Ternyata Sidharta Buddha Gautama adalah seorang muslim


Alhamdulillah, ternyata Sidharta Buddha Gautama adalah seorang muslim, mari kita telaah bukti-buktinya:

1. Menurut Abu’l Kalam Azad (seorang Urdu scholar), Sang Buddha (Buddha Shakyamuni) yang dikenal sebagai guru suci bagi umat Buddha tidak lain adalah Nabi Zulkifli as, yg dalam Al-Quran disebut sebagai Nabi yg mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi, dan sangat baik. Dalam bahasa Arab Zulkifli sendiri berarti “orang yg berasal dari Kifl”. Sedangkan Kifl itu sendiri, masih menurut Kalam Azad, merupakan nama Arab untuk Kapila (singkatan dari Kapilavastu).

2. Buddha Maitreya yang dikenal dalam agama Buddha sebagai “Buddha yang akan datang” menurut beberapa analisa tidak lain adalah Nabi Muhammad saw. Dalam kitab Chakkavatti Sinhnad Suttanta D. III, 76 bisa ditemui: “There will arise in the world a Buddha named Maitreya (the benevolent one) a holy one, a supreme one, an enlightened one, endowed with wisdom in conduct, auspicious, knowing the universe“.

SIAPAKAH NABI ZULKIFLI?
Zulkifli bermaksud sanggup menjalankan amanah raja. Menurut cerita, raja di negeri itu sudah lanjut usia dan ingin mengundurkan diri daripada menjadi pemerintah, tetapi beliau tidak mempunyai anak.

Justeru, raja itu berkata di khalayak ramai:”Wahai rakyatku! Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada waktu malam. Selain itu, sentiasa bersabar ketika menghadapi urusan, maka akan aku serahkan kerajaan ini kepadanya.”

Tiada seorang pun menyahut tawaran raja itu. Sekali lagi raja berkata:”Siapakah antara kamu yang sanggup berpuasa pada waktu siang dan beribadah pada malamnya serta sanggup bersabar?”

Sejurus itu, Basyar dengan suara yang lantang menyatakan kesanggupannya. Dengan keberanian dan kesanggupan Basyar melaksanakan amanah itu beliau diberi gelaran Zulkifli.

Baginda juga adalah nabi yang cukup sabar seperti firman Allah, bermaksud:
“Ismail, Idris dan Zulkifli adalah orang yang sabar dan Kami beri rahmat kepada semua karena mereka orang yang suka bersabar.”

SIAPAKAH SIDDHARTHA GAUTAMA?
Pada akhir abad ketujuh S.M. (tahun 623 S.M.), lahirlah seorang yang bernama Siddhartha Gautama di bandar Kapilavastu/Kapilavathu (Kapil, lidah Arab menyebut Kafil @ Kafli). Siddhartha Gautama merupakan putera kepada Raja Suddhodana dan Permaisuri Maha Maya. Raja Suddhodana dari keturunan suku kaum Sakyas, dari keluarga kesastrian dan memerintah Sakyas berdekatan negeri Nepal. Manakala Permaisuri Maha Maya pula adalah puteri kepada Raja Anjana yang memerintah kaum Koliya di bandar Devadaha.

Sebelum kelahiran Buddha: Permaisuri bermimpi dibawa oleh 4 orang dewa ke sebuah gunung yang tinggi. Kemudian, permaisuri melihat seekor gajah putih yang cantik. Pada belalai gajah itu terdapat sekuntum bunga teratai. Gajah mengelilinginya 3 kali sebelum masuk ke dalam perut permaisuri.

MAKSUD ISTILAH BUDDHA
Dalam agama Buddha, perkataan Buddha bermaksud ‘seorang yang bijaksana’ atau ‘dia yang mendapat petunjuk’. Kadang kala istilah ini digunakan dengan maksud ‘nabi’. Gautama Buddha pernah menceritakan kedatangan seorang Antim Buddha. Perkataan Antim bermaksud ‘yang terakhir’ dan Antim Buddha bermaksud ‘nabi yang terakhir’ (Antim terakhir yang dimaksudkan ialah Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir). Pada saat kematian Gautama Buddha, beliau memberitahu perkara ini kepada pengikut setianya bernama Ananda.

Makna “Nabi” dalam bahasa Arab (berasal dari kata naba yang berarti “dari tempat yang tinggi”; karena itu orang ‘yang di tempat tinggi’ dapat melihat tempat yang jauh). Nabi dalam bahasa Arab sinonim dengan kata Buddha sebagaimana yang difahami oleh para penganut Buddha. Sinonimnya pengertian ini dapat diringkaskan sebagai “Seorang yang diberi petunjuk oleh Tuhan sehingga mendapat kebijaksanaan yang tinggi menggunung”.

RINGKASAN KISAH SIDDARTHA GAUTAMA
Kelahiran Bodhisatta (Bodhisattva, bakal Buddha atau bakal mencapai Pencerahan) pada tanggal 623 S.M. pada bulan purnama Vesak. Selepas sahaja Bodhisatta dilahirkan, Permaisuri Maha Maya mangkat selepas tujuh hari melahirkan anak.

Pada hari kelahiran Bodhisatta telah disadari secara ghaib oleh seorang tua yang sedang bertapa di kaki gunung Himalaya yang digelar Asita Bijaksana (nama asalnya Kala Devala). Asita bergegas ke istana pada keesokannya untuk melihat dan menilik putera Raja Suddhodana.

Asita mendapati terdapat 32 tanda utama dan 80 tanda kecil menunjukkan Bodhisatta bakal menjadi Manusia Agung dan Guru Agung kepada manusia dan dewa-dewa (i.e. Jin dan Malaikat, kelemahan umat Hindu dan Buddha ialah tidak dapat bedakan antara Jin dan Malaikat yang keduanya dipanggil DEWA-DEWA).

Asita menangis karena sedih tidak sempat mendengar ucapan dan pengajaran Buddha di masa akan datang, beliau kemudian berlutut tunduk hormat kepada bayi Bodhisatta.

Kenyataan terakhir Asita ialah Bodhisatta hanya akan menjadi salah satu dari dua yaitu sekiranya ia kekal membesar dalam istana dia akan menjadi Maharaja Agung manakala kalau dia berjaya lari dari istana maka dia akan menjadi Mahaguru Agung.

Upacara menamakan putera raja diadakan pada hari kelima selepas Boddhisatta dilahirkan. Pada akhir majlis itu, 108 orang bijaksana memutuskan nama yang sesuai untuk putera raja iaitu SIDDHARTHA GAUTAMA yang membawa maksud ‘Cita-Cita Terkabul’.

Siddhartha kemudian membesar di istana dan belajar kepada seorang guru istana bernama Sirva Mitra. Beliau menjadi pelajar yang luar biasa pintar dan mahir dengan ilmu ketenteraan. Yang menjadi keheranan kepada orang disekeliling dan gurunya ialah sifat Siddharta yang sensitif terhadap penganiayaan hingga tidak ada seorang pun yang beliau lihat menganiaya binatang kecuali mencegahnya serta merta.

Malah beliau sangat bersedih melihat para petani berkerja keras membajak tanah dibawah terik matahari menyebabkannya lari ketempat lain ke sebuah pohon (Tiin-Bodhi) dan duduk di sana secara bertafakur (samadhi) untuk membuang stress.

PERSAMAAN NABI ZULKIFLI DENGAN SIDDARTHA GAUTAMA
Maka berbalik kepada maudhu’ perbahasan, benarkah Buddha itu disebut dalam Al-Qur’an? Sebenarnya tidak ada kata-kata “Buddha” dalam Al-Qur’an, namun menurut Dr. Alexander Berzin bahawa terdapat catatan para sejarawan dan peneliti yang mengaitkan beberapa ayat Al-Qur’an dengan Sang Buddha, yaitu pada maksud ayat;

“Demi (buah) Tin (fig) dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai, dan demi kota (Mekah) ini yang aman, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka), kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?”(At-Tin 95 : 1)

Beliau menjelaskan bahwa buah Zaitun melambangkan Jerusalem, Isa a.s. (Jesus, Kristian). Bukit Sinai melambangkan Musa a.s. dan Yahudi. Kota Mekah pula menunjukkan Islam dan Muhammad SAW. Manakala pohon Tin (fig) pula melambangkan apa?

Tin (fig) = Pohon Bodhi

Pohon Bodhi adalah tempat Buddha mencapai Pencerahan Sempurna. Al-Qasimi di dalam tafsirnya berpendapat bahawa sumpah Allah SWT dengan buah tin yang dimaksud ialah pohon Bodhi. Prof. Hamidullah juga berpendapat sama dengan al-Qasimi bahawa perumpamaan pohon (buah) tin (fig) di dalam Al-Qur’an ini menunjukkan Buddha itu sendiri, maka dari sinilah mengapa sebahagian ilmuan Islam meyakini bahawa Buddha telah diakui sebagai nabi di dalam agama Islam.

Manakala Hamid Abdul Qadir, seorang sejarawan abad ke-20 mengatakan dalam bukunya Buddha Yang Agung: Riwayat dan Ajarannya (Arab: Budha al-Akbar Hayatuh wa Falsaftuh), menjelaskan bahawa Buddha adalah nabi Dhul-Kifl, yang bererti “ia yang berasal dari Kifl”. Nabi Dhul-Kifl @ Zulkifli disebutkan 2 kali dalam Al-Qur’an:

“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli (Dhul Kifl). Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.” (Al-Anbiya’ 21: 85).

“Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa, dan Dzulkifli (Dhul Kifl). Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.” (Shad 38 : 48).

KESIMPULAN
“Kifl” adalah terjemahan Arab dari Kapilavastu (Kapil), tempat kelahiran Bodhisattva (Buddha). Hal ini juga yang mungkin menyebabkan Mawlana Abul Azad seorang ahli teologi Muslim abad ke-20 turut menekankan bahawa Dhul-Kifl dalam Al-Qur’an boleh jadi adalah Buddha.

Dalam sejarah Islam, Nabi Zulkifli a.s. adalah antara nabi yang mempunyai cerita yang paling sedikit dibicarakan. Hal ini mungkin menjadi faktor kepada sebahagian ulama’ menyamakan watak Dzul-Kifli dalam Al-Qur’an dengan Buddha yang secara kebetulan banyak persamaan sekiranya disuaikan.

Yang menarik perhatian saya ialah mengenai surah at-tin (the fig). Allah berfirman mengenai pokok/buah tin, pokok/buah zaitun, bukit sinai dan kota mekah. Mekah dikaitkan dgn Nabi Muhammad s.a.w., Bukit Sinai dengan Nabi Musa, zaitun dengan Nabi Isa a.s., dan siapa pula dikaitkan dengan buah atau pokok tin?

Dikatakan dalam sejarah bahawa Gautama Buddha duduk bawah pokok tin. Kalau ikut istilah islam, dia dapat wahyu masa duduk bawah pokok tersebut. Ikut tulisan orang Buddhist, dia dapat ilham masa duduk bawah pokok tersebut.

Bila Allah berfirman :“Wattiini wazaitun. watuurisinina wahazal baladil amin.”
Allah menyebut perihal Nabi-Nabi-Nya. Tiin (Nabi Zulkifli-Buddha), Zaitun (Nabi Isa a.s), Siniina- bukit Sinai (Nabi Musa) dan Baladil amin -Tanah yang aman dan selamat (Mekah)- Nabi Muhammad saw. ia ikut urutan, hebatnya Qur’an sebagai kalimat Tuhan susunan sejarah riwayat Nabi-Nya. Mari kita sama-sama fikirkan. HANYA ALLAH YANG MAHA MENGETAHUI.

Sumber

835 komentar:

  1. AH, postingan pelawak akut ini mah...

    Saya sih cukup senyum-senyum aja... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngomong sembarangan pasti lho orangnya jelek ya?

      Hapus
    2. DI AGAMA BUDDHA DIAJARKAN TIDAK BOLEH MEMBUNUH BAHKAN BINATANG PUN.
      apakah nabi muhammad mengajarkan tidak boleh membunuh binatang gan?? contohnya SAPI KAMBING??

      Hapus
    3. terus kenapa makan babi sama anjing haram?ciptaanNYA haram kah?

      Hapus
    4. kenapa haram??, karena didalam perut babi itu terdapat cacing yang tidak dapat mati, merka terselip diantarak daging daging tersebut, mereka tidak akan mati walau dibakar sekalipun...

      Hapus
    5. Makan Babi haram dan masuk neraka, tapi berbuat jahat tidak haram. weleh-weleh.. koplak,,..

      Hapus
    6. Hehehehe...... babi haram, BABU HALALLLLLL ......

      Hapus
    7. hampir semua artikel seperti diatas selalu dikomentari dengan cela mencela dan caci maki, ini menunjukkan betapa tingkat "rohani" kita masih rendah ! bukankah Tuhan alam semesta adalah 1 ?

      Hapus
    8. @Azka Syamila : enjoy aje kali.... Beginilah kenyataan nya. Dunia ini seimbang.

      Hapus
    9. Setuju banget sama anonim...

      Hapus
    10. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

      Hapus
    11. JANGAN NGOMONG SEMBARANGAN BRO... DI PELAJARRI LAGI TAHUNNYA DAN PERADABANNYA. AGAMAMU AGAMAMU, AGAMAKU GAMAKU...

      Hapus
    12. wkwkwkwk... asli ngaco semua. kagak ada yang valid. kalo muhammad itu buddha maitreya mestinya kagak ngajarin buat merayakan hari pembantaian setiap tahunnya

      kenapa haram??, karena didalam perut babi itu terdapat cacing yang tidak dapat mati, merka terselip diantarak daging daging tersebut, mereka tidak akan mati walau dibakar sekalipun...

      wkwkwkk.... kalo haram ngapain diciptain coba? dibunuh aja dari awal. ini yang punya blog IQ nya 2 digit nih.

      BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

      kaya ente udah ngaji sehebat2nya aja. punya agama tapi gak bisa berdamai? salah agamanya ato salah orangnya tuh? hahaha

      Hapus
    13. edaaaaaaaannn budha muncul sebelum masehi islam mncul abad piromki pemikirane edan tingkat dewa

      Hapus
    14. sang pencerah mencerahkan insan,para penghujat saling menghujat. penghujat bukan pencerah,tidak ada satu kata pun yang bisa mencerahkan penghujat yang lain. setan,malaikat bukan berada di surga atau di neraka tapi ada di hati insan. mereka menyesatkan sendiri juga mencerahkan diri sendiri.

      Hapus
    15. islam muncul pas datangnya nabi muhammad tapi ajarannya muncul pas nabi adam di ciptakan... muhammad datang dan menyempurnakan ajaran2 yang dibawakan para pendahulunya sehingga islam adalah ajaran yang sangat sempurna.

      Hapus
    16. @ anonim : wkwkwkk.... kalo haram ngapain diciptain coba? dibunuh aja dari awal. ini yang punya blog IQ nya 2 digit nih.

      klo agama,budha ,atau kristen sesat........
      ngapain di ciptakan, enggak dari dlu aja di musnahkan.......

      mengapa demikian.......
      itulah keseimbangan.......

      Allah mengji manusia, apakah mereka belajar dari orang2 terdahulu, dan mau berpikir menggunakan pikiran mereka, apakah itu benar atau salah, dengan melihat alam sekitar(tanda2 nya)

      Alhamdulillahirobil alamin

      Hapus
    17. dalam kehidupan yang panjang, siapapun pernah jadi apa, dan kita tidak pernah tahu apa yang terjadi sebelumnya dan bagaimana hubungan kita dengan seseorang yang sekarang ada dihadapan dan disamping kita,oleh karenanya yang penting adalah kita harus bijak untuk tidak mengulang-ngulang karma buruk kita,

      sesungguhnya sorga dan neraka adalah apa yang kita pikirkan, dan agama adalah badan dari roh disaat badan kasar ini tiada, buatlah badan setelah kematianmu menjadi indah dengan perbuatan-perbuatan yang indah didunia ini, bukan saling merendahkan apalagi menyakiti orang lain, alam dan keyakinan. karena itu semua adalah miliki mu jua

      Hapus
    18. cuma Senyum2...? kalau cuma senyum2 ngapain coment...?

      Hapus
    19. Pikiran manusia itulah yang menyesatkan , rasa sok tau yang tinggi dan rendahnya toleransi. Mari kita hargai apapun agama itu. Lebih baik kita menilai diri sendiri dulu daripada orang lain^^

      Hapus
  2. Saya juga senyum seyum aja....wik wik wik wik

    ternyata Nabi Muhammad juga bertapa dan samadhi di guha hira mengikuti jejak langkah sang Budha, untuk menmukan Tuhan dan menerima wahyu.

    Ternyata Muhammad al amin(se blm kenabian) bukan sholat dzikir dan berhaji untuk bertemu Tuhan, tapi Beliau Sang Maitreya dalam prediksi Sang Budha Gautama.

    Terbuktilah nabi Muhammad adalah beragama Budha, yang mengajarkan agama Budhi, untuk mengajarkan Budi pekerti keluhuran akhlaq manusia smp akhir zaman, dengan risalah dibawanya.

    Inilah bukti dari yat Alqur'an yang menegaskan bahwa :

    "Alladzina yu'minuuna bimaa unjila ilaika, wamaa unjila minqoblika"

    Artinya :"Merkayaiu orang-orang yang beriman dan percaya terhadap berbagai perkara yang diturunkan kepada Mu( Muhammad), dan berbagai perkara yang diturunkan sebelum Mu(Muhamamd)

    Sebelum nabi Muhammad adalah agama-agama sebelum nya, maka itulah islam adalah agama untuk seluruh umat hingga akhir zaman.

    Saya sih lebih senyum-senyum aja terhadap kebodohan saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. HANYA ALLAH YANG MAHA MENYESATKAN...

      Hapus
    2. Semoga Allah memberikan hidayah kepada orang2 yang mendustakanNya

      Hapus
    3. istilah islam memang di bawa oleh nabi Muhammad SAW tp pd masa sebelum itu disebut sebagai agama tauhid yg berarti meng-esa kan Alloh SWT...

      Budha mengajarkan budi pekerti luhur, dan toleransi... Sebaiknya sebagai orang yang beragama Budha, lebih baik menjelaskan kebenaran dari artikel ini... Bukan malah berkomentar dan menghujat Islam tanpa bukti yang jelas...

      Hapus
    4. iya bener sekaliiii jngan menghujat agama dong apa untungnyaaa hah mari kita saling menghormati

      Hapus
    5. buat; derma@ksara3 Juli 2012 22:16
      sptnya kamu lebih hebat dri dirimu sendiri smpai2 kamu senyum sendiri ! sya malah berpikir bahwa kamu sudah tdk normal lagi,lebih kamu periksa ke psikiater agar penyakit senyum sendirimu tsb bisa hilang.

      Hapus
    6. jangan sukaq hina agama orang napa

      Hapus
    7. penghianat di ikuti

      Hapus
  3. bkakakakakakakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. apaan cuma ketawa????

      Hapus
  4. Justru muhamad anda yg banyak mengambil kata" dr perkatan-perkataan agama lain. Lihat isi al_quran kamu, sebagian besar adalah isi didalam alkitab org kristen. Dan skrg anda mengaku Guru Sakyamuni seorg muslim. MENYESATKAN. Antara Buddha Sakyamuni dengan jaman kristiani ada 2000tahun. Jaman kristiani ke jama lahirnya islam itu ada 600tahun. Ckckck anda membual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama sekarang ajaran cuma bisa nyontek aja

      agama kalian tuh "ajaran nyontek" di anut

      Hapus
  5. Ya...begitulah kalau kebencian melanda hati manusia, sehingga tidak bisa melihat rantai keimanan yang melingkar dan kembali hanya pada Satu Tuhan, satu ajaran untuk semua Manusia. Ajaran2 Tuhan itu senantiasa mengikuti zamannya, dan berkali-kali diturunkan karena Sifat manusia yang cenderung ingkar dan mendustakan, menyimpang dari Ajaran Tuhan yang hanya satu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan saling mencela kelak kita akan tahu siapa yang benar!!!!!

      Hapus
    2. hujan tepat pada waktunya

      Hapus
  6. istilah islam memang di bawa oleh nabi Muhammad SAW tp pd masa sebelum itu disebut sebagai agama tauhid yg berarti meng-esa kan Alloh SWT...

    BalasHapus
  7. hahahaa,, where is your fuckin god dude,,,

    BalasHapus
  8. muhamad tukang copas tak beraturan..yang bantuin nulisinnya juga kurang segaris...saking cepet2nya nge diktein..jengkel ni sekretarisnya...selanjutnya gimana gue ya nab...bhwahahahaha...alhasil ya itulah semuanye...

    BalasHapus
  9. Maha lucu benar alloh swt dg segala pengikutnya, wkwkwkwkw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maka harapkanlah mati jika engkau merasa benar

      Hapus
  10. Sepertinya ini artikel copasan, bagus bro buat nambah rating.....
    Menyama - nyamakan itu memang susah dan selalu berbenturan. Makanya ada konsep bagus "bagimu agamamu dan bagiku agamaku".
    Tidak ada bukti kuat Pangeran Sidharta adalah muslim ( setidaknya yg ane tau ) dan Nabi Muhammad SAW tukang copas ( yg beliau "lakukan" adalah merevisi bukan copas ).

    BalasHapus
  11. semoga yang nulis ini diberkati Tuhan.. Haleluyah...

    BalasHapus
  12. Penulis blog ini sakit jiwa akut. ga usah diladenin.

    BalasHapus
  13. Barang Siapa yang telah menulis Blog ini Saya memberitahukan bahwa dosa2nya sudah tidak bisa diampuni lagi. Fitnah dan menyebarkan berita kebohongan yang menyesatkan adalah dosa yang sangat besar. Ketika nanti Kamu MATI bersiap2lah untuk tubuhmu tidak bisa diterima di Bumi bahkan kecoa dan belatungpun enggan mendekat ke tubuhmu. Ragamu akan terkatung2 di Neraka dan tidak bisa melalui siklus kehidupan yg semestinya. Selama alam masih terbentuk selama itulah arwahmu akan menjalani siksaan yang mengerikan dan tidak ada habisnya.

    BalasHapus
  14. Penulis blog ini adalah pemilik terapi dubur

    BalasHapus
  15. ..Sang Budha Gautama itu bukan penganut Theosentris (mengakui satu Tuhan ) tp penganut Darmasentris (mengakui bhwa yg kekal adalah Darma/ k ebaikan )... sama sekali tdk nyambung dg agama samawi (agama anak2 Abraham :Yahudi, Kristen dan Islam)..plizzzzzzzzzz

    BalasHapus
  16. terlalu serius menanggapi blog ini dapat menyebabkan penurunan IQ. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue suka gaya lo

      Hapus
    2. 3 digit menjadi 2 digit...
      LOL

      Hapus
    3. jadi 1 digit bisa juga tuh...

      Hapus
    4. mantap itu ^^

      Hapus
  17. Agama yang benar adalah agama yang sesuai dengan fitrah dan kodrat manusia, agama yang sejalan dengan logika manusia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama yang dapat bersesuaian dengan waktu, tempat, keadaan dan pastinya mengajarkan dharma yang tertinggi,AHIMSA(anti kekerasan)

      Hapus
  18. wes gag usah diributkan..jalani keyakinan masing2 dan keep respect to another,,go green, bumi kita udh keriput..

    BalasHapus
  19. Di Simon Village di Syria (antara Homs dan Aleppo) masyarakat setempat percaya bahwa Muhhamad adalah Kristen. Mereka menceritakan bahwa Mohhamad waktu masih kecil pernah dalam perjalanan bersama pamannya mapmir di kampung dan mereka memperkenalkan ajaran Yesus. Masyarakat setempat hingga kini yakin 100% bahwa Muhammad adalah orang Kristen.
    Begitulah, mitos berlangsung. Dan siapa mau bilang mereka salah atau benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jelas lah, sebelum datang wahyu Al Quran pegangan yang benar tentu injil (injil asli tapi loh bukan yang ubahan), injil yang menyatakan bahwa Tidak ada Tuhan selain Allah dan Isa a.s adalah utusan (rasul) Allah. Namanya utusan tentu tunduk patuh dengan yang mengutus. Sebelum injil diwahyukan kepada Isa a.s tentunya orang Israel wajib berpegang teguh pada Taurat sebagai pengikut Musa a.s, tetapi setelah turun wahyu berikutnya (injil) mereka harus mengikuti Isa a.s. Seterusnya setelah turun wahyu Al Quran mereka harus mengikuti karena mengingkari salah satu nabi sama dengan mengingkari Allah s.w.t

      Hapus
    2. Forum Test. IQ ( sbrpa rendah IQ anda? )

      Hapus
    3. Judulnya kan membahas "Sidharta Budha Gautama". Kok Samuel S. Lusi lari-lari ke Muhammad?

      Hapus
  20. Tuhan itu satu kitanya yg gk sama10 Agustus 2012 07.55

    Budha Sidharta Gautama bilang : jika ada ajaran yg baik selain dari pda diriku, ikutilah, (tidak apa"),, jdi sbnarna.. Umat budhis tidak dilarang mengikuti ajaran yg lain(mw dri agama,ato orang ato mahluk lainya yg pnting ngbwa kebaikan),, setau ane gtu si gan.. Ckup Bijaksana,, :)

    BalasHapus
  21. Yg nulis berobat ke klinik tong fang dlu...bruakakakak

    BalasHapus
  22. Gak penting ngubung ngubungin personil dg sosok yg lain ...... tunjuk "diri kita sendiri" dulu, apa sampeyan dan saya sudahkah bermanfaat terhadap sesama ..??? Daripada debat kusir nggak jelas, urusin dulu tetanggamu yg nggak bisa makan, dan beri "kasih sayang" pada anak anak yg ditinggal orangtuanya .... ini lebih mulia brow ...

    BalasHapus
  23. astaga islam gk berenti buat ulah
    gw sebagai umat hindu kecewa
    terkahir film sinetron 9 sembilan wali
    menjatuhkan umat hindu
    sekarang umat budha kalian lampiaskan
    dasar otak dangkal
    asalh kalian tw wahai umat islam
    ini negara indonesia terbentuk
    oleh2 umat2 hindu budha!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuhan Yang Maha Esa telah mengutus 124 ribu nabi ke dunia sepanjang sejarah umat manusia ada di dunia (dari sekitar 6000 tahun SM sejak diturunkannya Nabi Adam a.s), itu disampaikan oleh Nabi Muhammad s.a.w. Apakah menurut anda Buddha bukan salah satu dari utusan Tuhan YME itu? dan apakah resi-resi agama hindu itu menurut anda juga bukan merupakah utusan Tuhan YME? Bagi kami umat islam selama orang-orang suci itu menyampaikan wahyu terpenting yaitu sembahlah Tuhan YME, maka kemungkinan mereka adalah nabi yang telah diutus Tuhan YME. Nama Tuhan tentu berbeda masing-masing bahasa namun intinya sama Dia Maha Esa, Maha Kuasa, Maha Besar, dll.

      Hapus
    2. Ya uda kalo gt kl muhhamad dihina ga usa marah ampe bakar2 ban dan ngebantai org, kan katanyanhanya menyembah allah swt cepek dehh wkwkwkwkw

      Hapus
  24. Hmmm... Menarik juga sebagai ilmu pengetahuan... :)

    BalasHapus
  25. wekowkewokeowe.... bikin ngakak aja...cacaad permanen...

    BalasHapus
  26. kerjaan orang iseng ne.....gausah di percaya....bllshit...

    BalasHapus
  27. penyakit sedih saya tidak hilang dari 2 thn yg lallu...
    setelah saya baca tu cramah yg diatas..berkat saran klinik tongfang..saya jadi ngakak terus ketawa2 ga jelas...(ngakak permanen) Makasi tongfang owkeowkeowkeokwe

    BalasHapus
  28. Islam lahir 1.150 tahun setelah agama Buddha,600 tahun setelah agama Nasrani,1.200 tahun setelah ajaran Confusius,4.600 tahun setelah agama Hindu.
    Umat Islam hanya sekitar 22% dari penduduk dunia,yang berarti 78% penduduk dunia yang berjumlah 7 miliar adalah non-muslim dan mereka mengaku kalau agama mereka terbaik dari semua agama?
    Sejarah penyebaran agama Islam di negeri Tiongkok sama tuanya dengan agama Islam itu sendiri,yaitu 1.400 tahun tetapi muslim di tiongkok hingga hari ini cuma berjumlah 22 juta dari 1,3 miliar penduduk China,itupun penganutnya berasal dari suku minoritas beretnis campuran Turki yang tinggal di daerah barat China yaitu gurun Gobi,sedangkan suku mayoritas di China adalah suku Han yang berjumlah 91% dari total 1,3 miliar jumlah penduduk China dan tidak satu pun dari mereka beragama Islam,apa penyebabnya? silahkan baca pepatah dari Nabi Muhammad sendiri yang mengatakan "Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China" yang berarti Nabi Muhammad saja mengagumi kebesaran dan kekayaan dari kebudayaan China,untuk itulah kenapa setelah 1.400 tahun penyebaran agama Islam boleh dibilang gagal total di negeri Tiongkok sana,kejadian serupa juga terjadi di benua Eropa,benua Amerika dan India yang dimana penduduk dari ketiga benua ini berasal dari kebudayaan yang mempunyai ajaran agama jauh lebih tua dari ajaran agama Islam makanya ajaran Islam juga gagal mempenetrasi kebudayaan mereka,boleh dikatakan hanya pendatang minoritaslah yang beragama Islam.
    Jadi stop mengatakan kalau agama Islam adalah agama yang paling sempurna,kalau sempurna tentu saja 7 miliar penduduk dunia sudah beragama Islam,tetapi kenyataanya kan tidak,karena masih ada beberapa agama yang umurnya jauh lebih tua dari agama Islam yang jumlahnya jauh lebih banyak dari muslim,bahkan Islam dikatakan sebagai agama termuda usianya didunia.

    Agama mu-Agama mu - Agama ku-Agama ku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sempurna itu pokok ajaran nya bung, perkara kebanyakan manusia tidak mengikutinya itu sudah di uraikan dari al-quran. bahwa kebanyakan manusia itu LALAI dll.
      dikalangan muslim sendiri pun tidak sedikit yang berlaku zalim bagi diri mereka sendiri (munafik) termasuk kepada orang lain..., dan itu memang sudah di gariskan..., ttg Kesukaan manusia itu berbuat kerusakan di muka bumi ini.

      nah..., semakin sedikit populasi kaum muslimin, bahkan dengan semakin sedikit yang benar2 beriman dari komunitas muslim, itu juga sebagai pertanda ajaran sempurna hanya bisa di lakoni oleh segelintir orang2 pilihan.

      wajar lah.., dari sekian banyak tentara, yang jadi jendral kan gak banyak.
      dr sekian banyak Rakyat , yang jadi tentara kan paling berapa persen nya saja.

      santai saja brow.., hhhhh, gitu aja koq re'ot

      Hapus
    2. Ga ada islam ga ada perang cui
      Mengaca aja ama negara yg mayoritase islam, kacau tuh negaranya man
      Mengaca ama negara yg lu bilang kafir dll, mereka lbh bisa menghargai hak asasi manusia bro
      Payah lu

      Hidup islam
      *fentung pala sendiri

      Hapus
    3. Jawabannya, sulit pantang makan babi dan arak.

      Hapus
  29. Agama Buddha ga bisa bedain jin ama dewa ? Geblek bener omongan lo.. Masalah ini aja lo kg tau masih sok tau ttg agama Buddha ? Mau bohongin anak baru lahir boy ? Ajaran smua agama sebenarnya sama2 baik, tp gara2 org2 sotoy kek lo itu jd ancur.. Jelek2in agama lo sendiri aja goblok..

    BalasHapus
  30. ini lelucon terbaik di dunia

    SIdharta Gautama pun ikut diklaim

    gampange gene ae coba kamu baca buku yang sekarang terkenal tentang buddha(yang sangat simpel, dan enak dibaca bahkan bisa dijadikan buku motivasi atau sejenisnya : SI CACING dan KOtorannya )

    terus kamu bandingin deh.

    jangan2 besok guan yu pun diklaim

    atau zhuge liang?

    mungkin taikobou aka taigongwang?

    hmmm atau 3 kaisar pisan?

    fuxi, nuwa, shen nong

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupakan Laozi & Konghucu....:D

      Hapus
    2. Lama2 sampe nyasar ke Jepang
      Nobunaga Oda, Hideyoshi Hashiba, Ieyasu Tokugawa sampe Ginchiyo Tachibana juga beraga Islam

      Hapus
    3. UFO aja diklaim sbg musleem...??????

      Hapus
    4. sekalian aja doraemon, shinchan, kamen rider, power ranger dibilang muslim.

      Hapus
    5. sekalian aja mitsuhide akechi, ranmaru, yukimura, tadakatsu, zhao yun, zhao yu, huang zhong, zhangfei, ma chao, anjing, buaya, babi, nyamuk, kecoak, lalat, kartun milik IESLAM semua,, KWOAKWOAKOWAKOWA ADMIN GOBLOK

      Hapus
    6. eh dapat berita baru NINJA itu juga ISLAM loh,, KWAOKWAOKWOAKOWAKOAKWKO NGAKAK LARI SAMBIL GARUK PANTAD

      Hapus
  31. Salut,, saluut bang admin.
    Berita sahih hasil dari jedotin jidat 5 kali sehari sampai kopyor otak ontanya....

    keep upload bro,, salut !

    BalasHapus
  32. Allah pun jadi pusing kalo baca blog ini

    BalasHapus
  33. bro tolong buatin artikel DALAI LAMA sebetulnya ISLAM

    BalasHapus
  34. perbanyak Pikiran, perbuatan, Perkataan, dan penulisan Yang Baik karena segala yang baik akan menjadi baik,
    Agama mengajarkan kita saling menghargai bukan saling menghujat !!
    Bila Perlu Jangan belajar isi Agama Nya !!! Belajar dulu Apa arti Kata, Kalimat AGAMA dulu setelah paham Baru Isi Nya ,
    Damailah semua Umat dan

    BalasHapus
  35. Mengikut Dhammapada, Mattaya Sutta, 151: Maitreya yang di tunggu akan memiliki sifat-sifat yang terpuji seperti yang tersebut dibawah:>Perasaan belas kasihan untuk semua makhluk.> Seorang utusan keamanan dan seorang pendamai.
    >Yang paling berjaya di alam ini. Maitreya sebagai pendakwah moral adalah:
    >>Seorang yang sentiasa bercakap benar
    >>Yang berbudi bahasa.
    >>Yang bersifat lemah lembut dan dari keturunan bangsawan.
    >>Tidak sombong atau angkuh.
    >>Sebagai raja atau pemimpin kepada makhluk.
    >>Sebagai contoh ikutan (dalam amalan dan perkataan atau percakapan) untuk semua manusia.

    Dari sini kami diajarkan utk memilikki belas kasihan untuk *semua mahluk yg tidak hanya yg se-umat manusia (perbedaan yg mencolok seperti muslim selalu mengotakkan kafir dan muslimah) tapi juga semua manusia, binatang, roh, jin, dll. Sehingga banyak bikhu2 tidak memakan daging demi mengurangi pembunuhan terhadap binatang, tapi di ISLAM mengajarkan untuk mengurbankan hewan2 demi perut di hari raya mereka. Apakah tercermin bentuk belas kasihan terhadap mahluk *binatang ???

    OMG, mungkin muslim tidak menyadari kalo agama BUDHA tidak mempercayai TUHAN/ALLAH pencipta alam semesta ???? Dari konsep ketuhanan az kita telah berbeda. Apakah MUSLIM jg atheist ????

    Ketidakpercayaan kepada gagasan akan dewa pencipta yang mahakuasa atau penggerak pertama dipandang oleh banyak orang sebagai sebuah kunci yang membedakan antara Buddhisme dan agama-agama lainnya.
    Dalam ajaran agama Buddha, Sang Buddha bukanlah Tuhan dalam agama Buddha yang bersifat non-teis (yakni, pada umumnya tidak mengajarkan keberadaan Tuhan sang pencipta, atau bergantung kepada Tuhan sang pencipta demi dalam usaha mencapai pencerahan; Sang Buddha adalah pembimbing atau guru yang menunjukkan jalan menuju nirwana).
    http://id.wikipedia.org/wiki/Tuhan_dalam_agama_Buddha

    BalasHapus
  36. Tapi good sih kalo memang muslim mengakui perbuatan luhur budha, ini ada beberapa peraturan yg budha selalu ingatkan ke kita
    Moral dalam Buddhisme
    Sebagai mana agama Kristen, Islam, dan Hindu ajaran Buddha juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemoralan. Nilai-nilai kemoralan yang diharuskan untuk umat awam umat Buddha biasanya dikenal dengan Pancasila. Kelima nilai-nilai kemoralan untuk umat awam adalah:
    • Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami
    • Adinnadana Veramani Sikkhapadam Samadiyami
    • Kamesu Micchacara Veramani Sikhapadam
    • Musavada Veramani Sikkhapadam Samadiyami
    • Surameraya Majjapamadatthana Veramani Sikkhapadam Samadiyami
    Yang artinya:
    • Aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup.
    • Aku bertekad akan melatih diri menghindari pencurian/mengambil barang yang tidak diberikan.
    • Aku bertekad akan melatih diri menghindari melakukan perbuatan asusila
    • Aku bertekad akan melatih diri menghidari melakukan perkataan dusta
    • Aku bertekad akan melatih diri menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran
    Selain nilai-nilai moral di atas, agama Buddha juga amat menjunjung tinggi karma sebagai sesuatu yang berpegang pada prinsip sebab akibat. Kamma (bahasa Pali) atau Karma (bahasa Sanskerta) berarti perbuatan atau aksi. Jadi ada aksi atau karma baik dan ada pula aksi atau karma buruk. Saat ini, istilah karma sudah terasa umum digunakan, namun cenderung diartikan secara keliru sebagai hukuman turunan/hukuman berat dan lain sebagainya. Guru Buddha dalam Nibbedhika Sutta; Anguttara Nikaya 6.63 menjelaskan secara jelas arti dari kamma:
    ”Para bhikkhu, cetana (kehendak)lah yang kunyatakan sebagai kamma. Setelah berkehendak, orang melakukan suatu tindakan lewat tubuh, ucapan atau pikiran.”
    Jadi, kamma berarti semua jenis kehendak (cetana), perbuatan yang baik maupun buruk/jahat, yang dilakukan oleh jasmani (kaya), perkataan (vaci) dan pikiran (mano), yang baik (kusala) maupun yang jahat (akusala).
    Kamma atau sering disebut sebagai Hukum Kamma merupakan salah satu hukum alam yang berkerja berdasarkan prinsip sebab akibat. Selama suatu makhluk berkehendak, melakukan kamma (perbuatan) sebagai sebab maka akan menimbulkan akibat atau hasil. Akibat atau hasil yang ditimbulkan dari kamma disebut sebagai Kamma Vipaka.

    BalasHapus
  37. Empat Kebenaran Mulia (Pali : cattāri ariyasaccāni) adalah kebenaran absolut atau mutlak yang berlaku bagi siapa saja tanpa membeda-bedakan suku, ras, budaya, maupun agama. Mengakui atau tidak mengakui, suka atau tidak suka, setiap manusia mengalami dan diliputi oleh hukum kebenaran ini.

    Ajaran dasar Buddhisme dikenal sebagai Empat Kebenaran Mulia, yang meliputi:
    • Dukkha Ariya Sacca (Kebenaran Arya tentang Dukkha),
    Dukha ialah penderitaan. Dukha menjelaskan bahwa ada lima pelekatan kepada dunia yang merupakan penderitaan. Kelima hal itu adalah kelahiran, umur tua, sakit, mati, disatukan dengan yang tidak dikasihi, dan tidak mencapai yang diinginkan.
    • Dukkha Samudaya Ariya Sacca (Kebenaran Ariya tentang Asal Mula Dukkha),
    Samudaya ialah sebab. Setiap penderitaan pasti memiliki sebab, contohnya: yang menyebabkan orang dilahirkan kembali adalah adanya keinginan kepada hidup.
    • Dukkha Nirodha Ariya Sacca (Kebenaran Ariya tentang Terhentinya Dukkha),
    Nirodha ialah pemadaman. Pemadaman kesengsaraan dapat dilakukan dengan menghapus keinginan secara sempurna sehingga tidak ada lagi tempat untuk keinginan tersebut.
    • Dukkha Nirodha Ariya Sacca (Kebenaran Ariya tentang Jalan yang Menuju Terhentinya Dukkha).
    Marga ialah jalan kelepasan. Jalan kelepasan merupakan cara-cara yang harus ditempuh kalau kita ingin lepas dari kesengsaraan. Delapan jalan kebenaran akan dibahas lebih mendalam pada pokok pembahasan yang selanjutnya.

    Jalan Utama Berunsur Delapan
    Agar terlepas dari penderitaan mereka mereka harus melalui Jalan Utama Berunsur Delapan Sradha atau iman, yaitu:
    1. Percaya yang benar (Samma ditthi).
    Sraddha atau iman yang terdiri dari “percaya yang benar” ini memberikan pendahuluan yang terdiri dari: Percaya dan menyerahkan diri kepada Buddha sebagai guru yang berwenang mengajarkan kebenaran, percaya menyerahkan diri kepada dharma atau ajaran buddha, sebagai yang membawanya kepada kelepasan, dan percaya setelah menyerahkan diri kepada jemaat sebagai jalan yang dilaluinya. Sila yaitu usaha untuk mencapai moral yang tinggi.
    2. Maksud yang benar (Samma sankappa), merupakan hasil “percaya yang benar” yakin bahwa jalan petunjuka budha adalah jalan yang benar
    3. Kata-kata yang benar (Samma vaca), maksudnya orang harus menjauhkan diri dari kebohongan dan membicarakan kejahatan orang lain, mengucapkan kata-kata yang kasar, serta melakukan percakapan yang tidak senonoh.
    4. Perbuatan yang benar (Samma kammanta), maksudnya bahwa dalam segala perbuatan orang tak boleh mencari keuntungan sendiri.
    5. Hidup yang benar (Samma ajiva), maksudnya secara lahir dan batin orang harus murni atau bebas dari penipuan diri
    6. Usaha yang benar (Samma vayama), maksudnya seperti pengawasan hawa nafsu agar jangan sampai terjadi tabiat-tabiat yang jahat.
    7. Ingatan yang benar (Samma sati), maksudnya pengawasan akal, rencana atau emosi yang merusak kesehatan moral
    8. Semadi yang benar (Samma samadhi)

    BalasHapus
  38. Jalan Mulia Berfaktor Delapan
    Apakah Jalan Mulia Berfaktor Delapan Itu?

    Jalan Mulia Berfaktor Delapan (Kebenaran Mulia Keempat) adalah suatu rumus yang sistematik dan lengkap untuk lepas dari ketidakpuasan dan mencapai Kebahagiaan Sejati. Jalan ini berisi segala sesuatu yang diperlukan untuk kehidupan yang mulia, kejernihan pemahaman, dan pencapaian kebijaksanaan, yang menghindari ekstrem pemanjaan diri maupun penyiksaan diri. Kedelapan faktor Jalan Mulia Berfaktor Delapan dapat dibagi dalam tiga aspek sebagai berikut:

    Disiplin Moral (Sila):

    1. Perkataan Benar
    2. Perbuatan Benar
    3. Penghidupan Benar

    Pengembangan Batin (Samadhi):

    1. Pengupayaan Benar
    2. Penyadaran Benar
    3. Pemusatan Benar

    Kebijaksanaan (Panna):

    1. Pandangan Benar
    2. Perniatan Benar

    Perkataan Benar

    Kita seharusnya berusaha memperhatikan dan menghargai sifat-sifat baik dan pencapaian orang lain alih-alih melepaskan kemarahan atau rasa frustrasi kita kepada mereka. Kita dapat saling memberikan dukungan moral, penghiburan kala duka, dan berbagi Dhamma. Perkataan adalah alat ampuh untuk mempengaruhi orang lain. Ketika ucapan digunakan dengan bijaksana, banyak yang akan mendapat manfaat. Perkataan Benar adalah menghindari:

    * Berbohong.
    * Memfitnah.
    * Berkata kasar.
    * Obrolan tak bermanfaat.

    Kita seyogianya

    * Memberikan pujian dengan tepat.
    * Mengkritik hanya yang bersifat membangun.
    * Menyebarkan kebenaran.
    * Menyampaikan ucapan yang menyembuhkan.
    * Bisa tetap diam bila diperlukan.

    Perbuatan Benar

    Latihan Perbuatan Benar meliputi menghargai kehidupan, kepemilikan, dan hubungan pribadi pihak lain. Latihan ini membantu mengembangkan watak kendali diri dan berperhatian terhadap hak-hak makhluk lain. Perbuatan Benar adalah menghindari:

    * Membunuh
    * Mengambil yang tidak diberikan
    * Melakukan perbuatan asusila

    Perbuatan Benar termasuk juga tindakan jasmani yang membawa manfaat bagi pihak lain. Ini termasuk menolong dan menyelamatkan makhluk lain dari bahaya atau penderitaan.
    Penghidupan Benar

    Penghidupan Benar berarti berpencaharian dengan tidak merugikan makhluk lain. Dalam memilih pekerjaan, kita seharusnya menghargai kehidupan dan kesejahteraan semua makhluk.

    Ada lima jenis mata pencaharian yang Buddha anggap sebagai cara-cara yang tidak menghargai kehidupan. Kelimanya seharusnya dihindari karena menyebabkan penderitaan dan kesengsaraan pihak lain, ataupun menciptakan perpecahan dalam masyarakat. Mata pencaharian yang seharusnya dihindari adalah:

    * Berdagang senjata
    * Berdagang hewan untuk disembelih
    * Berdagang budak dan pelacuran
    * Berdagang minuman keras
    * Berdagang racun

    BalasHapus
  39. Pengupayaan Benar

    Upaya diperlukan untuk menanam kebajikan atau mengembangkan batin kita, karena kita sering lalai atau tergiur untuk mengambil jalan keluar yang gampang. Buddha mengajarkan bahwa pencapaian Kebahagiaan Sejati dan Pencerahan tergantung pada upaya kita sendiri. Upaya adalah akar dari segala pencapaian. Jadi, tak peduli betapa agung pencapaian Buddha, atau betapa hebatnya ajaran Buddha, kita harus menjalani ajaran tersebut secara nyata untuk mencapai hasil yang diharapkan. Ada empat jenis Pengupayaan Benar yang perlu dijalani:

    * Upaya untuk mencegah munculnya pikiran buruk (ketamakan, kebencian, dan kegelapan batin).
    * Upaya untuk melepaskan pikiran buruk yang telah muncul.
    * Upaya untuk mengembangkan pikiran baik (kedermawanan, cinta kasih, dan kebijaksanaan).
    * Upaya untuk memelihara pikiran baik yang telah muncul (sekalipun ketika tidak diperhatikan oleh orang lain).

    Penyadaran Benar

    Penyadaran murni (sati) adalah faktor penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Ini adalah faktor batin yang membuat kita mampu mengingat serta menjaga kesadaran dan perhatian kita pada apa yang bermanfaat dalam hal pikiran, perkataan, dan perbuatan. Sebagai contoh, ketika kita bangun pada pagi hari, kita bisa bertekad, "Hari ini sebisa mungkin aku akan berusaha untuk tidak merugikan makhluk lain dan akan membantu mereka." Penyadaran murni akan membantu mempertahankan pemikiran tersebut dalam pikiran kita sepanjang hari, dan menyadarkan kita apakah perbuatan sehari-hari kita sesuai dengan niat tadi. Pikiran harus selalu sadar akan apa yang terjadi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    Melatih Penyadaran Benar diperlukan untuk mencapai kebijaksanaan dan Pencerahan. Pikiran harus terkendalikan dan terlindungi dari kekacauan. Ketamakan dan kemarahan harus dihindari dengan sadar. Penyadaran diberikan pada pikiran karena melalui pikiran segala sesuatu dicerna, ditafsir, dan dipahami. Untuk mencapai Kebahagiaan Sejati, pikiran yang tidak disiplin pertama-tama harus dikendalikan. Menaklukkan pikiran berarti menaklukkan dunia.
    Pemusatan Benar

    Meditasi adalah proses bertahap untuk melatih pikiran agar terpusat pada suatu obyek tunggal, dan tak tergoyahkan pada obyek tersebut. Obyek konsentrasi bisa berupa hal materi seperti bunga atau non-materi seperti cinta kasih. Bahkan jika kita berlatih meditasi selama lima belas menit setiap hari, kita akan mulai merasakan manfaatnya. Latihan meditasi yang teratur akan membantu kita untuk mengembangkan pikiran yang tenang dan terpusat, serta menyiapkan kita untuk pada akhirnya mencapai kebijaksanaan dan Pencerahan.

    BalasHapus
  40. Pandangan Benar

    Pandangan Benar atau Pemahaman Benar adalah melihat segala sesuatu sebagaimana adanya, bukannya sebagaimana tampaknya. Untuk melihat segala sesuatu sebagaimana adanya, kita harus mengamati diri kita sendiri dan sekitar dengan cermat, menyelidiki arti sebenarnya dari yang diamati. Pandangan Benar adalah pengetahuan sejati akan segala sesuatu yang direalisasikan oleh diri sendiri melalui praktik.

    Sikap menyelidik dan menelaah penting untuk mencapai Pandangan Benar. Buddha mengajarkan kita untuk tidak percaya begitu saja pada desas-desus, tradisi, atau kewenangan sebagai Kebenaran, melainkan untuk menimbang Kebenaran dengan pengalaman kita sendiri yang obyektif dan adil. Buddha mengajarkan, seperti halnya orang bijaksana yang tidak menerima begitu saja bahwa setiap logam yang berkilau keemasan adalah emas, tetapi mengujinya terlebih dahulu. Dengan demikian, kita semestinya tidak menerima begitu saja apa yang didengar tanpa mengujinya dengan pengalaman kita sendiri.

    Meskipun demikian, dalam mencari Kebenaran, kita bisa saja menilik ajaran Buddha sebagai acuan bantu. Ini adalah langkah pertama menuju pengembangan Pandangan Benar. Kita seyogianya mendengar dan mempelajari ajaran Buddha dan penjelasan guru-guru yang berkualitas. Akan tetapi, mendengarkan ajaran Buddha saja tidaklah cukup, kita juga harus memperhatikan dan sungguh-sungguh mencoba untuk menjalaninya.

    Buddha berkata bahwa mengembangkan Pandangan Benar adalah seperti orang buta yang matanya tercelikkan, seluruh sikapnya terhadap hal-hal yang semula disukai atau tidak disukai akan berubah karena dia telah mampu melihat semuanya dengan tepat.
    Perniatan Benar

    Niat atau pemikiran akan mempengaruhi perkataan dan perbuatan kita. Jika kita berkata atau bertindak berdasarkan pemikiran yang tamak atau penuh amarah, maka kita akan berkata atau bertindak dengan salah, akibatnya kita akan menderita. Sangatlah penting untuk memurnikan pikiran, jika kita betul-betul berniat memperbaiki tingkah laku kita. Kehendak Benar mengetahui bagaimana menggunakan pengetahuan yang kita miliki untuk kebaikan diri kita sendiri dan semua makhluk.

    Perniatan Benar berarti menghindari nafsu keinginan dan niat buruk, dan membangkitkan pikiran tentang melepaskan kemelekatan, mengembangkan cinta kasih dan welas asih. Nafsu keinginan harus dihindari karena tidak akan pernah terpuaskan dan mengarahkan pada tindakan yang keliru. Pikiran yang tidak melekat akan menyingkirkan nafsu keinginan, sementara pikiran cinta kasih dan welas asih akan mengenyahkan niat buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju...sm kita lebih bijak lagi...

      Hapus
    2. Saya Kagum Pada Anda yang Menjalankan 8 Jalan Kebenaran....

      Hapus
    3. SAya s7 dengan pendapat ini.

      Tolong yang punya BLOG Kaji lebih dalam lagi, Karena Nabi muhamad kurus, sedangkan Buddha Maetriya itu gendut.

      dan sertakan Referensi yang Valid
      By. HAsa

      Hapus
  41. berarti muhammad dan orang arab sebetulnya beragama buddha ya, kok bisa ganti islam ya? kalo muhammad adalah maitreya, dan karena maitreya adalah buddha, berarti muhammad adalah buddha. sejak kapan ya arab pindah dari agama buddha ke agama islam? wah pasti ada pembelokan sejarah nih, atau penggelapan sejarah oleh orang2 jahil. orang arab harus tau nih bahwa mereka sebetulnya beragama buddha.

    BalasHapus
  42. ckckck....
    kalo di liat ini hanya buah pemikiran saja...bukan kebenaran
    sebaiknya kita pintar2 memilah
    sadhu..sadhu..sadhu

    BalasHapus
  43. ya bnar shrusnya kta ssma umat beragama sling mnghormti bkn mngejek

    BalasHapus
  44. ini situs muslim paling narsis dan penyebar kebohongan.
    apa yang terjadi jika umat agama lain menyebutkan nabi kamu sebagai agama mereka?

    angap, untung orang2 budha adalah umat yang sabar dan penuh kasih sehigga hanya akan menertawakan konten blog terpayah se dunia ini

    andai sebaliknya mereka mengklaim sebagai agama yang menjadi rahmat bagi semesata dan penyempura agama terdahulu termasuk nabi2 terdahulu dengan data / artikel cocologi seperti diatas maka pasti akan terjadi perang agama abad 21

    BalasHapus
  45. Di kehidupan yang lalu aku di ajak ngentot sama sidartha gautama untuk menuju nirwana dan seandainya gautama ada aku ingin ngocok batang pelirnya lalu aku pantek jantungnya soalnya gautama selingkuh ama pembantuku
    "Kasihilah sesamamu"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku berdoa untukmu :Semoga Allahmu dapat menyelamatkanmu dari NERAKA TERDALAM atas hinaan mu kepada Sang Buddha...
      Salam ...

      Hapus
    2. Pantas aja ibumu melahirkan anak kayak kamu,bapakmu nggak tau yg mana ya.ha.....ha.kasihan anak pelacur jalanan

      Hapus
  46. islam itu artinya pasrah,itu cuma menurut bahasa bukan menurut istilah

    BalasHapus
  47. Kasian bener baca artikel ini..kesannya si penulis pengen banget agamanya jadi keren dan dicintai seluruh dunia..maksa banget pak?..anda sendiri sepertinya ngga yakin ya agama anda itu baik? oh ya. ada ketinggalan satu hal..lanjutan kisah cerita diatas. tenyata setelah sang Budhha yang agung masuk agama ini beliaupun mulai mengajarkan cara punya banyak istri ala Bang Haji Oma dan juga bagaimana cara ngerakit Bom dan habisi semua yg tidak sealiran.. Qiqiqiqiq..

    BalasHapus
  48. ha... ha... ha..., baru ketemu blog model begini, ini perlu di daftarkan ke MURI sebagai blog paling ngawur se dunia.

    BalasHapus
  49. Biasa laahh..
    Namanya juga Iri sama Agama orang lain..
    Makanya cari kekurangan-kekurangan yang Ada..
    Dasar BLOG Bullshit...!!!

    BalasHapus
  50. WTF....!!!
    Sidharta Gautama seorang musliM????
    NGELAWAK GAN???
    BRUAKAKAKAKAKAK
    NGAKAK SAMPAI TERKENCING-KENCING..
    HA...HA...HASU...

    BalasHapus
  51. Hahahahahaaaaa lucu banget postingnya hahahahahahaha

    BalasHapus
  52. sidarta itu anak raja>>>zulkifli bukan...
    sidarta meninggalkan istana untuk mencari kesempurnaan>>>zulkifli menjadi raja...
    dua tu aja udah beda banget, gimana bisa jadi 1 orang?
    goblok nih admin...

    BalasHapus
  53. Teori Yang Salah pemahaman Yang Salah pengertian Yang Salah Ucapan Yang Salah Pemikiran Yang Salah Bisanya berbicara Sembarangan Tanpa Bukti Yang Jelas. Mentang2 Islam Agama Paling Meluas Di Indonesia. Dan mengira Agama Budha Yang hanya Mayoritas Dihina jaga Perkataan Anda,... Pikir lagi sebelum Berkata...

    BalasHapus
  54. Hanya ALLAH SWT yang tahu, lebih baik diem aja gan .
    saya hanya mengingatkan sesama

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALLAH??? allah lu tau apa? SEX?

      Hapus
  55. bhineka tunggal ika woy ! kebenaran mutlak hanya milik tuhan dan kesalahan mutlak cuma milik dorce gamalama :))

    BalasHapus
  56. Adam as, Ibrahim as, Musa as, Isa as adalah utusan Tuhan Yang Maha Esa diutus untuk kaumnya masing-masing. Ditutup disempurnakan oleh Muhammad SAW untuk semua manusia sebagai Rahmat bagi seluruh alam.

    Ada +/- 125ribu nabi dan rasul tapi yang wajib di imani muslim hanya 25 Rasul

    Sebagai Buddha nya umat Budha kami umat muslim menghormatinya, apalagi jika benar beliau nabi Zulkifli sebagai tercantum dalam Al Qur'an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sidharta bukan Zulkifli kok, dari kisah hidupnya aja dah beda jauh....

      Hapus
  57. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah ya ngomong ma orang bego....

      Hapus
    2. Itu menurutmu atau menurut Allah ? kita butuh namanya toleransi terhadap orang lain bung ! adanya kita ujung-ujungnya membela para teroris . Ayo jadikan dunia ini satu keluarga walau adanya banyak perbedaan .

      Hapus
  58. ajaran buddha tidak menuju kekerasan atau perdebatan
    makan dari itu
    lebih baik jangan berbuat kejahatan , berbuatlah kebaik , sucikan hati dan pikiran
    maka kita akan bahagia

    BalasHapus
  59. ada 2 hal yang mendasar didunia ini, yaitu kebaikan dan keburukan. agama termasuk kebaikan. karna semua agama mengajarkan kebaikan. sedangkan yg tidak beragama termasuk dalam kategori keburukan. sebab memperbolehkan melakukan apapun..

    perlu kita tahu bahwa agama adl norma bagi umat manusia didunia. membatasi yang baik dan buruk.

    berpikirlah wahai manusia sesungguhnya kebaikan dan keburukan itu jelas. kalau belum jelas, saya jelaskan bahwa berbohong itu buruk. jujur itu baik. simple kan :D klo mau lebih silahkan pelajari agama yang up to date :D

    BalasHapus
  60. ilmu cocoklogi .... logikanya mana??

    kalo Sidarta Gautama islam.. lalu mengapa mengajar budha ???dan tidak mengakui adanya Tuhan ??

    dan tidak percaya Tuhan pencipta dunia


    Semuanya tentang kita muncul dari pemikiran kita sendiri.
    Dengan buah pikiran kita, kita menciptakan dunia kita.

    (Dhammapada, 1.1-3)

    BalasHapus
  61. tolong jgn saling menghina antar umat beragama,,,,,,,,,,,,bagi semua pengikut agama muslim,hindu,budha,kristen yakinlah kepercayaan kita masing2 jgn saling menghujat agama mana yang paling benar,,,,,,AGAMA adalah KEYAKINAN(KEPERCAYAAN)bukan adat warisan leluhur........

    BalasHapus
  62. dunia diajarkan untuk menjadi sebuah 'cycle'. ada kelahiran, kematian, kehidupan, kebahagiaan, penderitaan. dan ketika kita sudah lelah dengan semua itu, kita dibawa menuju sebuah titik dimana kita tidak akan pernah dilahirkan. dan itulah tujuan akhir dari manusia itu sendiri. penyatuan tertinggi dengan Tuhan.

    BalasHapus
  63. Ternyata Nabi Muhammad SAW dan Nabi Zulkifli penganut agama Buddha! OMG!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, baru tau nih....

      Hapus
  64. Jgn2 gamnam stlye jg goyangannya muhammad jg kalau mau ngentot yakkk wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  65. dasar wong indonesia...bnyak y6 pinter tapi keblinger
    udah tau kitab semua agama nyembahnya Tuhan...kalo kalian saling mencela sama aja mencela agama kalian sendiri...agama itu hanyalah jalan ada y6 cepet, ada y6 jaraknya jauh & ada juga y6 macet
    itu semua tuk mencapai kesempurnaan ,surga/neraka itu cuma terminal/pun stasiun karena surga/neraka itu bukanlah tujuan utama
    tujuan utama itu adalah kesempurnaan/manunggaling kawula gusti/moksatam jagad dhita/berada disisiNya ^_^"

    BalasHapus
    Balasan
    1. berada disisiNya atau bersatu denganNya nih? hehe..

      Hapus
    2. kan tujuan akhir setiap manusia it menuju kesempurnaan bro, kalo kata bang kadul diatas tu ya berada di sisiNya...

      Hapus
    3. coba sebutkan tebalnya kitab agama masing2, Kitab suci agama buddha itu besarnya 1 lemari, klo lo baca dengan kecepatan baca orang rata2 butuh waktu 4 tahun biar bisa baca ampe abis dan paham isinya....

      Hapus
  66. Satu hal yang belum di akui di blog ini yaitu teroris.. saya tidak mau melanjutkan karena anda2 yang baca pasti sudah tau.hehe..

    BalasHapus
  67. -Naruto masuk Islam karena berhasil mengalahkan obito dengan sabar

    - Hercules masuk Islam setelah di sunat pak mantri
    - sungokong masuk Islam setelah bisa mempelajari jurus terakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue ngakak sampe nangis gan baca ini, sumpah.....

      Hapus
    2. Sincan juga bro

      Hapus
  68. Damai Selalu Menyertaimu7 Oktober 2012 03.55

    Hanya Allah lah yang tau Rahasia langit Dan Bumi Begitupun antara Budha,Islam,Kristen,Yahudi Manusia Hanya Bisa memprediksi soal islam atau tdk nya Budha itu Hanya Allah Yang Tau Tapi jangan Coba-Coba katakan Bahwa Nabi Muhammad Adalah Budha Karna nYata-nyata Muhammad mengakui adanya Tuhan Sedang Budha tidak seperti yang anda katakan Jika Benar Budha itu islam Alhamdulila Supaya Umatnya bisa segerah sadar dan Masuk islam dan saya inggin Bertanya apakah budha memerintahkan Membuat patungnya dan Megaggungkannya bah Tuhan

    BalasHapus
  69. ini lagi....ngaco belo, ga nyadar2....

    BalasHapus
  70. BUKA MATA & PIKIRAN SEJERNIH JERNIHNYA. AGAMA ITU UNTUK MANUSIA BUKAN MANUSIA UNTUK AGAMA. PAHAM MAKSUDKU?

    BalasHapus
  71. hahahahaha nglindur

    BalasHapus
  72. dikadali kau sama orang arab. masa suruh naik haji. uangnya diterima sekarang surganya belakangan. itu sih masih katanya. kalau tidak dapat surga mau nuntut sama siapa. gak ada kuitansinya lho>> wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, kasian para muslim. Bego'.. dikadalin sama onta

      Hapus
  73. NGeliat postingan beginian, wa sebagai Buddhist senyum-senyum aja deh, sioalnya ajaran buddha itu muncul setelah ajaran hindu di India. Kalender muslim sama buddhist beda, kalender umat islam hijriah, dan kalender umat buddha B.E. Di hijiriah lom ampe 2000, sedangkan di B.E. dah sampe 2557. Buddha artinya yang mendapatkan pencerahan, sedangkan nabi adalah utusan Tuhan. Di buddhist, tuhan itu paling tinggi dan tidak patut di gambarkan sebagai makhluk apapun. Buddha pernah bersabda, "Aku bukanlah Tuhan".

    BalasHapus
  74. yang komen semua bodoh dan kafir.
    Siddharta gautama sebenarnya adalah Islam, nama aslinya Al-Siddharatul ghazalmah, dia adalah orang Yaman, (masih saudara dengan Habib Rizieq) Arab yg pindah ke timur. namun setelah penjajahan negara barat di Asia sejak abad 17, namanya diganti menjadi Siddharta gautama karena khawatir Islam akan berjaya di India. akhirnya lambat laun ajaran Al-Siddharatul dipelintir oleh Yahudi dan zionis menjadi hinduisme.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwakakakakak...... blog ini udah lucu, malah ditambah lagi....

      Hapus
    2. akowakowakokwa segala sesuatu itu sebaiknya jangan dilebih''kan dan di kurangi..
      masak Siddharta Gotama di panjangin jadi AL-SIDDHARATUL terus SAMURAI di panjangin jadi AL-SAMMURIYAH..
      akowakwoak sekalian bro cut pakai tmbahin AL-PAKAYIRAH tapi babi loh haram.. OWKAOWKAOKWOKWOAKOAKOWAK

      Hapus
  75. http://www.bibleprobe.com/muhammad.htm ayo mongo di buka kenyataan tentang muhammad ^_^

    BalasHapus
  76. Tolong pelajari tingkatan agama terlebih dahulu agar bisa memberi masukan yang sesuai dengan sumbernya yang bisa dipertanggung jawabkan bukan dari kehendak nafsu.

    BalasHapus
  77. sebelum meninggal, bintang porno terkenal Asia Carrera masuk Islam, beliau mengganti namanya menjadi Aisyah Kariyah

    BalasHapus
  78. sfeechless ...

    BalasHapus
  79. Saya sebagai umat Buddha mau bertanya
    "Jika Buddha beragama Islam, KENAPA ADA AGAMA BUDDHA?"
    "Bukankah lebih baik Buddha ikut menyebarkan agama Islam?"

    Padahal yang saya tau, dan yg saya jalani dr saya kecil sampai sekarang, ajaran agama Buddha dan Islam begitu banyak perbedaan. Bukannya saya sok tau, tapi lingkungan saya waktu kecil mayoritas Islam, dan sampai sekarang pun saya tetap menjadi minoritas. Yang saya percayai dan teman2 Muslim saya percayai begitu banyak perbedaan.

    Bisa minta tolng dijelaskan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga perlu, emang udah jelas2 beda kok....
      si mimin aja yang kaya kebo belo ga tau apa2...

      Hapus
    2. itu karena umatnya menyelewengkan ajaran aslinya seperti kaum nashrani yg mnyelewengkan ajaran Isa al-massih..

      Hapus
  80. yg punya blog sudah masuk budha whhwhwhhwhw

    BalasHapus
  81. semua agama sama, tergantung qta yg menjalani..

    BalasHapus
  82. ISLAM = LAWAKAN YG TIDAK LUCU

    BalasHapus
  83. Menurut Buddha: sumber dari penderitaan adalah KEBODOHAN dan KETIDAKTAHUAN.. sudah terbukti isi smua ke-ASBURD-an tulisan ini, kesimpulannya Ajaran Buddha (tidak menyebut agama)berarti sudah lebih terbukti kebenarannya, makanya mau diakuisisi juga..

    Kutipan Sang Buddha ada tiga akar kejahatan."
    "Apakah tiga akar itu?"
    "Akar kejahatan keserakahan (lobha), akar kejahatan kebencian (dosa), dan akar kejahatan kebodohan batin (moha). Itulah ketiganya."
    Keserakahan, kebencian dan kebodohan batin

    Namo Buddhaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarlah Bro/Sis, barang siapa yang menabur, dia pasti akan menuainya kembali... (It's Karma)


      Namo Buddhaya

      Hapus
  84. yang nulis ini sptnya udah boleh test kejiwaan deh.. wkwkkwkw smua dingakuin HELLOOWWW..

    Para komentator yg sdh nyumbang komen sptnya harap maklumin deh keterbelakangan pikiran pnulis.

    utk para Muslim yang berakal benar : sptnya tulisan ini pun mencoreng Islam bgt..(krn gak berbobot) smoga Muslim2 koplak bgni pndapat panduan dan kembali ke jalan yg benar.

    BalasHapus
  85. Saya lahir di keluarga muslim, dari kecil saya sekolah di sekolah kusus muslim,sekitar kurang lebih 5 tahun saya membuka mata saya untuk mempelajari agama Bhudda, disitu saya dapat menemukan bahwa Nabi Muhammad bukanlah Matreya,ajaran agamanya pun banyak yang berbeda, dengan simbol, datang dan buktikan, Sang Bhudda tidak pernah memaksa manusia untuk mengikuti ajarannya,yang saya tanamkan dalam otak saya, Sang Bhudda pernah berkata, jangan bgitu saja percaya pda wahtu atau tradisi,desas desus atau naskah suci,kabar angin atau logika belaka,prasangka atau kemampuan seseorang,jgan menerima begitu saja karna dia guru kami,tetapi jika kamu mengetahui sendiri bahwa hal itu baik, tdak tercela, dipuji oleh para bijaksana, dan jika di jlankan akan membawa kebaikan, maka ikutilah hal itu,Matreya akan turun ke dunia jika Dharma sang Bhudda telah sirna atau tiada, dan sekarang dharma sang Bhudda masih ada, jadi kedatangan Bhudda maitreya masih sangat lama sekali, sekitar 2500 tahun lg,dan Sang Bhudda selalu mengajarkan 5 Sila,salah satunya yaitu Jangan membunuh, termasuk membunuh binatang sekecil apapun, dan hal ini tidak ada di ajaran Islam.I Love Bhuddis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. love this Gan....
      aku suka orang2 kaya bang Luffy, menghormati agama lain, jujur aku ga bisa kaya kamu...

      Hapus
    2. menghormati agama bukan seperti ini mas.maaf mas, saya hanya ingin meluruskan....terlepas benar salah nya artikel ini, nabi muhammad bukan matreya atau apa lah namanya, nabi muhammad mengajarkan kok untuk tidak membunuh binatang kecil apapun,kalau mas lutfy berkata demikian...bolehkah saya bertanya??sebelumnya saya hanya ingin memberitahu anda...saya bukan muslim, dan bukan pula budha.silahkan renungkan pertanyaan saya ini....semoga terbuka hati anda akan kebodohan commentar yang anda lontarkan.
      sudah pernahkah mas lutfy menggali lebih dalam mengenai alquran?
      sudah pernahkah mas lutfy mendalami lebih dalam ajaran agama budha?
      lalu siapa yang disembah dalam ajaran budha?
      apa bukti kebenaran akan datangnya sang Budha?
      apakah anda benar2 yakin dan tahu akan kebenaran ajaran islam yang dibawa nabi muhammad?kalau anda tahu dari mana anda tahu dan belajar?
      Anda mengaku muslim?tapi anda sendiri tidak pernah tahu tentang ajaran agama anda sendiri?lantas siapa yang bodoh? anda ataukah orang yang membuat artikel ini?
      apakah tidak aneh apabila anda mengetahui ajaran agama lain namun anda sendiri tidak mendalami ajaran agama anda?
      Anda pasti hanya mendalaminya setengah2 dan sepenggal sepenggal, artinya informasi yg anda dapatkan tidak utuh.
      lantas dengan mudahnya anda mengatakan bahwa ajaran islam banyak yang tidak sesuai..
      maaf ya mas, saya mungkin bukan muslim, tapi melihat anda berkomentar sperti ini rasanya kurang pantas.

      Hapus
  86. AJaran Sang Bhudda tidak pernah memaksa,dalam ajaran Bhudda dikenal adanya tumimbal lahir,yaitu kelahiran kembali di alam samsara atau di alam bahagia,sesuai dengan karmanya masing2,dan tidak ada neraka atau syurga abadi, seperti ajaran Islam,sampai seseorang itu bisa mencapai kesempurnaan sempurna,dia akan terus bertumimbal lahir sampai bisa menghilangkan segala sifat keakuan,sampai bisa mencapai Nibbana,jadi teman2 jangan diributkan masalah hal yang bkin ketegangan atau pertengkaran, sebaiknya kita menjalankan Dharma sang Bhudda,dan seharusnya kita sangat bersyukur bsa mengenal Dharma, dengan berlatih meditasi,melaksanakan Sila, semoga semua mahluk berbahagia..

    BalasHapus
  87. Surat An – Nisa’
    4:164. Dan (kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu.

    4:165. (Mereka kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

    Abu Dzar Al-Ghifari, ia bertanya pada Rasulullah, “Ya Rasulullah, berapa jumlah rasul?”, Nabi shallallahu’alaihiwasallam menjawab, “Tiga ratus belasan orang.” (HR. Ahmad di syahih kan Syeikh Albani). Dalam riwayat Abu Umamah, Abu Dzar bertanya, “Wahai Rasulullah, berapa tepatnya para nabi?”, Nabi shallallahu’alaihiwasallam menjawab “124.000 dan Rasul itu 315 orang.”

    Pertanyaannya adalah apakah Sidharta Ghautama salah satu dari Nabi2 tauhid diatas..?? bisa ya, bisa tidak. Apakah Sidharta Ghautama, menyembah, memuja & memuji hanya 1 Tuhan..?? bisa ya, bisa tidak.

    Biarlah di Yaumul Qiyamah (Hari Kebangkitan), akan ketahuan siapa2 mereka, mana Agama yang Haq (Benar) dan yang bukan..
    Insya Allah....



    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju mas, karena tidak ada data fakta yang akurat untuk menemukan jawabannya, buat apa kita berdebat terus, yang penting sebagai muslim saya meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang diutus oleh Allah.beliau bukan Budha atau apapun .beliau lah yang mengajarkan iman,islam dan ihsan.
      wallahu alam hanya Allah yang tahu.yang benar datang dari Allah , dan yang salah datang dari saya Al fakir

      Hapus
  88. Berikutnya binatang juga pada awalnya adalah muslim..
    Babi-babi di peternakan tetangga gue juga muslim.. Wkwkwkwkw.....
    Ayamnya juga muslim, anjingnya juga muslim,..
    dan seluruh binatang ya ada di Kebon binatang juga muslim... Wkwkwkw....
    lucu banget baca "BLOG" ini..

    BalasHapus
  89. Dari Cak Ghaffar : Babi anjing di ciptakan dan di biarkan hidup agar ummat manusia bisa melihat dan bisa membedakan mana yang di haramkan dan manapula yang di halalkan , kalau cuma yg. di halalkan saja di biarkan hidup lalu seperti apa yang di haramkan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang haram adalah kalo ngikut2 orang dungu, yang nyuruh2 orang menuntut ilmu sampe ke negri Cina tapi dianya sendiri ga mau belajar baca. Eee... malah sibuk kawin sana kawin sini! sampe 12 kali kalo ga salah. Masuk akal ga sih percaya sama orang model begini?

      Hapus
  90. ini orang tidak tau kalo ajaran budha tidak mengenal pencipta. haduh semua kok di klaim, dari amsrtong, wong fe hung, tong samcong, la malah sekarang sidarta. haduuh. ini pertanda orang yg mementingkan kulit daripada isi.

    BalasHapus
  91. Maaf, izin untuk memberikan komentarya, begini saya pun sedikit meragukan mengenai postingan ini, menurut saya, agama Islam adalah agama rahmatan lil'alamin. rahmat untuk sekalian alam, sekarang tak perlulah rasanya kita untuk saling menghujat agama, tak perlu kita untuk saling menjelekkan agama demi sebuah pembenaran yang hingga saat inipun,saya maupun anda yang memebrikan komentar di artikel ini belum memahami seratus persen kebenaran berita ini.betul tidak?
    dan daya ingin sedikit meluruskan mengenai kenapa umat islam tidak memakan babi?
    hal ini dikarenakan bahawa pada babi terdapat cacing yang sangat berbahaya bagi manusia, dan cacing itu dapat menyebabkan kematian dalam waktu yang singkat, karena daging babi itu sifatnya cepat untuk matang. menurut kita dagingnya sudah matang, padahal daging tersebut sesungguhnya belm matang, cacingnya masih tetap dapat bertahan hidup.
    lalu muncul pertanyaan dari sahabat kita, untuk apa babi diciptakan?
    bukankah lebih baik untuk dimusnahkan saja?
    pertanyaan itu hanya dapat saya sikapi bgini, tak ada sesuatupun yang diciptkan oleh Tuhan ( kalau kami muslim menyebutnya Allah ) itu sia sia.pasti ada pelajaran yg dapat diambil dari apa yang Tuhan ciptakan.
    mungkin hanya ini yang dapat saya jelaskan, mohon maaf apabila ada kekurangan, keslahan, yang benar datang dari Tuhan, yang salah datang dari saya (al fakir) saya memohon ampun kpada Allah jika ada kalimat yang tidak benar

    BalasHapus
  92. Jangan menghina Nabi Zulkifli!

    http://id.wikipedia.org/wiki/Zulkifli

    Zulkifli (bahasa Arab: ذو الكفل, Dhū'l-Kifl) (sekitar 1500-1425 SM) adalah salah satu nabi dalam ajaran Islam yang diutus kepada kaum Amoria di Damaskus. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 1460 SM dan diutus untuk mengajarkan tauhid kepada kaumnya yang menyembah berhala supaya menyembah Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, dan membayar zakat. Ia memiliki 2 orang anak dan meninggal ketika berusia 95 tahun di Damaskus Syiria. Namanya disebutkan sebanyak 2 kali di dalam Al-Quran.

    Sidharta tidak pernah menyembah Tuhan! Sidharta itu atheis!
    Lagipula dia lahirnya tahun 623 S.M.

    SIAPAKAH SIDDHARTHA GAUTAMA?
    Pada akhir abad ketujuh S.M. (tahun 623 S.M.), lahirlah seorang yang bernama Siddhartha Gautama di bandar Kapilavastu/Kapilavathu (Kapil, lidah Arab menyebut Kafil @ Kafli).

    BalasHapus
  93. Balas
    abdul ghoffar26 Oktober 2012 23:56

    Dari Cak Ghaffar : Babi anjing di ciptakan dan di biarkan hidup agar ummat manusia bisa melihat dan bisa membedakan mana yang di haramkan dan manapula yang di halalkan , kalau cuma yg. di halalkan saja di biarkan hidup lalu seperti apa yang di haramkan ?
    Balas
    Balasan

    Sahabat Islam4 November 2012 07:39

    Yang haram adalah kalo ngikut2 orang dungu, yang nyuruh2 orang menuntut ilmu sampe ke negri Cina tapi dianya sendiri ga mau belajar baca. Eee... malah sibuk kawin sana kawin sini! sampe 12 kali kalo ga salah. Masuk akal ga sih percaya sama orang model begini?

    BalasHapus
  94. klo buddha itu islam, kenapa di buddha ada vegetarian sedangkan di islam gag ada,,,???hehehe
    namobuddhaya :)

    BalasHapus
  95. yg bikin tulisan ini gk tau malu,.jdi bahan lelucon aj nih hahahaha

    BalasHapus
  96. Just believe in what you've already believed in...
    Jangan komentar sembarangan... jaga keseimbangan kedamaian..
    Kurangi perbuatan jahat (sesuai dengan kepercayaan masing-masing). Sometimes, keep silent is the perfect style to protect each other...

    BalasHapus
  97. Paling enak jihad,bunuh bnyk org masuk surga di temanin bidadari lg.siapa mau nyusul imam samudra dan amrozy,entar tulis blog lg kalau udah di surga.ha....ha...,heran gue manusia kok kagak ada otaknya.

    BalasHapus
  98. Begini saja Sob, yang jelas semua kita ini keturunan Adam. Sebenarnya satu darah kan? Kalau terlalu jauh ya keturunan Nabi Ibrahim lah. Jadi kita ini saudara, Sob. Masalah keyakinan boleh berbeda tapi mari kita samakan pandangan kita ke depan menciptakan dunia yang lebih sejahtera. Dunia yang adil, makmur, damai dan tenteram.

    BalasHapus
  99. JIKA INGIN DIHARGAI TERLEBIH DULU LAH MENGHARGAI SESEORANG. BUKAN BEGITU SOB ?? JADI KALO MEMANG MENURUT ANDA BUDDHA ITU ISLAM YA MENDING KALIAN DISKUSIKAN DALAM GRUP ISLAM AGAR TIDAK TERJADINYA HAL'' SEPERTI INI.

    BalasHapus
  100. setelah membaca isi dari tulisan ini dan memahaminya, semuanya hanya berdasarkan tafsiran, berdasarkan katanya katanya dan katanya, dan kalau orang jawa bilang isi dari tulisan ini termasuk dalam jenis "GATUK MATUK",,,,,buatku penganut ajaran BUddha silahkan jalankan ajaran Buddha dengan baik, Penganut ajaran Kristen jalankanlah ajaran Yesus dengan baik, Penganut ajaran Islam jalankanlah ajaran Muhammad, dan jangan suka mencampur adukkan ajaran, sebab bisa berakibat tidak baik....mari kita semua menjalankan ajaran yang kita yakini masing masing, dengan selalu berbuat baik (tidak merugikan diri sendiri dan tidak merugikan makhluk hidup lain)....terima kasih......

    BalasHapus
  101. Kebenaran hanya ada satu, pilihannya hanya ada 2:

    1. Komunis / Atheis

    2. Beragama.

    1. Kalao komunis gak usah di bahas, udah jelas sekali mereka tidak meyakini keberadaan hidup setelah mati, karenanya seorang penguasa komunis yang sejati haruslah membantai semua rakyatnya yang bergama, seperti pembantaian yang dilakukan oleh Mao Zedong di China (1966-1976). Mengapa Zedong melakukan itu? Jawaban yang paling masuk akal dan logis adalah: Karena dia adalah Komunis Tulen, Komunis Thothok, atau Fanatik Komunis, atau Komunis Sejati, karenanya mereka membantai orang beragama yang meyakini kehidupan yang kekal dan lebih baik setelah kematiannya. Kenapa? Demi keadilan menurut pemahaman orang komunis, orang komunis hidupnya kan cuma di dunia ini, mengapa juga kemakmuran hidup di dunia ini masih juga harus dibagi dengan orang yang beragama yang notabene mempunyai kehidupan yang jauh lebih baik dalam kehidupan setelah mati, itulah mengapa kaum komunis sangat enteng sekali dalam membantai orang2 yang beragama, karena mereka hanya bermaksud "mengungsikan kehidupan kaum beragama ke alam lain sesuai dengan keyakinan kaum beragama, yaitu ada kehidupan setelah mati, bukan membantai kaum beragama".

    2. Bagi yang beragama, tentu harus mutlak mencari kebenaran, bukan asal grubyuk mengikuti "Agama warisan orang tua". Karena itu hanya ada satu agama yang memiliki kebenaran mutlak, karena gak mungkin ada 2 Tuhan atau lebih.
    Jadi tuisan di atas, "Bukan berniat mencampur adukkan ajaran agama. tetapi demi mencari kebenaran yang sejati, sehingga menambah kesungguhan usaha untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Dan Tuhan hanya ada satu, gak bisa ditawar-tawar.
    Karenanya setiap individu ditantang kemauannya untuk mencari kebenaran yang sejati itu, bukannya fanatik buta.

    -Satria Piningit-

    BalasHapus
  102. Dan di Islam ada hukum khisas, nyawa bayar nyawa, perempuan bayar perempuan, malu bayar malu, sangat adil, makanya orang Islam kalau melakukan tindakan yang anarkis, jelas salah.

    Contoh lagi, istri yang selingkuh, kemudian laki-laki selingkuhannya itu dibunuh secara semena mena dengan suami sahnya, ini jelas menyalahi hukum Islam, lha wong perempuan bayar perempuan kok malah dibayar nyawa, salah total.

    Mestinya laki-laki selingkuhannya ini mencari perempuan pengganti untuk disetubuhi oleh sang suami yang isterinya menyeleweng, ini baru hukum Islam yang hak.

    -Satria Piningit-

    BalasHapus
  103. Zina itu dalam artian yang tegas adalah:

    "Melakukan hubungan seksual yang berpotensi menimbulkan kejahatan atau merugikan pihak lain secara nyata / fisik"

    Kaum nudis di Amerika, kalau melakukan hubungan seks yang gonta-ganti ( free seks) hukumnya adalah HALAL 100%. Ini karena semuanya saling mengerti ( tahu sama tahu), tidak akan ada yang gusa atau protes apabila pasangannya di suatu hari keesokan harinya berganti pasangan, dalam kata lain takkan timbul penganiayaan / pemukulan / kejahatan karena pergantian pasangan tersebut.

    Demikian juga dengan pelacur, bukanlah termasuk zina, baik bagi yang menjual ataupun yang membeli, karena Allah menghalalkan jual beli.
    Mereka para pelacur tidak akan marah walaupun dalam satu kompleks pelacuran kalian gilir satu-persatu tiap malamnya, takkan ada yang protes karena merasa teraniaya.

    Enak lho jadi orang Islam itu, karena Allah meringankan hukum agama bagi manusia, karena manusia itu diciptakan dalam keadaan yang lemah.

    Wah, kalau manusia cuma dengan satu pasangan aja ya bosen to rek, masak kalah sama kucing, sedangkan kucing aja bisa bergonta-ganti pasangan dengan leluasa, padahal manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang paling mulia, kok malah terbatas sekali, salah.

    Mengapa bisa sangat terbatas? Ini karena adanya egoistik kaum perempuan yang tidak mau diduakan, padahal hak lelaki untuk menikah dengan 1 sampai dengan 4 orang istri bila sang lelaki mampu secara financial dan mampu untuk bersikap adil.

    -Satria Piningit-

    BalasHapus
  104. Jangan sekali-kali mengatakan:

    Islam adalah ajaran Muhammad, wah kalau begitu nanti akan timbul pengertian bahwa agama itu hanyalah sekedar buatan manusia belaka.

    Nah kalau demikian maka jadi gak karo-karoan akhirnya, sehingga lahirlah ajaran Islam yang tidak lengkap, alias dengan pemahaman yang dangkal.

    Lalu lahirlah:
    Islam ajaran Imam Samudara.
    Islam ajaran Osamah bin Laden.
    Islam ajaran Amrozy.
    Dan sebagainya.

    Makanya, janganlah kalian mengkultuskan manusia, bahkan rasul sekalipun. Pengkultusan terhadap rasul ini tidak membangun "kemandirian spiritual" sehingga begitu rasul wafat maka Islam terpecah dalam begitu banyak alairan dan mahzab.

    Ini karena kesombongan dan ego para pemeluknya terhadap manusia yang lain, termasuk diantara kaum Islam sendiri.

    Coba kalau Islam itu cuma bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, wah enak kan, gak perlu timbul banyak mahzab dan aliran.

    Inilah, kesombongan dan egoistik yang mengkin sekali disebabkan oleh adanya kepentingan-kepentingan duniawi, terutama sekali banyaknya pengikut, agar dia dapat memegang kekuasaan.

    -Satria Piningit-

    BalasHapus
  105. Jadi kesimpulannya:

    Blog ini bukan berniat mencampuradukkan ajran agama, MELAINKAN PROSES PENCARIAN KEBENARAN YANG SEJATI".

    Aku bukan pemilik blog, hanya pengunjung, dan bukan berniat membela blog ini, hanya ingin meluruskan saja.

    -Satria Piningit-

    BalasHapus
  106. tidak usahlah kita meributkan siapa sebenarnya Buddha itu,entah beragama MUSLIM atau tdk.. yg paling penting adalah menjalankan ajaran 'AGAMA" kita masing2 dg baik,jln yg bnr,tdk membenci,mencaci,merugikan makhluk hidup lain.. toh "SANG PENULIS" ini blm tentu kan bs menjalankan "AJARAN MUSLIM" dg baik?? jika sdh bnr2 menjalankan dg BAIK barulah bs mencari suatu "PEMBENARAN" itu.. "lbh baik tdk b'agama tp seorang itu bs menjalankan hidup didunia dg baik,tdk tercela,penuh kebaikan & cintakasih pd semua makhluk,tdk mencaci,memojokkan/bahkan mengadudomba,dll..drpd seorang itu b'agama tp tdk bs menjalankan hidupnya dg baik"

    manusia itu makhluk sempurna,tp knp dg kesempurnaan ini manusia itu tdk bs menjalankan dg baik,tp malahmembenci,membunuh.,dll..

    sekali lagi tdk usahlah menanggapi "ARTIKEL" ini dg EMOSI,berfikir positif ajalah,jalani hidup dg baik.. "NO ONE CAN PURIFY OTHER" (TUHAN,AGAMA,NABI,PENDETA,HAJI,PEMIMPIN AGAMA,DLL itu hanyalah suatu penafsiran MANUSIA itu sendiri,meskipun banyak orang2 yg menjadi seorang HAJI,PENDETA,dll g ada yg bs menyucikan oranglain,tp hanya DIRI KITA sendirilah yg bs menyucikan DIRI SENDIRI alias MANUSIA itu sendiri)
    toh percuma kan kl mengaku beragama tp kita menggembor2kan kebencian,kesalahpahaman yg berakibat saling mencelakai satu sm lain???

    BalasHapus
  107. Orang Islam yg ngoceh kaya gini nih sebenernya maunya pgn jd pnguasa abadi...sama aja jelek2in kaumnya sendiri...katanya "ghibah" (aib/buka2 urusan orang lain)...justru mnunjukkan KESERAKAHANNYA...pantas dibina(sakan)...pdhl jelas, sdh mngerti punya prinsip "Lakum dinukum wa liyadin" (untukku urusanku untukmu urusanmu)...ngapain NGACAK2 urusan pihak lain?
    Muhammad jg pengelana,melihat dan menelaah peradaban2 di masanya dan masa lampau...gk langsung dia mngangkat dirinya mnjdi raja yg punya hak penuh atas nama tuhannya...sah2 saja
    Gak ada gunanya sholat dan iman kalian hingga hari berbangkit,hidup di alam akhirat menurut kalian...Tajali sbg pahala tertinggi bagi penghuni surga???!!! Inilah salah satu makna suatu hari nanti "hilanglah mushaf2 Al Qur'an dan semoga hilang pula Hafidz2 dr golongan kalian" yg mnganggap kalian kaum musliminlah pemenang pada hari akhir...PRET!!!!
    Apa sengaja hendak memancing perselisihan? ngomong klo gtu maunya!

    BalasHapus
  108. Spawn coba ribut2

    BalasHapus
  109. hmmmmm coba gw nonton kera sakti lagi

    disitukan ada cerita perjalanan membawa kitab suci ke barat
    nah pengen lihat ulang sang budha tampangnya gimana

    sanchai.. sanchai.....

    *peace ah

    BalasHapus
  110. menurut seorang mufti alazhar syeh mahmud syaltout atau siapa gitu..budha memang termasuk nabi yang tidak ditulis di alquran... tetapi kalau dzulkifli.... saya kok tidak sepakat ya?...terlalu dipas-paskan....

    BalasHapus
  111. kontol kuda kalian semua

    BalasHapus
  112. mengelikan sekali tulisan ini,,,, waduh saya emang bukan orang yg beragama budha tapi saya tau bagaimana ajaran sang budha, g ada relevansinya bro,,,, waduh sebelum me posting sesuatu harap fikir2 dulu siapa tau rekan kita di agama budha jadi tersinggung

    BalasHapus
  113. fitnah jing, ajarannya jauh ya, klo sidharta gautama aja melarang pembunuhan makhluk hidup, sedangkan muslim itu membunuh hewan untuk ibadah, beda bgt

    BalasHapus
  114. sebaiknya agama ardhi (bumi) jgn menyombongkan diri dihadapan agama samawi (langit)

    BalasHapus
  115. yg bener ituu .. agama buddha lebih dulu ada sebelum agama islam .. dan ketika pangeran sidharta lahir , itu adalah kelahiran terakhirnya , dan tidak ada tunimbal lahir lagi ( kelahiran kembali) :)

    BalasHapus
  116. dalam agama Buddha telah diajarkan 5 pancasila, tidak membunuh tetapi dalam islam membunuh tidak diharamkan berarti dalam islam kanibal dihalalkan. dalam agama Buddha yang memiliki aliran dan cara yang berbeda dapat hidup rukun tanpa melakukan tindakan anarkis tetapi dalam islam terhadap aliran yang berbeda dianggap sesat, tempat ibadahnya dibakar, dan para penganutnya ada yang dibunuh, dalam islam mengaku babi diharamkan kenapa waktu wabah virus flu burung menyuntikkan vaksin yang mengandung babi diperbolehkan padahal diharamkan,berarti islam agama yang plin plan sedikit-sedikit haram. Berarti islam merupakan agama untuk orang yang tidak bermoral seperti yang membuat artikel tentang Sidharta ini.

    BalasHapus