Ternyata penemu musik adalah orang Islam


Tangga nada yang kemudian menjadi dasar dari notasi musik ini ternyata ditemukan oleh para ilmuwan Muslim. Fakta penting ini diungkapkan pertama kali oleh Jean Benjamin de La Borde, seorang ilmuwan dan komponis Perancis, dalam bukunya Essai sur la Musique Ancienne et Moderne (1780). Dalam bukunya ini La Borde secara alfabet menyebut notasi musik yang diciptakan oleh sarjana Muslim. Notasi itu terdiri atas silabels (yang kita kenal sebagai solmisasi) dalam abjad Arab, yaitu Mi Fa Shad La Sin Dal Ra. Menurut La Borde, notasi abjad Arab ini kemudian ditransliterasikan oleh ilmuwan Eropa ke dalam bahasa Latin, yang entah bagaimana diklaim sebagai himne St. John.

Transliterasi ini digunakan pertama kali oleh pemusik Italia Guido Arezzo (995-1050) yang terkenal dengan teori Guido’s Hand-nya. Program British Channel 4 yang menayangkan acara sejarah musik mengatakan bahwa Guido-lah pencipta sistem solmisasi, tanpa sedikit pun mengungkapkan fakta temuan oleh ilmuwan Muslim. Namun, La Borde tidak sendirian. Komposer Eropa lain, Guillaume-AndrĂ© Villoteau (1759-1839), mengambil sikap seperti La Borde, yakni mengakui bahwa solmisasi adalah ciptaan orang-orang Islam.

La Borde melakukan penelitian dengan cara membanding-bandingkan antara notasi yang berasal dari Guido’s Hand dengan notasi berabjad Arab. La Borde sampai pada kesimpulan bahwa Guido’s Hand tidak lebih contekan Guido Arezzo dari sistem notasi yang ditemukan oleh sarjana Muslim.

“Secara fisik, tampilan solmisasi berabjad Arab itu berfungsi sebagai model yang ditiru oleh Guido Arezzo,” tulis La Borde. Ia kemudian membuat monograf yang menampilkan perbandingan yang kritis antara model solmisasi temuan ilmuwan Muslim dan solmisasi yang dibuat Guido Arezzo yang kemudian diakui sebagai notasi musik hingga kini.

Notasi Arab
Notasi Arab digunakan sejak abad ke-9, yaitu ketika ahli-ahli musik Muslim seperti Yunus Alkatib (765) dan Al-Khalil (791), peletak dasar sistem persajakan dan leksikografi Arab, yang diikuti oleh Al-Ma’mun (wafat 833) dan Ishaq Al-Mausili (wafat 850), memperkenalkan sistem notasi dalam bermusik dalam bukunya yang terkenal di Barat, Book of Notes and Rhythms dan Great Book of Songs, selain Kitab Al-Mausiqul Kabir-nya Ibn Al-Farabi (872-950).

Temuan Al-Ma’mun dan Al-Mausili diteliti dan dikembangkan oleh Abu Yusuf bin Ishaq Al-Kindi (801-874), Yahya ibn Ali ibn Yahya (wafat 1048), Ahmad Ibn Muhammad As-Sarakhsi (wafat1286), Mansur Ibn Talha bin Tahir, Thabit ibn Qurra (wafat 1288), dan ilmuwan Muslim lainnya. Dominucus Gundissalinus (wafat 1151) dan The Count Souabe Hermanus Reichenau, dua ahli musik Barat, meneliti dan mengembangkan temuan Al-Kindi. Selain itu, teori-teori musik yang diciptakan Ibnu Sina dan Ibnu Rushd juga berpengaruh pada perkembangan musik Eropa sebagaimana teori-teori mereka dalam ilmu kedokteran.

Sebelum Guido Arezzo mengklaim notasi musik dengan Guido’s Hand-nya, teori musik telah berkembang pesat di Spanyol melalui Ziryab (789-857), pemusik andal dan ahli botani yang hijrah dari Baghdad, dan Ibn Firnas (wafat 888) yang memperkenal musik oriental kepada masyarakat Spanyol dan mengajarkannya untuk pertama kali di sekolah-sekolah di Andalusia.

Guido, Murid Constantine Afrika
Soriano, seorang peneliti musik asal Spanyol, mengungkapkan fakta tentang Guido Arezzo. Pemusik yang dianggap sebagai penemu notasi musik itu mempelajari Catalogna, sebuah buku teori musik berbahasa Latin yang memuat temuan-temuan di bidang musik oleh ilmuwan Muslim.

Hunke, peneliti lain, menulis bahwa notasi abjad Arab yang membentuk notasi musik ditulis dalam Catalogna pada abad ke-11 dan diterbitkan di Monte Cassino, sebuah daerah di Italia yang pernah dihuni oleh komunitas Muslim dan tempat yang pernah disinggahi Constantie Afrika, ilmuwan Muslim asal Tunisia yang masuk ke Italia melalui Salerno. Salah satu ilmu yang diajarkan oleh Constantine Afrika kepada orang-orang barbar dan terbelakang di Salerno adalah musik. Semua terjemahan yang dilakukan Constantine Afrika terhadap buku-buku temuan ilmuwan Muslim memang menjadi acuan para pelajar Eropa.

Apalagi, Constantine juga membuka kesempatan kepada mereka untuk belajar ke Spanyol, yang ketika itu sedang diramaikan oleh kuliah musik dengan guru besar para ilmuwan/musikus Muslim seperti Ziryab dan Ibn Farnes. Banyak pelajar lulusan sekolah musik di Spanyol berasal dari Italia, salah satunya adalah Gerbert Aurillac (wafat 1003), yang kemudian dikenal sebagai peletak dasar musik di negara-negara Eropa dan melahirkan banyak pakar musik Barat.

Sumber

78 komentar:

  1. lol... ini goblok bangetttt... musik udah ada dari sebelum islam ada tauuuuk!!! goblok goblokkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. woi.....jgn suka berdebat...kasi alamat loe aja..nanti gw samperin..kita ngomong masalah apapun...yg buat loe seneng...emang yg loe yakini jg uda bener sembah2 patung...??klo di hancurin ga bisa apa2 tu patung..wlwkwkwkwkwkwkwkwk kasian amaaat,..

      Hapus
    2. wah anak tuhan marah nih, maaf yah jgn marah, itu kan hanya pendapat. tanya aja sama bapa mu goblok. bapa mu lebih tau. kami orang muslim ga butuh pujian. hanya TUHAN lah yang pantas untuk dipuji. segala puji bagi ALLAH

      Hapus
    3. hoooaaaammmmm

      Hapus
    4. gua tunggu loe di perapatan klw berani....klw perapatannya jauh, ntar klw sdh d depan loe sms aja gue, ntar gue jemput tp bayar ya gocap, enak aja mau gratisan...emang kita cowok apakah weeee jijai bo

      Hapus
    5. Saudara-saudara..

      mari kita belajar fakta dunia dahulu.

      1. Harpa, merupakan alat musik bernada. Dan, tidak hanya harpa, alat musik bernada, pada kebudayaan barat, menggunakan organ, horn, dan flute sebelum lahirnya islam (c.a. 600AD)

      2. Bantalan kunci, bukan pertama kali dibawa orang moor / muslim, tetapi turunan dari Yunani.

      3. Tangga nada barat / modern, tidak diciptakan oleh kaum muslim, tetapi pertama kali diciptakan oleh Pythagoras. Bahkan tangga nada ini menyebar hingga ke timur tengah, oleh Ibn Misdschah (wft 715), digunakanlah tangga nada ini memodifikasi menjadi 8 asab'

      4. Teori Jean Benjamin De Laborde bukanlah orang yang pertama mengatakan bahwa solmisasi eropa merupakan terinspirasi dari arab, namun Thesaurus Linguarum Orientalum oleh Francis Meninski

      dan asal muasal solmisasi berasal dari 2 teori tersebut (arab atau kehidupan monastik)..
      sayangnya masih teori, dan belum dapat dibuktikan jika tidak ada bukti bukti ilmiah kuat yang mendukung.

      secara streamline, teksbook sejarah musik pada pendidikan tinggi musik, masih menggunakan teori Guido, karena penguat buktinya lebih kuat

      5. Penulisan notasi modern, merupakan turunan dari notasi Gregorian chant, yang merupakan penggunaan sistem not balok.
      sedangkan pada abad 10, bangsa arab menggunakan sistem notasi yang berbeda, penggunaan sistemnya adalah alfabet-letter.

      6. di biografi Guido, tidak ditemukan bahwa ia belajar pada Constantine dari Afrika. kalau pemilik blogger memiliki sumber yang lebih akurat, tolong berikan.

      ~ penulis merupakan mahasiswa jurusan seni musik

      Hapus
    6. Itu salah. bahkan lahirnya alat-alat musik lahir dari spayol bahkan orang-orang spanyol berdominasi orang khatolik dalam arti semua orang-orang beragama Kristen

      Hapus
  2. Sok penting banget sih
    Admin-nya pasti orang malingsia nih....

    BalasHapus
  3. Loh, katanya musik haram? wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg dibilang musik itu haram yang cara bermusiknya ga benar , musik itu bermacam" salah 1 nya penyanyi dangdut koplo dengan goyangan dan penampilannya yg membuat pemikiran kotor umat lain , sesuatu yg halal kalo udah dipakai dengan cara yg ga benar pasti jadi haram .
      shalawatan juga kan disebut musik , qhosidah, marawis itu pun musik

      Hapus
    2. ah mana ada musik yg haram,,, yag haram itu memakan bangkai,berjudi,berjinah dsb yg dituliskan di hadist al'quran itu untuk yg muslim. jgn menyalahkan penyanyi dangdut koplo. semua tergantung yg menyikapinya aja, n bukankah penyanyi pop juga cara berpakaiannya banyak yang bupati(buka paha tinggi'')n sekwilda(sekitar wilayah dada).aneh banyak orang'' yg fanatik terhadap penyanyi dangdut tapi orang'' munafk itu juga belum tenu berahklak baik n tidak pernah melekukan hal yg di haramkan oleh YME.justru yg so alim n fanatik abis''an itu malah lebih parah dari penyanyi dangdut kolpo,, buktinya masa ada seorang guru agama n ustadz memperkosa murid n santrinya,, idih ngerrriiiiiiii.......zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz.

      Hapus
  4. Ngarang abeEzzzbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau ngeyel tu yg elegan dong, jangan asal ngeyel.baca banyak2 buku..banyak baca banyak tahu, tidak baca sok tahu n asal ngeyel

      Hapus
  5. Apa2 islam..2x...bangga bgt sih klo ada yg jd mualaf..digembar gembor..itu jg hoax..cb ada yg murtad berani ga loe publish? Blog oon..byk hoaxnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuan yesus, ampunilah dosa anakmu ini. kendalikan emosi nak.

      Hapus
    2. banyak nya orang yang mualaf menandakan bahwa agama islam yang benar bukan agama yang lain ..

      Hapus
  6. Beneran nih penemu musik orang islam? Irama adzan aja dari jaman dulu sampe sekarang nadanya itu itu aja. gila bener kalo orang islam bikin musik? gak bener banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama kali bilal mengumandangkan adzan itu ga seperti adzan yg dikumandangkan sekarang , lagi pula kalau anda sering mendengar adzan dari orang yg berbeda-beda pasti anda tau perbedaan nadanya , itupun kalo anda mengerti dengan nada , salah 1 nya contoh adzan makkah,coba anda bedakan dgn adzan yg ada dimasjid sekitar anda.

      Hapus
  7. Nanggung banget sih bikin klaim?

    Kok cuma musik diaku ciptaan orang muslim?

    Nggak sekalian, alam semesta beserta isinya ciptaan muslim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg mncptakan alam da sluruh isinya itu Allah.....bkn tuhan yesus kalian yg telanjang dan d salib itu...wkwkwkkwk

      Hapus
    2. by paus paulus longor is the spiderman16 Februari 2013 11.00

      lho emang eneran telanjang bro...wah jadi selama ini gua rugi berat donk, coba klw tau dari dulu pasti udh gua kenyot habis tu oncom hehehe..soalnya do'i caem, sexy + cool cih...jd gemes pengen mencet biji kesemaknya hahahaha

      Hapus
    3. @anonim bener bgt, Yang menciptakan bumi beserta isinya Yahweh, bukan allah swt ciptaan muhammad yg cuman nemplok di batu kabah dlm bentuk ***** wkwkwk

      Hapus
  8. hey, hey ngapain sih ribut - ribu gitu aja diributin peke hina - hina agama lagi asal kamu tahu islam itu bukan hanya bermula dari muhammad tetapi semenjak manusia pertama Adam ada agama nya itu adalah islam yang kemudian diperbaharui oleh nabi - nabi berikutnya, sampai Isa dan terkahir Muhammad, do you understand. ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. semenjak manusia pertama Adam ada agama nya itu adalah islam yang kemudian diperbaharui oleh nabi - nabi berikutnya, sampai Isa dan terkahir Muhammad

      yakin????
      bukannya agama itu buatan manusia???

      Hapus
    2. agama itu bukan buatan, tapi keyakinan .
      kalo agama itu buatan manusia, kenapa anda tidak membuat agama sendiri ???

      Hapus
    3. by paus paulus longor is the spiderman16 Februari 2013 11.07

      ih si alloh swa marah...pasti gara2 udh d nodain tadi hahaha..minta d kawinin aja loh,, tp loh, klw udh d kawinin entar kutukannya d cabut ya, ngeri gua dengarnya...ga kira2 sih ngutuknya sampai si kromosom yg ga tau apa2 jg kena getahnya...

      Hapus
  9. @Kang Iwan Sukabumi

    wahai kamu tai onta terbusuk dan terkutuk. Kenapa kamu berani mengklaim berkata bahwa "semenjak manusia pertama Adam ada agama nya itu adalah islam yang kemudian diperbaharui oleh nabi - nabi berikutnya, sampai Isa dan terkahir Muhammad...", hey???!!!

    Kamu sungguh telah menodai kesucian dan kebesaranku!!!!
    Maka kamu akan kukutuk manjadi orang berderajat sampah selama-lamanya. Kamu dan seluruh gen-gen maupun kromosom-kromosommu itu!!!!!! Selama-lamanya!!!!

    Camkan itu wahai SAMPAH!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah seperti ini kata-kata yang pantas diucapkan oleh orang yang berakal budi dan beragama!! kata-kata seperti tidak ubahnya seperti ringkikan keledai yang menjijikkan

      Hapus
    2. @Alloh SWT wkwkwkwk hahahaha lucu bingitz

      Hapus
  10. dal ro mim fa shod lam sin ditemukan oleh zaryab/ziryab yang bergelar Maulana Izzuddin Almaushuli dari mousil iraq,bukan berarti musik ditemukan orang islam karena orang irak kurdi memang keturunan Syam putra Nuh yang semasa hidupnya suka menyanyi

    BalasHapus
  11. ha... ha... ha..., baru ketemu blog model begini, ini perlu di daftarkan ke MURI sebagai blog paling ngawur se dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan cuma bisa bilang ngawur kalau belum pernah meneliti sejarah...

      Hapus
  12. penghinaan yg keluar dari mulutmu justru menunjukkan rendahnya derajat moralmu.. I LOVE ISLAM..

    BalasHapus
  13. LOL hahaha how stupid are you? klo buat blog tuh baca buku dulu.. blog sesat bastard

    BalasHapus
  14. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
  15. Kalau faktanya penemu Notasi musik itu dari Islam tidak perlu marah

    BalasHapus
  16. Kalau faktanya penemu notasi musik bukan dari Islam, gimana?
    Kalau faktanya, semua berita di blog ini bukan fakta, gimana?
    Kalau faktanya, semua tulisan di blog ini tanpa fakta, gimana?
    Kalau faktanya, yang nampak marah adalah koji no, gimana?
    faktanya, saya ga marah kok; saya cuma bertanya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesungguhnya "fakta" itu juga ditemukan oleh orang muslim, diambil dari bahasa arab "Al-Faqhta"

      Hapus
  17. Tahukah anda?

    Penemu Blackberry sebenarnya adalah seorang Arab beragama Islam. Nama asli dari alat tersebut adalah Ballaqubariyyah.

    Orang-orang yahudi kemudian mengklaim penemuan Islam ini dan mengganti nama Ballaqubariyyah menjadi Blackberry.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakakakakakakkakaka

      Hapus
    2. bukannya kamu si belek beri nya, makasih dong soalnya udah d ketemuin klw engga kan kasian loe jd gembel

      Hapus
    3. @Anonim

      Ente juga perlu tau, bahwa penemu "Gembel" adalah orang Islam. Aslinya bernama Al-Ghambaliyah, kemudian oleh orang-orang kafir dirubah menjadi Al-Ghambali => Ghambal => Gombal => Gembel.

      Itulah sebabnya, mengapa kebanyakan Gembel beragama Islam

      Hapus
  18. sudahlah kris . semua ini ciptaan muslimin belaka . yesus cuma ngajarin gimana ngewe keledai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keledai, nama seekor binatang, adalah juga penemuan muslim. Sebenarnya pada saat awal ditemukan, namanya Al-Khalada'i, kemudian penemuan ini diklaim oleh orang kafir, dan namanya diubah menjadi "Keledai"

      Ngewe, juga sebenarnya penemuan muslim. Nama aslinya "Al-Hainthat" atau "Al-Haiweq" yang kemudian diklaim oleh kafir dan namanya diubah menjadi ng**tot dan ng**ek

      Hapus
    2. @anonim mamad kan ngajarin elo gimana ngewe/ngentotin anak di bawah umur

      Hapus
  19. Religion of PEAS
    (otak kacang)

    BalasHapus
  20. kata musik besasal dari MUSE, dewi musik & sastra bangsa yunani....berarti musik udah ada dari jaman dulluuuuu sebelum ada agama islam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abu Al-Musqlaim28 Februari 2013 01.00

      MUSE, anak dari dewa laut Poseidon, sebenarnya pada jaman dulu sudah masuk Islam, lalu berganti nama menjadi "Musi'ah binti Abu Saidun"

      Hapus
    2. Muse, bandnya si Matthew Bellamy

      Hapus
  21. ente menghina mulu bisanya, kaya orang so bener aja so sempurna aja.

    BalasHapus
  22. setolol2nya orang islam... lebih tolol yg nyembah 3 oknum tuhan... pake otak donk kristen gonggong

    BalasHapus
    Balasan


    1. Justru lebih tolol manusia yang sudah dibuktikan secara ilmiah dan sejarah bahwa klaimnya salah, namun tetap ngotot.

      Paling2x membela dirinya pakai alasan klasik " ah ilmiah dan sejarah kan sudah dirubah oleh amerika atau Yahudi "

      Hapus
    2. Alah bacot lo!!!!! Paling tolol lagi kalo mau aja nyembah batu berhala berbentuk ***** trus ngakui mamad bajingan yg suka cabul/mesum, ngerampok sebagai nabi

      Hapus
  23. ilmuwan musik islam itu setau saya memang yang pertama kali menemukan nada musiknya , ditemukannya melalui suara kicauan burung, tetesan air , dll.
    dan dari nada-nada tersebut dimanfaatkan untuk terapi kesehatan .
    maaf kalo kalimat saya ada yang salah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, ente ngawur. sebelum era islam sudah ada musik bahkan alat musiknya, baik yang perkusif maupun alat musik bernada.

      Hapus
  24. Semua peradaban bahkan yang paling primitif sudah mengenal musik dengan caranya masing2. Tp yang pertama kali menemukan kaitan antara nada dengan bilangan adl Phytagoras (572-480 SM). Jd bukan muslim yang pertama, bahkan seandainya klaim di atas benar. Bisa tunjukkan karya musik Islam mana yang nada2 nya sudah ditulis dalam bentuk notasi? Tahun berapa dibuat?

    BalasHapus
  25. hahaha, ini klaim yang sangat memalukan.

    Sebelum era islam sudah ada berbagai jenis musik dan alat musik di berbagai kebudayaan dunia.

    Lagian musik itu bukan cuma sistem solmisasi, solmisasi hanya bagian kecil dari musik modern. banyak tangga nada yang bisa disusun dari sistem kromatik pada musik modern.

    kalau dikatakan islam penemu solmisasi. harusnya tangga nada yang dipakai dalam musik2x islami tradisional menggunakan sistem solmisasi/pakai major scale dan modesnya aeolian, phyrgian, dll. Nah ini yang ada malah scalenya beda. Orang yang ngerti musik juga bisa menilai dari sini udah keliatan asal klaim

    BalasHapus
  26. Semua ilmu pengetahuan di dunia itu asalnya dari Al-Quran. Tanpa Islam tidak akan muncul ilmu yang berguna bagi manusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pala lo peyang, quran munculnya tahun kapan mas? Mental indon banget loh! Dablek dipiara

      Hapus
  27. brisik amat ya,,islam itu indah,

    BalasHapus
  28. sungguh rendahnya kalian menghina ciptaan Allah dan keyakinannya.

    BalasHapus
  29. usul ni sama yg punya blog,gimana kalo film ama video game juga dibuat artikelnya sebagai ciptaan islam?thx ya atas perhatiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah, sebentar lagi akan dibuat.

      Sudah ada informasi dari seorang teman (Arab Muslim yang bekerja di pabrik Sony) bahwa sesungguhnya Playstation itu ditemukan oleh beliau, tapi kemudian diklaim oleh si Jepang kafir Ken Kutaragi. Awalnya konsol ini diberi nama "Al-Falah Zaitun" kemudian diubah menjadi "Playstation"

      Hapus
    2. nauzubillah min zalik..pantas ps2 ama ps3 bentuknya kotak itam gitu..itu ciptaan muslim yang lupa diubah si jepang kafir!

      Hapus
  30. Penemu house music, juga adalah seorang muslim. Penemuan house music diinspirasi oleh sebuah ayat yang berbunyi "Wa'ala zedug zedug wal dzugemu wa'azeb 'azeb"

    BalasHapus
  31. Pertanyaan:

    Apakah BIJI PELER anda sudah masuk Islam?
    Kalau belum, maka bersegeralah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana cara masukin peler saya ke islam?thx..

      Hapus
    2. dengan melakukan kawin siri atau poligami, otomatis peler anda sudah masuk islam.

      Hapus
  32. Salawat aja nadanya fals, ampe sakit kuping gw dengernya.masi lebih merdu suara kentut gw. gimana mau nyiptain musik lu .. mikir dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abu Al-Musqlaim27 Februari 2013 00.42

      kentut juga ditemukan oleh orang islam yang nama aslinya adalah "Al-Khantudz"

      Hapus
  33. ne blog mesti gw bookmark , soalnya bisa ngibur hati kalo lagi gundah , Thx min udh bikin blog yg lucu dan KONYOL abiezzz ...

    BalasHapus
  34. toh sampai sekaran orang islam ngak bisa ngabisin orang yahudi karena kalah teknologi... admin baru keluar dai RSJ.. ngerti lah

    BalasHapus
  35. kalian punya agama masing2, pendidikan, di didik, diajari dan dibesarkan oleh orang tua . tapi syg, perkataan kalian disini jauh bertolak belakang dari kenyataan hidup yang kalian jalani selama ini. seperti itukah perkataan org yg beragama ? berpendidikan ? seperti itukah org tua kalian mengajarkan kalian untuk berbicara atau berinteraksi antar sesama ?? ingatlah teman, cerminan diri seseorang dinilai dari apa yang dia ucapakan . thnx :)

    BalasHapus
  36. sudah lah kenapa jadi perang agama gini ? intinya itu, batas pengetahuan anda adalah cara bicara anda. Di semua Agama itu pasti memiliki karya nya masing-masing. Dan tolong saling menghargai jika kalian umat beragama yang baik :)

    BalasHapus
  37. KATANYA ORANG YG MAIN MUSIK MASUK NERAKA GMN SIH NI BLOG TAI TINJA KOTORAN

    BalasHapus
  38. wakakakakakak. penulisnya aneh bin ajaib. di satu artikel blg musik itu musuh eslam, di sisi lain blg musik itu penemunya org eslam. kebanyakan jedotin jidat sih ke lantai, makanya otaknya error deh.

    BalasHapus
  39. Brbyak byak lah mmbca dn peroleh pgetahuan . . Org yg berilmu brulah pntas menggurui . . Dan . . Brbyak byak lah menyekolahkan lidah krn crminan tiap prbdi adl ldah . .

    BalasHapus
  40. Makanya belajar sejarah, kejayaan jaman kejayaan muslim 700-1400M di spanyol (andalusia), saat eropa masih jaman kegelapan masih nganggap matahari mengelilingi bumi. Lalu kalian bilang alat musik diciptakan orang spanyol di tahun 1400-an.

    BalasHapus