan kagak usah syahadat(sayangnya bohong di Islam dosa).

      Ga bisa jelasin informasinya benar, hina ajaran agama lain, inilah, agamanya dibilang ilmu dunianya besar, tapi umat2 ga pake otaknya

      Hapus
    4. bukan menghina tapi apa informasi seperti ini pantas di percaya ? pikir donk [ake otak , bukan pake dengkul, Informasi uda HOAKX maksa lagi < sapa lai yang di klaim" ga jelas oya satu lagi

      teroris itu muslim kan ? si imam samudra cs

      trus koruptor juga muslim kan ? petinggi PKS , anas , nazarudin

      Hapus
  2. Blog Pembohongan Publik, beginikah perilaku umat muslim, segala cara dilakukan untuk membela agama, kebohongan yang nyata dipertontonkan seperti ini, lebih baik menyatakan satu kebenaran dari pada ribuan kebohongan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. // YG di ucapkan org muslim itu emang nda pernah bohong //
      Jadi kalian bilang kalau MUSLIM itu sempurna, ga pernah bohong? Orang Christiano Ronaldo, Neil Armstrong itu bohong. Memang kalian tidak pernah bohong, tapi memelintirkan fakta agar sesuai apa yang kalian inginkan, seperti orang2 ateis ga bermoral aja kalian. Contohnya teori relativitas itu, ketahuan fisika ga lulus yang buat. Kalian benar2 cerdik, cocok jadi pengacara :). Korupnya juga sama. Sama halnya dengan akutansi juga, sekarang saya tanya, di zaman sebelum Islam Muhammad SAW, tidak ada akutansi? Anda meng-klaim ilmu ini milik muslim saja itu bodoh. Ilmu itu milik siapa saja, tanpa bedakan agama ras suku. Orang yang menuliskan sumber ini ketahuan arogansi beragamanya banyak. Kalau begitu apakah Ilmu Pascal yang Jansenism milik orang Eropa? Tidak lah, orang Fisika itu untuk semuanya.

      // kemudian org2 yg syirik itu mengumukakan pendapat untuk menentang islam yg berkata bahwa Bumi itu datar kyk kancing baju terus mataharilah yg mengelilingi bumi//

      Saya tantang deh, tanya scholar Kristen dan Yahudi, berapa orang yang yakin bumi itu kancing dan matahari mengelilingi bumi? Yang menemukan Heliosentris juga org Kristen. aneh banget ente -__-. Dan saya yakin itu bukan untuk menentang Islam.

      // yg kemudian ada seorang ilmuan yahudi meneliti ttg kebenaran Planet Bumi,alhasil dia terkesima dan kagum , ternya semua yg dikatakan didalam Al-Qur'an semuanya benar bahwa bumi itu bulat terus bumilah yg mengelilingi matahari Kemudian mereka di bunuh olh para petinggi Yahudi karna takut hal itu bocor bahwa ternyata apa yg dikatakan didalam Al-Qur'an itu semuaxa Benar yg tentu saja Hal tersebut sangat memalukan bagi mereka para petinggi gereja/yahudi //

      Namanya siapa? Yang saya tahu penemu Heliosentris Kristen, ketahuan kopas nih. Salah Copernicus(kalu itu yang anda maksud), bukan dibunuh orang Yahudi. Copernicus tinggal di daerah Katolik. Seperti yang saya bilang, anda ini pembohong besar. Galileo itu kaitannya dengan Gereja KATOLIK, bukan Yahudi. Apalagi orang yang pake x buat nulis y di komennya?

      //itu tandaxa bahwa mereka hanya bisa mengarang pantas aja injil tdk terjaga keasliannya soalxa ayat2xa udh baxak yg dirobah kemudian ditambah lagi pasal-2nya klw begitu itumah namanya kitab karangan manusia bukan lagi wahyu dari Tuhan....//

      Oi!! kalo ente ngomong gitu yang jamin Quran asli apa oi? itu wahyu, bahkan yang bisa dibilang itu nyata dari TUHAN, itulah untungnya kalo TUHAN datang sendiri, hehehehe.

      // bisa dibuktikan silahkan kumpul AL-Qur'an dari tempo dulue pd zaman berdirinya islam sampai skrg ... alhasil tdk satupun ada ayat2xa yg berubah sedikitpun lebi2h berkurang ataupun ditambah //

      Aduuh, memang alkitab itu ada yang berubah, tapi yang sy bilang asli itu KJV yang inggris. Lagipula masa tidak ada sama sekali mistranslation Quran ke indonesia dr Arab? Mimpi ente, emangnya manusia ato superman ga bisa salah translate?

      // sdgkn injil coba aja kumpulkan dari injil pertama sampai skrg alhasil semuaxa berbeda-beda luar binasa...bagaimana bisa org2 yahudi bisa dijadikan panutan sedangkan prilakunya terhadap tuhannyapun tdk senonoh.. buktinya aja sampai2 tuhannya disalib.lebih2 lg kpd sesama manusia yg mereka benci.........huhuh....//

      Sok tahu, ada yang berbeda, tapi tidak LUAR BIASA, kalo jumlah injil tinggal 65 aja itu baru LUAR BIASA. Inilah example bodoh lagi, memang orang Yahudi itu percaya Yesus Tuhan? ketahuan lagi bohongnya. Bodoh sekali ente. Yahudi tidak percaya Yesus Tuhan makanya diperlakukan spt itu.Tapi tidak semua kan? Saya bilang masih banyak umat Yahudi yang baik.
      Liat kelakuan umatmu
      Teroris bunuh orang senang
      Ketua *** bunuh A********* senang
      Saya aja terpaksa pake * karena takut ancaman penjara dari pemerintahmu yang beragama sama dengan kamu

      http://www.mybestfriendismuslim.com/post/5865217436/muslims-at-brandeis-university

      Itulah muslim fundamentalist banyak pembohongnya, demi apa? Saya ga tahu, mudah2an bukan Sharia.

      Hapus
  3. hati hati bang jangan terpropokasi.. kita paham aja kan mengingat panas nya suhu politik di NKRI ini,biar aja sih admin pengong ini mau nulis apa.

    BalasHapus
  4. boro2 ilmu akuntansi, baca tulis aja kagak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bumi itu datar kyk kancing baju.... hwhwhwkwkwkw huuuuu

      Hapus
  5. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan lagi kebakaran jenggot ..tapi itumah udh kebaran seluruh bulu2xa wkwkwkwk .... dasar mereka emang egois selalau berusaha u/ menghancurkan islam... semoga aja mereka mendapatkan hidaya..

      Hapus

    2. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT, DAN MEREKA YANG TIDAK PUNYA JENGGOT AKAN SEGERA MEMBAKAR JENGGOT SIAPA SAJA YANG DITEMUINYA. BUKTI FAKTA NYATA, SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG-ORANG YANG TIDAK BERJENGGOT, TERNYATA MEREKA SEKARANG BERBONDONG-BONDONG MEMBAKAR JENGGOT TETANGGANYA.
      Copas gan

      Hapus
  6. yang atas lagi berkhayal..
    kasian kali kau nak

    BalasHapus
  7. HAHAHAHAHAHAHAHAHA .. BLOG APAAN LAGI INI .. SAMPAAAAAAAHHHH !!! :D

    BalasHapus
  8. admin blog ini bisanya cuma menulis hal2 yg tidak memiliki bukti tanpa berani mempertanggungjawabkan coment-coment yang masuk.

    BalasHapus
  9. blog ini jauh lebih lucu daripada OVJ atau SRIMULAT

    BalasHapus
  10. Tahukah anda?

    Penemu iPhone sebenarnya adalah seorang Arab beragama Islam.
    Nama asli dari alat tersebut adalah Al-Ayfaunah.

    Orang-orang yahudi kemudian mengklaim penemuan Islam ini dan mengganti nama Al-Ayfaunah menjadi iPhone

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahahahaha betul betul betul

      Hapus
  11. Bukannya accounting itu udah ada sebelom jaman orang2 ada agama mayoritas dunia modern yah =A=

    BalasHapus
  12. betul sekaleee, si muhamad diturunin ayat ini setelah ngerampok yahudi khaybar. http://komiknabimuhammad.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh koe cari ribut ini namanya broo dg jelekin Nabiku

      Hapus
    2. Gak perlu dijelek jelekin juga nabimu uda jelek......
      Terimakasih kami kepada dokter muhammad saw yg telah mengajarkan kencing onta dan sayap lalat sebagai obat....

      Hapus
  13. anjir sumpsah deh ngakak bgt gua baca ini blog.... adalah yg diklaim2 adalah yg nama aslinya ini2 namun yahudi mengklaim penemuan islam WKWKKWK gue pengen ketawa sambil koprol nih

    BalasHapus
  14. haha sekarep mu lah ..
    Cuma bsa ktwa ajh bacanya, bales coment ajh smpe CAPSLOOK copot dah th .. Wkwkwk bukannya orang makin percaya yg ada mlah mkin ketawa, ga elegan amat yak semuanya diklaim cuma dengan cocokmologi yg sedaptnya.

    BalasHapus
  15. Teknologi Informatika ada dong di QORAN? Qoran sakti dong?
    Ngakak guling-guling. Komputer diciptakan oleh Yahudi.
    Jedotin kepala lagi yuuukkkk!

    BalasHapus
  16. wuahahahahahahahahah... ini blog isinya ngarep banget2.., ini hanya berisi harapan atau keinginan keliatannya, ya? mungkin berkhayal-khayal ya seandainya einstein, michael jackson, penemu pesawat, dll dll wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuahahahahahahahahah... Alkitab itu ngawurr ya aku baru tahu bumi itu datar siapa yang ngajrin pendetanya marcopolo ya

      Hapus
  17. Kalau Tuhan Yesus Kristus itu dihina orang Kristen gak perlu marah atau membela. Karena Yesus sendiri yg akan membela DIA adl Pengacara Yang Agung. Sejak Yesus didunia memang sudah dihina, dianiaya, bahkan disalib dibunuh. Semua dijalani krn memang harus terjadi sebagaiman sudah tersurat di Alkitab. Berbahagialah orang yg percaya kpdku walaupun tidak melihat aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul orang kristen gak usah marah tuhanya juga gak pernah marah ! Mau marah juga susah ya ada mah pasrah ya . Yesus sesuatu yaa

      Hapus
  18. Kl tertarik, silakan baca buku "Al-Qur'an & Akuntansi: ......." (Sony Warsono, 2012).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau di Quran kek, di Hadist kek, di Talmud, Bible, Tripitaka, Vedas, Kitab Zeus, Mithra, dsb. ga usa bilang ilmu punya umat muslim! Ga usah beli PS, TV, Radio, dsb, pake aja robot sederhananya Al-Kindi, relativitas tanggung yang anda punya. Anda berhutang ke orang kafir sama kayak sy berhutang ke teman muslim saya tahu!!

      Hapus
  19. Teruskan berkarya...
    Biarkan ANJING menggonggong, Kafilah berlalu. !!!!!!

    BalasHapus
  20. yang waras ngalah aja , tidak perlu ngeladenin manusia yg berfikir tidak dengan hati .
    didoakan aja biar cepat dapet hidayah .
    admin nya hebat !!! sangat-sangat sabar .

    BalasHapus
  21. Memang benar Islam agama yang syulum (lengkap).
    Makanya gw murtad.
    Islam=Totalitarianism.

    BalasHapus
  22. oh.. jd slain juru slamet, dia lawyer jg y.. gw curiga jngn2 juru kunci makam jg.. wkwkwk multi talent... dobel woooow

    BalasHapus
  23. Kadang aneh dehh ! Kalian bilang blog ya ngawur tapi di lihatin melulu ya ! Oh baru sadar ternyata kalian ngefans sama admin ya ihh . Gimana gtu kalau gak ketemu sama admin ya ! Ya udah yang rajin belajarnya saya tahu kalian suka sama admin tapi malu ngomongnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya lucu...bener kata anonim yg diatas lbh lucu dr OVJ....hahahahahaha

      Hapus
  24. Blog ya ngawur tapi lebih ngawur tuch alkitab udah bilang bumi datar lah , bilang matahari mengelilingi bumi lah , 1+1+1=1 aduhh ya ampunn pantesan aja galileo di bunuhhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhammad entot anak kecil
      Muhammad entot babu koptik
      Muhammad entot menantu

      Muhammad nya satu kok,bukan 3

      Hapus
  25. Gimana mau marah yesusnya juga di gantungg

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget... gimana bisa mereka minta bantuan sm yesus sedangkan diapun nda bisa menolong dirixa sendiri buktixa sampai skrg salipxa nda lepas2.. coba ada gaya yg lain.,whwhwhkkk..

      Hapus
  26. MASYAALLAH
    ".. agamamu agamamu, agamaku agamaku .. "

    Semoga mereka menjadi bagian kaum yang beruntung sebelum matahari terbit dari barat ..
    آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

    Maha Besar Allah dengan segala firmanNYA
    ALLAHUAKBAR

    BalasHapus
  27. Semakin gue baca klaim2 Islam di blog ini semakin gue meragukan kebenaran agama Islam.

    BalasHapus
  28. baca ginian gk ush dibw serius guys,anggap dagelan aja.....hahahahaha.....lbh lucu dr OVJ

    BalasHapus
  29. 'Di masa rasulullah sudah ada sahabat yang memiliki tugas sebagai “Hafazhatul Amwal” ( Pengawas Keuangan'

    halah dapat duit dari ngerampok aja sok pakai pengawas keuangan

    BalasHapus
  30. yang pasti bener ilmu terorisme n mati syahid biar dijemput 7 bidadari bercadar tapi bawahnya pake bh n g-string itu dari umat muslim bro......

    BalasHapus
  31. Tahukah anda?

    Digimon berasal dari bahasa Arab

    Nama digimon (digital monster) ternyata berasal dari bahasa Arab Al-dijimounnah (dijitalru monustraiah)

    USA tidak terima karakter favorit anak ini menglorifykan arab sehinga diubah namanya menjadi Digimon

    (just kidding, jangan dianggap serius, no offense)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa bahwa pokemon juga hasil penemuan umat islam. nama aslinya adalah Al-Faukhaimuniyyah

      Hapus
  32. Wuu anjing lu yesus. Kalian org kristiani sangat bangga trhdap yahudi.padahal di dalam talmud ada ayat untuk mmbunuh semua org goyyim(non yahudi) khususnya kristen.kalian tahu kaga penyaliban yesus itu atas ide spa??? Inget iti berdasarkan perintah raja romawi atas bujukan yahudi.hoooaaaaaaakkkkk.... alkitab ayat" palsu.padahal di alkitab ada ayat yg mnerangkan haramnya makan daging babi tpi knpa org krsten mmakannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karana rakus. Tuhannya kan ud nda ada lagi.
      Wong uda di Pantek. so tu orang ga bs ingetin umatnya lagi.
      cari tuhan tu pake otak jangan karna keturunan.
      cari tuhan tu yang abadi, absolut, berkuasa atas ciptaannya.
      bukan yang bisa berDarah. Itu mah bukan tuhan, tapi manusia yang dipaksa jadi tuhan, walaupun bukan berarti dia mengaku tuhan.

      Hapus
  33. Ilmu Akuntansi memang penemuan orang Islam.
    Sesungguhnya, ilmu ini diberi nama Al-Qutanziah oleh penemunya, lalu diubah menjadi "Akuntansi" oleh orang kafir

    BalasHapus
  34. blogwalking ajah.. silakan terusin ributnya.. mdh2an ga buang2 waktu berhargamu wahai para anonim.. hehe

    BalasHapus
  35. Saya seorang Muslim teman2 ku banyak yg non muslim tp saling menghargai

    yg buat Blog 4 Jempol, menambah wawasan

    BalasHapus
  36. Demakin membaca blog gini, semakin ragu akan kebenaran (katanya sih) Islam. Ihhh..... untung aja belom syahadat...

    BalasHapus
  37. kak ad informasi lagi gak utk Akuntansi dalam agama islam
    saya pingin menelitinya utk skripsi saya

    BalasHapus
  38. Ayo lanjutkan mengkaji Al-Qur'an...Hamasa

    BalasHapus
  39. bener..sampe esekarang bahkan para pengemis muslim selalu bikin laporan laba-rugi harian,biasanya sbb:
    Laba: +hasil ngemis
    Biaya:-nasi bungkus
    -lem untuk dipake ngelem

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha....

      Babi haram, Nasi aking penuh jamur halal.

      Hapus
  40. Agama apapun yg anda yakini ternyata sampai saat ini mahluk yg bernama manusia msh blm mampu membuat sejahtera penduduk bumi ini yg ada malah peperangan dan saling menghujat satu dg yg lainnya demi untuk pembenaran argumen/keyakinannya sendiri inilah yg tdk disadari oeh mahluk2 yg bernama manusia,yg ternyata memang sengaja diciptakan keyakinan yg ber beda2 oleh Tuhan agar manusia ini bisa berfikir untuk saling menghargai menghormati dan mengerti dg adanya perbedaan tersebut,Tuhan yg menciptakan malah manusianya merusak/membinasakan agama/keyakinan apa ini ?ok bro mohon maaf trimakasih

    BalasHapus