Ternyata aliran musik blues adalah hasil ciptaan orang Islam


Blues dikenal sebagai sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Musik yang mulai berkembang pesat pada abad ke-19 M itu muncul dari musik-musik spiritual dan pujian yang biasa dilantunkan komunitas kulit hitam asal Afrika di AS. Musik yang menerapkan blue note dan pola call and response itu diyakini publik AS dipopulerkan oleh 'Bapak Blues'--WC Handy (1873-1958).

Percayakah Anda bahwa musik Blues berakar dari tradisi kaum Muslim? Awalnya, publik di negeri Paman Sam pun tak meyakininya. Namun, seorang penulis dan ilmuwan serta peneliti pada Schomburg Center for Research in Black Culture di New York, Sylviane Diouf, berhasil meyakinkan publik bahwa Blues memiliki relasi dengan tradisi masyarakat Muslim di Afrika Barat.

Untuk membuktikan keterkaitan antara musik Blues Amerika dengan tradisi kaum Muslim, Diouf memutar dua rekaman. Yang pertama diperdengarkannya kepada publik yang hadir di sebuah ruangan Universitas Harvard itu adalah lantunan adzan--panggilan bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah shalat. Setelah itu, Diouf memutar Levee Camp Holler.

Rekaman kedua itu adalah lagu Blues lawas yang pertama kali muncul di Delta Mississippi sekitar 100 tahun yang lalu. Levee Camp Holler bukanlah lagu blues yang terbilang biasa. Lagu itu diciptakan oleh komunitas kulit hitam Muslim asal Afrika Barat yang bekerja di Amerika pasca-Perang Sipil.

Lirik lagu Levee Camp Holler yang diperdengarkan Diouf itu terdengar seperti panggilan suara adzan--berisi tentang keagungan Tuhan. Seperti halnya lantunan adzan, lagu Levee Camp Holler itu menekankan kata-kata yang terdengar bergetar. Menurut Diouf, langgam yang sengau antara lagu Blues Levee Cam Holler yang mirip adzan juga merupakan bukti adanya pertautan antara keduanya.

Publik yang hadir di ruangan itu pun takjub dengan kebenaran bukti yang diungkapkan Diouf. "Tepuk tangan pun bergemuruh, sebab hubungan antara musik Blues Amerika dengan tradisi Muslim jelas-jelas terbukti," papar Diouf. "Mereka berkata, 'Wow, benar-benar terdengar sama. Blues ternyata benar berakar dari sana (tradisi Islam)'."

Jonathan Curiel dalam tulisannya bertajuk, Muslim Roots, US Blues, mengungkapkan bahwa publik Amerika perlu berterima kasih kepada umat Islam dari Afrika Barat yang tinggal di Amerika. Sekitar tahun 1600 hingga pertengahan 1800 M, banyak penduduk kulit hitam dari Afrika Barat yang dibawa paksa ke Amerika dan dijadikan budak.

Menurut para sejarawan, sekitar 30 persen budak dari Afrika Barat yang dipekerjakan secara paksa di Amerika itu adalah Muslim. "Meski oleh tuannya dipaksa untuk menganut Kristen, namun banyak budak dari Afrika itu tetap menjalankan agama Islam serta kebudayaan asalnya," cetus Curiel.

Mereka tetap melantunkan ayat-ayat Alquran setiap hari. Namun, sejarah juga mencatat bahwa para pelaut Muslim dari Afrika Barat adalah yang pertama kali menemukan benua Amerika sebelum Columbus. "Tak perlu diragukan lagi, secara historis kaum Muslimin telah memberi pengaruh dalam evolusi masyarakat Amerika beberapa abad sebelum Christopher Columbus menemukannya," tutur Fareed H Numan dalam American Muslim History A Chronological Observation.

Sejarawan Ivan Van Sertima dalam karyanya, They Came Before Columbus, membuktikan adanya kontak antara Muslim Afrika dengan orang Amerika asli. Dalam African Presence in Early America, Van Sertima menemukan fakta bahwa para pedagang Muslim dari Arab juga sangat aktif berniaga dengan masyarakat yang tinggal di Amerika.

"Columbus juga tahu bahwa Muslim dari pantai barat Afrika telah tinggal lebih dulu di Karibia, Amerika Tengah, Selatan, dan Utara," papar Van Sertima. Umat Islam yang awalnya berdagang telah membangun komunitas di wilayah itu dengan menikahi penduduk asli.

Curiel menambahkan, pengaruh lainnya yang diberikan komunitas kulit hitam yang beragama Muslim di Amerika terhadap musik Blues adalah alat-alat musik yang bisa mereka mainkan. Pada era perbudakan di Amerika, orang kulit putih melarang mereka untuk menabuh drum, karena khawatir akan menumbuhkan semangat perlawanan para budak.

Namun, penggunaan alat musik gesek yang biasa dimainkan umat Islam dari Afrika masih diizinkan untuk dimainkan karena dianggap mirip biola. Guru Besar Ethnomusikologi dari Universitas Mainz, Jerman, bernama Prof Gehard Kubik mengatakan alat musik banjo Amerika juga berasal dari Afrika.

Secara khusus, Prof Kubik menulis sebuah buku tentang relasi musik Blues dengan peradaban Islam di Afrika Barat berjudul, Africa and the Blues, yang diterbitkan University Press of Mississippi pada 1999. "Saya yakin banyak penyanyi Blues saat ini yang tak menyadari bahwa pola musik mereka meniru tradisi musik kaum Muslim di Arab," cetusnya.

Secara akademis Prof Kubik telah membuktikannya. "Gaya vokal kebanyakan penyanyi Blues menggunakan melisma, intonasi bergelombang. Gaya vokal seperti itu merupakan peninggalam masyarakat di Afrika Barat yang telah melakukan kontak dengan dunia Islam sejak abad ke-7 dan 8 M," paparnya. Melisma menggunakan banyak nada dalam satu suku kata.

Sedangkan, intonasi bergelombang merupakan rentetan yang beralih dari mayor ke skala minor dan kembali lagi. Hal itu sangat umum digunakan saat kaum Muslim melantunkan adzan dan membaca Alquran. Dengan fakta itu, papar Prof Kubik, para peneliti musik seharusnya mengakui bahwa Blues berakar dari tradisi Islam yang berkembang di Afrika Barat.

Meski telah dibuktikan secara akademis, namun masih banyak pula yang tak mengakui adanya pengaruh tradisi masyarakat Muslim Afrika dalam musik Blues. "Non-Muslim sangat sulit untuk meyakini fakta itu, karena mereka tak memiliki pengetahuan yang cukup tentang peradaban Islam dan musik Islami," ungkap Barry Danielian, seorang pemain terompet yang tampil bersama Paul Simon, Natalie Cole, dan Tower of Power.

Suara lantunan adzan dan ayat-ayat Alquran yang biasa dilantunkan para Muslim kulit hitam di Amerika mengandung musikalitas. "Dalam jamaah saya, kata Danielian yang tinggal di Jersey City, New Jersey, 'Ketika kami berkumpul dan sang imam datang ada ratusan orang dan kami melantunkan doa, pasti terdengar sangat musikal. Anda akan mendengar musikal itu seperti orang Amerika menyebut Blues." Begitulah tradisi Islam di AS telah melahirkan sebuah aliran musik bernama Blues.

Musik dalam Peradaban Islam
Bagaimanakah Islam memandang musik? Ada dua pandangan di dalam Islam terhadap musik. Ada ulama yang membolehkan dan ada pula yang melarangnya. Perbedaan ini muncul lantaran Alquran tak membolehkan dan melarangnya.

Ulama terkemuka Dr Yusuf Al-Qardawi dalam bukunya, Al-Halaal wal Haraam fil Islam, memperbolehkan musik dengan sejumlah syarat. Sebenarnya, sejumlah ritual keagamaan yang dijalankan umat Islam mengandung musikalitas. Salah satu contohnya adalah alunan adzan. Selain itu, ilmu membaca Alquran atau ilm al-qiraah juga mengandung musik.

Meski begitu, Al-Albani melarang umat Islam untuk bermusik. Ia mendasarkannya pada salah satu hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari. "Akan ada dari ummatku kaum yang menghalalkan zina, memakai sutra, minuman keras, dan alat-alat musik."

Secara umum, umat Islam memperbolehkan musik. Bahkan, di era kejayaannya, umat Islam mampu mencapai kemajuan dalam bidang seni musik. Terlebih lagi, musik dan puisi menjadi salah satu tradisi yang berkembang di Semenanjung Arab sebelum kedatangan Islam.

Pencapaian peradaban Islam dalam bidang musik tercatat dalam Kitab Al-Aghani yang ditulis oleh Al-Isfahani (897 M-967 M). Dalam kitab itu, tertulis sederet musisi di zaman kekhalifan, seperti Sa'ib Khathir (wafat 683 M), Tuwais (wafat 710 M), dan Ibnu Mijjah (wafat 714 M). Penyebaran Islam ke seluruh penjuru jazirah Arab, Persia, Turki, hingga India, semuanya memilik tradisi musik.

Seni musik berkembang pesat di era kekuasaan Dinasti Abbasiyah. Para ilmuwan Muslim banyak menerjemahkan risalah musik dari Yunani terutama ketika Khalifah Al-Ma'mun berkuasa. Para Khalifah Abbasiyah pun turut mensponsori para penyair dan musisi. Salah satu musisi yang karyanya diakui dan disegani adalah Ishaq Al-Mausili (767 M-850 M).

Pada awal berkembangnya Islam, musik diyakini sebagai cabang dari matematika dan filsafat. Tak heran, jika matematikus dan filosof Muslim terkemuka, Al-Kindi (800 M-877 M), adalah ahli teori musik yang kesohor. Al-Kindi juga tercatat sebagai ilmuwan yang menjadikan musik untuk pengobatan dan penyembuhan penyakit. Ia menulis tak kurang dari 15 kitab tentang musik, namun yang masih ada tinggal lima. Al-Kindi adalah orang pertama yang menyebut kata 'musiqi'.

Tokoh Muslim lainnya yang juga banyak menyumbangkan pemikirannya bagi musik adalah Al-Farabi (870 M-950 M). Ia tinggal di Istana Saif al-Dawla Al-Hamdan¡ di kota Aleppo. Matematikus dan filosof ini juga sangat menggemari musik serta puisi. Selama tinggal di istana itu, Al-Farabi mengembangkan kemampuan musik serta teori tentang musik.

Al-Farabi juga diyakini sebagai penemu dua alat musik, yakni rabab dan qanun. Ia menulis tak kurang dari lima judul kitab tentang musik. Salah satu buku musiknya yang populer bertajuk, Kitabu al-Musiqa to al-Kabir, atau The Great Book of Music. Berisi teori-teori musik dalam Islam.

Pemikiran Al-Farabi dalam bidang musik masih kuat pengaruhnya hingga abad ke-16 M. Kitab musik yang ditulisnya itu sempat diterjemahkan oleh Ibnu Aqnin (1160 M-1226 M) ke dalam bahasa Ibrani. Selain itu, karyanya itu juga dialihbahasakan ke dalam bahasa latin berjudul De Scientiis dan De Ortu Scientiarum. Salah satu ahli teori musik Muslim lainnya adalah Ibnu Sina.

Sumber

61 komentar:

  1. Alhamdulillah,akhirnya kebenaran islam satu persatu terbukti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikir pake dubur ya ?????
      omonganmu kayak kentut

      Hapus
    2. lu tuh nggak MIKIR?

      Hapus
    3. KAUM KUFUR TUH YANG NULISNYA SELALU KASAR...

      Hapus
    4. Cuma bisa klaim tanpa bukti otentik.
      Gw sebagai musisi merasa geram melihat klaim bodoh spt ini.

      Musik blues era awal identik dgn istilah "twelve bar blues".
      Emang adzan ada tempo dan barnya?
      Adzan mah seenak udel nyebutinnya tanpa harus pake tempo,bar, dan irama yg pasti.

      Blues jg awalnya menggunakan 3 chord
      Yaitu :
      1 Ionian
      4 Lydian
      5 Myxolydian

      Emang adzan ada chord nya?
      Dasar islam tukang klaim.
      Agama yg ga PEDE krn tdk memiliki budaya dan penemuan sendiri. GOBLOK

      Hapus
    5. Sekedar tambahan buat yg comment diatas. Blues jg didasari dengan pentatonik scale dan pentatonik terbagi dua yaitu:
      -pentatonic major
      -pentatonic minor

      Serta nada ke tiga dari ROOT nya sering digantung karena disitulah letak rintihan kenikmatan BLUES.
      Kalo azan mah gantung semua gan nadanya kayak ayam kecekek mampus.
      Ahahahahahahaha....

      Hapus
    6. Wah penemu music blues kafir or murtad dong sama kaya semua musisi yg beragama musli, bukannya music itu haram yah sesuai tulisan lain di blog ini?

      Hapus
    7. kebanyakan teori loe
      bru punya pengetahuan musik kya gto jg loe dh berani menghardik orang kya gto bru tw musik blues j loe dh belagu pake mendikte orang dasara kafir

      Hapus
  2. PENULIS TOLOL! BERANI DEBAT AMA GUE??

    BalasHapus
    Balasan
    1. front pembenci kafir10 September 2012 23.16

      udalah dia pake bukti scientific, lu paling baca baca doang kan

      Hapus
    2. Wakakakakakka...
      Bukti scientific kampung mana bro?
      Blues itu ada scalenya. Azan mah ga ada tempo dan scale tertentu nya.
      Dasar org kampung koe nak.
      Semua musisi muslim jg merasa terhina melihat post blog yg satu ini.
      Mrk bilang "malu2in islam aja!"

      Hapus
    3. saya yakin ini blog banyak yang suka.....tapi banyak juga yang benci........lanjutkan

      Hapus
  3. Santoloyo...blog asal ngeplak..hahahhahahaha..mengklaim hasil karya org,ngaku2 euuy..skalian tuh tulis yg pertama x mendarat ke bulan itu org islam..hahaahaha

    BalasHapus
  4. Errr apa kamu tau semangat musik blues itu apa?

    hahahahahaa

    asli gw ngakak

    cari tau dulu ya blues itu semangat yang jadi dasarnya apa.

    gw kasih contoh deh

    Jazz itu semangatnya : liberal

    BalasHapus
    Balasan
    1. adzan ....ALLOHU AKBAR....ALLOH MAHA BESAR....Selain Alloh kecil jadi nggak perlu "meminta " kepada selain aLLOH. "bEBASKAN" dirimu dari mempertuhankan selain Alloh agar engkau "menang" (Hayya 'alal falah). Pembebasan diri dari selain Alloh dengaan method yang diajarkan The greatest Messenger. Muhammad S.A.W

      Hapus
  5. subhanalah! ISLAM TERBUKTI BENAR!!

    BalasHapus
  6. ISLAM WILL DOMINATE!!!

    BalasHapus
  7. @atas gw
    ckckcckk....sekolah g sih lo dulu kasihan gw ma lo2 pada maka nya jangan kebanyakan jedotin kepala doang ke ubin TOLOL

    BalasHapus
  8. orang kafir..... yg selalu menutup2i kebenaran islam.!!!!!!!!!!!! islam yg paling benar......

    BalasHapus
    Balasan
    1. islam emng benar tpi orang ini yang rada rada sarap ! whahaha penulis cacat

      Hapus
  9. Aku sangat benci dengan orang-orang yang menyebut dirinya eslam tukang klaim itu.
    dan karenanya maka kubuat otak mereka seperti tai onta. Goblok permanent sampai ke gen-gen dan kromosomnya.

    BalasHapus
  10. Blog Pembohongan Publik, beginikah perilaku umat muslim, segala cara dilakukan untuk membela agama, kebohongan yang nyata dipertontonkan seperti ini, lebih baik menyatakan satu kebenaran dari pada ribuan kebohongan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "ribuan" kebohongan dikumpulkan disini agar orang bisa tahu yang benar...

      Hapus
  11. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK SUCI AKAN KEBAKARAN JENGGOT DALAM USAHANYA MEMBAKAR BENDERA NEGARA KAFIR, KEMUDIAN ORANG YANG MELIHAT TINDAKAN ORANG SUCI TERSEBUT AKAN MENYANGKA INI ADALAH MATI SYAHID DAN KEMUDIAN MELAKUKANNYA JUGA. BUKTI FAKTA NYATA SAYA BERTEMAN SAMA ORANG SUCI TERSEBUT DAN LANGSUNG MEMBAKAR DIRINYA DEPAN SAYA UNTUK MENUNJUKKAN BETAPA SUCINYA MATI SYAHID.

      Hapus
  12. tahukah anda?
    Aliran musik Rock ditemukan oleh orang islam
    nama aslinya Rock => Al-Ruqiyah

    orang-orang yahudi berusaha menutupi kenyataan ini dengan merubah nama Al-Ruqiyah menjadi Rock

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahahahaa ngakak gue istilah rock ternyata RUQIYAH !! bapak loo gak pernah sekolah itu setaan !!

      makanya jangan kumpul kitab teruss !!baca perkembangan jaman, gausah sok mengklaim !!

      HAIL HITLER !!

      Hapus
  13. tahukah anda?
    Aliran musik Jazz ditemukan oleh orang islam
    nama aslinya Jazz => Jaziirah

    orang-orang yahudi berusaha menutupi kenyataan ini dengan merubah nama Jaziirah menjadi Jazz

    BalasHapus
  14. kalian kan punya juru selamat. maka mati sajalah kalian sekarang juga. bunuh diri boleh. kalo tidak mampu kita semua bisa bantu

    BalasHapus
  15. TAU APA LU TENTANG BLUES? MAEN GITAR AJA BLETAK-BLETUK...
    SIAPA Sylviane Diouf, EMANG PROFESOR DIA DOANG?? BELAJAR MUSIK LAH BIAR GAK TOLOL KAYAK GITU.. KURSUSAN BANYAK..
    TOLOOLLLLLLLL... MALU-MALUIN ISLAM..

    BalasHapus
  16. ORANG YANG PANDAI BERMAIN GITAR TDK LAH SOMBONG SPT ITU. .:-D
    Keliatan tolol nya yg gomblok2in orang. . .
    Tuhan q . .ALLOH MAHA INDAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang yg mengerti gitar akan menganggap elo begok, sama seperti yg nulis blog ni.
      Blues itu ada tempo dan scale nya masbro. Emang azan ada scalenya?

      Uuppsss...maaf kalo gw lupa elo tuh ga bakal ngerti arti scale dlm musik mas. Gw lupa lu org kampung yg sekolah di comberan.
      Xixixixixix....

      Hapus
    2. PENULIS INI GOBLOK !! yeyeyeye

      gua juga ISLAm tapi gak segoblok elu
      sueerrr daah

      kalo lo bisa nyebut MAHA INDAH gue harus nyebut MAHA KEREN !!

      dyhhh malu maluin sebangsa loo, gilaak orang goblok macam apa sih andaa ???

      Hapus
    3. sekalian suruh penulisnya kemana mana naik onta,jaman nabi blm ada angkot..jangan juga bkin blog ..jaman nabi juga blm ada internet..malu2 in islam ajah..

      Hapus
  17. asal nulis aja ini siy..hahahahaaa...kebanyakan jedotin muka ke ubin sama nungging tuh makanya asal bekoar.goblok tenan

    BalasHapus
  18. musik blues berasal dari Islam ????

    BOHONG BESAR !!!

    Tangga nada blues adalah tangga nada Aeolian yang ditambahkan nada setengah antara not ke 4 dan not ke 5.

    Emang Aeolian berasal dari Islam???

    kalau ada yang klaim begitu, koq adzan dan lagu2x islami tidak menggunakan mode aeolian ??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abu Al-Musqlaim27 Februari 2013 18.52

      aeolian juga salah satu penemuan muslim, yang awalnya diberi nama "Al-aulian"

      Hapus
    2. Sory gan ralat,
      Blues bukan Aeolian gan, tapi pentatonik gan.
      Pentatonik terbagi 2 yaitu :
      - pentatonic major
      - pentatonik minor

      Pentatonik A minor :
      A - C - D - E - G

      Akan lebih nikmat bila nada D nya digantung setengah dgn cara bending note tsb.

      Hapus
  19. yang sesuai dengan otak islam bukan musik blue..tapi film blue...

    BalasHapus
  20. YESUS GAYANYA DOANK KAYAK ANAK METAL< RAMBUT GONDRONG,..TERNYATA NGAK MAEN MUSIK..YANG MAIN MUSIK N GAYANYA ROCK N ROLLAN SI PAULUS suka mabok ma maen perempuan>>makanya Umatnya sekarang klo sembahyangan ROCK N ROLLan JUGa..segala intro dan bagian Riff dan bait musik Rock Pop,Country bahkan lagu perjuangan bangsa ini di bajak buat Sembahyang...Haiiiii ayooo Sadarrr,...BERAGAMALAH Secara ILMIAHHH..sodara sodarakuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^ Ini sendiri gak ilmiah, bilang Yesus rambut panjang. Yang saya tahu Yesus itu rambutnya harusnya pendek. Itu hanya 'lukisan' Leornado Da Vinci(nggak, dia bukan islam) yang melukis KRISTUS dari model orang yang paling bijaksana pada zaman itu. Terus Paulus itu botak, dan tidak pernah mabok apalagi maen perempuan, malah dia yang menyuruh Perempuan menutup aurat. rocknroll itu sebenarnya banyak Kristen yang melarang juga..Bung...cari Ilmu dulu bung... Mau buat Islam ada 100 fakta science mah, ga menjamin kebenaran.

      Hapus
    2. dasar islam kelas google loe

      Hapus
  21. tunggu kafir bentar lagi perang lu ma gw,, anjing,,, w bantai kafir lah !! ga peduli maslah musik,, tai,, berani hina sodara muslim ,, w bantai,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa jaa bang.....jangan terlalu fanatik jadi org,org memaparkan apa yg mereka kemukakan jadi hargai lah org lain....islam mengajarkan jgn lah saling menghina dan mencemooh org lain walaupun bukan muslim.

      Hapus
    2. Hahaha......keliatan sekali sifat islaminya.
      Gue ga heran itulah islam.......

      Hapus
    3. gua bantu bro tenang j kafir harus dibantai
      tuman lah pusing kanu otak na ge

      Hapus
    4. jangan ngaku islam klo omongan loe kyak penjahat.islam ga ada yg jahat,islam ngajarin kebaikan,berserah diri,dasar islam cetek loe.sekalian ajah loe naik onta ke mana mana.jng naik angkot..jaman nabi blm ada angkot .

      Hapus
  22. sebagai orang yg berpendidikan ada baikny kita mengkaji kevalidan dari artikel ini dengan data dan fakta yg ada. jadikan artikel ini sebagai masukan namun jangan menjadikan artikel ini sebagai sumber perpecahan dan media untuk menghina agama atau kepercayaan apapun itu. selain itu, kita juga harus cerdas menghadapi propaganda media dalam memprovokasi kita. Islam itu Rahmatan lil alamin... Janganlah menjadikan agama sbg sumber perpecahan krn tujuan seluruh agama di bumi ini adalah memberikan kedamaian bagi pengikut2nya..

    BalasHapus
  23. yang komen kayak anak kecil semua nih.suka ribut.
    ngakunya orang beragama,tapi suka menjelek2kan agama lain
    emang agama kalian mengajarkan seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ahmad Djibril

      Kalo Agamanya penulis blog ini apa yah kira-kira? Keren juga nih Agama boleh mensahkan umatnya bohon dan jadi penipu ...

      Hapus
  24. Abu Al-Musqlaim27 Februari 2013 18.55

    Jangan lupa, bahwa aliran musik house juga ditemukan oleh orang islam, yang terinspirasi dari sebuah ayat yang berbunyi "Wa'alaa zedhug zedhug ila dzugemu wa'azeb azeb"

    BalasHapus
  25. hahaha, double standart bgt nih adminnya,di artikel lain nulisnya musik haram, sekarang bangga2in kalo blues musiknya orang islam...

    BalasHapus
  26. Eh ini serius pada percaya? Bikin istilah baru yuk, islamsentrisme. Lebih kuat dan berbahaya dari etnosentrisme.

    BalasHapus
  27. yang komen onta : tak jauh dari kata2 bantai, bunuh, bakar, klaim dsb penuh emosi
    yang komen " kafir " : lucu, segar, tajam , tepat sasaran

    BalasHapus
  28. hmm., pada kursus di mana sie ngomongnya pada lamis ya...

    BalasHapus
  29. Sengaja Pake Anonymous

    Isi blog ini ada yang benar ada yang juga mengklaim jadi jangan emosi dulu mikir yang bener dulu, Walaupun saya sebenarnya juga emosi Ini blog rada rada aneh... saya rada aneh pas Lionel Messi itu ama Bill Gates... Isinya Hoax ane udah cek ke Sites aslinya...

    Jadi jangan di ambil semua Isi di blog ini ada yang Postinganya Benar ada Juga yang cuma rumor belaka...


    Salam Santai... Saya juga muslim rada rada aneh baca berita nya... *wajar baru nemu nih BLOG buat ane salam buat blogger klo cari berita jangan HOAX salam santai

    BalasHapus
  30. jangan cuma bisa bilang artikel diatas itu bohong, cari tau dulu kebenarannya. kalian punya otak kan ?
    yang hanya bisa bilang artikel diatas itu bohong tanpa mencari kebenarannya berarti kalian takut kalau memang artikel diatas itu benar,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hey....kasihan banget kaum slimers,,,,ngarep sesuatu yang bisa dibanggakan islam ya.....hahahaaa....astajim....islam goblok mana ada karya yang berguna bagi dunia....wkwkwkwk....

      Hapus
  31. Kutipannya bagus.

    Thanks infonya,

    Biarkan anjing menggonggong lama2 jg capek sendiri.

    BalasHapus
  32. Hahahaha....kasihan banget nih kaum islam semakin mempermalukan diri, gak bisa apa2 dalam bidang apapun, sekarang seenak udelnya mengatakn kalau blues itu asal islam karena azannya, dulu accapela juga di klaim dari islam, agama melarang musik malah azannya katanya kayak musik ha ha haaa.....agama rancu kayak qur'annya.....

    BalasHapus