Ternyata penemu teori evolusi adalah orang muslim, bukan Charles Darwin


Al-Jahiz lahir di Basra, Irak pada 781 M. Abu Uthman Amr ibn Bahr al-Kinani al-Fuqaimi al-Basri, nama aslinya. Ahli zoologi terkemuka dari Basra, Irak ini merupakan ilmuwan Muslim pertama yang mencetuskan teori evolusi.

Pengaruhnya begitu luas di kalangan ahli zoologi Muslim dan Barat. Jhon William Draper, ahli biologi Barat yang sezaman dengan Charles Darwin pernah berujar, ”Teori evolusi yang dikembangkan umat Islam lebih jauh dari yang seharusnya kita lakukan. Para ahli biologi Muslim sampai meneliti berbagai hal tentang anorganik serta mineral.”

Al-Jahiz merupakan ahli biologi Muslim yang pertama kali mengembangkan sebuah teori evolusi. Ilmuwan dari abad ke-9 M itu mengungkapkan dampak lingkungan terhadap kemungkinan seekor binatang untuk tetap bertahan hidup. Sejarah peradaban Islam mencatat, Al-Jahiz sebagai ahli biologi pertama yang mengungkapkan teori berjuang untuk tetap hidup (struggle for existence). Untuk dapat bertahan hidup, papar dia, makhluk hidup harus berjuang, seperti yang pernah dialaminya semasa hidup.

Beliau dilahirkan dan dibesarkan di keluarga miskin. Meskipun harus berjuang membantu perekonomian keluarga yang morat-marit dengan menjual ikan, ia tidak putus sekolah dan rajin berdiskusi di masjid tentang sains. Beliau bersekolah hingga usia 25 tahun. Di sekolah, Al-Jahiz mempelajari banyak hal, seperti puisi Arab, filsafat Arab, sejarah Arab dan Persia sebelum Islam, serta Al-Qur’an dan hadist.

Al-Jahiz juga merupakan penganut awal determinisme lingkungan. Menurutnya, lingkungan dapat menentukan karakteristik fisik penghuni sebuah komunitas tertentu. Asal muasal beragamnya warna kulit manusia terjadi akibat hasil dari lingkungan tempat mereka tinggal. Berkat teori-teori yang begitu cemerlang, Al-Jahiz pun dikenal sebagai ahli biologi terbesar yang pernah lahir di dunia Islam.

Ilmuwan yang amat tersohor di kota Basra, Irak itu berhasil menuliskan kitab Ritab Al-Haywan (Buku tentang Binatang). Dalam kitab itu dia menulis tentang kuman, teori evolusi, adaptasi, dan psikologi binatang. Al-Jahiz pun tercatat sebagai ahli biologi pertama yang mencatat perubahan hidup burung melalui migrasi.

Tak cuma itu, pada abad ke-9 M. Al-Jahiz sudah mampu menjelaskan metode memperoleh ammonia dari kotoran binatang melalui penyulingan. Sosok dan pemikiran Al-Jahiz pun begitu berpengaruh terhadap ilmuwan Persia, Al-Qazwini, dan ilmuwan Mesir, Al-Damiri. Karirnya sebagai penulis ia awali dengan menulis artikel. Ketika itu Al-Jahiz masih di Basra. Sejak itu, ia terus menulis hingga menulis dua ratus buku semasa hidupnya.

Pada abad ke-11, Khatib al-Baghdadi menuduh Al-Jahiz memplagiat sebagian pekerjaannya dari Kitab al-Hayawan of Aristotle. Selain al-Hayawan, beliau juga menulis kitab al-Bukhala (Book of Misers or Avarice & the Avaricious), Kitab al-Bayan wa al-Tabyin (The Book of eloquence and demonstration), Kitab Moufakharat al Jawari wal Ghilman (The book of dithyramb of concubines and ephebes), dan Risalat mufakharat al-sudan ‘ala al-bidan (Superiority Of The Blacks To The Whites).

Suatu ketika, pada tahun 816 M ia pindah ke Baghdad. Al-Jahiz meninggal setelah lima puluh tahun menetap di Baghdad pada tahun 869, ketika ia berusia 93 tahun.

Sumber

45 komentar:

  1. al-jahiz itu menemukan teori seleksi alam bagian dari teori evolusi, bukan teori darwin scr keseluruhan. masa dia nemuin teori evolusi darwin yang isinya manusia turunan monyet. yang bener dong kalo kasi info, sembarangan aja.

    BalasHapus
  2. karangannya manteb mbah... wkwkwkwkwkwkwk !!

    BalasHapus
  3. klaim..klaim...klaim...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh itu bandnya yang asal malysia kan, elo pasti fans beratnya...

      Hapus
  4. dasar kalian miskin ga punya akun google jadi pake anonim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending miskin jadi anonim daripada "miskin"" trus asal main klaim

      Hapus
    2. Islam sampah lo bikin malu ja pake nama muslim sok2 hebat lg ud tau lum kalau yg ditulis diblog ni sampah semua anjing lu dzulfikar rivai sampah lu bego

      Hapus
  5. Semua yang nemuin Yang Maha Kuasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa pun agamanya minum nya teh botol sosro

      Hapus
  6. Babi piaraan gua juga masuk islam kemarin...udah baca syahadat 2x

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap...wkwkwkkwkwwkwk..

      Hapus
    2. bapak loe masuk islam,gara gara mamak loe gila percaya tuhan 1=3 3=1? berarti tuhan mamak loe gila,ada 3 kepribadian! jd bapak loe masuk islam....

      Hapus
    3. banyak makan babi yang pake kopiah aja, ntar juga halal..namanya haram tuh kalo banyak dan gak bayar, kalo gratisan mah jadinya halal. apalg kalo di potong nya sambil komat2 pake bahasa arab. aseeek. maknyus.

      Hapus
    4. Tuhan lu tuh satu ?itu tuhan apa benda atau hewan

      Hapus
  7. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya baru tau kalo Allah hanya ada di Arab sehingga sembah nya ke arah sana, kapan yah Allah main ke Indo?

      Hapus
  8. saking minimnya kontribusi islam bagi dunia ilmu pengetahuan.. sampe yang beginian pun ikutan dicomot

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca sejarah dulu baru ngomong!!! dasar goblok!! akibat percaya tuhan 1=3 3=1! otak loe kemana.....

      Hapus
  9. keren nih Blog, tulisannya jernih, pemikirannya bernas. salut.

    BalasHapus
  10. ya...teori evolusi menurut islam...bedanya,menurut islam sebenernya manusia berevolusi dari kambing n onta..wkwkw

    BalasHapus
  11. lah,,, ane jadi bingung
    bukannya muslim menolak mentah2 teori evolusi? trus kenapa jadi bilang kalo teori evolusi di temukan orang islam?? duh double standard ini

    BalasHapus
  12. Blog paling goblog yg prnh ada hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu goblog sendiri, malah ndak merasa,

      Hapus
  13. Siapa lagi yang mau masuk surga ciptaan Muhamamd SAW yang ada 72 pelacur (bidadari) jelmaan allah swt yang siap berzina dengan siapaun yang pernah membunuh umat Allah dengan slogan iblis, allahu akbar dan pesta arak (khamar), setelah mabuk, acara ditingkatkan menjadi sex party dengan allah swt yang telah menjelma menjadi 72 pelacur (bidadari).

    Tidak ada satu ayatpun dikitab para nabi Israel (Yahudi) yang menyatakan, kalau surga ciptaan Allah mereka, memiliki 72 pelacur (bidadari) dan arak (khamar) mengalir.

    BalasHapus
  14. Tulisan2 dlm blog ini kalau sy ikuti memang bukan karangan adminnya, tapi ada sumbernya. Bisa di cari atau nanya ke mbah Google.
    Saran buat admin, setiap tulisan, tolong cantumkan sumbernya berikut url-nya, agar para pembaca bisa langsung masuk ke sumber nya. thanx.

    BalasHapus
  15. SAYA MUSLIM, TAPI SAYA SENDIRI MERASA BLOG INI SESAT DAN ABSURD!!!!! bikin saya tepok jidat sendiri, ga penting banget sumpah bikin - bikin beginian, bikin malu saja!!! TOLONG LAH.. STOP THIS SHIT!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak usah ngaku muslim,,,, kalau malu dengan kebenaran,,, muslim apaan anda, mudah mudahan anda bukan golongan munafik,

      Hapus
  16. bener emank.. bahwa Islam adalah turunan Monyet.. wkwkkw
    Blog sampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begni nih omongan'a gk bener emang agama lu gk ngajarin sopan santun dalam berbahasa apa...!!! akibat percaya tuhan 1=3 3=1! spoan-santun loe mana.....

      Hapus
  17. eh loe Goblok banget sih masa bidadari loe bilang pelacur pikiran loe sempit man, ungkapan loe keluar cuma dari kebencian didalam hati loe yg menyesakkan dada loe ya, Waduuuhhh khasian deh loe.. ,Busuuk Hati loe man......

    BalasHapus
  18. TAPI ISLAM MENOLAK EVOLUSI TONG, MASA ADAM & HAWA DICIPTAIN DENGAN SEKEJAP MATA SEPERTI SULAP, GA DARI BAYI DULU ATAU BENIH DULU.

    TAU ARTINYA EVOLUSI KAGAK?

    AL-JAHIZ KAYANYA LANGSUNG MURTAD DEH, HAHA.
    GANTI AGAMA JADI SCIENTOLOGY

    BalasHapus
    Balasan
    1. EVOLUSI ya, entar gua cari d kamus yah...eh dapat nih di sini artinya: yesus adalah seorang kelainan sex yg suka mempertontonkan kemaluannya paadahal kemaluannya kecil dan keriput

      trus arti lainnya: yesus adalah seorang preman pasar yang digebukin masa karena doyan ngintip nene nene berak dimana yesus digambarkan org yang berwajah bopeng

      wah kebangetan loe bro make istilah EVOLUSI tadi, ga tega gua nerusin arti2 yg lainnya...soalnya tambah parah...

      ni salah satunya yah biar ku bacaian lg
      yesus adalah perubahan dari monyet jelek kurapan menjadi se biji manusia

      ih udah ah, parah loe tambah horro aja

      Hapus
    2. Hantu jua,
      Kasian km nak, ga bisa pake otak menanggapi wacana diatas.
      Makanya otak kamu ditinggikan melebihi pantat kamu sewaktu sholat.
      Jangan pantat kamu yg ditinggikan melebihi otak.
      Gw sebagai muslim yg damai MARAH besar terhadap blog tolol ini.
      Di dunia barat kita ditertawakan krn keterbelakangan. Elo salah satu jadi bukti keterbelakangan islam

      Hapus
  19. sepertinya merasa pinter tapi dari cara komennya seperti manusia tidak berpendidikan. kalau saya cuma miris az liat komen sesama muslim tapi saling menjatuhkan. santai az lah. PEACE!

    BalasHapus
  20. Kalo saja ada 100 juta simpanse yang bersepakat utk mengusir Yahudi dari Palestina, saya yakin mereka pasti akan berhasil karena otak mereka sdh berevolusi dengan cukup baik. Sangat beda dgn kawan musl** kita. Kalo saja mereka sepintar 1% saja dari bualan mereka, pasti mrk takkan jadi bahan lelucon lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro disini komennya silahkan pedas, tapi jgn bawa2 orang tua donk, masa mau nyuruh orang tua kamu simpanse ngusir orang...durhaka loe bro, pasti ajaran agama kamu yang ngajarin!!!!!! eh kaum muslim ga taunya kepintarannya hampir 1% ya sekarang dari bualannya, sukur dech soalnya orang kristen malah mines 100 kepintarannya makanya ga bisa ngebedaian mana tuhan mana TARZAN...pantas bisa merintahin binatang hahahahahahahahahahahahahahaha

      Hapus
    2. ente jangan menyamakan muslim dengan simpanse ya, ane sebagai seorang penyayang binatang merasa tersinggung dengan pernyataan ente. ente sudah menghina simpanse!

      Hapus
    3. SEMBARANGAN menuduh saya bilang menyamakan muslim dengan simpanse. Yang saya bilang simpanse litu ebih smart dari muslim. Ayo taruhan, siapa yang lebih dulu mengorbit ke ruang angkasa? siapa yang lebih dulu main di film? simpanse atao muslim?

      Hapus
  21. Memang benar bahwa penemu teori evolusi adalah orang Islam. Bahkan teori evolusi muslim ini sudah ada jaaaauuh sebelum teori Darwin dicetuskan, hanya saja kedua teori ini memang memeliki sedikit perbedaan.

    Jika menurut Darwin, manusia berevolusi dari kera, maka menurut teori evolusi Muslim, sesungguhnya manusia berevolusi dari onta.

    Jika anda ingin bukti otentik, silahkan datang ke petamburan. Saya sih lebih percaya teori kedua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar. Ternyata tdpt missing link antara phitecantropus erectus dengan moyangnya yang sejenis monyet. Orang Islam sudah lama menyadari itu tapi tidak mau mempublikasikannya: bahwa mereka lah missing link tsb.

      Hapus
    2. sakit perut baca iniiiiii haha yaampun jahat bikin ngakaknya ga kira2

      Hapus
  22. blog ini benar - benar mempermalukan Islam.

    BalasHapus
  23. Yang jelas teori Al Jahiz tidak pernah menyatakan bahwa manusia berasal dari kera, dia hanya menjelaskan tentang pengaruh lingkungan dan seleksi alam...adapun teori Darwin mungkin dia ambil dari teori Al Jahiz kemudian dia kembangkan dengan versinya sendiri...tolong kawan-kawan berpikir yang jernih tanpa dilandasi iri dan dengki, ini tentang sains bukan debat agama.

    BalasHapus
  24. Ya, kalo sudut pandang agama g bisa akur! Ya mbok coba sadari kalian masih satu kesatuan warga NKRI, lo kayak gini trus malh perpecahan yang ada brow!
    Ya kalo emang gak setuju, mbok ya tjoba hargai setiap pendapat, bukanya saling mengejek satu sama lain!
    Tp eo monggo terserah panjenengan sedoyo!

    BalasHapus