Nyi Roro Kidul masuk Islam


Mas Habib Chirzin, mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah, pernah punya pengalaman menarik. Sewaktu berada di Mekkah, ia bertemu dengan Raja Ternate. Dan raja itu membawa berita amat menarik. Katanya, di Mekkah ia bertemu dengan Nyi Roro Kidul yang sedang melaksanakan ibadah haji. Gelar haji Nyi Roro Kidul adalah Hajjah Syarifah.

Berita Nyi Roro Kidul yang sudah hajjah ini ternyata sudah lama tersebar di antara orang-orang Jawa yang punya “linuwih”. Dan apa yang diceritakan Raja Ternate kepada Habib Chirzin ini ternyata dibenarkan orang-orang linuwih itu. “Benar, Mas. Saya juga sudah diberitahu bahwa Kanjeng Ratu sudah naik haji dan bernama Hajjah Syarifah,” kata Mbak Ajeng, seorang wanita yang mengaku sering berkomunikasi dengan Nyi Roro Kidul.

Dampak berita Nyi Roro Kidul masuk Islam ini luar biasa di kalangan orang-orang Jawa yang masih mempercayai legenda sang nyai. Di lereng Gunung Lawu –gunung yang dikenal sebagai tempat para dukun sakti– dukun-dukun wanita kalau mau menghadap Nyi Roro Kidul akan memakai pakaian muslim lengkap dengan jilbabnya. Mereka merasa malu kalau pakai kemben atau kebaya yang dianggapnya belum mencerminkan busana muslim.

Dampak lanjutannya: karena orang-orang linuwih menyatakan bahwa Nyi Roro Kidul masuk Islam, maka orang-orang Jawa yang tinggal di sekitar Gunung Lawu mulai belajar Islam. Pada waktu saya berkunjung ke sebuah desa di lereng Gunung Lawu, memang terlihat orang-orang tua di sana sudah banyak yang memakai jilbab.

Lepas dari benar-tidaknya “berita” itu, cerita masuk Islamnya Nyi Roro Kidul seakan membenarkan tesis Ricklefs bahwa sejarah Islamisasi di Jawa sangat kompleks. Sejak Islam datang ke Jawa 600 tahun lalu, banyak sekali kejutan dalam proses Islamisasi di Jawa dan kondisi itu terus berjalan secara tidak linier. Memang sulit membayangkan bagaimana proses Islamisasi muncul dengan kisah mistis macam itu. Tapi, faktanya, hal itu terjadi dan dampaknya sangat fenomenal dalam kehidupan orang Jawa.

Berita masuk Islamnya Nyi Roro Kidul dan dampaknya terhadap proses Islamisasi yang mengejutkan mungkin –dalam fase tertentu– mirip dengan jadi santrinya Pak Harto. Peneliti Islam Jawa dari Barat niscaya tidak bisa membayangkan, bagaimana priayi abangan (Geertz) semacam Pak Harto yang juga abangan military general (Samson) tiba-tiba membangun masjid megah At-Tien di Taman Mini dan membangun 999 masjid di seluruh Indonesia melalui Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila-nya.

Di sisi lain, cerita masuk Islamnya Nyi Roro Kidul yang sangat tidak rasional itu menunjukkan, tesis Wright Mills bahwa kekuatan modernisasi dan sekularisasi akan menyapu mistisisme dan sakralisme dari kehidupan manusia pasca-Renaisans ternyata tidak terbukti. Pippa Noris dan Ronald Inglehart dalam bukunya, Sacred and Secular –Religion and Politics Worldwide, mengulas bagaimana para pemikir besar seperti Auguste Comte, Herbert Spencer, Emile Durkheim, Max Weber, Karl Marx, dan Sigmund Freud yang memprediksi bahwa agama akan hilang setelah munculnya masyarakat industri sekarang harus melihat kenyataan sebaliknya. Agama ternyata makin hidup dan merobohkan teori-teori dasar sekularisasi yang meramalkan habisnya sakralisasi di dunia modern.

Di sebuah desa di Lampung, misalnya, Majelis Ulama Indonesia pernah bercerita bagaimana “jin-jin” berperan besar dalam mengkristenkan masyarakat desa di sana –sebagaimana Nyi Roro Kidul mengislamkan orang-orang abangan di lereng Gunung Lawu. Di Eropa, Amerika, Jepang, bahkan di Cina, antusiasme masyarakat dalam mengikuti agama makin kuat. Pada saat ini, di abad ke-21, meminjam istilah Nancy Rosenblum, kewajiban berkewarganegaraan makin bergesekan dengan kewajiban keberimanan. Di Jepang, peluncuran mobil model terbaru Mazda, misalnya, pernah dilakukan di kuil dengan persembahan model agama Shinto kuno.

Melihat kondisi ini, Berger mau bersikap jujur. Ia sempat mengungkapkan, tidak ada salahnya jika para sosiolog mengakui bahwa teorinya salah. “Toh, kita ini sosiolog yang kesalahannya akan lebih mudah dimaafkan dibandingkan dengan kesalahan para teolog,” tulis Berger (Sekularisasi Ditinjau Kembali, Pustaka Alvabet, 2009).

Dari gambaran tersebut, cerita aneh Nyi Roro Kidul masuk Islam di atas bukanlah sesuatu yang mengada-ada. Cerita itu muncul berbarengan dengan tumbuhnya transisi pemikiran yang mulai menyangkal teori-teori sosiologi yang selama ini dianggap modern. Fenomena ini ternyata tak hanya muncul di Jawa, melainkan juga di seluruh dunia. Agama kembali bangkit dan membuktikan eksistensinya di tengah gempuran teori sosiologi modern yang menihilkannya.

Oleh: M. Bambang Pranowo
Guru Besar Sosiologi Agama UIN Jakarta & Direktur Lembaga Kajian Islam dan Perdamaian


Sumber

291 komentar:

  1. Balasan
    1. anjing dan babi masuk muslim.....selamat ya....pembual....gue berak di atas alquran sampai sekarang tetap sehat....aku benci muslim.....

      Hapus
    2. semua pasti ada balasannya ......

      Hapus
    3. Iya emang gue dengar klo Nyi Roro kidul masuk Islam, Stlh jama'ah tablig berda'wah keliling berjalan kaki menyusuri wilayah pantai selatan dan berhasil menarik minat kanjeng ratu kidul memeluk Islam..

      Hapus
    4. pada ngaku ga nih siapa2 yg pny tuhan pake sempak lecek? kontolnya nyempil ky upil. masa' ada tuhan bapak, bunda, anak. sekalian aja ama cucu pakde bude kakek nenek.

      Hapus
    5. anda benci muslim
      tunggu aja
      ga lama juga malaikat cabut nyawa anda

      slamat aja nanti kena azab

      Hapus
    6. Lol you guys are all idiots. Educate yourselves. Katanya agama mengajarkan damai? What bullshit! Mayoritas org-org beragama hari gini are all hypocrites. Ktp doang. Religion died the moment you all started fighting with each other. It has failed miserably to show its teachings and purpose. Kalian semua itu anak-anak setan kalo masih percaya agama suka berantem. Bego!!!

      Hapus
    7. Lu ngomong asal2an banget si na..

      Hapus
    8. islam menghormati dan melindungi hak hidup setiap manusia. Allah berfirman dalam surah al isra :33 yang artinya

      Hapus
    9. walo ada yg berak diatas alquran tetap aja di jidatnya membawa nur Muhammad

      Hapus
  2. Wkwk...
    Katanya kalo percaya "tokoh ghoib" berarti musyrik...
    Kok malah ngarang cerita kayak begini sih? Ada-ada aja...
    Blog yang lucu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut tanya Mas,....kalau Nabi Musa tongkatnya bisa membelah laut dan juga bisa menjelma jadi ular itu gimana??? ....ghoib atau ada istilah lain??????

      Hapus
    2. itu namana mukjizat :)

      Hapus
    3. Mukjizat itu hanya pembenaran dari agama Islam. Kemampuan ghoin yang dimiliki lawan2 Musa disebut Sihir, sementara kemampuan Musa disebut Mukjizat.

      Hapus
    4. setau saya mukzizat itu cuma terjadi sekali dan itu atas ridha Allah

      jalau sihir bisa dipake berkali-kali krn ada kesepakatan dengan ssetan jadinya sirik

      *CMIIW

      Hapus
    5. kalo mukjizat itu turun hanya kpd para nabi dan rasul sedangkan karomah itu bisa terjadi pada manusia

      Hapus
    6. Siapa bilang "percaya tokoh gaib Berarti musyrik"? Buat yang Islam baca tuh Adz Dzariyat : 56

      "Dan Tidaklah Aku Menciptakan Jin dan Manusia Kecuali untuk Beribadah Kepada-Ku"

      Hapus
    7. Alloh itu termasuk tokoh ghoib, jadi kalau percaya bertarti musyrik.

      Hapus
    8. Allah memang gaib tapi jika ia tidak ada tidak mungkin manusia akan jidup didunia ini

      Hapus
    9. Anonim tai lu bangsat mati aja lu,,jgn2 ini ponakannya yg tuhannya pake sempak lecek. nutupin kontol tolol.

      Hapus
    10. aku sayang jesus(Nabi Isa )kerana aku seorang muslim. Suatu hari nanti kebenaran pasti akan tersingkap. Barakkalah Saudaraku michael jackson. Sesungguhnya tiada tuhan selain Allah. Dia tidak beranak dan tidak ada anak. Dia maha suci lagi esa. Allahuakbar. Ya Allah, saksikanlh sesungguhnya aku telah memberi peringatan kepada mereka. Peringatan ini adalah benar dan pasti. !

      Hapus
    11. Apapun dihalalkan asal pada mau masuk islam

      Hapus
    12. Pantes ... simanis jembatan ancol pake jilbab sekarang he he he

      Hapus
    13. buat mas yang udah menghina islam ,,,,, ghoib bukan berrti g ada mas justru anda yang percaya sama TUHAN buatan tangan manusia itu sendiri yang musyrik , yang menciptkan anda adalah TUHAN bukan anda (Manusia)yg menciptakan TUHAN .Klw memang tuhan anda yg sekrang anda sendiri yg bikin kenapa g TUHAN anda aj yg nyembah anda (manusia),toh tuhan yg anda bikin g bisa apa apa , justru anda yg bisa apa apa ,so knp anda menyembah benda yg g bisa apa apa . okelah selama ini anda sehat untuk fisik tetapi tidak untuk batin anda ... entar klw anda udah sakit baru akan merasa .

      Hapus
    14. Islam percaya ghaib,percaya ghaib bukan berati musyrik..
      musyrik itu percaya atau menyembah tuhan selain Allah SWT

      Hapus
    15. Alloh itu termasuk tokoh ghoib, jadi kalau percaya bertarti musyrik.

      hey yang nulis ini,,
      ikutin tuhannya tuh,pake sempak juga,tapi pake yang baru jangan yang lecek,,

      Hapus
  3. pinter ...
    ngarangnya..xixixi

    BalasHapus
  4. bnyak skli cerita fiksi, sy heran knp gk sklian bwt buku dongeng sj.

    BalasHapus
  5. jin masuk islam, binatang masuk islam...makin kocak aja ni agama dagelan dari arab :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hati-hati, nanti mereka marah lho.

      Hapus
    2. Sekarang kamu bisa menghina agama lain tetapi suatu saat kamu akan mendapatkan balasannya karena allah tidak tidur
      Boleh saja didunia kamu bisa menghina tetapi di akhirat nanti km sendiri yg akan menghina diri kamu

      Hapus
    3. dasar kristen bajakan,,
      gak boleh menghina agama lain tol-kontol,,

      Hapus
    4. pada dasarnya semua manusia semenjak d dlm kandungan beragama islam..ayah dan ibunya lah yg menjadikannya islam atau kafir

      Hapus
    5. pada dasarnya jin sama seperti manusia, tapi jin bersit ghaib.
      meski belum tentu benar kalau nyi roro kidul islam, memang benar ada jin islam.

      Hapus
    6. jin islam kalo mau naik haji berapa bayar onh?

      Hapus
  6. Balasan
    1. bilang neraka surga tempatnya aja kagak tau go blolgg bener

      Hapus
  7. fantasi yang berlebihan dituangkan kedalam blog yang konyol...
    teruslah mengkaryakan khayalan anda gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. memangx selama ini orang kristen tidak menghayal.... kalo sdh kafir yah tetap kafir,

      Hapus
    2. mending diem dari pada bikin panas.balajar islam dulu ...paus aja mundur..

      Hapus
  8. wakakakaka
    besok2 klaim lucifer yah

    BalasHapus
  9. wakakaka...kanjuuuttt... dasar heunceut beureum

    BalasHapus
  10. wkwkwkwkwkwkw

    asli ngakakkkk otak 2D

    BalasHapus
  11. Mas dicariin mas sama dokternya

    BalasHapus
  12. blog ini lawakan ya? ngakak abiz dah bacanya.....
    2D....mau diapain lagi...
    #Fentung dah#

    BalasHapus
  13. yng namanya anonim sma bikin aku ngakak...
    makannya klau baca itu jangan cuman baca aja boleh tdk percaya tpi kn kita bisa cari tahu kebenarannya ... perhatiakn dn cermati cari tahu apa benar atau tdknya jngan trllu memvonis,,, dikasih otak itu ntuk berfikir bkan menuding... asli palsunya kn tnggl dicari aja kebenarnnya ... gitu aja kok repot... kok jdi ngikut otak 2D zzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. berati klo ada kadal di sana mualaf jg ya? Kyknya seru klo di buat sinetron, aq jnji ga kan nonton...kakakakaka

      Hapus
    2. Betul Mas manusia itu dikasi otak untuk berfikir...
      kalua anda tidak suka dengan postingan orang ya udah abaikan saja... githu aja ko' repot.

      Hapus
  14. HAJJAH SYARIFAH, FUCK THE WORLD!

    BalasHapus
  15. Liam Neeson masuk Islam
    Simon Cowell masuk Islam
    Angelina Jolie masuk Islam
    Michael Jackson masuk Islam
    Bukti nyata kalau Michael Jackson masuk Islam sebelum kematiannya
    Paris Hilton masuk Islam
    Will Smith masuk Islam
    Britney Spears masuk Islam
    Justin Bieber masuk Islam
    Mark Zuckerberg masuk Islam
    Stephen Hawking masuk Islam
    [Kisah nyata] Satu gereja masuk Islam
    Sunita Williams, Astronot wanita India yang Masuk Islam
    Hitler masuk Islam di Indonesia
    Neil Armstrong masuk Islam
    Kaka masuk Islam
    Thiery Henry masuk Islam
    Striker MU Chicharito masuk Islam
    Gajah Mada masuk Islam
    Nyi Roro Kidul masuk Islam
    Jin berjubah hijau masuk Islam
    Socrates adalah seorang muslim
    Osiris adalah seorang muslim
    Wong Fei Hung adalah seorang muslim
    Tong Sam Cong adalah seorang muslim
    Judge Bao adalah seorang muslim
    Sidharta Buddha Gautama adalah seorang muslim
    Pattimura adalah seorang muslim
    Sisingamangaraja adalah seorang muslim
    Napoleon adalah seorang muslim
    Jack Sparrow adalah seorang muslim
    Albert Einstein adalah seorang muslim
    Zlatan Ibrahimovic adalah seorang muslim
    Leonardo Da Vinci adalah seorang arab muslim
    Abraham Lincoln is a Muslim
    Semua manusia lahir sebagai Islam
    Seluruh bumi ini adalah milik Islam
    Alien beragama Islam
    Kerajaan Majapahit dulunya adalah kerajaan Islam, bukan hindu
    Proses pembangunan piramida terinspirasi dari Alquran
    Facebook terinspirasi dari Alquran
    Korea Selatan terinspirasi dari Alquran
    Ide penemuan blue energy berasal dari ayat Alquran
    Penemu kungfu adalah orang muslim
    Aliran musik blues adalah ciptaan orang Islam
    Penemu musik adalah orang Islam
    Penemu teori relativitas adalah orang muslim, bukan Einstein
    Penemu teori evolusi adalah orang muslim, bukan Charles Darwin
    Tembok Cina adalah buatan orang Islam
    Borobudur adalah peninggalan kebudayaan Islam
    Benua Amerika ditemukan oleh orang Islam
    Pangeran William adalah keturunan Nabi Muhammad
    ________________________________________________
    dan ternyata ........... muhamad malah pengen jadi pendeta,!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahahha,,,,,,

      Hapus
    2. Kamu anak anjingggg Kristen pantekkkk
      Yesus Di salib apa BSA dy melas salibnya?apalagi jadi thuan manusia
      Kristen gila smuaaaa
      Dastardly Turkana makan he wan mnjijikan
      Fuck Yesus
      Fuck kristen

      Hapus
    3. jiah, dari semua judul artikel menjelekkan agama lain, baru kena sentil ngamuk, kepribadian dangkal

      Hapus
    4. babi hutan juga masuk islam bro..makanya item kyk lutung..gampang ngamuk dan marah2..kayak pentul korek api, disentul dikit trus berasep. pendek dan dangkal juga emang rata2 pengikutnya.baru ke arab buat nyembah berhala kabah aja trus berasa hebat. gak ngerasa di sedot sama arab yeh, pangeran2 nya aja doyan sex party tuh sampe pagi sambil ngisep ganja minum campagne..

      Hapus
    5. otak lo yg miring... otak lo ditaro dipantat... otak lo ditaro dikontol

      Hapus
    6. Mana buktinya Muhammad mau jadi pendeta???

      Hapus
    7. Anonim semoga kamu dapat hidayah islam yg damai

      Hapus
    8. tapi dia nggak lolos test seleksi...trus ngarang bebas deh...:p

      Hapus
    9. klu tak pandai cara berbicara.blajar sama aku,biar kubtlkan,cara bicaranya.

      Hapus
    10. anonim tae , ,
      neraka jahannam tempat mu neraka paling bawah . . amin y allah amin moga cepet mampuz tuh orng

      Hapus
    11. Abjing lo semua yg menghina agama Islam , memfitnah rosul ge,,
      setan keparat,.,.,
      nanti lu tunggu y azab bwt lo semua

      Hapus
  16. Jin masuk Islam, Setan masuk Islam, Roh halus masuk Islam, Lelembut masuk Islam....... Jerlas saja, orang nabinya pengikut raja setan Jibril....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jibril kan malaikat, bro. Kau gimana sih, hahaa? mau gak kalau malaikat agamamu (Kristen) Gibrail dibilang raja setan? :)

      Hapus
    2. superman sama batman juga kan masuk islam. abis itu terbang di sorga sambil tos2an sama 72 cewe jablay yang haus sama sentuhan laki bejenggot idung pesek.

      Hapus
    3. kasian mas bro goblok amat sangat sekali.
      semoga dikasih ilmu sama bapak2 yg dipenteng di tiang, cuman pake sempak yg bernama yudas.
      jin itu seperti manusia, ada yg islam ada yg tdk, tapi jin bersifat ghoib.
      kalo iblis n setan itu g semua kafir.

      Hapus
  17. mana foto jilbabx,,,, hehehe

    BalasHapus
  18. Kalau menurut saya tulisannya Pak Bambang ini cuma menganalisa bahwa ternyata hal ghoib di Indonesia masih kental dan masih punya pengaruh, gak ada unsur dia ngarang cerita... kenapa jadi pak Bambang dikatai otak 2D?? ... ckckck.. ati2 ah kalau mau merendahkan orang, jangan2 malah kita sendiri yg sebetulnya rendah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ibunda ratu islam yg taat pd allah swt..krn..kenal 2 nabi...anda tau apa nga...dasar komen lu nga bermutu hanya menghina..kl anda tau dan lihat jelas br komen yg bener..anda pengin tau bunda dan istanah di laut mau gue ajak biar km jelas tp sory utk megajak otak org2 kebayak hanya harta dan duniawi dan hatiy jelek ilmu dijual..gmna ketemu bunda ratu,dan para wali ada komeny sgt jelek dan menghina ibunda ratu sy sbge,,,,nga terima ibunda ratu dihina...

      Hapus
    2. itu ngga kedinginan ibunda rau kidul pake kemben doank mainnya di air mulu...

      Hapus
    3. orang stress kayak anonim klo ketemu pengen w bunuh rasanya,,tapi,,mungkin dia sunda kreste,,jawa kresten,,apa china penakut belagak,,,fuck you

      Hapus
    4. woi antonim.orang tak waras tu,jngan di ladenin.di maklum aja lah..

      Hapus
  19. jangan lupa, babi ngepet ternyata masuk islam juga. hahaha.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puaskan hinaanmu, jika itu memang membuatmu bahagia..

      Hapus
    2. Mau menghina saja pake anonim,,, ckckck

      Hapus
    3. lakor tak main kemmenah??

      Hapus
  20. min kalo sedang stress ada banyak tuh Rumah sakit jiwa terdekat,,, ente stress malah bikin blog dengan brita aneh2 ttg islam,,,, terbukti iri dengki bisa menyebabkan orang jd gila,,,,admin blog ini salah satunya,,,anggota gerombolan orang2 paranoid parah dalam faithfreedom

    BalasHapus
  21. MBOK YA SUDAH JELAS BLOG GA MUTU GINI KO DI KOMENTARIN....JANGAN BUANG BUANG WAKTU LAH CARI YA SOSITIP AJA....YAA......

    BalasHapus
  22. AH GUE JADI MALU ... SEBENARNYA BLOG INI SIAPA SIH YANG BIKIN.... TAPI NGELIAT DARI ISINYA SIAPAPUN YANG BIKIN DARI KELOMPOK MANAPUN... PASTI KURANG KERJAAN.....

    BalasHapus
  23. Blog ini mmbawa berkah tersendiri buat saya, karena:

    - Stress nyaris gila karena skripsi berasa ilang bgitu baca blog ini
    - Saya yg merasa rendah diri krna menganggap diri saya bodoh banget, akhirnya bisa dengan bangga mengatakan "ternyata ada yg lebih dodol dari saya"

    Buat admin, saya akan merekomendasikan blog ini untuk teman2 saya yg kebetulan bernasib sama dengan saya..

    Terimakasih Tong Fang, eh maksudnya, terimakasih Mimin.. :*

    BalasHapus
  24. hahahahahahahahahaha ini lbh seru dan lucu drpd baca komik,seru2 lanjut ke cerita "Gandhi itu muslim,dalai lama terinspirasi alquran,bali itu pulau seribu masjid,bukan pulau dewata tp pulau allah"

    BalasHapus
  25. guru besar pekok

    BalasHapus
  26. Sekalian aja Yesus ternyata Islam, Pastur2 banyak yang masuk Islam.Buddha Gautama sebenarnya Islam.

    BalasHapus
  27. buset deh gelarnya guru besar tapi kok yah oon setengah mati?
    ratu kidul bukan muslim..ngiggggoooooo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. km yg gila mungkin ada komen ko jelek bget dan menghina..ko km ngurusin bget soal bunda ratun islam ato bukan hanya allah swt yg tau..ko km usil apa anda perna lihat dan lihat istanahy di laut ada kenal wali ada kenal siapa yg masih hidup nabi di bumi...kl komen ko anda terlalu menghina

      Hapus
    2. Lo tau dari mana ratu kidul bukan muslim. sepupu lo yah???

      Hapus
    3. Sudah blog propaganda gak usah ditanggapi dgn serius.,,,,,
      Mereka tak akan tenang.,, buktinya lihat aza syria sudah 44 ooo mati .,,,,,,
      Yg percaya dgn agama alam ajak lah mereka agar kembali hidup berdampingan dgn alam agar kesimbangan tetap terjaga.,,,,
      Sadar lah mereka2 terlalu egois dn hanya menimbulkan kehancuran alam.,,,,?,? Lihat buktinya

      Hapus
  28. sesaaaaaaaaaaat.....

    BalasHapus
  29. Yg non islam ga usah sirik, tanya dan pikir tuh knp kamu memilih tuhan yg bisa MAMPUS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo agama sebelah tuhannya mampus, kalo agama islam umatnya mampusin orang lain

      Hapus
    2. Gw tambahin
      Bukan mampusin org lain ajah
      Nikahin banyak cew jg
      Wkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. Itulah kesalahannya, menyembah sesama mahluk..

      Hapus
  30. alhamdulillah.. kidul mualaf... semoga ia membantu mempertahankan iman umat islam di indonesia yg mulai terkikis oleh para missionaris kristen k4fir... dulu kristen menyebut tuhannya "TUHAN" sekarang revisi ubahan kitab kristen mengubah nama TUHAN menjadi ALLAH demi kelancaran mengkristenisasi umat islam awam. jdi hati2 para umat muslim... tingkatkan wawasan agar kita tdk ditipu oleh ajaran 3 tuhan ( dalam hal atau alasan apapun yg menduakan ALLAH SWT adalah kafir dan musrik ). semangat.... ALLAH SWT bless u all MOSLEM

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah sesudah murtad, hidup lebih enak...

      Hapus
    2. wah, selamat ya bro....
      dapat indomi kadaluarsa berapa kardus bro?

      Hapus
  31. sukur deh roro kidul mualaf, bisa nemenin muhammad di neraka. Soalnye bidadarinye ude pade abis diambilin ama yang pade jihad gengnye amrozi & osama cs. wkwkwkwkwk............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau dari mana??? neraka itu bikinan nenekmu yah???

      Hapus
    2. Mulut bau Tai ngomongin Tuhan dibela2,,,, hingga saling bunuh .,,,,, sudah habis berhala bunuh sesama., .,,,,, LG koar2 nhomongin Tuhan .,,,,,
      Ngaba man kamu itu orang Indonesia ato Arab
      """""""" otak terdoktrin"""""""""""
      Sekali pelajri buku pelajaran bahasa Jawa .,,,
      Kamu itu dijajah otak Mu

      Hapus
    3. bocah kayak anonim,,harusnyA w hack,,,klo boleh idnetitas ketahuan w bunuh langsung,,,ass hole

      Hapus
    4. dr komentarmu, islam memang perguruan membunuh ..wkwkwk

      Hapus
  32. Yg kurang jelas kapan ketemunya?

    BalasHapus
  33. Wogh manteb, NRK jadi muslim, berarti muridnya kayak Nemo, dkk jadi muslim juga dong ....

    Guuuuuuoooooooooooooooobbbbbbbbbbbbbbbbbblllllllllllllllllllllllloooooooooooooooooooookkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  34. pembohongan bagi umat islam ...
    Kidung kinanthi merupakan Cerita Kemenangan kafir jawa atas kaum teroris radikal dituturkan dalam Babad Tanah Jawi (the Story of the Land of Java), yang terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia yang puitis merupakan bagian dari kampanye untuk mendukung kultur-kultur kemusyrikan local yang dibungkus seolah olah menjadi Islam lalu dikokohkan oleh kesultanan setan jogya atau ksetanan jogja. Nyai roro kidul berada dibalik semua ini, nyai roro kidul yang mana dia merupakan panglima perang ratu saba' yang tidak mau masuk Islam mengikuti Pemimpinnya setelah taslim kepada Nabi Sulaiman, nyai musyrik yang masih kerabat dekat iblis itu merupakan gerbang pembuka munculnya dajjal menurut keyakinan Islam sebagaimana disebutkan sebagai berikut :
    Diriwayatkan bahwa kelak pada akhir zaman dari laut muncul seorang wanita yang sangat cantik, ia mengajak orang untuk bergabung dengannya lalu membikin kerusakan di banyak Negara, siapa saja yang memenuhi ajakannya berarti ia kufur kepada ALLAAH,pada saat itulah ALLAAH mengeluarkan dajjal......... (At Tadzkirah bi ahwali al mauta wa umur al akhirat bagian 3 : ketika datangnya fitnah bab 276 Tentang dajjal)
    Muhamad bin Ahmad bin Bakar bin Faraj al Anshari al Khazraji al Andalusi al Qurthubi adalah seorang Ulama handal yang memahami seluk beluk ilmu Hadits,ini menjungkirbalikkan kebodohan orang yang menyatakan bahwa nyai roro kidul sebagai panglima perang Ratu Kidul (Ratu Saba') adalah klenik.Hendaknya orang lebih dahulu belajarlah sebelum mengkritisi segala sesuatu.
    Hal sedemikian juga telah dijelaskan didalam perjanjian lama sebagai berikut :
    Lukas 11:31 Pada waktu penghakiman, ratu dari selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat salomo (baca : dajjal)
    ??????????????? ????? ???????? ??????????
    "Dan (KAMI tundukkan pula kepadaNya) syaitan-syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam". (QS Shaad : 37)

    Dalam riwayat Muslim dan lainnya dari hadits jabir Beliau -shollallahu 'alaihi wasallam- bersabda
    ?? ??? ????? ??? ????? ????? ?????? ??????? ????? ??????? ???? ?????? ????
    "Sungguh singgasana -istana kerajaan- iblis berada diatas laut, dari istana itulah ia mengutus balatentaranya, setan yang paling mulia disisinya adalah yang paling besar kejahatannya".
    Imam ibnu katsir dalam kitab sejarah beliau yang berjudul Al-bidayah wannihayah menyebutkan satu riwayat dari riwayat imam Ahmad dengan tambahan bahwa istana kerajaan itu dilautan yang dikelilingi oleh banyak ular.

    BalasHapus
  35. jadi nyi roro kidul sama sekali tdk masuk islam bagaimana bisa pembuka pintu sang dajjal dapat mnjdi seorang muslim logika saja ... smua yang berbau musyrik ada pda ratu pantai ini apakah ia bnar" beriman kpda allah sdngkan dia sja mnolak masuk islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kanjeng ratu kidul bukan setan ato musrik ato apalah yang kalian semua bilang (dasar aneh)
      beliau adalah Dan Hyang tanah jawa, pelindung tanah jawa. beliau udah ada sebelum hindu & buddha masuk ke nusantara. ketika hindu buddha masuk, orang2 hindu buddha menghormati beliau. tapi ketika islam masuk nusantara, image kanjeng ratu dirusak -_-
      bener2 deh kalian ini...

      Hapus
  36. Kl gea bisa jadi percaya,syaratnya cuma raja Ternate tsb ketemunya di Mekah thn brp?misal cocok ame yang gue ketahui,ya bisa jadi benar.

    BalasHapus
  37. BLOG NGACO, MALU2IN, WKAKAKKAAKKA

    BalasHapus
  38. kok jadi saling hina agama sih
    orang islam jgn ikut ikutan saling hing agama, kita punya tatakrama

    BalasHapus
    Balasan
    1. org islam jgn ikut2an ngina tp bunuh saja mreka2 yg pada ngina .. wkwkwkwkwk .

      Hapus
    2. siip?? negesellin itu

      Hapus
  39. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Nyai Roro Kidul sudah masuk Islam dan telah menunaikan ibadah Haji. Pakai ONH plus lagi...dengan naik Bouroq. Bukan Garuda atay Merpati

      Hapus
    2. bah.. tambah ngaco.. pake ONH plus pulak..
      Kalian ni macam2 aja, baca ajalah.. gak usah saling menghina..
      Kok repot, kalo gak suka kan tinggal Close.
      hehehehehe...

      Hapus
    3. yg muslim sebaiknya mengalah yesus sudah impoten kebanyakan minum tuak

      Hapus
  40. “Dan Kami turunkan kepadamu al-Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yan lain …”. (QS. Al-Maa- idah: 48) . . . .ratu kidul telah mengetahui ayat ini. . .

    BalasHapus
  41. menjadi seorang mualaf atau muslim tidaklah serta merta membuat orang tsb menjadi indah, baik atau masuk surga. Menjadi pemeluk sebuah agama, agama manapun bukan jaminan apa-apa.
    Kelakuan anda akan menunjukan agama macam apa itu.

    BalasHapus
  42. Hwakakakakkaka..orang bego yang sok tau agama, nyantri dulu yang lama cooyyyyy

    *prihatin kok ada orang tolol kaya gini

    BalasHapus
  43. tahukah anda?
    Mak Lampir beragama islam
    nama aslinya Mak Lampir => Ma'alanfiir

    orang-orang yahudi berusaha menutupi kenyataan ini dengan merubah nama Ma'alanfiir menjadi Mak Lampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mak erot?

      Hapus
    2. yesus kan aslinya islam??? namanya nabi isa?
      kalo di islam? cuman sama orang keristen di jadikan tuhan,,

      Hapus
  44. Tahukah anda?

    Kolor Ijo sebenarnya adalah seorang Arab beragama Islam yang sudah bergelar haji. Nama aslinya Qaul, setelah naik haji namanya menjadi Haji Qaul, atau dalam bahasa Arab dipanggil Qaul Ar-Haj.

    Karena kesulitan menyebut nama beliau, orang-orang kafir yahudi kemudian menyebut Qaul Ar-Haj sebagai Kolor Ijo

    BalasHapus
  45. Kata islam, salam, selamat, ketiganya sama artinya yaitu keadaan nyaman aman tentram damai enak, state of comfort

    Muslim : Gimana bayimu fir ?
    Kafir : Bayiku lahir dalam keadaan selamat

    BalasHapus
  46. amien, mga allah menberi jlan bagi yg blum tau arti dri islam.

    BalasHapus
  47. Kebenaran adalah sesuatu yg akhirnya tak bisa disangkal, siapapun anda saudaraku ... akan lihat kebenaran itu, buka mata, buka telinga, bukti kebenaran telah nampak jelas didepan mata kita, bukti kebenaran telah kita dengar dengan jelas oleh telinga kita ... fikirkanlah ...

    BalasHapus
  48. Blog ini membuktikan Islam berdiri dan disebarkan melalui kebohongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu yakin kalo kamu itu benar???

      Hapus
    2. apakah agamamu itu benar?

      Hapus
  49. sekitar satu setengah tahun yg lalu saya ngobrol dengan kiai ahli spiritual, menceritakan bahwa sejak dulu nyai roro kidul itu sudah islam... namun dia naik haji baru2 ini dan bergaanti nama hj syarifah.. hj syarifah tersebut adlh muslim yang baik dan tidak pernah menumbalkan orang...

    BalasHapus
  50. nyi roro kidul sebenarnya bernama asli Siti raddiyatull khasifah, ia adalah seorang muslim keturunan Yaman dan Jawa, namun para agen zionis dan VOC jaman kolonial menutup-nutupi kenyataan ini dan dianggap sebagai tokoh kejawen

    BalasHapus
  51. maaf ya, udah jangan pada berantem, tau nggak waktu sd dulu kitapernah diajarkan bahwa semua agamadan itu sama, yang beda hanya kebenaran yang hakiki saja. Dan itu ada didalam hati kita yang terdalam. Dan dihati saya yang terdalam ada islam.

    BalasHapus
  52. mendingan lu ke pantai selatan sana biar ilang ga ketahuan
    ngarang yang bener dong
    dasar mualaf ga punya akal

    BalasHapus
  53. udah muhammad,kawinin aja sekalian tuh..lumayan kan nambah istri mahluk halus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahahaaaa...ntar itu 72 bidadari yang udah telanjang di sorga pada sirik dong yeh? wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw..

      Hapus
    2. tuhanmu itu gak pakek kolor + pakek baju ,,

      Hapus
  54. Koruptor boleh dong orang islam n teroris kan udah masuk ...

    BalasHapus
  55. Sekarang para teroris pada masuk islam ...jadi cemar deh orang islam. Bagaimana kalau kita brantas para teroris yang suka ngebom bangsanya sendiri, suka men zolimi agama lain , termasuk terhadap agama islam Achmadiah ...setuju ..????

    BalasHapus
  56. Duhh, Yg ngehina agama Lain mungkin dia Gila kali ye. Tuhan sendiri dibiarin disalib. Kkkk *GILA LU .

    BalasHapus
  57. Cari kebenarannya Dulu, Jangan Asal Komentar bro '-')b

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebenarannya TUHAN itu ESA, tapi kenapa ada yg bilang yesus TUHAN BAPAK........BEEEEEEEEGGGGGOOOOOOO...!

      Hapus
    2. Kata siapa? Oo... katanya.

      Hapus
  58. wkwkwk nih blog emang bagus buat jdi bahan lawakan.. Oiya vampire cina kemaren jga bru naik haji trus masuk islam wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  59. ternyata masih banyak sodara2ku sesama muslim yg masih mencintai ilmu syirik, musyrik, takabur dan tolol yg kronis... ya... aku doakan saja, semoga yang punya blog/artikel sedikit lebih pandai dan kritis dalam mencerna ilmu Alloh... -_-

    jan ra mutu blas...

    BalasHapus
  60. Artikel menarik dan untuk di kaji lebih jauh

    BalasHapus
  61. HAHAHAHA artikel disini menarik-menarik, pengen mengkaji tentang islam, semuanya ada kaitannya dengan islam, kayaknya islam menjadi daya tarik yang ingin didalami. saya request dong artikel, OWNER mualaf-alhamdulillah.blogspot.com NGEBET MASUK ISLAM, ditunggu yah ... wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  62. bencong korea sm thailand juga pada masuk islam..mayan kan buat ngeramein surga dgn cerita tolol 72 bidadarinya yang sibuk streaptis.

    BalasHapus
  63. kalau mau syiar jangan pakai dusta bung....

    BalasHapus
  64. alhamdulillah.. emang bener selama ini kidul gak nyari tumbal lg.. bahkan ngasi penyakit buat yg ngasi sesajen pada kidul

    BalasHapus
  65. allahuakbar... tentara alloh ratu saba bertambah satu dan punya anak buah ribuan jin

    BalasHapus
  66. Jngan sling mengejek...introfeksi dlu diri sendiri...

    BalasHapus
  67. yang benar saja tapi kalau ini kuasa Allah itu perkara lain

    BalasHapus
  68. roro kidul masuk islam....
    teroris banyak orang islam...
    banyak poligami....
    FPI tukang rusuh..
    kaum syiah madura dibantai...
    NII mau kudeta...
    achmadiah dibantai...
    ngaku haji tapi hati kabur...
    sesama islam banyak yang gak akur...
    tukang ngebom...
    apa sih yang bisa dibanggakan...dari islam??!!!
    hancur dech...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam mempunyai kitab yang isinya tidak pernah terganti oleh tangan manusia sejak 1500 tahun...

      Hapus
    2. Al quran mmang kitab yg ajarnnya terbukti benar! Lebih dari sekedar berbuat baik! Smpe tata cra mkan, kluar rumah, mndi dan doa 2nya pun lengkap!

      Hapus
    3. merendahkan A**** lain sama saja merendahkan A**** sendiri.

      Hapus
    4. yesus dulu sbnrnya anak skinhead,tapi dia onani dulu sblm di salib mknya lemes manggul salibb,,

      Hapus
  69. Sungguh hina orang yg hanya suka menyentil apalagi menghina,hanya karena kurang akal juga kurang ilmu.. Sesatlah yang tersesat hingga terlambat tuk menyesal..

    BalasHapus
  70. talbis syaitan smakin sulit di bedakan

    BalasHapus
  71. kalau kita merasa tinggi,,, jangan merendahkan orang lain. lebih baik kita lihat diri kita seperti apa syetan/malaikat.. percaya atau tidak kembali pada diri masing-masing.

    BalasHapus
  72. kalo anda agamanya apa mas Anonim

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama gue..agama setan yang masuk muslim..jadi setan muslim deh...

      Hapus
  73. babi dan anjing masuk islam..gue bukan kristen apalagi muslim..tapi gue sepakat..MUSLIM emang jahanam....

    BalasHapus
  74. waduh kang,mas, bro semuanya knapa jdi pada ngejelekin agama c..orang yg ngehina itu kan gak punya agama..saya sebagai sesama muslim cuma mengingatkan saja jangan jangan mengajak orang kafir masuk islam krna gak diajak pun mereka pasti masuk karna mereka jg punya otak. tapi saya merasa tidak senang klo mereka masuk islam(anda tahu kenapa?) dalam suatu riwayat(sya lupa sumbernya) bahwa " suatu masa islam akan menemui kejayaan(hampir seluruh umat manusia masuk islam) dan pada saat itulah muncul dajal(anda tahulah kelanjutannya)

    BalasHapus
  75. Bagi domba domba yesus spritus yang udah mampus,, kalian tau gak,, pemain bokep amerika itu rata rata pemeluk agama kriten,, dalam kitab kalian emang diajarin yah,, diwajibkan buat ngentot hantam burit,, owh....pantasan tuhan nya aja muka nya mirip sama kaya vcd bokep,,
    hahaha............. kriiiissssttteeennn kooooopppppllllaaaaaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cius amat... santai oom. Nanti ketauan lo kalau tukang ngamuk.

      Hapus
  76. Syarifah safitri kaahh...

    BalasHapus
  77. Woi, sekalian aja Piccolo masuk Islam, Doraemon, Nobita, Shinchan masuk Islam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, kemarin filmya di-dubbing mereka baca syahadat 3x.

      Hapus
  78. Aneh, mau islam , kristen ato apa pun kyakinan lo, g usah lah y sling nghina.
    Emank lo siapa . . ?
    Manusia juga kan .
    Sehebat apa sih lo . . .
    Gtou z koq rempong.
    Mana yg ktax Indonesia BHINEKA TUNGGAL IKA.
    Pd Mau perang lo ya. . .

    BalasHapus
  79. yaudahlah damai-damai semua. Ingetlah kita ini INDONESIA

    BalasHapus
  80. Woi tot , sekarang setan" n iblis" udah hi technology yah .. Udah bisa main internet , ngadu domba agama" yang ada di dunia biar bisa Nemenin dia di neraka . Goblok kali ya ternyata setan tuh , manusia punya akal n pikiran juga hati nurani , gak kaya lu setan ya bisa nya ngadu domba agama" yang ada di muka bumi .. Benahi tuh rumah lu , udah kebakaran dari awal diciptakan sampai sekarang , mateng gak tuh lu digoreng terus ??

    BalasHapus
  81. Tidak akan ridho orang-orang yahudi dan nasroni kepadamu
    sampai kamu mengikuti agama mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bos...ridho itu milik muslim. di Indonesia adanya ridho irama....bapaknya namanya rhoma irama....

      Sekalian kampanye nih...

      katanya si rhoma irama nyapres...pasangannya si aceng fikri disingkat RHOCENG....dengan semboyang "NGACENG SEIRAMA"

      Hapus
    2. orang ngocol kayak gini,,klo dah digebugin satu kampung,,pasti minta ampun,nangis bisa,,dari ,ass hole ni orang,,beraninya didunia maya,,lihat aja w hack juga banci internet

      Hapus
  82. ajaib ...............

    tu kalau memang betul

    BalasHapus
  83. berbuat baiklah pada semua orang maka orang itu tak akan pernah menanyakan kepadamu apa agamamu...

    BalasHapus
  84. Udah udah tunggu jawabanya pas kita mati ya.. Tuhan meciptakan segalanya ... We will see ... Agama yg salah apa manusia yg salah .. Tiada tuhan lebih berharga d dunia selain KEBENARAN

    BalasHapus
  85. Bagi blogger ini:

    saya sebagai seorang akademisi mohon anda memberikan referensi ilmiah yang akurat, dengan demikian tulisan2 anda dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Tulisan2 anda ini cenderung mempermalukan kita sebagai umat beriman alih-alih menunjukkan kekuatan Islam.

    saya mohon referensi sahih-nya, karena memang saya belajar di FMIPA Unibraw Malang, jurusan Fisika tahun 2010.

    Ma'ruf Amin

    BalasHapus
  86. alhamdulillah.. wahai saudaraku.. :') Allah telah memilihmu untuk mendapat Nur Islam.. Alhamdulillah... Terima kasih Ya Allah..

    BalasHapus
  87. nyi roro kidul/ratu kidul itu sbenarnya jin raksasa yg bisa merubah wujud jd wanita paling cantik karena mempunyai ilmu sihir linuli. Baca "babad tanah jawi" yg lengkap isinya. Senopati yg seorang raja aja bisa ketipu karena kecantikannya sang ratu, apalagi kita yang cm manusia biasa. Maka berhati2 lah dg makhluk goib (jin/setan/iblis) karena dia bs menipu umat manusia dg segala tipu dayanya dg dalih agama. Saya menulis ini utk meluruskan, karena saya pernah menjadi korban tipu daya nya ratu kidul selama 5tahun. Na'udzubillah... #jika kita bersekutu dg jin, berarti kita sudah menyekutukan Allah. Cpat2 bertaubat ajalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sokong pendapat saudara..hati-hati dengan mereka walaupun mereka ini dipihak yang benar tetapi kebenaran hanya terbuka jika kita mohon pada Allah ..untuk pertunjuk yang sejelas jelasnya...

      Hapus
  88. whaaaaa.... hebat-2 neh kalian... xixixixixixi

    BalasHapus
  89. JESUS= JAHE SUSU

    BalasHapus
  90. Anonim masuk Islam18 Februari 2013 20.57

    setelah nyi roro kidul masuk islam, maka semua makhluk yang berada di daerah kekuasannya : ikan, kepiting, cumi-cumi, gurita, kuda laut, udang, ubur-ubur, semuanya masuk islam mengikuti kanjeng ratu. alhamdulillah banget......

    BalasHapus
  91. BAGI ANDA YANG 'BERSUMPAH' AKAN BERAK DI ATAS AL-QURAN .... SEMOGA LEKAS BERTOBATTTT

    WALLAHUALAMMM BISHAWABB

    BalasHapus
  92. wkwkwkk...
    gokil maz...

    BalasHapus
  93. Kita mengenal didunia ini ada anak-anak setan dan ada anak anak-anak Allah yang sedang berkeliaran didunia....ini siapa mereka itu...?

    Anakanak setan adalah pengikut nabi Muhammad darim keturunan Ismail, anak-anak Allah adalah dari keturunan Izak anak berjanjian...yang disebut pengikut Jesus....kresten didunia ini.

    Kita dapat melihat sifat-siafat setan yang selalu mau membunuh berjihad adalah dari anak-anak setan ialah islam.

    BalasHapus