Ternyata bahasa Inggris berasal dari negara Islam


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Bahasa Inggris, yang kini menjadi bahasa internasional ternyata berakar dari bahasa yang digunakan di Turki sekitar 8.000- 9.000 tahun yang lalu. Begitulah kesimpulan yang dipublikasikan Jurnal Science, Jumat (24/8).

Kesimpulan peneliti itu merujuk dari penelusuran asal-usul bahasa yang berada di Indo-Eropa hingga Anatolia, kawasan kuno Asia Barat yang kini menjadi wilayah Turki modern. "Bahasa Inggris adalah bagian dari keluarga bahasa Indo-Eropa, yang mencakup lebih dari 400 bahasa dan dialek seperti Jerman, Prancis, Spanyol, Rusia, Polandia, Persia, Hindi dan Yunani Kuno. Bahasa-bahasa itu berevolusi dari nenek moyang yang sama," demikian laporan peneliti seperti dikutip dailymail.co.uk.

Sejak semula peneliti berasumsi bahasa Indo-Eropa menyebar dari Timur Tengah berbarengan dengan perkembangan pertanian. Oleh Remco Bouckaert, peneliti dari Universitas Auckland, Selandia baru, asumsi itu ditelusuri dengan menggunakan metode yang terinspirasi pakar biologi ketika menelusuri kekerabatan hewan dan tumbuhan di seluruh dunia.

Ia jadikan contoh penggunaan kata "Ibu" yang dipakai sejumlah negara rumpun Indo-Jerman seperti Mother (Inggris), Mutter (Jerman) dan Madre (Spanyol). Dari situlah, peneliti mencari akar dari penggunaan kata itu. Hingga akhirnya menemukan asal-usul kata tersebut berasal dari Anatolia, Turki.

Redaktur: Ajeng Ritzki Pitakasari
Reporter: Agung Sasongko


Sumber

72 komentar:

  1. Aku sudah mengkonfirmasi ke harian republika dan mereka menyatakn tidak pernah membuat tred seperti itu baik di versi cetak maupun online.

    Jadi tread ini murni sampah tai arab!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. halaaa...
      loe yang sampah tai isrel....
      dasar bego. coba loe klik tulisan SUMBER dibawah artikelnya, itu adalah link kalau ROL ( Republika On Line ) pernah mempublikasikan tred seperti diatas.
      jangan menetupi kebenaran...

      Hapus
  2. kalau mau menulis bohong ... mbok ya jangan keterlaluan ... aaah ....

    BalasHapus
  3. Sebetulnya tulisan di atas bukan tahi belaka karena memang semua bahasa dari rumpun Indo-Eropa berasal dari kawasan di sekitar Turki/Irak. Namun kenapa justru bahasa Inggris yang dihebohkan, entahlah. Karena rumpun Indo-Eropa selain bahasa-bahasa Eropa juga termasuk bahasa Pashto (Afganistan), Farsi (Iran), dan Urdu (Pakistan). Memang benar bahwa nenek moyang bahasa Inggris (tetapi bukan BAHASA INGGRIS!!) berasal dari kawasan yang kini dihuni oleh mayoritas Islam. Namun pada waktu itu nabi Muhammad belum lagi lahir karena bahasa proto Indo-Eropa diperkirakan digunakan sekitar 6000 tahun yang lalu. Jadi berita di atas bukan tahi belaka tetapi orang yang menulisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ucapanmu menjadi doa untuk kamu juga... ameen

      Hapus
  4. tidak terbalik kan?

    BalasHapus
  5. Hahahahaha...islam gila.tukang tipu..taqqiyah mission complete....wahahahahahaha...muhammed stress...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaa sadar yaa agama lo yg gila. tukang tipu. gue dl seorang kristen tp setelah gue pny temen yg agamanya muslim dan orangnya sangat ramah, gue jd pingin belajar islam, setelah gue pelajarin ternyata islam itu memang benar dan tak prn mengajarkan kesalahan. gue bukti

      Hapus
    2. surat Al-baqarah surat ke 2 ayat:286
      nomor 15 : Allah akan (membalas) olok-olokan mereka dan membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan .

      Hapus
    3. biarlah orang berkata apa. suatu saat nanti akan terbukti mna yang bener dan mana yang salah.أشهد أن لا إله إلا الله محمد رسول الله

      Hapus
    4. Yoh 13:13: "Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan."

      Hapus
    5. apaan sih itu kok ayat muter2 (^&%&^*)(*#&$$*(_ @+@

      Hapus
  6. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEBENARAN??? asumsi... kira-kira.. mudah-mudahan ??? KEBENARAN itu MUTLAK !!!! Lu sudah kaji semua penelitian di blog ini BENAR?? asumsi dan hayalan tingkat tinggi aja lu bilang KEBENARAN...?

      Hapus
    2. Lo gak perlu tahu gue dimana, kapan, atau siapa.

      gue bisa jadi dimanapun, kapanpun, atau siapapun.

      Gue adalah mimpi burukmu,

      dan gue akan membuatmu TARIK KEMBALI PERKATAANMU!

      Hapus
  7. kayaknya ini adalah blog sumber inspirasi film innocence of muslims , film yg bagus btw.

    BalasHapus
  8. ane juga udah baca di republika ini dia linknya

    http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/12/08/24/m99g9n-aha-bahasa-inggris-berasal-dari-turki



    ketahuan bener komentar yang pertama itu bohong

    BalasHapus
  9. Sirik euy gak bisa lepas 3 in 1 tuhan buatan paulus ....
    Makanye pake otak dan iman ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru pake otak dan iman..
      Tuhan mau menyatakan diriNya melalui 3 pribadi, mau 4.. mau 5... Lu mau apa??? Lu mau atur Tuhan??

      Dengan pribadi yg berbeda Tuhan bisa dekat dgn manusia berdosa dan berikan jalan KESELAMATAN dan PENGAMPUNAN, dan kesempatan MEMPERBAIKI DIRI sehingga lu bisa HIDUP.. lu tau kalo lu lihat pribadi Tuhan dalam kemuliaan-Nya.. lu PASTI MATI!!! karena ga seorangpun manusia berdsosa yg layak bertemu TUHAN.. TUHAN sangat MEMBENCI DOSA yg sudah dibawa sejak kejatuhan manusia pertama kali !! itu kalo lu mau pake otak dan iman !!

      Hapus
    2. gue mau tanya sm lu, knp tuhan diciptakan bukannya tuhan itu hadir sendiri, tuhan itu abadi, gaa bisa mati, dan para malaikat sebelum tuhan, siapa yg nyiptain hah ? pakek otak jg woy, tuhan kok kayak manusia . itu bukan tuhan laa dasar begok !

      Hapus
    3. Hanya tuhan bego yg mau diatur2 oleh ciptaannya harus seperti ini dan itu,tuhan ga boleh sama seperti ciptaan nya. Siapa dia?

      Awloh SoWhaT gitculoh

      Hapus
    4. @pemulung kata.. tiga tokoh sentral di quran muhammad-jibril-allah istilahnya apa slim.. trio macan, tiga iblis atau trio inspirator teroris.
      3 in 1 juga karena yg ngomong cuma nabi cabul saw. Kalaupun ada wahyu allah lewat jibril itu pun keluar dari congor busuk muhammad. Cuma satu orang muhammad yg ngomong.... allah dan jibril cuma dua tokoh fiksi muhammad. Allah swt (muhammad) yg miskin sehingga mengklaim Harta Rampasan (rampokan) milik allah dan rasulnya kata Raja Rampok saw. Karna allah swt cuma tokoh imajinasi muhammad maka jadilah harta rampasan itu milik muhammad seorang. Nabi dan Allah yg menyedihkan slim.....

      Hapus
  10. jangan -jangan tai kambing,babi,ajing semua berasal dari islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan tuhan yg nyiptain itu semua, naah lu siapa yg nyiptain tuhan lu yg kayak patung, patung gaa bisa idup mamen, dr yesus, dia jg manusia siapa coba yg nyiptain dia ? atau sapi ? hahahah lo tuh yg kayyak tai babi

      Hapus
    2. kenapa agama di bumbui dengan kata kata kotor sih, apa pada nggak malu.... sadar diri dong..!! kaya lu pada bener aja... yang islam..: apa lu bener2 tahu apa itu islam..!, yang kristen : lu pada ngamalin nggak sih ajaran yesus.., malu tahu sama agama yang lain.., mereka tanpa coment karena mereka tahu itu hanya sia-sia... kalo lu semua emang fanatik agama... tunjukin klo lu bener bener orang yang beragama... jangan asal ngaku ngaku.

      Hapus
    3. yg diatas gw sok suci..di artikel2 kristen yg khusus buat kristen tanpa ada unsur offense ke agama2 lain aja loe pada masuk trus sebarin dalil2 tolol bin bego loe smua!nah giliran artikel hoax ginian loe sok2 suci.

      Hapus
  11. aku dengar akhir2 ini kata nya agnes monica msuk islam..kalau berita ini benar subhanallah.kebenaran sllu menyertai org2 yg benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. AHAHAHAHAHAHHAHA anjeeeeerrrrrr....... lagi sakit apa kao bro?? XDD

      Hapus
    2. gaa ada yg ga mungkin . lo yg sakit !

      Hapus
    3. Gue denger2 Naruto sama sazuke jg masuk islam.

      Hapus
    4. memang benar, sekarang dia berganti nama menjadi "Aghnassy Mauniqah"

      Hapus
    5. yang gak boleh dan pasti gak mau masuk islam cuma BABI !! wkwkwkwkwkkkk haram tau..!

      Hapus
  12. Balasan
    1. mimin tolong dingkapi artikelnya dengan :

      ahmad bejo emang islam
      sunan kalijaga nyebarin islam
      tifatul sembiring emang islam
      kambing hewan qurban islam
      babi bukan makanan islam
      isa a.s islam
      ada lima rukun islam
      sholat wajib dlm islam
      sunat wajib bagi islam
      mualaf is kafir jadi islam
      islam islam islam islam horee islam islam islam
      makasih mimin
      makasih mimin
      makasih mimin

      Hapus
  13. yesus lagi kesusahan eh malah di tontonin,,yok rame rame bantuin obatin lukanya yok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ko lo gaje banget si comment nya? yg berkelas dikit ngapa -.-

      Hapus
    2. kasihan ya yesus d gantung gitu! udahlah berdarah-darah,cuma pakai kain kolor aja buat tutupin kontolnya,digantungnya gak pakai tali lagi. Ayok lah...,kita bantuin tuh s yesus rame rame yok....! kasihan tuh anak s bunda maria.

      Hapus
  14. kenapa disini org2 kafir pada kebakaran jenggot ya? 95% yg komentar adl org2 kafir yg kebakaran jenggotnya..dan bahasa org2 kafir trnyata kasar2 ya....

    BalasHapus
  15. Mimin tolong di lengkapi artikelnya dengan:

    Barrack Obama masuk islam
    Bill Gates masuk islam
    Kuil Saolin di dirikan oleh orang islam
    Raja Daud beragama islam
    Adam beragama islam
    Hawa beragama islam
    Kain n Habel beragama Islam
    etc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. paus benediktus beragama islam
      vatikan merupakan pusat kebudayaan islam

      Hapus
    2. Bunda Teresa beragama Islam, karena pake jibab

      Hapus
  16. Siapa lagi yang mau masuk surga ciptaan Muhamamd SAW yang ada 72 pelacur (bidadari) jelmaan allah swt yang siap berzina dengan siapaun yang pernah membunuh umat Allah dengan slogan iblis, allahu akbar dan pesta arak (khamar), setelah mabuk, acara ditingkatkan menjadi sex party dengan allah swt yang telah menjelma menjadi 72 pelacur (bidadari).

    Tidak ada satu ayatpun dikitab para nabi Israel (Yahudi) yang menyatakan, kalau surga ciptaan Allah mereka, memiliki 72 pelacur (bidadari) dan arak (khamar) mengalir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iblis cuma dikasih kesempatan, nah kita manusia itu harus banyak-banyak berdoa buat ngehindarin godaan setan, dasar lo yg gaa pny akal. biadab

      Hapus
  17. katanya berasal dari turki 8000 - 9000 SM

    cuma islam lahir abad 600'an M
    nah ko bisa klaim turki negara islam

    jelas pemerintahan turki waktu itu bukan negara bisa saja kerajaan/kekaisaran

    jelas agamanya bisa saja masih menganut panganisme/dinanisme

    hebat blogger ini g paham apa yg ditulis sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma tuhan yg tau . lo profesor bukan !! .
      by : fb: Ananta Mega Meilika
      twitter : @AMeilika

      Hapus
  18. wah..gue mau tabokin dosen gue yg ngajarin gue sastra inggris...beda bener yaaa...
    ternyata blog ini lebih pinter soal asal muasalh bahasa inggris....hahahaha

    #WhatAPity

    BalasHapus
  19. Terlepas hoax atau bukan, tulisan diatas memang ada sumbernya:

    http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/12/08/24/m99g9n-aha-bahasa-inggris-berasal-dari-turki

    http://aceh.tribunnews.com/2012/08/29/ternyata-bahasa-inggris-berasal-dari-turki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim3 Desember 2012 10.08
      Terlepas hoax atau bukan, tulisan diatas memang ada sumbernya:

      http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/12/08/24/m99g9n-aha-bahasa-inggris-berasal-dari-turki

      http://aceh.tribunnews.com/2012/08/29/ternyata-bahasa-inggris-berasal-dari-turki

      Turki itu blm berbentuk kesultanan muslim/ malah penduduknya mungkin baru 2 org :P ketika bahasa2 dunia menyebar.... pake otak dong min dan jangan marah kalo ada yang komplain

      Hapus
  20. Jangan marah kalau alhirnya jd bahan olok olok

    BalasHapus
  21. baca al-quran, pasti lo semua yg menghina agama gue pada paham, yg mana yg bener2 agama ?

    BalasHapus
  22. Bagi blogger ini:

    saya sebagai seorang akademisi mohon anda memberikan referensi ilmiah yang akurat, dengan demikian tulisan2 anda dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Tulisan2 anda ini cenderung mempermalukan kita sebagai umat beriman alih-alih menunjukkan kekuatan Islam.

    saya mohon referensi sahih-nya, karena memang saya belajar di FMIPA Unibraw Malang, jurusan Fisika tahun 2010.

    Ma'ruf Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khan tinggal baca postingan diatas, nih :

      http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/12/08/24/m99g9n-aha-bahasa-inggris-berasal-dari-turki

      http://aceh.tribunnews.com/2012/08/29/ternyata-bahasa-inggris-berasal-dari-turki

      Hapus
    2. kapan bhs dunia menyebar dr Turki? apakah setelah islam tersebar dr Turki....??... paket riset yang nyata dong jngan cuma sepihak...

      http://aceh.tribunnews.com/2012/08/29/ternyata-bahasa-inggris-berasal-dari-turki

      bukan membuktikan bhwa bhs inggeris berasal dari Turki..karena waktu penyebaran bhs orang turki masih nyembah2 patung

      Hapus
  23. sori guys..yg non muslim gk prl masuk blog inilah apalagi klo smp mengolok2..gw org islam, gk pernah tertarik utk masuk k dlm blog yg berhubungan dgn ajaran agama non muslim meski cm skalipun, apalagi dgn niatan cm utk menghina pada akhirnya..jd buat yg non muslim ya jgn pernah masuk k dlm blog2 muslim lg..klo kalian yg non muslim ingin mengetahui ttg agama islam ya silahkan saja, tp klo hny skedar ingin tau lalu menghina ya sbaiknya jgnlah..zaman perang salib dah lewat, dan klo lo mw nyebarin agama lo ya caranya salah klo dgn cara menghina..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, kalo dakwah yang bener napa, ini uda bikin artikel ngawur , cocoklogy, makas'n fakta,
      contoh :
      - umat hindu wajib masuk muslim
      - dewa siwa muslim
      - borobudur yang nemu msulim ( knapa muslim bikin pantung ? katanya haram ? )
      - kristem sejatinya muslim
      - Dkk

      kyk gini lo nyebarin islam, gmn ga agama non musli ga tersinggung gan ? mikir pake otak bukan pake kontol

      Hapus
    2. pantes kalian muslim di cap penipu , penyebar berita HOAX , ternyata ajarannya seperti ini

      Hapus
  24. KRISTEN ASSHOLE18 Februari 2013 20.57

    JESUS= JAHE SUSU

    BalasHapus
    Balasan
    1. ISLAM ASSHOLE! Fuck you moeslim!
      You're shit. Muhammad SAW (Sex After War) is bullshit!

      Hapus
  25. alhamdulilah, barokah.. ane suka sama penulis blog ini. bisa bikin ngakak... hahahaha... lumayan nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  26. Anatolia (sekarang Turki) dulunya masuk dalam budaya Yunani yang menyembah dewa-dewi (politeis). Kota Troya itu juga berada di sana. Jadi, tolong, pelajari sejarah dulu sebelum menulis "cerita fiksi" ini. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo beritanya sih gue percaya, tapi yang gue maksud "cerita fiksi" itu ya judulnya ini: "Ternyata bahasa Inggris berasal dari negara Islam"

      Hapus
  27. Subhanallah, terlepas dari kebenaran beritanya, tp yg tersirat di dlmnya adlh hal yg benar

    BalasHapus
  28. what a bul*****....u believe dis craps!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your mission is to destroy Kaaba and Al-Haram Mosque.

      If you win you can fuck anyone you want.

      Hapus
  29. 9000 tahun yang lalu emang islam udah ada???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu Islam belum ada, maksud tulisan diatas adalah bahasa-bahasa Indo Eropa (tidak hanya bahasa yang digunakan di Eropa saja tapi termasuk juga bahasa-bahasa di bekas wilayah kekuasaan Persia di Asia a.l. bahasa Farsi, Pastun, Urdu, Dari, Hindi, Turki dll) berasal dari rumpun yang sama dari satu tempat yang sekarang ini menjadi wilayah Turki moderen yang penduduknya memang mayoritas Islam.

      Hapus
  30. bhs. maho brasal dari bhsa arab ......

    BalasHapus
  31. Bahasa iblis juga berasal dari bahasa arab.....

    Contohnya Mantra banyak di tulis dlm bhs Arab

    Di tv banyak acara yg menayangkan ustad berdialog dgn orang kesurupan menggunakan bahasa arab...... makanya iblis mualaf disebut JIN MUSLIM

    BalasHapus
  32. yang komen juga goblok islam ada sekitar 600 - 700 M nah disitu terus tertulis 8000 - 9000 di berita dipublish tahun 2012 udah berapa tahun tuh hahahahaha ... nah terus apa pada saat itu orang muslim sudah di turki??? yang cerdas lah jadi orang yang islam tololnya minta ampun, yang kafir juga terlalu emosi

    BalasHapus