Ternyata kerajaan Majapahit adalah kerajaan Islam


Kerajaan Majapahit Ternyata Kerajaan Islam Sejak Awalnya
Seorang sejarawan pernah berujar bahwa sejarah itu adalah versi atau sudut pandang orang yang membuatnya. Versi ini sangat tergantung dengan niat atau motivasi si pembuatnya. Barangkali ini pula yang terjadi dengan Majapahit, sebuah kerajaan maha besar masa lampau yang pernah ada di negara yang kini disebut Indonesia. Kekuasaannya membentang luas hingga mencakup sebagian besar negara yang kini dikenal sebagai Asia Tenggara. Namun demikian, ada sesuatu yang ‘terasa aneh’ menyangkut kerajaan yang puing-puing peninggalan kebesaran masa lalunya masih dapat ditemukan di kawasan Trowulan Mojokerto ini. Sejak memasuki Sekolah Dasar, kita sudah disuguhi pemahaman bahwa Majapahit adalah sebuah kerajaan Hindu terbesar yang pernah ada dalam sejarah masa lalu kepulauan Nusantra yang kini dkenal Indonesia. Inilah sesuatu yang terasa aneh tersebut. Pemahaman sejarah tersebut seakan melupakan beragam bukti arkeologis, sosiologis dan antropologis yang berkaitan dengan Majapahit yang jika dicerna dan dipahami secara ‘jujur’ akan mengungkapkan fakta yang mengejutkan sekaligus juga mematahkan pemahaman yang sudah berkembang selama ini dalam khazanah sejarah masyarakat Nusantara.

‘Kegelisahan’ semacam inilah yang mungkin memotivasi Tim Kajian Kesultanan Majapahit dari Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus Daerah Muhammadiyah Yogyakarta untuk melakukan kajian ulang terhadap sejarah Majapahit. Setelah sekian lama berkutat dengan beragam fakt-data arkeologis, sosiologis dan antropolis, maka Tim kemudian menerbitkannya dalam sebuah buku awal berjudul ‘Kesultanan Majapahit, Fakta Sejarah Yang Tersembunyi’. Buku ini hingga saat ini masih diterbitkan terbatas, terutama menyongsong Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Sejarah Majapahit yang dikenal selama ini di kalangan masyarakat adalah sejarah yang disesuaikan untuk kepentingan penjajah (Belanda) yang ingin terus bercokol di kepulauan Nusantara. Akibatnya, sejarah masa lampau yang berkaitan dengan kawasan ini dibuat untuk kepentingan tersebut. Hal ini dapat pula dianalogikan dengan sejarah mengenai PKI. Sejarah yang berkaitan dengan partai komunis ini yang dibuat di masa Orde Baru tentu berbeda dengan sejarah PKI yang dibuat di era Orde Lama dan bahkan era reformasi saat ini. Hal ini karena berkaitan dengan kepentingan masing-masing dalam membuat sejarah tersebut. Dalam konteks Majapahit, Belanda berkepentingan untuk menguasai Nusantara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Untuk itu, diciptakanlah pemahaman bahwa Majapahit yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia adalah kerajaan Hindu dan Islam masuk ke Nusantara belakangan dengan mendobrak tatanan yang sudah berkembang dan ada dalam masyarakat.

Apa yang diungkapkan oleh buku ini tentu memiliki bukti berupa fakta dan data yang selama ini tersembunyi atau sengaja disembunyikan. Beberapa fakta dan data yang menguatkan keyakinan bahwa kerajaan Majpahit sesungguhnya adalah kerajaan Islam atau Kesultanan Majapahit adalah sebagai berikut:

1. Ditemukan atau adanya koin-koin emas Majapahit yang bertuliskan kata-kata ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’. Koin semacam ini dapat ditemukan dalam Museum Majapahit di kawasan Trowulan Mojokerto Jawa Timur. Koin adalah alat pembayaran resmi yang berlaku di sebuah wilayah kerajaan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sangat tidak mungkin sebuah kerajaan Hindu memiliki alat pembayaran resmi berupa koin emas bertuliskan kata-kata Tauhid.

2. Pada batu nisan Syeikh Maulana Malik Ibrahim yang selama ini dikenal sebagai Wali pertama dalam sistem Wali Songo yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa terdapat tulisan yang menyatakan bahwa beliau adalah Qadhi atau hakim agama Islam kerajaan Majapahit. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Agama Islam adalah agama resmi yang dianut oleh Majapahit karena memiliki Qadhi yang dalam sebuah kerajaan berperan sebagai hakim agama dan penasehat bidang agama bagi sebuah kesultanan atau kerajaan Islam.

3. Pada lambang Majapahit yang berupa delapan sinar matahari terdapat beberapa tulisan Arab, yaitu shifat, asma, ma’rifat, Adam, Muhammad, Allah, tauhid dan dzat. Kata-kata yang beraksara Arab ini terdapat di antara sinar-sinar matahari yang ada pada lambang Majapahit ini. Untuk lebih mendekatkan pemahaman mengenai lambang Majapahit ini, maka dapat dilihat pada logo Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, atau dapat pula dilihat pada logo yang digunakan Muhammadiyah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Majapahit sesungguhnya adalah Kerajaan Islam atau Kesultanan Islam karena menggunakan logo resmi yang memakai simbol-simbol Islam.

4. Pendiri Majapahit, Raden Wijaya, adalah seorang muslim. Hal ini karena Raden Wijaya merupakan cucu dari Raja Sunda, Prabu Guru Dharmasiksa yang sekaligus juga ulama Islam Pasundan yang mengajarkan hidup prihatin layaknya ajaran-ajaran suf, sedangkan neneknya adalah seorang muslimah, keturunan dari penguasa Sriwijaya. Meskipun bergelar Kertarajasa Jayawardhana yang sangat bernuasa Hindu karena menggunakan bahasa Sanskerta, tetapi bukan lantas menjadi justifikasi bahwa beliau adalah seorang penganut Hindu. Bahasa Sanskerta di masa lalu lazim digunakan untuk memberi penghormatan yang tinggi kepada seseorang, apalagi seorang raja. Gelar seperti inipun hingga saat ini masih digunakan oleh para raja muslim Jawa, seperti Hamengku Buwono dan Paku Alam Yogyakarta serta Paku Buwono di Solo. Di samping itu, Gajah Mada yang menjadi Patih Majapahit yang sangat terkenal terutama karena Sumpah Palapanya ternyata adalah seorang muslim. Hal ini karena nama aslinya adalah Gaj Ahmada, seorang ulama Islam yang mengabdikan kemampuannya dengan menjadi Patih di Kerajaan Majapahit. Hanya saja, untuk lebih memudahkan penyebutan yang biasanya berlaku dalam masyarakat Jawa, maka digunakan Gajahmada saja. Dengan demikian, penulisan Gajah Mada yang benar adalah Gajahmada dan bukan ‘Gajah Mada’. Pada nisan makam Gajahmada di Mojokerto pun terdapat tulisan ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’ yang menunjukkan bahwa Patih yang biasa dikenal masyarakat sebagai Syeikh Mada setelah pengunduran dirinya sebagai Patih Majapatih ini adalah seorang muslim.

5. Jika fakta-fakta di atas masih berkaitan dengan internal Majapahit, maka fakta-fakta berikut berhubungan dengan sejarah dunia secara global. Sebagaimana diketahui bahwa 1253 M, tentara Mongol dibawah pimpinan Hulagu Khan menyerbu Baghdad. Akibatnya, Timur Tengah berada dalam situasi yang berkecamuk dan terjebak dalam kondisi konflik yang tidak menentu. Dampak selanjutnya adalah terjadinya eksodus besar-besaran kaum muslim dari Timur Tengah, terutama para keturunan Nabi yang biasa dikenal dengan ‘Allawiyah. Kelompok ini sebagian besar menuju kawasan Nuswantara (Nusantara) yang memang dikenal memiliki tempat-tempat yang eksotis dan kaya dengan sumberdaya alam dan kemudian menetap dan beranakpinak di tempat ini. Dari keturunan pada pendatang inilah sebagian besar penguasa beragam kerajaan Nusantara berasal, tanpa terkecuali Majapahit.

Inilah beberapa bukti dari fakta dan data yang mengungkapkan bahwa sesungguhnya Majapahit adalah Kesultanan Islam yang berkuasa di sebagian besar kawasan yang kini dikenal sebagai Asia Tenggara ini. Sekali lagi terbukti bahwa sejarah itu adalah versi, tergantung untuk apa sejarah itu dibuat dan tentunya terkandung di dalamnya beragam kepentingan.

Sumber

227 komentar:

  1. Aduh....Anda lebih baik membaca sejarah dengan betul dulu Bung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kata guru sejarah ane emg bener aslinya islam... cuma ama oknum2x ga bertanggungjawab dijadiin hindu dah

      Hapus
    2. oknum2x ga bertanggungjawab dijadiin hindu dah..."ente sekolahnya di pesantren? ya iyalaaaah....

      Hapus
    3. cuma orang" pesantren yang berani mengubah sejarah indonesia :v, memutar balikan fakta,

      cuma di pesantren yang ada pelajaran untuk merakit BOM

      cuma di pesantren yang ada pelajaran jadi TERORIS

      Hapus
    4. coba anda pelajari undang-undang majapahit d sana bs anda lihat hukum agamanya bnyk bersumber dari hukum islam...
      jd anda bs berkesimpulan sendiri jk undang2nya saja mggunakan hukm islam trus kerajaan itu kerajaan apa?
      silahkan anda fikirkan sndiri whai insan yg berpendidikan...
      wajar jika pesantren bljr meakit bom krn amerika dkk sdh membuat nuklir...

      Hapus
    5. kalau blog ini memuat fakta2 sejarah, belum dapat disimpulkan bahwa Majapahit kerjaan Islam. Karena banyak juga fakta2 sejarah yg menunjukkan Majapahit itu kerajaan Hindu. Yang jelas fakta sejahrah juga menunjukkan bahwa Kerjaan majapait itu kerajaan Besar. Kerajaan yg menganut nilai2 pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Ada fakta Hidu Budah yg toleran terhadap agama lain. maka tidak khayal kalau ada uang yg berlaku pada jaman itu adalah uang berhuruf Arab. Mungkin juga pada Jaman Majapahit sudah banyak ada agama di wilayah Majapahit, sehingga perlu ada Hakim agama Islam. Kesimpulannya Majapahit adalah Kerjaan islam masih lemah.

      Hapus
  2. min kalo sedang stress ada banyak tuh Rumah sakit jiwa terdekat,,, ente stress malah bikin blog dengan brita aneh2 ttg islam,,,, terbukti iri dengki bisa menyebabkan orang jd gila,,,,admin blog ini salah satunya,,,anggota gerombolan orang2 paranoid parah dalam faithfreedom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Anda sendiri yang stress ya????????????!!!!1..,udah jelas banyak data dan fakta kalau kerajaan Majapahit adalah kerajaan Islam..,Hati-hati sikap anda ini terhadap Islam!!!..,

      Hapus
    2. muslim stress karena tidak punya sesuatu yang bisa dibanggakan, akhirnya mengklaim milik orang lain

      Hapus
    3. Anda mengkomentar sesuatu yang membuat pertengkaran antar agama,menurut saya si admin ini tidak salah,dia hanya memberikan bukti2 saja, dan anda berkomentar seperti itu,terutama komentar anda yang

      "muslim stress karena tidak punya sesuatu yang bisa dibanggakan, akhirnya mengklaim milik orang lain" anda sama saja menghina agama lain.

      Hapus
    4. sudah jangan berhayal karena pembikin blog ini punya kepentingan saya mau tanya apakah koin tersebut ada identitas majapahitnya dalam tulisan arab dibalik uruf tauhid ataukan sebuah atau sekeranjang uang yang jatuh saat pedagang muslin bertransaksi. berikutnya coba baca buku slametmulyana disana dipaparkan bahwa raden patah tidak mau bertemu dengan ayahnya yaitu raja kertabhumi karena raden patah tidak mau sungkem dengan raja yang non muslim, ini menandakan bahwa raja sebeluh majapahit diruntuhkan demak adalah beragama bukan muslim jadi kesimpulan bahwa majapahit adalah kesultanan islam sangat lemah dan mengada ada dan memicu penyelewengah sejarah

      Hapus
  3. ngaco ah....
    pas jaman majapahit tu ada 2 pemuka agama yang duduk disamping raja, pendeta hindu & biksu buddha tantrayana. bukan ulama muslim...agama yang dianut oleh penduduk majapahit adalah siwa buddha

    dijaman majapahit itu islam dah masuk & siwa buddha adalah agama yang toleran, makanya ga heran ditemuin huruf2 arab...
    uang yang bertuliskan arab kemungkinan memang dipake, toh saat itu banyak pedagang dari gujarat yang memakai bahasa arab :p

    kalo majapahit kerajaan islam, kenapa bisa ada peninggalan berupa candi2 dan arca raja2 majapahit dirupakan sebagai dewa? nama2 gelar majapahit juga hindu...
    hayoooo makanya jangan ngaco ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini orang kayaknya ndak tahu sejarah apa ndak pernah kasi pelajaran sejarah ttng majapahit, mmng islam mengenal candi,itu buktinya bahwa kerajaan majapahit itu kerajaan hindu terbesar pada masanya trs datang islam yang menghancurkan peradaban jawa hingga saat ini terus bikin onar itu baru benar

      Hapus
    2. suatu saat semua kebenaran akan tebuka dengan sendirinya ,,,,,,

      Hapus
    3. peradaban jawa hingga saat ini bikin onar? bikin onar sebelah mananya?

      Hapus
    4. KEN ARYO DAMAR16 Januari 2013 20.23

      emangnya kalau kerajaan MAJAPAHIT itu kasultanan, terus mau apa ? itu ngg siknifikan. yang penting, trend sekarang, apakah kita para hamba ALLaaH benar-benar tunduk patuh kepada NYA (Tuhan yang ESA)===> No Syirik biLLaaH, No mengandalkan Jimat, No berkooperatif dg. Dukun la'nat, No Hura-hura Conser, No Rebutan Jabatan, No MEROKOK/NARKOBA,No gemar SEPAK BOLA (karena banyak Mudlaratnya), min Husni Islamil mar-i, TARKUHU MAA LAA YA'NIHI ! AYO RAME-RAME kita HIJAUKAN (ISLAMKAN) negeri Nusantara yang kita cintai ini !!!!

      Hapus
    5. wah,bener tu peradaban jawa dibuat onar sama arab sialan,terbukti dari kalender jawa dengan kalender arab .kalender jawa 1946 dan arab 1436,dan setiap perayaan tahun baru selalu mengikuti penangalan arab,jadi dimana jati diri bangsa indonesia yang mayoritas org jawa kok perayaan ngk ikut penangalan jawa!! dan 1 lagi tulisan arab dan tulisan jawa hampir persis huruf ny.apa bener orang jawa yg ikut tulisan arab !!

      Hapus
  4. Seorang sejarawan pernah berujar bahwa sejarah itu adalah versi atau sudut pandang orang yang membuatnya
    benar bung sprt yang anda lakukan skr ini..
    pke ilmu "mekso" y bung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seorang sejarawan pernah berujar bahwa sejarah itu adalah versi atau sudut pandang orang yang membuatnya
      benar bung sprt yang anda lakukan skr ini..

      bukankah disitu anda sendiri yg menyebutkan bahwa sejarah itu adalah versi atau sudut pandang orang yg membuat? jadi ya bukan berarti "mekso" to bung? kalau "mekso" itu kan mengharuskan orang lain untuk percaya, lha kalau ini kan cuma hasil pengamatan seseorang yg tidak meminta ato mengharuskan orang lain untuk percaya. mau percaya ya silahkan, kalau gak percaya juga silahkan. gitu aja repot.

      Hapus
  5. Kalau ini sampai dipublikasi resmi seperti ini, berarti agama anda dalam ketakutan bahwa Hindu Budha akan bangkit lagi sebagai bentuk kesadaran bahwa mereka telah dibodohi dan diperdaya oleh si murtad Raden Patah. Sudah banyak yang akhirnya dibangunkan dari pembohongan seperti ini. Rahayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rahayu, idem dengan pendapat anda.

      Hapus
    2. rahayu juga :D

      Hapus
    3. Nuswantara jaya,Rahayu :)

      Hapus
    4. seperti yg admin lakukan dengan menulis majapahit sebagai kerajaan Islam dan kalian menganggap raden patah itu murtad. kalian tidak percaya bahwa majapahit itu kerajaan Islam so kenapa kami harus percaya kalau raden patah itu murtad? kalian minta bukti ttg kebenaran isi blog ini trus apa kalian bisa buktikan kalau raden patah itu murtad? kalau cuma berdasarkan kata2 sesuka hati kalian sich apa bedanya antara admin blog ini sm diri kalian sendiri? ngaca donk? :P

      Hapus
    5. kalo ade ye itu orang bilang kerajaan majapahit itu kerajaan MUSLIM [ISLAM] ane kagak percaye ye ane orang muslim tahu ape die udeh jng diladeni itu orang streeeees campur G I L A

      Hapus
    6. Rahayu. Mari kita kembalikan Kejayaan Nusantara kita. Lawan kebathilan, Tuhan pasti membela.

      Hapus
    7. KEN ARYO DAMAR16 Januari 2013 20.34

      hey rahayu keturunan tuyul, nenek moyangmu kan bangsa hewan sejenis ular dumung, jangan ngawur nulis pikiran bejatmu !!!!!! dasar bukan manusia !!!!

      Hapus
    8. muslim tidak memiliki apapun yang bisa dibanggakan, akhirnya mereka berusaha merampok/mengklaim budaya orang lain sebagai milik mereka sendiri

      Hapus
    9. Siapa bilang muslim tidak punya sesuatu yg dibanggakan? Pada masa Bani Abbasiyah adalah salah satu zaman kejayaan islam. Di sana para ilmuwan islam berjaya, contohnya Ibnu Sina yg jstru di Eropa tuh diganti dan diklaim namanya menjadi Avicena. Al-Khawarizmi sbg penemu ilmu AlJabar. Al Falaqi sbg ilmuwan mengenai astronomi. Sblm islam datang, keadaan Arab tuh terpuruk! Kejahilan, kebodohan, kebatilan, dan homo maupun lesbi itu merajalela. Allah mengutus Nabi kita, Muhammad untuk meluruskan masyarakat pada zaman jahiliyah itu! Semua ilmu maupun tatanan hidup manusia semua bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah, Al-Qur'an diturunkan sbg petunjuk yang benar!

      Hapus
    10. trus kalo di indonesia apa ??? jadi TERORIS di negara sendiri ? membunuh karena beda agama ? perangnya di afganistan kok ngebom nya di indonesia ? indonesia salah apa gan ?

      Hapus
    11. Koin sudutnya ada 8 padahal itu lambang majapahit ..9 penjuru mata angin di tengah bersemayam siva dan itu ada di Bali ketika orang orang Hindu ( dulu tidak di kenal Hindu tapi kejawen) jawa lari ke Bali dan tidak sesuai dengan budaya bar bar itu adalah DEWATA NAWA SANGA 9 penjuru mata angin para dewa, kalau mau lihat sejarah Jawa datang ke Bali di pelosok pelosok banyak bertebaran lontar lontar leluhur orang Bali seperti arya arya, dan keturunan raja raja

      Hapus
  6. kebanyakan nonton sinetron wali songi kekna ini

    BalasHapus
  7. Islam bisanya klaim doang . . Sejarah yg udah ada diubah ubah . . .fuck for admin blog

    BalasHapus
  8. Kerjaan islam emang gini: Klaim sain, kalim matematika, klaim peninggalan sejarah, klaim kebesaran orang lain padahal terbelakang

    BalasHapus
  9. Karna tidak ada yang bisa dibanggakan dari islam selain kekerasan dan kebodohan ala arab

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa u gak mikir? ato gak punya pikiran? sapa yg tercatat sebagai penjajah didunia? apa Islam ato arab pernah menjajah negara lain? bukankah yg suka menjajah itu nonmuslim? so ya yg suka kekerasan ya nonmuslim. gimana sih jadi orang kok dak bisa mikir gitu. bodoh kok dipelihara.....:P

      Hapus
    2. Goblok lu baca sejarah dong, khalifah umar tuh dibunuh ama orang persia gara2 negerinye dijajah islam.

      Hapus
    3. memang benar, lihat saja peradaban-peradaban besar yang ada di dunia justru terpuruk setelah jatuh ke tangan islam. contohnya mesir, irak (babylonia), iran (persia)

      Hapus
  10. lihat saja di blog ini semua di klaim..sampai2 facebook juga. Ketawa guling2..islam memang lucu koyok anak TK..kekekekek

    BalasHapus
  11. Tidak ada penemuan Islam yang bermanfaat bagi manusia selain ajaran gersang penuh kebencian terhadap mahluk diluar islam dan dogma2 arabisasi atas nama Allah..ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua penemuan yg loe nikmati saat ini berasal dari Qur'an. dasar goblok!!!!!!!

      http://koespiadi.dosen.narotama.ac.id/2012/02/08/teknologi-ilmu-teknik-sipil-dalam-al-quran/

      http://cyberdakwah.net/10-fakta-ilmiah-dalam-alquran-yang-terbukti-kebenarannya/

      http://www.keajaibanalquran.com/

      Hapus
    2. lebih baik kamu mati aja biar tahu siksa neraka jahanam,,

      Hapus
    3. Ngawinin mantu sendiri dan pedopil yg nemuin dedengkotnye islam, si muhammad saw (sange ama wedhok)

      Hapus
    4. "penemuan" islam yang betul2 nikmat adalah poligami (pesta sex cap halal), kawin siri (selingkuh cap halal), kawin kontrak/mut'ah (sex short time cap halal)

      Hapus
  12. SUNGGUH TAK TAHU MALU..ckckckck

    BalasHapus
  13. Para komentator semua, boleh-boleh saja anda tidak sependapat dengan isi artikel tersebut, tetapi sangat tidak etis kalau kemudian menjelek-jelekkan (agama) Islam. Saya sendiri juga meragukan kebenaran isi artikel (dan buku) ini. Berbeda pendapat itu wajar-wajar saja gitu lho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang nulis kan kaum ente ?...dasar gerombolan nyimeng otak onta.

      Hapus
    2. ak nggak jelek2in kaum kalian kok, cuman ya kalo bikin artikel jangan ngaco kali...malu2in aja

      Hapus
  14. ya.. biarkan orang berkata apa, yang penting kita semua sudah tau apa dan bagaimana itu kerajaan majapahit.

    BalasHapus
  15. Yang buat Blog ini stres bin gendeng

    BalasHapus
  16. Siafa yang berani bantah Majapahit kerajaan Islam?
    Siafa yang berani nyuruh ane belajar lagi sejarah?

    Minta ane fentung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane yg berani bantah ente
      Ane yg nyuruh belajar lagi sejarah, belajar sejarah sumbernya apa aja? Jgn dari satu pihak! jgn cuma ngechange sejarah!

      Fentung aja kalo bisa, paling" ente jatuh duluan sebelum ente fentung

      Hapus
    2. Dalam islam tuhannya kan tdk boleh berwujud. Yang di majapahit tu arcanya orang kafir. Jadi ente jgn ikut jd orang kavfir.biarkn kami orng kafir yg memilki peninggalan bersejarah.Dah jelas kerajaan hindu

      Hapus
    3. Habib Rizieq jgn ngebom candi lg y jika ngk ada bukti kuat tu kerajaan islam ,di afganistan patung buddha dibom,untuk menghilangkan sejarah disana .sebenarnya yg sesat sapa y

      Hapus
  17. yang nulis blog dah pernah maen ke museum ato belum sih?
    liat aja tuh, peninggalan2 kerajaan majapahit berupa patung2 dewa dewi hindu & patung buddhanya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya ga pernah maen kemuseum, sukanya kekebon binatang, ketemu kembarannya

      Hapus
    2. dalam Islam manusia itu bkn hasil evolusi dari mahluk lain justru agama lain yg blg kalau manusia itu evolusi dari mahluk lain. jadi yg kembarannya binatang itu ya agama loe yg percaya evolusi bukan Islam. goblok kok dpelihara.

      Hapus
    3. ia kembarannya si unta

      Hapus
  18. bentar lagi sumpah gajah mada bukan pake buah maja tapi buah kurma plus kencing onta buat ngobatin gendengnye umat muhammad saw (setan arab wueeddaann)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakailah ILMU dan ETIKA ketika berbicara, jangan cuma bisa MENGKRITIK orang lain. KRITIKLAH diri sendiri.

      Hapus
    2. mereka kan gak punya etika karena yg mereka punya cuma sumpah serapah. mungkin diagama mereka cuma diajarin buat menghina agama lain karena yg gendeng and edan ya mereka sendiri, benda mati kok dipuja n disembah? secara logika kan Tuhan yg menciptakan manusia, eh mereka malah membuat patung Tuhan mereka yg mereka sembah.

      Hapus
    3. wah, baru tau tuch kalau kalian suka main kencing, pantes aja di india sana kencing sapi dijadikan minuman. kalau kalian sendiri kencing apa? babi dan anjing ya?

      Hapus
    4. elo boleh hina gue, tp kalo elo hina Islam dan Nabiku Muhammad SAW, maka sampe kiamat akan gue kejar

      Hapus
    5. SAW : SEX AFTER WAR

      Hapus
    6. Buset! benar banget!
      si muhammad SAW sehabis menang perang emang suka memperkosa wanita2 di daerah yang ditaklukkannya...

      Hapus
    7. @Anonim24 Februari 2013 21.29
      kejar gw dong, kalo berhasil bisa masuk surga plus-plus yang ada bidadari2, ngesex brg deh
      wakakaakkakak

      Hapus
    8. SAW : Sebenarnya Aslinya Waria

      Hapus
  19. kata menteri agama umat islam makin merosot baik populasi dan kepercayaan thd agamanya krn semakin terjepit dgn menyebarnya agama hindu di nusantara ,, mana mungkin islam membuat patung kala yg menyeramkan musrik baginya ,, pelan tapi pasti islam akan kembali ke hindu ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju gan, mari kita dirikan kembali kerajaan majapahit Hindu di tanah indonesia ini!!!!

      Hapus
    2. ngarep banget sich? :P

      Hapus
    3. ditunggu kerajaan hindu yg baru di Indonesia, jgn cm bsr mulut doank.

      Hapus
    4. Hidup Majapahit!!!!!

      Hapus
    5. Neo Majapahit. Kita bangun peradaban baru di Nusantara.

      Hapus
    6. Aq orang muslim tapi aq cinta hindu, bagi aq hindu it damai

      Hapus
  20. HOAXXXX!!!! 1000% dungu ente ini
    baru bangun dr tidur yaa

    BalasHapus
  21. 1000% ente dungu dari bukti apa ente bs katakan majapahit adalh kerajaan islam,?? islam agama baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejayaan Islam sudah ada sejak sekitar 700 M (masa kejayaan bukan masa munculnya Islam so secara logika kalau sekitar 700 M saja Islam sudah jaya berarti Islam muncul sebelum 700 M)sementara majapahit baru berdiri sekitar 1293 hingga 1500 M berarti Islam sudah ada sebelum majapahit ada. so, yg dungu sapa? yg baru yg mana antara Islam dan majapahit?

      Hapus
    2. kejayaan di andalusia. kalau ente kelewat dungu sampe gak tau andalusia dimana, ente cari aja spanyol.

      Hapus
  22. ha... ha... ha..., baru ketemu blog model begini, ini perlu di daftarkan ke MURI sebagai blog paling ngawur se dunia.

    BalasHapus
  23. mungkin isi blog ini tidak 100% kebenarannya, tapi jangan pernah menghina Ajaran Agama Islam. Apakah di keyakinan atau agama kalian di ajarkan untuk menghina suatu ajaran Agama? kalau memang blog ini terdapat kesalahan kalian beritahukan atau tegur secara baik2 dengan kata kata yang sopan dan santun seperti yang telah diajarkan agama kalian masing masing. Bersikaplah Bijaksana!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, ternyata justru di agama lain itu yg mengajarkan untuk menghina agama Islam. pada gak pd kale dg agamanya sendiri.

      Hapus
    2. baru baca tulisan seperti itu aja sdh pada kebakaran jenggot, masih pada tdk terima dengan eksistensi Islam di Indonesia?

      Hapus
    3. Setuju dengan Bung : Anonim12 September 2012 00.27

      Hapus
    4. trus apa di islman di ajarakan untuk nipu kyk gini, menyebarkan berita HOAX ? bangga gtu :v

      maka jangan slahka umat lain yang tersinggung ama tulisan BLOG ini yang sekan mekasa banged untuk di kalin oleh umat muslim

      kalo bukan karen tulisan HOAX dari blog ini, hinaan dan ejekan ga akan pernah terlontar

      Hapus
    5. Heh anak tolol..
      sejarah itu emg bsa berubah sesuai pandangan kita masing2 truss knp lo ngehina islam..
      toh ni org yg buat blog bikin artkel sesuai sudut pandang dia..napa lo sewot org berpendapat itu bebas..
      dan itu di jamin negara..

      agama anda untuk anda dan agama kami untuk kami..
      bungkam mulut mu urus dirimu sendiri..

      Hapus
    6. lah itu uda tw agamaku agamaku agamamu agamamu , tapi kok peninggalan sejarah milik agama yang lain di klaim jadi milik sendiri ? pake ilmu cocoklogy, trus qt" ga bole meluruskan sejarah yang ada gtu ? apa di biarkan saja sejarah dibelok"n seenak udel kyk gini ?

      jadi yang tolol siapa skarang ?

      kalo mw dakwah, dakwah yang baik , emang di islam di ajarakan putar balikan sebuah sejarah ? klaim sejarah orang jadi milik sendiri ? malu coy --" bukannya mengharumkan nama islam malah bikin malu aja

      Hapus
  24. bukan menghina islam, tapi ingatkan kembali ajaran islam, "
    agamamu adalah agamamu, agamaku adalah agamaku"
    jangan meracuni agama lain dengan blog seperti ini.
    lambang di uang itu ada karena islam sudah masuk ke bumi nusantara. sebelum ada uang kan ada sistem barter. islam itu masuk ke bumi nusantara hanya utk mengklaim milik masyarakat Hindu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, ini buat semua pengunjung blog ini, baik yang muslim atopun agama lainnya. tolong jangan sambil menghina agama lain. kita disni hanya untuk meluruskan fakta & kebenaran yang dirusak oleh pemilik blog ini.
      Raja Asoaka pernah berkata
      "Hormatilah gama lain, apabila kamu menghina agama lain, maka kamu menghina agamamu sendiri..." Raja Asoka beragama buddha, sedangkan negeri india banyak hindunya, dengan kebersamaan maka akan tercipta kedamaian.
      lihat aja sekarang, pernah denger hindu & buddha ribut????

      Hapus
    2. kalau budha membunuh Islam sich pernah denger. tuch di myanmar.

      Hapus
    3. Anonim21 November 2012 22:20
      kalau budha membunuh Islam sich pernah denger. tuch di myanmar.

      itu HOAX, cuman rusuh antar etnis, tapi dikobar2in ricuh agama, biasa....tukang cari2 perkara sih....

      Hapus
    4. jangan sampai terpancing,, kita hidup di negara yang menghormati kerukunan beragama,terlepas benar atau tidak...ingat kita tetap macan asia,,jangan sampe kita bercerai,,rapatkan barisan untuk indonesia bersatu,,,merdeka,,

      Hapus
  25. waduh salut aku sama ilmu nya admin ini.hebat betul,intelektual luar biasa,jebolan mana dia ini.aku mau ikut belajar,aku angkat topi dan 2 jempol untuk kedunguan anda min

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau belajar, belajarlah dari para ilmuwan di andalusia yang menguasai begitu banyak bidang ilmu dimasa itu dan sadari kedunguan anda sendiri sebelum mengatakan orang lain dungu.

      Hapus
  26. hihihihihi mana tulisan arabnya??? yang ada malah gambar dewa2 hindu tuh :D
    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4b/Surya_Majapahit_Diagram.svg/330px-Surya_Majapahit_Diagram.svg.png

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa gak liat tulisan arabnya? waduh kayaknya mata loe parah bgt dech sakitnya, mending pake kacamata aja or jangan2 loe gak tau tulisan arab itu seperti apa????? ckckckck.....

      Hapus
    2. tulisan arabnya itu editan sotoshop kaleeee

      Hapus
    3. pothoshop tuh....
      bego aja yang percaya...

      Hapus
  27. Sepertinya lebih banyak simbol hindu atau budha dan telah menjadi kesepakatan para pakar.

    Berbeda dengan kordoba yang pada jaman dahulu pernah menjadi negara Islam namun sekarang sedikit sekali peninggalannya setelah diduduki Eropa. Namun masih banyak referensi yang dapat dipercaya bahwa dulunya kordoba (sekarang spanyol) adalah negara Islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, bahkan pada masa itu eropa saja mengagumi para ilmuwan Islam dan menterjemahkan beberapa buku ilmuwan Islam kedalam bahasa latin.

      Hapus
    2. jilbab tu apa budaya islam,sejak dahulu india yang menganut agama hindu dah pake jilbab ,bisa bisa ny y islam jadikan jilbab sebagai bagian dr agama,memang lidah manusia muda berkelit

      Hapus
  28. gimana kalo gw besok ngaku2 hindu lalu buat artikel klaim ini dan itu?
    pikir pake otak lah njengg

    BalasHapus
  29. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. -_-

      udah pake bukti yang bener2 nyata lo diatas kalo majapahit tu kerajaan islam...
      kok masih ngeyel aja...

      Hapus
    2. mereka emang gitu, jelas2 mereka yg gak suka Islam n sering melecehkan serta menghina Islam. padahal banyak orang di eropa sana yg mengadakan penelitian berdasarkan Qur'an. aku punya banyak teman non muslim tapi mereka gak kyk dsini yg suka menghina atau jangan2 mereka cm pura2 baik aja ddepan. mungkin aja di agama mereka di ajarkan untuk menghina agama lain.

      Hapus
  30. Mohon maaf ada kesalahan,bukan nabi ismail tapi nabi sulaiman AS yang menjadi otak pendirian candi borobudur!!
    Berdebatlah dengan akal sehat!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Mohon maaf ada kesalahan,bukan nabi ismail tapi nabi sulaiman AS yang menjadi otak pendirian candi borobudur!! Berdebatlah dengan akal sehat!!!"

      pernyataan yang amat sangat bagus dari seseorang yang katanya ngaku2 mahasiswa sejarah...
      Woooowwww......
      ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
      hooo, jadi nabi sulaiman pake mesin waktunya doraemon pas bikin borobudur gitu? candi borobudur didirikan sekitar abad ketujuh masehi, sedangkan nabi sulaiman hidup sebelum jaman yesus, dengan kata lain sebelum masehi...beda berapa abad ya???

      Hapus
    2. Iya TU....... Mahasiswa tapi kok goblok...,, mikirlah..,.

      Hapus
    3. Belajar ama nabi muhammad sih, jadi kayak onta tuh otaknye

      Hapus
    4. Agama yang pertama itu hindu

      Hapus
  31. Memang dari buku babat Jawa, Majapahit menjelang keruntuhannya menjadi kerajaan Islam yang disebut cikal bakal berdirinya Kerajaan Demak. Di mana anak dari Raja Kerajaan Majapahit setelah masuk agama Islam, tega menyerang orang tuanya sendiri yang beragama Hindu sehingga keluarga Kerajaan selain anak durhaka itu melarikan diri ke arah timur menjadi cikal bakal Kerajaan-kerajaan di Bali. Jadi memang betul pada akhir Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan Islam, dalam arti Islam telah menghancurkan sebuah Kerajaan Hindu terbesar di Asia Tenggara sampai ke akar-akar kebudayaan tanpa sisa sehingga peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit itu bernuansa Islami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tercatat di serat darmogandul....

      Hapus
    2. wah, jadi begitu, ana garis bawahi dikit deh

      "Di mana anak dari Raja Kerajaan Majapahit setelah masuk agama Islam, tega menyerang orang tuanya sendiri yang beragama Hindu"

      mantebs nih agama :) brainwashnya emang dr dl terbukti.

      Hapus
    3. anaknya masuk ajaran sesat makanya tega ngebunuh orang tuanya sendiri,.

      Hapus
    4. siapa orang tua itu?

      Hapus
    5. bapak= Brawijaya
      anak=Raden patah
      sianak kudeta kerajaan bapaknya

      Hapus
  32. sangsi dengan niat dan agama penulis seperti kaum belanda zaman penjajahan...

    * seyum2 aja deh bacanya

    BalasHapus
  33. baca ini http://www.scribd.com/doc/43812481/1/RUNTUHNYA-MAJAPAHIT-1-Oleh-Damar-Shashangka

    BalasHapus
  34. tadi pagi berangkat kantor, dijalan kejebak macet...damn, biasanya aaj ga macet, kenapa ini!!!!
    ini pasti KONSPIRASI ZIONIS!!!!

    nyampe kantor njajan dulu beli kue, eh keselek, kenapa ini???
    ini pasti KONSPIRASI ZIONIS!!!!

    buka2 gugel nemu blog lucu ini sampe bikin aku ngakak sakit perut, ada apa ini???
    ini pasti KONSPIRASI ZIONIS!!!!

    yang punya blog pasti orang ZIONIS!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. zionis yahudi kangmas...

      Hapus
    2. Yah... Zionis Majapahit.

      Hapus
  35. terlalu mendewakan budaya bangsa lain. makanya gila....

    BalasHapus
  36. Allah mengetahui apa yang tidak kamu ketahui

    BalasHapus
  37. Peninggalan Kerajaan Majapahit 100% adalah Patung Brahma , Wisnu, Siwa, penduduk majapahit menganut Hindu Sivaisme [ termasuk kakek saya asli Tengger ] :) menurut sejarah, saat Raden Patah berencana mengislamkan penduduk Trowulan, beberapa keluarga ada yang melarikan diri ke Tengger, Banyuwangi, dan Bali, itu sebabnya di Tengger dan Banyuwangi dan Bali banyak warganya beragama Hindu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice info, thanks :D

      Hapus
  38. gitu aja kok repot.....

    BalasHapus
  39. blog menyesatkan,.
    jangan diikutin

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus diikutin bro, lumayan buat ketawa2
      wakakakakkakak

      Hapus
  40. klu majapahit itu kesultanan islam knp brawijaya di musuhi berarti orang islam suka berperang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. islam memerintahkan menjamin kedamaian, apa yang dirasakan jujur dalam hati anda bila orang tua anda dibunuh penjahat??..

      Hapus
  41. knpa kt ska pd budaya arab sedang bangsa arab sng pd kekafiran dan dan kemunafikan kenapa harus di contoh .................

    BalasHapus
    Balasan
    1. islam bukan arab, arab bukan islam

      Hapus
    2. Orang arab munafik, bukan menjelekin tpi nyata

      Hapus
  42. Hoalah..rek'' opo to jane seng didebatne ki...
    Kok podo udur''an...?
    Kok koyo ra enek seng di bahas ae..
    Seng pinter sak iki podo keminter..
    Seng ngerti kok podo kemlinti..
    Ra sah debat...rek''..?

    BalasHapus
  43. TURUT BERDUKA AJA KALO CUMA MASALAH KAYAK GINI AJA UDAH PADA RIBUT. GIMANA INDONESIA BISA MAJU. BIARLAH ORANG BERPENDAPAT, SALAH ATAU BENAR KAN YA WAJAR.

    BalasHapus
  44. Assalamu'alaikum,
    admin,
    sudahlah tak usah dilayani si anonim ini.
    sudah jelas anonim... kok dilayani. delete aja.
    ini blog dikhususkan untuk orang2 yg gentle...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya pahami dulu apa gentle itu...
      kalo gentle yang kisanak maksud itu gentleman, kisanak salah besar.
      gentle berarti lembut :D

      Hapus
    2. lalu kenapa harus anonim ?
      apakah lembut itu salah satuny malu menunjukkan identitas ?

      Hapus
  45. bagi yg masih belum percaya, klo kerajaan Majapahit itu adalah Kerajaan Islam, silahkan datang sendiri ke Trowulan Mojokerto,JATIM..

    BalasHapus
  46. Wah lu belum pernah belajar sejarah kali ya majapahit itu kerajaan buddha

    BalasHapus
  47. Tahun 1447 pada masa2 akhir Majapahit di pimpin oleh Raja Kertawijaya, dan Raja Kertawijaya memang masuk Islam atas saran dari istri nya Darawati (putri dari Champa). Raja Kertawijaya adalah paman dari Sunan Ampel (Wali Songo). Lalu tahun 1451 Raja Kertawijaya dibunuh dan digantikan oleh Rajasawardhana, yang menghalangi penyebaran Islam di Majapahit. Tahun 1478 Kerajaan Islam Demak yang didirikan oleh Raden Patah (atau Fattah), seorang pangeran dari Majapahit (putra Raja Kertawijaya oleh istri Cina)dan Masjid pertama didirikan di Demak. Itulah saat terakhir kekuasaan Majapahit runtuh karena suksesi dan pemberontakan serta desakan dari Kerajaan Demak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi, salah satu penyebab runtuhnya majapahit adalah karena rajanya masuk islam

      Hapus
  48. Kalau Gajahmada wafat tahun 1364 dan Hayam Wuruk wafat tahun 1389. 100 tahun-an sebelum Islam masuk ke Majapahit. Jadi sekedar meluruskan bahwa jaman ke-emas-an Majapahit adalah pada masa Hindu tetapi ada raja Majapahit yang memang memeluk Islam dan keturunannya merupakan pendiri kerajaan Islam di Jawa. thx

    BalasHapus
  49. ....ternyata kerajaan binatang babi adalah kerajaan islam..subhanallah walhamdulillah.

    BalasHapus
  50. TO ALL.........
    You've gave NO BRAIN COMMENT...
    THE WAY YOU TALK IS JUST THE WAY YOUR BRAIN.
    READ MORE TO SEEK THE FACT.

    ANGER WILL MAKE EVERYTHING WORSE.
    THAT'S WHY INDONESIA WILL NEVER BE BETTER WITH THIS KIND OF THOUGHT.

    LONG LIVE INDONESIA.
    WHO DOES'NT LOVE INDONESIA, BETTER BE GONE...!!!!!!!

    BalasHapus
  51. Meskipun masih ragu, saya suka membaca tulisan anda....namun tentu masih butuh kajian mendalam terkait hal tersebut. Hanya masih terdapat beberapa titik lemah tulisan anda, seperti uang yang bertuliskan arab itu dikelurakan tahun berapa mengingat Kerajaan Majapahit cukup lama berdiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak usah ragu mas, semua informasinya benar kok, benar-benar ngawur maksudnya. Tapi saya senang ngebacanya, terutama koment-koment nya yang lucu-lucu.

      Hapus
    2. Silahkan baca tulisan lain di blog ini, jika alien, dewa siwa, osiris, buddha, piramid, big bang semuanya berasal dari islam, maka tidak aneh kalau majapahit juga islam

      Hapus
    3. sok tauuuuuuuuuuuuuuu....!!!!

      Hapus
  52. tuhan itu terbuat dari semen gersik ato sepadang kalinya

    BalasHapus
  53. putu ne gajahmada25 Januari 2013 08.31

    wah sebagai darah mojopahit saya sedikit ribet ini dengan saudara2 sekalian.
    Tapi saya sarankan bagi sobat2 yg ingin tau sejarah sebenarnya silahkan baca sumber2 sejarahnya langsung.
    Secara garis besar, mojopahit berdiri selama 3 zaman peradaban agama. Ada zaman budha, hindu, hingga islam. Tapi keragaman itu ttp dihormati di mojopahit sehingga setiap agama memiliki jalan perkembangan yang sama. Dan raja tidak membatasi rakyatnya untuk memeluk 1 agama saja. Oleh sebab itu ada pembesar di setiap agama, kalau pembesar islam ada makamnya di Troloyo, Trowulan. Untuk agama yg lain saya belum tau dengan pasti.
    Setidaknya runtuhnya mojopahit diawali dg perang paregreg dan cerita tentang Damarawulan. Kitabnya bisa dibaca di pararaton, negarakertagama, serat blambangan, dan sumber lain yang relevelan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini nih yang aku suka, komennya jelas ga saling menghina dan pake bukti jelas.
      baca kitab2 majapahit macem pararaton, negarakertagama, serat blambangan
      jangan asal bacot aja

      Hapus
  54. Sing penting ojo kakehan bacot yo mas yo.

    BalasHapus
  55. Alien jg islam,,kok....klaim aja,,islam emang klaimer sejati.

    BalasHapus
  56. Udah punya uang buat beli beras besok agan2?sikapi dengan dewasa,ga usah di ributin,kita hidup cuma nunggu ajal aja,berperilaku lah yang baik sebelum terlambat...

    BalasHapus
  57. saya juga muslim tapi saya percaya majapahit adalah kerajaan hindu buddha yang toleran dengan kedatangan islam, kerajaan dipimpin oleh pemimpin buddha dengan dukungan rakyat yang beragama hindu buddha dan islam, jadi wajar ada sebagian peninggalan berbentuk islam, jadi saat itu islam datang dari timur tengah untuk berdagang sambil membawa pengetahuan berupa mata uang, cara berpolitik, dan pengetahuan dunia luar, sehingga majapahit mengetahui daerah lain untuk ditaklukan dan menjadi kerajaan besar, islam berperan memberi ilmu pengetahuan makanya diterima di kerajaan bukan menguasai, islam jaman dahulu terkenal dengan ilmu dan pemikiran yang sangat maju dengan mengandalkan logika berpikir sehingga orang non islam mudah menerima dan sebagian besar masuk islam bukan paksaan atau iming-iming dikasih uang sama beras tiap bulan, kalau jaman khalifah ada perang itu karna membela diri sebab sebelumnya diserang terlebih dahulu, tolong baca sejarah dengan benar jangan dipelintir, yang suka memelintir biasanya orang kristen, quran dan hadis artinya dikurangi atau ditambah makanya injil dirubah-rubah perjanjian lama jadi perjanjian baru, kitab suci injil adalah amanat Tuhan yang harus disampaikan tidak boleh dikurangi atau ditambah harus menjaga kejujuran,seperti kita menjaga pesan dari orang lain, islam melakukan itu terhadap quran, banyak kisah mualaf(kristen masuk islam) mereka bilang kalau di gereja apalagi tingkat kepasturan yang diajarkan menjelekkan islam dan bagaimana memurtadkan mereka, tapi dipesantren tidak ada samasekali membahas agama lain, itulah arti agamamu adlah agamamu agamaku adlah agamaku, jaman perang dunia 1 & 2, para penjajah hingga politik apartheid(ras kulit) di afrika untuk dijadikan budak siapa pelakunya? ya orang yahudi dan kristen, thomas alfa edison disebut orang gila dan galileo dipenggal kepalanya karna disebut penyihir oleh gereja padahal mereka ilmuwan non islam, masih banyak kisah ilmuwan eropa non islam dibunuh oleh gereja, indonesia negara muslim terbesar tapi non muslim hidup damai dan aman, buktinya banyak blog atau website menjelekkan islam aman dan bebas bersuara, orang non muslim hidupnya sangat mapan segi ekonomi, orang islam hidup dinegara non muslim hidupnya tidak tenang contoh myanmar, filipina, yugoslavia pembantaian sejuta umat muslim bosnia, pembakaran masjid-masjid afroamerika sehingga terpaksa mereka masuk kristen tahun 30an hingga 60an, banyak sekali pakta sejarah dan info media eropa dan non islam membahas kejayaan islam dan tertindasnya orang muslim silahkan perbanyak ilmu pengetahuan sehingga ada pencerahan

    BalasHapus
  58. Kelak, 1000 tahun dari sekarang jika ada penggalian purbakala di Indonesia, dan mereka menemukan lembaran uang dollar Amerika, mereka akan berkesimpulan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara bagian Amerika, dan karenanya penduduknya pasti mayoritas Kristen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analogi yg crdas.........
      Atau bisa jg di balik mas,,,,,saat ini org indo ada yg bljar di Amrik, pljr ini jg mmbwa bbrp lmbaran Rupiah utk knang2an di Amrik dan trtinggal di sana, 1000 thn kmudian dtmukan selmbar rupiah ini. Lalu org2 akan mnyimpulkan Amerika adlah jajahn Indonesia.

      =====================================================
      Majaphit adalh kerajaan yg dikenal jg perdagangannya maju, otomatis suku bangsa berbagai negara melakukan kegiatan dagang di sana dgn mmbawa mata uangnya masing2.
      Yang China bw koin Chinanya, yg arab bw koin arabnya yg india bw koin Indianya.

      Majapahit sndiri pnya Mata uang sndiri yg di kenal dgn Gobog Wayang(krn brgmbr wayang) kbnyakan dr emas yg trdiri dr bbrp Satuan (1 masa, atak, kupang) hingga bila di kurs ke mta uang china akan dapat uang kepeng berkarung2. Mahal jg nilai mata uang kita wktu itu, gmna gk mhal lha bhnnya dr emas, dibnding dgn koi china yg trbuat dr tmbaga


      Hapus
    2. ==" agan sepemikiran sama saya, teori jual beli adalah teori yg paling memungkinkan

      Hapus
  59. Lepas dari pembahasan agama... kita adalah manusia... yg hrs memeliki rasa kemanusiaan...

    BalasHapus
  60. HAIIII MANUSIA MAU JADI APA KAMU

    BalasHapus
  61. 1. Mengenai ditemukan atau adanya koin-koin emas Majapahit yang bertuliskan kata-kata ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’

    BANTAHAN :

    Pada tahun 2009, Tim Evaluasi Neo Pusat Informasi Majapahit (Neo PIM) menemukan peninggalan-peninggalan kerajaan Majapahit di situs Trowulan yang salah satunya adalah ribuan mata uang kuno dari Tiongkok. Mata uang tersebut bertuliskan huruf Tiongkok, dan jumlahnya sekitar 60 ribu keping.

    Apakah ini menandakan bahwa Majapahit adalah kerajaan yang beragama Konghucu, Taoisme, atau agama apapun yang berasal dari Tiongkok? Tentu tidak.

    Majapahit sendiri punya uang lokal yang disebut dengan Gobog. Uang tiongkok, uang bertuliskan kalimat islam, dsb....adalah fenomena yang tidak bisa dipungkiri, karena aktivitas dagang.

    LOGIKA :

    Majapahit adalah negara besar. Banyak pedagang dari seluruh dunia yang berbisnis di wilayah Majapahit. Tentu saja, akan banyak ditemukan uang2 asing di wilayah Majapahit.



    2. Mengenai penemuan pada batu nisan Syeikh Maulana Malik Ibrahim yang selama ini dikenal sebagai Wali pertama dalam sistem Wali Songo yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa terdapat tulisan yang menyatakan bahwa beliau adalah hakim agama Islam kerajaan Majapahit.

    BANTAHAN :

    Pada nisan makam Syeikh Maulana Malik Ibrahim atau Syeikh Maghribi atau Sunan Gresik, terdapat inskripsi yaitu surat al-Baqarah ayat 225 (ayat Kursi), surat Ali Imran ayat 185, surat al-Rahman ayat 26-27, dan surat al-Taubah ayat 21-22 serta tulisan dalam bahasa Arab yang artinya:



    Ini adalah makam almarhum seorang yang dapat diharapkan mendapat pengampunan Allah dan yang mengharapkan kepada rahmat Tuhannya Yang Maha Luhur, guru para pangeran dan sebagai tongkat sekalian para Sultan dan Menteri, siraman bagi kaum fakir dan miskin. Yang berbahagia dan syahid penguasa dan urusan agama: Malik Ibrahim yang terkenal dengan kebaikannya(dalam terjemahan lain disebut: terkenal dengan Kakek Bantal-red). Semoga Allah melimpahkan rahmat dan ridha-Nya dan semoga menempatkannya di surga. Ia wafat pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal 822 Hijriah.



    Tidak ada dalam inskripsi tersebut yang menyatakan bahwa beliau adalah hakim agama Islam di kerajaan Majapahit. Terjemahan Sultan dan Menteri dalam inskripsi tersebut menurut Macchi Suhadi yang mengacu pada pendapat Usman bin Yatim bin Abdul Halim Nasir ditujukan untuk Sultan Samudera Pasai, karena menurutnya nisan Maulana Malik Ibrahim berasal dari Pasai karena memiliki kemiripan dengan nisan makam sultan-sultan dari Samudera Pasai. Tjandrasasmita (1983:283) malah berpendapat bahwa kuat dugaan bahwa sultan dan menteri yang berduka dengan meninggalnya Maulana Malik Ibrahim itu berasal dari Gujarat dan Samudera pasai, yang mengirimkan jirat dan nisan beserta pertulisannya tersebut, sebagai tanda hormat kepadanya.



    LOGIKA :

    Kalau memang perkataan Sultan dan Menteri itu merujuk kepada Majapahit, mengapa di peninggalan Majapahit seperti di candi-candi, tidak menggunakan huruf Arab?

    Kalau memang, okelah Maulana Malik Ibrahim pernah menjabat sebagai mentri kerajaan, lalu apakah berarti Majapahit merupakan negara Islam ?

    Laksamana Cengho juga muslim, tapi Kekaisaran Tiongkok toh tidak/ bukan merupakan negara Islam. w



    BalasHapus
    Balasan
    1. betul,betul,betul....hehehehehe

      Hapus
    2. ini namanya baru fakta dan bukti...............

      Hapus
  62. 3. Mengenai pendiri Majapahit, Raden Wijaya, adalah seorang muslim. Hal ini karena Raden Wijaya merupakan cucu dari Raja Sunda, Prabu Guru Dharmasiksa yang sekaligus juga ulama Islam Pasundan.

    BANTAHAN :

    Raden Wijaya dipercaya merupakan anak dari Dyah Lembu Tal. Beberapa sumber memiliki redaksi yang berbeda tentang Dyah Lembu Tal, yaitu:

    a. Menurut Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara, Lembu Tal atau Dyah Singamurti adalah putri dari Mahisa Campaka, putra Mahisa Wonga Teleng, putra Ken Arok, pendiri Kerajaan Singhasari.

    Lembu Tal menikah dengan Rakeyan Jayadarma, putra Prabu Guru Darmasiksa raja Kerajaan Sunda-Galuh yang memerintah tahun 1175-1297. Dari perkimpoian itu lahir Raden Wijaya.



    b. Menurut Negarakertagama, Dyah Lembu Tal adalah seorang laki-laki, anak dari Narasinghamurti.

    Keterangan dalam Negarakertagama diperkuat oleh prasasti Balawi yang diterbitkan oleh Raden Wijaya sendiri pada tahun 1305 M. Dalam prasasti itu Raden Wijaya mengaku sebagai anggota asli Wangsa Rajasa, yaitu dinasti yang menurut Pararaton didirikan oleh Ken Arok, penguasa pertama Kerajaan Singhasari.



    Jadi, keterangan tentang Raden Wijaya yang merupakan cucu dari Dharmasiksa sendiri masih perlu diteliti. Mungkin saja Raden Wijaya memang cucu Dharmasiksa seperti yang tercantum dalam Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara. Raden Wijaya dibawa pergi oleh Lembu Tal dari Sunda dan akhirnya menetap kembali di Singasari. Untuk meyakinkan legitimasinya di Majapahit, Raden Wijaya menggunakan silsilah yang ia buat dari garis keturunan Singasari. Sebagaimana raja-raja Mataram Islam yang menggunakan silsilah hingga ke Nabi Adam untuk memperkuat legitimasinya. Atau malah, Raden Wijaya sama sekali tidak memiliki darah Sunda? Ini merupakan kajian yang masih harus diteliti kebenarannya.



    Adapun Prabu Guru Dharmasiksa sendiri memang terkenal akan ajarannya yaitu Amanat Galunggung yang intinya merupakan amanat yang bersifat pegangan hidup, amanat tentang perilaku negatif, dan amanat tentang perilaku positif. Tidak ada redaksional yang mengarah kepada kesimpulan bahwa Dharmasiksa adalah seorang muslim. Amanat Galunggung sendiri dipercaya merupakan khazanah lokal budaya Sunda yang berasal dari agama Sunda Wiwitan (agama Sunda Kuno).

    LOGIKA :

    Non sense. Tak ada sumber otentik, bahkan cerita rakyat sekalipun, yang menyatakan Raden Wijaya serta Prabu Guru Dharmasiksa adalah seseorang yang menganut agama Islam.

    BalasHapus
  63. Tambahan...............

    Negarakertagama Ddidaftrakan oleh UNESCO sbgai salah 1 Memory Dunia yg di mnctat perjalan sejarah ttg Kerajaan Majapahit, didlm NegaraKertagama dicatat keadaan Kerajaan, wilayah yg dikuasai, negara bawahan, negara sahabat, KEAGAMAAN dll,
    Di dalam Negarakertagama agama kerajaan adalah HINDU(aliran Siwa yg plng bnyak, slain itu jg ada aliran Waisnawa/pmuja Wisnu) dan Buddha(Mahayana&Tantrayana).

    Lembaga keagama(sjnis Kementrian Agama kalau jaman Skrg)yg mngatur 2 agama kerajaan ini adalah:

    - Dharmadyaksa Ring Kasaiwan(utk yg Hindu/Siwa/Waisnawa)
    -Dharmadyaksa Ring Kasogatan (utk yg Budhha)

    Di zaman Keemasaan Majapahit 2 Agama ini dpt hidup rukun berdampingan, tnpa ada pngkafiran 1 dgn yg lain. Hingga pujangga Empu Sutasoma mnuliskan dlm Kakawin yg kita kenal BHINNEKA TUNGGAL IKA, yg scra lngkapnya brbunyi:
    Rwaneka dhatu winuwus Buddah Wiswa, Bhinnekirakwa ring apan parwanosen, Mangka ng Jinatwa kalawan Siwatatwa tunggal
    Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma mangrwa.

    Buddha dan Siwa merupakan 2 zat yg berbeda. mereke memang berbeda, tetapi bagaimanakah bisa dikenali?
    Sebab kebenaran Jina (Buddha dan Siwa adalah tunggal.
    Berbeda beda lah itu, tetapi satu jualah. Tidak ada kebenaran yg mendua.........

    Nama majapahit di dlm Negarakertagama adalah WILWATIKTA (bhasa Sanskerta WILWA=Maja, TIKTA=Pahit)

    daun WILWA adlh dianggap sakral sbgai persembahan kpd Dewa Siwa.


    Sekedar wawasan kunjungi fanpage pemerhati Majapahit, mngkin akan mnambah sdikit wawasann apa2 sj pninggalan Majapahit, kunjungi di:
    http://www.facebook.com/Majapahit.WILWATIKTA/photos_stream





    BalasHapus
  64. karena sejak runtuhnya majapahit tidak ada satupun kerajaan islam yang mampu menyamai apalagi melebihi kebesarannya, cara yang paling gampang adalah : klaim

    BalasHapus
  65. tinggal nunggu kedatangan sabdapalon dan nayagenggong

    BalasHapus
  66. Yang nulis ini kalifah Nabi Palsu alias Djajal

    BalasHapus
  67. ini salah satu link sanggahan untuk informasi di atas
    http://adangsetiawan.wordpress.com/2010/11/08/majapahit-adalah-bukan-kesultanan-islam/

    BalasHapus
  68. ma'af Saya dari TK-SMP di Muhammadiyah, Ma'af kalau Majapahit itu kerajaan/kesultanan Islam, tolong di jelaskan arti Matahari Lambang Kerajaan Majapahit?? dan lingkaran Mandalanya sekalian ya??. matur nuwun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lambang matahari digunakan untuk menegaskan bahwa majapahit memang sebuah kerajaan islam. karena sesungguhnya, matahari itu sendiri ditemukan oleh seorang muslim keturunan arab

      Hapus
    2. baca ini
      http://id.wikipedia.org/wiki/Surya_Majapahit

      Hapus
    3. lambang majapahit itu berisi nawa dewata yg artinya 9 dewa yg menjaga 9 penjuru arah, makanya pd lambang majapahit itu ada gambar 9 dewa...

      kalo majapahit islam, apakah islam memuja dewa????
      karena jelas sekali lambang majapahit itu berisi gambar dewa ....

      Hapus
  69. kayanya.. kerajaan islam pertama itu "kerajaan demak". tetapi sebelum islam mendirikan sebuah kerajaan, mereka sudah memulainya sejak jaman majapahit. dan bisa jadi koin tersebut berasal dari kerajaan demak. karena raja demak pertama. raden patah, dia kan putra raja brawijaya V. dan dia ingin membuat uang tersebut ada 2 kalimat syahadat (simbol islam + gambar matahari (simbol majapahit)sebagai alat pertukaran uang pada waktu itu. hal ini sama seperti yang dilakukan sunan kali jaga, dia mengajak masyarakat jawa masuk islam waktu itu, dengan membaur dengan masyarakat tanpa harus menghilangkan peradaban waktu itu. contohnya wayang, seni.. dll..
    mungkin ada yang mau menambahkan.. :) Rasyid-Jkt

    BalasHapus
  70. Disaat nafas diujung tenggorokan kalian..disaat jiwa kalian bertemu malaikat maut .. Malaikat pencabut nyawa kalian..disaat badan kalian dikubur dalam tanah...di kremasi api panas..dimasukan dalam peti mati...barulah debat ini akan membuktikan mana yang benar dan mana yang salah .. Kalian sendiri akan mendapatkan jawaban siapa penghina siapa yang terhina... ?jaga ucapan kalian..dan hati hati ucapan kalian ... Laillahaillallah muhammadarasulallah...allahuakbar..ucapan kalian akan dipertanggungjawabkan dengar dan camkan itu.....

    BalasHapus
  71. Good Job min..
    Sekalian bukti2nya diperbanyak min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw anda tau kan sejarah pendirian demak yang di dukung wali songo itu berawal dari pembrontakan raden patah ke ayahnya hnya karena ayahnya tidak mau masuk Islam,
      tapi klo yg dikatakan admin ini benar, bhwa majapahit adl ksultanan islam maka kosekuensinya adalah raden patah n wali songo itu cuma orang"yg menginginkan kekuasaan aja bukan??..

      Hapus
    2. Anda kan cuma baca sejarah di buku SD gan, coba nte kaji kenapa Raden Fatah bisa diriin Demak, salah satunya itu untuk menyelamatkan keturunan kerajaan Majapahit yang udah mau hancur karena banyak pejabat yang korupsi...

      Banyak belajar dulu ya gan...

      Hapus
  72. admin anda ngawurrrrr....!!!!!

    BalasHapus
  73. yang komentar macam2 itu adalah orang yang SANGAT BODOH biarkan lah di admin memposting ini,jelas2 dia memposting ada bukti, apalagi klo sampai membedakan dan menghina AGAMA . itu sangat bodoh dan anak kecil. si admin aja gak hina agama.

    BalasHapus
  74. ORANG GOBLOK DAN TOLOL yang berkomentar dan mengejek2 agama, gak mikir si penulis ini aja gak hina agama TOLOL apa BEGO apa lagi beda2kan islam.. dasar pemikiran tidak dewasa, kita harus menghargai si pencipta postingan ini,klo tidak setuju yah gak setuju aja gak usa hina2 agama. klo agama anda dihina apa anda mau ?? mengina agama sama hal nya anda menghina orangtua anda sendiri...
    ada gak bukti si pencipta postingan ini menghina agama ????? klo anda orang beragama anda tidak akan menghina agama orang lain. saya tidak berpihak dimana2.. saya hanya tidak suka ada yang menghina agama . negara kita negara beragama... klo anda menghina agama anda lebih baik keluar dari negeri kita sebagai SAMPAH di negara lain

    BalasHapus
  75. Jngan heran kalo muslim klaim Majapahit itu kerajaan islam, lha wong sekarang muslim sibuk ngeklaim Inggris, Amerika, Kanada, Perancis, adalah negara islam kok.
    Bagi muslim jangankan sejarah, fakta nyata di depan mata pun berani dipelintir. Lagian bagi muslim, kl salah pelintir paling tinggal lempar kesalahan ke yahudi dan amerika. Alih-alih tanggung jawab, muslim berkata "itu pasti konspirasi yahudi dan antek2nya".

    Orang waras cuma bilang,
    Alhamduillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliatan sekali ente gak berpendidikan ya :p

      Hapus
  76. jika emang mojopahit itu kerajaan islam, berarti orang islam yg mengatakan bahwa orang islam tdk boleh melukis/ membuat patung spt manusia/ hewan adalah pembohong besar, bab disana ada patung spt itu

    BalasHapus
  77. jancok kabeh.!
    lapo gowo2 agomo barang.? nek pengen komen,yo komen ae
    lapo gowo2 agomo barang.?
    njalok di iris pie cangkem me podo an.?

    BalasHapus
  78. Ni blog menghibur bngt...mas bro..bikin lg dong yg aneh aneh kyk diatas!!misalnya adam orang jawa gt.. Ini jg masuk akal koq,soale adam kan diusir dari surga karna menjamah pohon larangan(istrinya).klo secara hukum sih namanya istri sah dijamah,tapi bagi tuhan blm tentu sah..gini critae,hyang arjuno(adam)di perintah oleh hyang semar untuk bertapa 40hr,tapi gugur tapanya karna g kuat sahwat tergoda kerinduannya kepada istrinya subrobowati,karna gugur tapanya,hyang semar marah dan mengusir beliau dari gunung ringgit(jawatimur) ke negri padas(arab).ini cerita turun temurun lho,tapi bukti ada,gunung arjuna ada di jawa,di india g ada lho,ini crita jaman hindu...
    Adam diusir dari surga karna mendekati pohon larangan(sajarotun dengan huruf ta' bulat/marbutho,merujuk pada wanita)jadi pohon larangan tsb adalah sesosok wanita yang tk lain adalah istri beliau,namanya nabi klo cintanya trhadap tuhan dikalahkan dg cinta trhadap istri pasti di hukum oleh tuhan,makanya dia di usir dari syurga ke negri gersang.
    Ada kesamaan versi antara crita qur'an dg legenda jawa tentang kedua tokoh tsb,ringgit melambangkan kekayaan,kemakmuran,keberlimpahan,jannah dlm alquran bermakna kebun atau taman yg indah dg semua hasil buminya yg berlimpah,kalau di bandingkan dengan seluruh tempat di dunia,indonesialah yg paling pantas di sebut jannah,jadi titik temu crita tsb adalah adam tu dari indonesia yg terusir krna suatu hal pelanggaran,krna adam/arjuna adalah calon pemimpin,khalifah yg menggantikan kaum sebelumnya yg slalu berperang,adat jawa klo pemimpin tu sebelum di angkat resmi harus ujian dulu semacam tapa,tapi adam gagal krna tak kuat syahwat,makanya di usir dari tanah jawa,ke negri gersang/padas.jadi adam tu orang jawa,dan waktu itu beragama hindu,buktinya kedua anaknya disuruh melakukan persembahan seperti umumnya orang hindu

    BalasHapus
  79. Ikut komen ah,yg jelas blog ini ngawur.mau percaya ato gak itu semua dari kalian masing2,tapi lucu2 komenya mw ktawa trus maslah majapahit agama dibawa,saling jelek2an,kayak dah pinter agama aja,jangan sampe agamax bru 6 tapi ngomongx dah sembilan. Ini yang parah ,,,,mater nuwun

    BalasHapus
  80. Saya mah setuju sama mimin... kalo kalian udah baca sejarah aja, yang emang gak ngerti, coba dikaji, baru ngerti...
    Kita kan sama-sama tahu sejaran di negara ini udah kabur karna kepentingan2 penguasa.. kasian kalo ada yang masih belum nyadar, masih pola fikir orde baru...

    piss
    Uchiha

    BalasHapus
  81. glodak ... sebenar nya islam masuk ke kerajaan majapahit itu kapan? dan islam masuk kerajaan sunda itu kapan? lalu knp ada pemahaman puhun ilmu sunda kuna ato kejawen di jawa?

    BalasHapus
  82. Waduh bisa kualat nih sama nenek moyang. Jelas2 Hindu dan Buddha duluan berabad2 di bumi Nusantara, eh masih perlu gitu yang belakangan datangnya klaim2 gak jelas? Desperado banget nih ajaran.

    BalasHapus
  83. brarti orang yg buat blog ini g berpendidikan y kacian dech lo kualat lo jd orang..

    BalasHapus
  84. Selamatkan Muslim dari Kesesatan !

    BalasHapus
  85. Sejarah dibuat berdasarkan fakta sejarah oleh para sejarawan dan ahli antropologi.... sejarah Indonesia mulai diselidiki sejak jaman penjajah belanda yg mayoritas beragama kristen, penjajah jepang yg mayoritas beragama kong hu chu, dan inggris yg mayoritas beragama kristen.... mereka sepakat bhwa majapahit adalah krajaan Hindu brdasarkan pninggalan sejarahnya yg kini bnyak trsimpan di museum sbg bukti nyata dlam bntuk bnda tdak hnya dlm bntuk foto yg gampang diedit... dan tentu saja tak ada keuntungan bwt mreka dg mnuliskan bhwa majapahit adalah kerajaan hindu krena mreka sndiri juga bkan hindu, mreka hnya mnulis fakta sesuai kenyataan karena itu sudah menjadi etika keilmuan... sejarah majapahit lalu ditulis ulang oleh sejarawan indonesia dimasa kemerdekaan dimana sbagian besar dri para ahli ini malah beragama islam.. adakah untungnya mreka mnulis bahwa majapahit tu hindu padahal mereka bragama islam, sekali lagi alasannya adalah karena mereka memegang teguh etika keilmuan bahwa yg trtulis adalah apa yang dilihat secara objektif dalam bentuk benda peninggalan utuh bukan hanya foto yg gampang diedit, JADI KERAJAAN MAJAPAHIT MEMANG KERAJAAN HINDU, ITU FAKTANYA... sungguh gila jika ada oknum yg lantas mengklaim majapahit itu islam hanya dengan bukti berupa foto2 editan seperti ini... jika tetap bersikukuh buatlah buku dulu yg menyatakan majapahit itu memang islam berdasar bukti2 kuat berupa benda2 peninggalan hasil penggalian situs sejarah dan bukan hanya foto2 editan... karena seperti itulah jerih payah para ahli jaman dulu hingga sampai pada kesimpulan bahwa "MAJAPAHIT ADALAH KERAJAAN HINDU".. jangan asal klaim kayak negara malaysia tu

    BalasHapus