Ternyata penemu robot adalah orang muslim


Di era kejayaan peradaban Islam, perkembangan teknologi sudah sangat pesat. pada abad ke 13 Masehi, dunia Islam sudah menggengam teknologi robot. para Insinyur Muslim di zaman ke khalifahan sudah mampu menciptakan robot mirip manusia. Pencapaian itu sekaligus mematahkan klaim Barat yang kerap menyebut Leonardo da Vinci sebagai perintis teknologi robot.

Leonardo da Vinci baru merancang pembuatan robot pada 1478, itu pun baru berbentuk desain di atas kertas. sedangkan Insinyur Muslim yang sangat cerdas, Al Jazari sudah berhasil merancang dan menciptakan aneka bentuk robot pada awal abad ke 13 Masehi. Atas dasar itulah masyarakat sains moderen menjuluki Al Jazari sebagai 'Bapak Robot'. Terbukti peradaban Islam lebih maju 3 abad dalam teknologi robot di banding Barat.

Peradaban Islam adalah perintis dalam bidang teknologi Automata, yakni sebuah mesin yang dapat berjalan sendiri (Self Operating). Automata sering digunakan untuk menggambarkan sebuah robot. Kata Automata berasal dari bahasa Yunani, Automatos, yakni berlaku atas kehendak sendiri, bergerak sendiri. Kata itu digunakan untuk menggambarkan mesin-mesin bergerak non-elektronik, khususnya yang dirancang untuk menyerupai gerakan manusia atau hewan. Mesin robot yang diciptakan Al Jazari berbentuk sebuah perahu yang terapung di danau yang ditumpangi 4 robot pemain musik.

Robot yang terdiri dari 2 penabuh drum, seorang peniup harpa, dan pemain suling logam. Robot tersebut diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam acara jamuan minum. Al Jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang di kemudian hari dikenal sebagai mesin robot.
"Itu adalah Automata pertama yang bisa diprogram," ungkap Profesor Noel Sharkey.

Robot yang ditemukan Al Jazari yang dapat memainkan beragam irama yang berbeda-beda mengundang kekaguman Charles B. Fowler. Menurut dia, temuan Insinyur Muslim itu bisa dijuluki "Robot Band". Sebuah pencapaian penting yang belum pernah ditemukan peradaban lain sebelumnya dan kebudayaan lain di zaman itu. secara khusus Mark E. Rosheim menyimpulkan bahwa kemajuan yang dicapai dunia Islam di era kejayaan dalam bidang robotika sebagai penemuan lebih maju dibandingkan zaman Yunani.
"Tak seperti desain Yunani, contoh robot yang diciptakan dunia Islam mampu mengundang daya tarik. Tak hanya dalam ilusi dramatis, tetapi mampu menghadirkan lingkungan yang bisa membuat manusia lebih nyaman," ungkap Mark E. Rosheim.

Selain "Robot Band", Al Jazari juga berhasil menciptakan sebuah robot pramusaji berbentuk manusia yang bertugas untuk menghidangkan air, teh, atau minuman lainnya. minuman disimpan dalam sebuh Tank dengan Reservoir (Penampung Air). Al Jazari juga membuat Jam Gajah yang bekerja dengan tenaga air dan berat benda untuk menggerakkan secara otomatis sistem mekanis, yang dalam interval tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicauan. Prinsip Humanoid Automation inilah yang meng ilhami pengembangan robot masa sekarang. Kini replika Jam Gajah tersebut disusun kembali oleh London Science Museum sebagai bentuk penghargaan atas karya besarnya. masih banyak karya fenomenal Al Jazari yang telah mewarnai dunia hingga saat ini. Seharusnya menjadi inspirasi bagi Umat Islam di Indonesia untuk menguasai teknologi yang mampu menghadirkan lingkungan yang bisa membuat manusia lebih nyaman dan tidak merusak alam semesta.

Sumber

61 komentar:

  1. ha... ha... ha..., baru ketemu blog model begini, ini perlu di daftarkan ke MURI sebagai blog paling ngawur se dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. LUTHFI DITA MULYONO4 Oktober 2012 05.36

      lho kali orang yang paling gila dan jorok sedunia

      Hapus
    2. SETUJU MAS BROO, YANG MENEMUKAN SANDAL JEPIT DAN GETUK GORENG JUGA ORANG MUSLIM KOK

      Hapus
    3. yang nemuin kacang rebus sm isi jeroan sapi juga kan muslim..makanya mereka doyan tuh makan begituan, jorok semua kan isi kepalanya. dpt dongeng 72 cewe jablay di sorga karangan si mamad aja girang bener. kesian.

      Hapus
    4. Kristen di gugat.. Kalau bisa kasih tau pendeta yang ada diseluruh Indonesia.

      Link :

      https://www.facebook.com/Pembantai.Salibis11

      Hapus
    5. Bangsa Hongaria juga sangat bangga akan penemuan-penemuan mereka, yang mencakup holografi, korek api, teori tentang bom hidrogen, bolpen, kubus Rubik dan bahasa pemrograman BASIC. János Bolyai, seorang matematikawan Hongaria berperan besar dalam penemuan geometri non-Euclidea.

      Hapus
  2. nggak sekalian dibilang semua robot beragama Islam?

    BalasHapus
  3. Hahahahahaha...gila yg punya blok neh...jangan2 tuh robot2 an adik gua,agamanya islam kali ya...wakakakakaka...babi tetangga gua juga agama islam..hahahahaha...dasar islam sinting

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro, jangan hina agamanya. yang salah orangnya, yang buat blog ini. saling menghormati agama lain juga dong kalau Anda bukan seorang muslim.. gak pernah belajar PPKn pas masih SD ya?

      Hapus
    2. wkwkwkwk.., bisa jadi nih, anjing gw jg nih jgn2 islam, abisnya ga berantem tuh ma kucing, kan kucing sahabat nabi, wkwkwkwkwk..
      lagian lebay, tau gak yg buku katanya "Yesus ternyata muslim"??? wkwkwkwkwkwk.... kronis bener..

      Hapus
    3. Jangan menghina agama lain..apa lagi islam..
      Kamu akan kena azab Allah SWT.
      liat aja klo ga pcaya..
      saya akan mendo'akan nya..
      SAya seorang muslim..


      celaka lah yang menghina islam
      ALLAHU AKBAR..

      Hapus
    4. ya ampun mas zuhry, anda mendoakan orang lain untuk celaka? sedangkal itukah pemahaman agama anda? :)

      Hapus
    5. okky : sebenarx mas zuhry tidak mendo'akan anda celaka tapi dya mnyuruh anda lebih mengetahui akan kebesaran allah
      iy kn mas zuhry

      Hapus
  4. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kristen di gugat.. Kalau bisa kasih tau pendeta yang ada diseluruh Indonesia.

      Link :

      https://www.facebook.com/Pembantai.Salibis11

      Hapus
    2. mahluk kafir kebakarn jengot, brarti bang haji kafir! jengotnya panjang tuh, awas bang haji !!!!! Cuing

      Hapus
  5. bukannya leonardo da vinci itu muslim?

    BalasHapus
  6. Ternyata selama ini sudah banyak fakta yang disembunyikan yang diputarbalikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ternyata muhammad sebenarnya seorang wanita, panglima perang dari tibet yang pindah ke arab.
      Itu jg ada buktinya.

      Ente tau napa babi haram? Krn babi beragama islam, jd dilarang saling memangsa.

      Hapus
    2. wakakakaakakakakakakkk....asyuuuuuuu....

      Hapus
  7. Babi juga beragama islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. babi juga pinter ngaji sekarang. sholat aja malah sampe 6x sehari tuh.kalo ke mesjid aja pake kopiah.

      Hapus
  8. tahukah anda?
    Hulk beragama islam
    nama aslinya Hulk => Al-Haq

    orang-orang yahudi berusaha menutupi kenyataan ini dengan merubah nama Al-Haq menjadi Hulk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups..lutung kasarung juga kan islam.

      Hapus
  9. bahan bakar robotnya pake apa ya? habis ini pasti ada klaim tentang penemu listrik, penemu batere, penemu aki. Padahal banyak tuh aki-aki di tasikmalaya? kekekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAKE KENCING ONTA KAYAKNYA,.. WKWKWKWKWKWK,.
      ISLAM ohhhh ISLAM,.. asal klaim seenak dengkulnya aja,..

      Hapus
    2. wkwkwk kencing onta? :D sumpeh ngakak banget gue

      Hapus
  10. Memang benar
    Robot memang aslinya dibuat oleh seorang muslim keturunan Arab. Nama produk aslinya adalah Ar-raba'atun. Ia digerakkan dengan tenaga yang berasal dari Al-Bathriyyah

    orang-orang yahudi berusaha menutupi kenyataan ini dengan merubah nama Ar-raba'atun menjadi Robot, dan Al-Bathriyyah menjadi Baterai.

    BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT, DAN MEREKA YANG TIDAK PUNYA JENGGOT AKAN SEGERA MEMBAKAR JENGGOT SIAPA SAJA YANG DITEMUINYA. BUKTI FAKTA NYATA, SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG-ORANG YANG TIDAK BERJENGGOT, TERNYATA MEREKA SEKARANG BERBONDONG-BONDONG MEMBAKAR JENGGOT TETANGGANYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gila..!!! gw ketawa sampe nangis... asli kocak, kreatif.. wuuaahhhaahahahahahahahah...!!!

      Hapus
    2. Gw baca comment nih orang di post lain sampe 100x tetap bikin gw ngakak sampe perut gw sakit. XD

      Kasihan si Koji no geblek :D

      Hapus
    3. kayaknya si robot ni yg sering posting dengan nama Hiram Abiff ato Abu al-musqlaim

      Hapus
  11. zZZZzzzzzzzzzz...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. @kokorobet gak usah cape2 copy paste,tenang aja org kristen gak bakal ngerasa digugat atau dizolimi...mereka org berpendidikan,klo pun ada dari mrk yg koment gak baik..itu smua cuma mau ngerjain org2 pinter yg berpandangan sempit seperti kokorobet ini. Saya org kafir.

      Hapus
  12. 1 fakta aja

    misal kalau benar robot ditemukan muslim

    tapi ko sekarang dikembangkan sm jepang ya, yg notabene atheis

    muslim skrg pada kemana ya ??

    ada yg bs jawab ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAU TAU OERANG SALIB??
      TENTARA SALIBIS BAKAR SEMUA BUKU PENGETAHUAN!!
      LO PERNAH BELAJAR AL JABAR??

      LO TAU PERNAH BACA DALAM AL KITAB KALO BUMI JADI PUSAT TATA SURYA?????????????
      NGAUR GA TUH KITAB LUU???
      JADIIN BUNGKUS CABE AJA TUH KITAB LO!

      Hapus
    2. // KAU TAU OERANG SALIB??
      TENTARA SALIBIS BAKAR SEMUA BUKU PENGETAHUAN!!//
      Iya, ada buktinya ga?

      //LO PERNAH BELAJAR AL JABAR??//
      yang pasti yang nemuin itu muslim cerdas, ga kayak ente

      //LO TAU PERNAH BACA DALAM AL KITAB KALO BUMI JADI PUSAT TATA SURYA?????????????//
      Ketauan gak pernah baca alkitab maen klaim. Ga ada sama sekali coy. Adanya yang diperdebatkan di Yosua, tapi itupun bukan jadi masalah besar.

      //JADIIN BUNGKUS CABE AJA TUH KITAB LO!//
      saya jadiin arang kitab ente, mau ga? Saya jadi kayak setuju nih sama pastor bakar quran, kalu liat ente kayak gini tingkahnya

      Hapus
    3. Ente yang ngawur

      Apa ente tidak tahu bahwa penemu Jepang itu juga muslim?

      Hal ini tercatat dalam sebuah buku yang ditulis oleh seorang pelaut terkenal yang beragama Islam dan berkebangsaan Arab, Al-Jaafar.

      Ia menceritakan tentang petualangannya disebuah kepulauan di laut timur China yang pada saat itu dihuni oleh orang-orang barbar. Al-Jaafar dan para pengikutnya tinggal di pulau tersebut selama beberapa bulan, mengajarkan membaca, menulis dan mengislamkan penduduk setempat. Setelah kepergiannya, penduduk setempat lalu menyebut diri mereka sebagai orang-orangnya Jaafar, yang lama kelamaan sebutan ini berubah menjadi Jaafar => Jaafan => Japan.

      Sedangkan pulau-pulau besar di Jepang juga ikut diberi nama menurut nama para kru kapal Al-Jaafar, antara lain:

      Pulau Honshu = Dari nama Abdul Hannisah
      Pulau Hokkaido = Dari nama Abu Haqa'idah
      Pulau Shikoku = Dari nama Habib Zaiqakhu
      Pulau Kyushu = Dari nama Abu bakar Qiyashu
      Pulau Okinawa = Dari nama Akhi Nawa'atun

      dan sebagainya....

      Hapus
    4. Bahkan bela diri negara Jepang pun berasal dari Arab :

      Karate = Al-Qaratyhiiyah
      Judo= Jusuf bin Dodol

      Hapus
    5. si hiram ini kebanyakan ngeganja kali ya?
      atau kebanyakan minum lem aibon?

      Hapus
    6. saya masuk islam tadi siang, trus acara selametan makan babi panggang...sama bir dingin tentunya...

      ini semua gara2 blog ini...alhamdulilah irrobil allamin...

      Hapus
  13. jangn pernah melecehkan agama orang lain.....,
    jdikan agamamu(islam) sebagai keyakinanmu, dan jadikan kitab(al-quran) sebagai pedomanmu..,
    insya allah hidup kita akan mendapat keberkahan...,
    dan harus kalian tau ISLAM ITU INDAH.....,
    saya sangat bersyukur dilahirkan oleh keluarga MUSLIM..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya si Indah beragama islam.

      Hapus
    2. Iya benar, islam itu INDAH dalam hal kebohongan. Sory ya, saya ex-islam

      Hapus
    3. itu loh si INDAH, lonte yg kmaren gw pake

      Hapus
    4. umat yg non muslim gag punya otak lai yee

      muslin itu statuz gue

      Hapus
  14. Biarin mreka mau ngmng apa tntng islam... Islam mngajarkan barang siapa yng menghina kita.. Do'akan dia sllu utk brtobat dan mnuju kejalan yng bnar, jgn mudh terprofokasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah, islam mengajarkan untuk mendoakan supaya semua yang menghina islam dilaknat alloh dan menjumpai celaka!!!

      Hapus
    2. Doa orang kafir yang mendokan supaya musuhnya bertobat.

      Hapus
  15. Benar sekali Muslim memang memegang peranan penting dalam pengembangan robot autonomous khususnya drone di masa kini.Yaitu jadi sasaran tembak.

    BalasHapus
  16. Kalau gk mau diolok yg jngn bertingkah bodoh kaya topeng monyet disorakin.....

    BalasHapus
  17. Aduh aduh, sumber darimana pula ini

    BalasHapus
  18. SEJAK KAPAN HARPA DI TIUP?? BAKAKKAKAKAKAKA KOCAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abu Al-Musqlaim4 Mei 2013 22.35

      tentu saja sejak ditemukan oleh orang islam, ente gimana sih. itu aslinya bernama Al-Harfah, oleh orang kafir diubah namanya menjadi "harpa", dan cara memainkannya juga diubah dari ditiup menjadi dipetik

      Hapus
  19. Kalau kalian bukan berasal dari agama islam apakah anda akan menjadi islam? Karena walaupun ada lahir dari keluarga yang di sebut islam, anda tidak kelihatan seperti islam, apabila islam yg anda maksud adlah islam yang merupakan penyempurnaan kitab taurat.

    BalasHapus
  20. Jangan lupa penemu teori "kawinin aja" anak di bawah umur dan nikah sebanyak-banyaknya ya xixixixixix

    BalasHapus
  21. Hahahahhaa.............. guling guling wak

    BalasHapus
  22. Wkwkwkwk....baca blog dan koment2nya bikin gue sakit perut karna tertawa..trims teman2..tetaplah berimajinasi, truslah bermimpi selalu benar tetapi biarlah org lain yg menilai kebenaranmu...peace!!

    BalasHapus
  23. Info tergoblog

    BalasHapus
  24. Ini bloger habis di goblokin siapa ya??

    BalasHapus
  25. Saya agama islam,di sekolah kok g di ajarkanya,apa gurunya yg tdk tau atau blog ini yg bingung.dan teknologi yg kitai pakai skr penemuan siapa? Apa juga tergolong haram di gunakan.

    BalasHapus
  26. sampah semua.. merasa agama kalian paling benar,tiap ibadah pake biaya banyak,lo kerja cuma pake foya" pas liat lo mati njing,liat islam slalu mnggunakan rejeki y untuk.hal yg brmanfaat bagi orang lain,lo blng nabi pnggila sex ,lo liat dong tuhan lo aja doyan ngentot dewa" fuck

    BalasHapus