Ternyata Osiris adalah seorang muslim


Syaikh Thanthawi Jauhari di dalam Tafsir Jawahir-nya menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan IDRIS ialah Oziris atau Azoris, dan kalimat Idris adalah ucapan nama itu dalam bahasa Arab. Serupa juga dengan Yesoa diucapkan dalam bahasa Arab dengan Isa; Yohannes diucapkan dalam bahasa Arab, Yahya.

Menurut Syaikh Thanthawi, Oziris atau Idris ini seorang Nabi yang diutus Allah kepada bangsa Mesir purba kala dan membawa ajaran-ajaran dan perubahan yang besar-besar.

Di dalam sejarah Mesir Purba disebutkan bahwa Oziris (Idris) itu meninggal karena dibunuh oleh saudaranya sendiri karena dengki akan pengaruhnya yang besar. Lalu dipotong-potong badannya untuk dihancurkan. Tetapi sepotong dari badan itu dipelihara oleh isterinya dan dibalsem; pembalseman mayat itulah kelaknya yang menjadi kepandaian yang utama dari orang Mesir purbakala.

Syaikh Thanthawi menguraikan panjang lebar, bahwa di zaman purbakala bangsa Mesir itu di antara Kerajaan dengan agama adalah satu, sehingga Idris itu pun merangkap juga raja. Itulah sebab dia didengki oleh saudaranya. Namun setelah dia mati orang Mesir memuliakan sekalian jasanya yang besar- besar.

Kata dongeng mereka, setelah seorang raja besar atau orang besar mati, bersidanglah hakim-hakim 42 orang banyak anggotanya memusyawaratkan dan mempertimbangkan tentang kebaikan atau keburukan raja semasa hidup-nya. Rupanya kebaikan Oziris atau Idris itu lebih banyak dan lebih berat dari pada keburukannya; maka ditempatkanlah dia pada tempat yang amat tinggi dan agung di alam lain.

Sayid Quthub di dalam “Fi Zhilalil Quran“pun memberatkan pendapatnya kepada pendapat Syaikh Thanthawi Jauhari ini, bahwa besar kemungkinan bahwa Idris ialah Oziris yang ternama dalam Sejarah Mesir Purbakala itu.

Di dalam tafsir-tafsir yang lama sejak Thabari, ar-Razi, al-Qurthubi, Ibnu Katsir dan yang sezaman tidak bertemu kemungkinan Oziris itu, dan baru bertemu pada Tafsir Syaikh Thanthawi Jauhari pada sekitar tahun 1928, atau pada Tafsir Sayid Quthub selepas tahun 1955.

Hal ini dikarenakan, Ilmu hasil penyelidikan kebudayaan dan Peradaban Bangsa Mesir Kuno, yang dikenal dengan nama “Egyptologi” barulah tumbuh sejak permulaan Abad Kesembilan belas, sejak para sarjana dapat membuka kunci rahasia Huruf Hieroglyph, huruf bangsa Mesir Purba itu.

Dari hasil penyelidikan yang baru berusia 165 tahun itu-lah didapat ceritera tentang orang besar Mesir yang bernama Oziris itu. Dan ajaran-ajaran Oziris yang didapat dari huruf-huruf Kuno itu bertemu pokok ajaran Tauhid. Cuma setelah lama kemudian sepeninggal dia, setelah pada mulanya hakim-hakim mengakui bahwa jasanya sangat besar, maka beliau di tempatkan di tempat yang Maha Tinggi di alam lain, yang pada akhirnya dipertuhankan, dipuja dan disembah.

Dengan mengkaitkan Nabi Idris sebagai Oziris, jika dilihat dari masa kehidupannya, diperoleh informasi sebagai berikut :

1. Nabi Adam
Diperkirakan masa kehidupannya, sebelum 200.000 tahun yang lalu,
2. Nabi Idris
Diperkirakan masa kehidupannya, sebelum 70.000 tahun yang lalu.
3. Nabi Nuh
Diperkirakan masa kehidupannya, sebelum 13.000 tahun yang lalu


Pendapat yang mengatakan, sesungguhnya Nabi Idris adalah leluhur dari Nabi Nuh mungkin ada benarnya. Akan tetapi jarak diantara keduanya, bukan hanya 3 atau 4 generasi (seperti yang dipahami selama ini), melainkan telah mencapai jarak puluhan, bahkan mungkin ratusan generasi.

“Dan ingatlah di dalam Kitab darihal Idris. Sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat benar, lagi seorang Nabi” (QS. Maryam (19) ayat 56).
WaLlahu a’lamu bishshawab

Sumber

31 komentar:

  1. Sungukong masuk muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naruto nanti masuk Islam

      Hapus
  2. Firaun menyembah Amon Ra.. dewa Matahari..
    Klo muslim nyembah batu sama Dewa Bulan. AL-ILAH

    BalasHapus
  3. Beli cimenk dimane min?

    BalasHapus
  4. min kalo sedang stress ada banyak tuh Rumah sakit jiwa terdekat,,, ente stress malah bikin blog dengan brita aneh2 ttg islam,,,, terbukti iri dengki bisa menyebabkan orang jd gila,,,,admin blog ini salah satunya

    BalasHapus
  5. ngaco yang lain lagi nih...
    Osiris tu ayahnya Horus, mata satu! kalo gini sih sama aja ngakuin iluminati & freemason ya???

    BalasHapus
  6. SALAH BESAR!!!!

    BalasHapus
  7. ngawuuuurrr....
    kebudayaan mesir beserta peradabannya adanya jaauuhhhhh sebelum islam muncul.
    gimana ceritanya bisa begitu?
    cocologi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. islam itu sejak nabi Adam mas.

      Hapus
    2. bener itu, kita hanya salah kaparah kalo islam itu pas jaman nabi muhammad dan setelahnya, padahal lebih tua dari itu, nabi adam itu juga islam mas

      Hapus
    3. tuhan juga muslim lho, sudah jadi mualaf, tuhan sudah mengucapkan kalimat syahadat, dan sudah disunat tititnya

      Hapus
    4. OMONG KOSONG.. SYARAT SAH jadi islam kan harus baca syahadat.. sedangkan si mamad dtg abad ke 6 M..
      Trus islam jadul shadat nya apaan???
      DUSTA KEBANGGAAN ISLAAM.. LAKNAT..

      osiris adalah salah satu sembahan iluminati/freemason .. ayah osiris adalah horus (si mata satu) berarti islam penyembah dajjal

      Hapus
    5. Klaim Islam sering tabrakan!
      Muslim mengklaim jika Islam sudah ada sejak jaman Adam, tetapi muslim juga yang bilang jika Muhammad lah yang mendirikan agama Islam.

      Hapus
  8. Untuk Penulis

    Anda yakin soal artikel ini? Anda yakin nabi mohamaad bukan seorang kristen atau yahudi. kalau dilihat al-quran yang dibilang jatuh dari langit (mungkin tidak jatuh dari genteng) belakangan mirip sama yahudi dan kristen loh. kalau tidak percaya baca aja sendiri kalau pengaruh narkobanya sudah hilang

    BalasHapus
  9. baca ini, nemu digoogle
    http://garudeyamantra.blogspot.com/2012/05/mesir-pra-pendudukan-bangsa-arab.html
    jangan biarkan Indonesia menjadi seperti mesir, hilang sifat ke-mesirannya

    BalasHapus
  10. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
  11. ini benar2 blog yg tidak bermutu dan tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenaranya.artikel lainya anda bilang semua masuk muslim tanpa bukti.neil amstrong saat meninggal mengunakan prosesi kristen,semua anda sebut islam.tanpa ada bukti nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat yang diatasmu, biar sekalian tusuk matanya sendiri pas liat pemakamannya neil amstrong kekekekeke

      Hapus
  12. wkwkwk , bikin berita hoax demi memberikan kebanggaan PALSU bagi umat Muslim ! WKWKWK MALU OIII ! Simplenya , brrti ente sm aja udh ngebohong ,
    ngebela agama koq pake cara ngebohong yg jelas" d benci agama sgla :3

    baca tuh kisah Nabi ! Nabi Idris s.a tinggal d surga ,sesaat setelah perjalanannya d akhirat dlm rangka melihat neraka & surga !

    BalasHapus
  13. boong nie, mask dari engelina joli smpe tong sang cong masuk islam?????

    BalasHapus
  14. nih yg pada komen bikin gw ngakak aja,keliatan gak banyak baca!! cmn gw ada koreksi dikit setelah ada raja ramses 1,2 dst. aturan osiris dirubah rubah dari nyembah dewa dewa sampe menuhankan ramses II (firaun) sendiri sehingga diutuslah Musa utk meluruskan kembali

    BalasHapus
  15. osiris kan dewa mesir kuno?g sekalian aja zeus ama hercules masuk islam juga tong?

    BalasHapus
  16. Nggak sekalian lucifer dibilang muslim juga min??? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ternyata Lucifer juga mislim lho mas. Malah dalangnya muslim tuh Lucifer.

      Hapus
    2. itu gan, sekalian Budda masuk Islam

      Hapus
  17. Ciyus harus bilang woowww !!! Aduhh ah pengen ketawa dengar komenya heee !

    BalasHapus
  18. ana malu lihat berita seperti ini -___-

    BalasHapus
  19. Kontol monyet juga masuk islam..

    BalasHapus
  20. Yang koment kaya cacing kepanasan min

    BalasHapus