Gajah Mada masuk Islam


Gajah Mada, pahlawan maha besar Nusantara itu lahir di wilayah Lamongan, Jawa Timur.

1. Di daerah Modo dan sekitarnya, termasuk Pamotan, Ngimbang, Bluluk, Sukorame dan sekitarnya, tersebar folklor atau cerita rakyat. Dongeng dari mulut ke mulut, mengisahkan bahwa Gajah Mada adalah kelahiran wilayah Modo situ.

2. Daerah Modo-Ngimbang-Pamotan-Bluluk dan sekitarnya memang ibukota sejak zaman Kerajaan Kahuripan Airlangga, bahkan anak-cucunya juga mendirikan ibukota di situ, karena strategis, alamnya bergunung-gunung, bagus untuk pertahanan, dan dekat dengan Kali Lamong yang merupakan cabang utama Sungai Brantas. Sudah begitu, ada jalan raya Kahuripan-Tuban yang dibatasi Sungai Bengawan Solo di pelabuhan Bubat ( kini bernama kota Babat ). Ibukota ini baru digeser oleh cicit Airlangga ke arah Kertosono-Nganjuk, dan baru di zaman Jayabaya digeser lagi ke Mamenang, Kediri. Selanjutnya oleh Ken Arok digeser masuk lagi ke Singosari. Baru oleh Raden Wijaya dikembalikan ke arah muara, yaitu ke Tarik, namun anaknya yang akan dijadikan penggantinya, yakni Tribuana Tunggadewi, diratukan di daerah Lamongan-Pamotan-Bluluk lagi, yaitu Kahuripan. Jadi Tribuana Tunggadewi sebelum jadi Ratu Majapahit adalah Bre Kahuripan alias Rani Kahuripan, Lamongan.

3. Ketika Gajah Mada menyelamatkan Raja Jayanegara dari amukan pemberontak Ra Kuti, dibawanya Jayanegara ke arah Lamongan, yakni Badander / bisa Badander Bojonegoro, bisa Badander Kabuh, Jombang, dua-duanya rutenya ke arah Lamongan ( dalam hal ini adalah Pamotan-Modo-Bluluk dsktarnya ). Itu sesuai Teori Masa Anak-anak, di mana kalau anak kecil atau remaja berkelahi di luar desanya, pasti lari menyelamatkan diri ke desanya minta dukungan, tentu karena di desanya ada banyak teman, kerabat maupun guru silatnya. Saya kira Gajah Mada juga menerapkan taktik itu.

4. Di wilayah Ngimbang-Bluluk sampai sekarang ada situs kuburan Ibunda Gajah Mada, yakni Nyai Andongsari.

5. Di dekat situ pula ada situs kuburan kontroversial, karena ada kuburan yang diyakini sebagai kuburan Gajah Mada namun dalam posisi “Islam”, karena kuburannya menghadap ke arah yang persis sebagaimana kuburan orang Islam. Kalau misalnya hal ini benar, maka wajar masa tua Gajah Mada tidak ditulis di babad-babad atau kitab kuno, atau cenderung disisihkan atau dihapus dari sejarah, karena Gajah Mada mungkin dianggap “murtad” atau “semacam itu”.

Pendapat mengenai “Gajah Mada masuk Islam di hari tua” ini tidak mengada-ada, karena seorang kyai terkenal di Jawa Timur keturunan Sunan Drajat, yaitu KH Ghofur dari Pondok Pesantren Drajat, Paciran, Lamongan menyatakan bahwa beliau pernah berdialog secara mistis dengan “ruh” Gajah Mada , dan “ruh Gajah Mada” menyatakan bahwa Gajah Mada masuk Islam di hari tuanya.

Memperjuangkan pendapat semacam ini tidak mudah. Saya pernah bertamu ke teman-teman saya yang menjadi pejabat tinggi kebudayaan maupun pejabat tinggi pendidikan, tidak ada yang mau membuat seminar nasional mengenai tempat lahir Gajah Mada, entah apa sebabnya, mungkin Cuma karena kemalasan khas pegawai negeri Indonesia saja. Yang bersedia malahan beberapa budayawan Malaysia, namun sayang rencana itu tertunda-tunda menunggu saat yang baik, padahal dana sudah siap. Biarlah nanti kalau Malaysia sudah siap, biar orang-orang Indonesia bisanya cuma marah-marah karena merasa dilangkahi, sebagaimana sudah sering terjadi.

Maka, untuk perjuangan awal, paling tidak beberapa makalah saya yang saya bacakan di beberapa pertemuan budaya di Singapura, Malaysia dan Brunei sedikit banyak menyebut bahwa Gajah Mada adalah putera kelahiran Lamongan dengan bukti-bukti di atas.
Di samping itu, folklor itu saya sisip-sisipkan ke novel saya “Pendekar Sendang Drajat, Misteri Pengebom Candi Gajah Mada” yang akan terbit 2 bulan yang akan datang. Sementara itu, novel saya yang sedang beredar dan cukup laris di pasaran, “Pendekar Sendang Drajat Memburu Negarakertagama” mulai saya arahkan ke arah setting daerah Babat-Modo-Ngimbang-Pamotan.

Pendapat lain
Pendapat lain sudah mengantre tentunya, karena folklor atau naskah “Usana Jawa” dari Bali, mengklaim bahwa GAJAH MADA lahir dari sebuah buah kelapa yang pecah di Bali.... hahahaha...aneh kan?

Naskah lain yang juga dari Bali, yakni “Babad Gajah Mada” mengisahkan bahwa Gajah Mada lahir di Pertapaan Lemah Tulis di Bali. Namun itu hanya tulisan babad atau kidung kuno yang ditulis di zaman pasca Majapahit , sedangkan bukti-bukti lain yang mendukung , sejauh ini belum ada.

Lalu DR. Agus Aris Munandar dari UI berteori bahwa Gajah Mada lahir di Malang, dengan alasan Gajah Mada mendirikan Candi Kertanegara di Singosari Malang. Pendapat ini tentu amat spekulatif, karena mendirikan Candi kan hal biasa yang dilakukan oleh pejabat tinggi yang berkuasa. Bahkan dia berteori bahwa wajah Gajah Mada mirip orang India, bukan seperti wajah “Orang Lamongan” seperti yang diyakini oleh Mohammad Yamin dan sampai kini dijadikan “pendapat umum”.

Teori yang lebih spekulatif dan asal-asalan malah mengatakan, bahwa Gajah Mada lahir di Sumatra, dengan alasan adanya binatang Gajah dan istilah “Mada” hanya ada di Sumatra. Tentunya pendapat ini sangat menggelikan, karena meskipun Gajah asli Sumatra, tapi kan Raja-raja Jawa dapat mendatangkan/membelinya, jadi Gajah bukan hal yang aneh di Jawa. Istilah “Mada” juga ada dalam kosakata Jawa.

Ada juga yang menyatakan, bahwa Gajah Mada lahir di Dompo, Sumbawa, karena di sana ada kuburan Gajah Mada. Tentunya soal kuburan bisa saja dibikin dan diperakukan. Atau mungkin juga Gajah Mada yang lain, yang bukan di zaman Majapahit, atau tokoh lokal yang kharisma kepemimpinannya mirip tindak tanduk Gajah Mada, meski skopnya tidak Internasional seperti Gajah Mada Majapahit.

Malahan ada juga teori yang menyatakan bahwa Gajah Mada orang Dayak di Kalimantan, karena di wilayah Dayak Krio ada tokoh bernama Jaga Mada yang diutus Demung Adat Kerajaan Kutai untuk menjelajah Nusantara. Namun teori ini dari segi logika hubungan dengan Majapahit sangat lemah. Mungkin juga dia adalah tokoh lokal yang dihormati oleh masyarakatnya setara dengan penghormatan terhadap Gajah Mada Majapahit.

Dan kemudian, ada juga teori yang menyatakan, bahwa Gajah Mada itu mungkin benar lahir di wilayah Pamotan-Lamongan, namun bukan anak Raden Wijaya sebagaimana disebutkan oleh folklor di Modo, akan tetapi lahir dari ibu yang dinikahi Pasukan Mongol yang melarikan diri dari induk pasukannya.

Teori ini agak lemah, karena menurut buku John Man, Pasukan Mongol yang ternyata bukan hanya dipimpin oleh Jendral-jendral Mongol, namun juga disertai oleh Kaisar Mongol sendiri, dibantai habis oleh Pasukan Raden Wijaya dan sisanya melarikan diri ke perahu di pelabuhan Ujung Galuh dan Tuban lalu segera pergi berlayar kembali ke Cina, sudah begitu di Cina mereka dibantai lagi oleh anak petani Cina yang sudah bosan dijajah Mongol lalu memberontak atas bantuan pasukan Majapahit dan kemudian merajakan diri, memerdekakan Cina dari penjajahan Mongol ratusan tahun.

Pendapat ini, menurut budayawan Irawan Djoko Nugroho, sangat sesuai dengan yang dikandung dalam kitab kuno “Tembang Harsawijaya” dan Prasasti Kertarajasa. Jadi, kalaupun ada sepuluh - tiga puluh orang pasukan Mongol yang mampu menyelamatkan diri lalu lari ke hutan, tentu butuh waktu berpuluh-berbelas tahun baru berani menampakkan diri keluar dari hutan, lalu berani menikahi wanita lokal. Hal itu persis seperti yang dilakukan oleh pelarian pasukan Jepang di zaman perang kemerdekaan Indonesia, dan baru berani muncul dari hutan ketika Indonesia sudah lama merdeka dan melupakan suasana peperangan. Padahal Gajah Mada lahir hanya setahun dua tahun dari peristiwa pembantaian Pasukan Mongol oleh Pasukan Majapahit. Maka, pasti ibunya tidak dinikahi oleh pasukan Mongol, melainkan oleh pemimpin pasukan Majapahit yang merayakan kemenangan,atau kalau merujuk ke folklor Modo, dinikahi (semacam nikah siri-lah--istilahnya) oleh Raden Wijaya sendiri, dalam rangka pesta perayaan kemenangan, karena pertempuran hebat menumpas Pasukan Mongol memang terjadi di wilayah Lamongan.

Sumber

218 komentar:

  1. jangan di paksakan klo gajah mada ini adalah orang jawa mas, sangat menggelikan sekali, dari nama nya saja sudah jelas klo itu bukan nama orang jawa. jika ada manusia jawa saat itu mengasih nama anak nya gajah mada, maka tent lah sangat lah lucu, unik dan aneh bagi masyarakat di daerahnya, dan tentu akan menjadi berita besar dan pada akhirnya tdk akan pusing para ilmuwan mencari asal-usul tokoh satu ini.
    menurut saya nama 'gajah mada' adalah kebiasaan orang minangkabau dalam pemberian gelar/nama, hal ini di buktikan dgn banyak nama2 serupa di minang saat itu, seperti kuciang mualim, kambing hutan, harimau campo, dls.
    jadi terima saja kenyataannya klo gadah mada itu bukan orang jawa mas, ikhlas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia People6 Agustus 2012 08.22

      iye bener, jangan suka memutar balikan fakta BUNG!!

      Hapus
    2. diponegoro bahasa kawi jawa dipo berarti gajah negoro ya negara, memang bukan jawa asli beliau cicit syekh Hasan Munadi keturunan Arab yang bernama asli Alwi ba'abud, orang jawa memang banyak yang keturunan, aku saja masih keturunan orang timur tengah namanya Nabi Nuh AS

      Hapus
    3. Ibrahim ayahku

      Hapus
    4. Kalo Gajah Oling jelas ada

      Hapus
    5. satria kelana: lamongan ada desa namanya desa Modo,. disitu banyak bukti2 makam maupun peninggalan2 jaman gajah mada dan disinyalir disitulah asal gajahmada lahir bahkan disitu juga ditemukan bukti2 tempat gajahmada muda berlatih kanuragan diperguruan 'Garangan Puteh' orang jawa menggunakan nama julukan sudah ribuan tahun yg lalu bukan hanya gajah mada,. kebo kenongo, juga ada,. dan banyak lagi misalnya kebo lanang juga,. kalo soal julukan semua daerah dinusantara pasti memakai nama julukan bro,. bukan diminangkabau aja yg pakai!! dan gajah mada yg dimaksut ini adalah gajahmada majapahit bro,. kalo gajahmada lain ada yg lahir di minangkabau ya meketehek,.. wkwkwkwk,..

      Hapus
    6. mas bro semua????nama nya juga sebagai gelar,sm dijaman sekarang juga kayak gitu tp beda versi loh??lihatlah nama account facebook atw twiiter atw yahoo,atw whatsapp atw bbm atw itunes di iphones aplleapalah namnya gelar sebagai seorang atw manusia yg memiliki sesuatu..polisi tentara bahkan menteri sekalipun punya gelar..coba menteri bagian hutan ga mungkinkan jd tarzan atw george of jungle pastinya meneteri kehutannan????pokoknya kebenaran itu dilihat dari sejarah masing2???

      Hapus
    7. baiklah, sesuai dengan semangat blog ini, maka dengan ini saya nyatakan bahwa gajah mada adalah orang minang, dan beragama islam.

      Begitu juga semua orang yang memakai nama/gelar dengan nama hewan seperti hayam wuruk, lembu sora, kebo anabrang, banyak wide, lembu tal, kebo ijo, gajah pagon, singodimejo, singodikromo dan sebagainya, mereka semua adalah orang minang.

      Hapus
    8. Yang jelas gajah mada itu berasal dari Indonesia, Semua orang tau.
      Lihat banyak mana perbedaan dan kesamaannya, pasti banyak samanya.


      Merdeka

      Hapus
    9. bukan mbah, gajahmada itu aslinya orang arab, beragama islam.

      namanya gajahmada, itu berasal dari Gaj-Ahmad-a.
      ada nama "Ahmad" nya

      Hapus
    10. Saya cocok ama mas Anonim22 Februari 2013 01.20
      Gajh Ahmad a Hahahahahaha.... dan islam karna keturunan nabi adam,.

      Hapus
    11. Kerajaan majapahit juga sebenanrya didirikan oleh orang islam, awalnya dia bernama Al-Ma'azafahid

      Hapus
    12. lebih menggelikan lagi pernyataan @satria kelana yang mengatakan bahwa gajahmada adalah orang minang

      Hapus
    13. yang benar orang mbojo / bima sekarang di prop. NTB mw bukti ayo k bima,ada arca,prasasti,dan kitab kuno BO.

      Hapus
    14. gajah mada orang jawa sangat mungkn krna dlm sbuah prasasti nama seseorang dengan nama hewan itu mengandung sebuah arti... kayak nama, lembu ijo, kebo gindrang, singo lodro, ki ageng kutu, kebo kanigoro (nama asli adik raden patah, yg mnjdi raja d ponoro
      go jatim, stalh jd ratu namax menjadi bethoro katong dgn nama hindu namun dia muslim) jadi kalau dari nama itu sangat logis menurut data n ngak mengada2, yg mempnyai arti kekuatn ataupn kekuasaan...

      Hapus
    15. nama bukan arab belum tentu bukan islam, sebaliknya nama arab belum tentu dia islam.

      Hapus
    16. Gajah Mada adalah orang Bangka asli (provinsi kepulauan bangka belitung),ini dibuktikan dengan berdirinya Kampung Gajah Mada, dan Jalan Gajah Mada di Kota Pangkalpinang sebagai bukti penghormatan kepada beliau dalam mempersatukan nusantara. dan, Gajah Mada diakhir hayatnya menghabiskan waktunya di Pulau Bangka, dengan ditemukannya sebuah kuburan di Kuburan Umum Gajah Mada.

      Hapus
    17. Yang jelas orang2 Sunda sangat benci dengan tokoh Gajah Mada, di Jawa Barat tidak ada nama Jalan Gajah Mada atau apapun nama untuk menghormati tokoh besar Nusantara ini gara-gara tragedi Perang Bubat

      Hapus
    18. Gajah mada pemersatu nusantara.bahkan wilayahnya sampai negara singapura.sulit mencari makamnya.yang pasti gajah mada adalah patih kerajaan majapahit.mana mungkin raja memilih patih orang asing...pasti yang satu bahasa sangsekerta.perkuat saja sejarah dan jngn saling mengklaim.kl ada di semua wilayah itu semua benar.karena berbasis nusantara..gali lg sejarah dan peninggalan lebih akurat sebagai wujud cinta pahlawan dan sejarah bangsa.jayalah indonesiaku...

      Hapus
    19. sahabat2ku yg baik hatinya,lebih baik kita pelajari lagi sejarah2 pahlawan di bumi indonesia yg sangat luas ini,kita gak usah saling kontradiksi dengan saudara2 kita sendiri.seharusnya kita ini bersatu untuk mempertahankan sejarah negara kita.jangan sampai kalah sama negara lain.

      Hapus
    20. gajah mada asli orang amerika,,,,keturunannya sekarang adalh goerge bush,,,gajah mada nama aslinya georgy the mad....

      Hapus
    21. kan skrng ada film gajah mada

      Hapus
  2. Menurut pupuh Negaramakertagama yang ditulis Mpu Prapanca... Gajah Mada berasal dari Jawa... Mengenai nama Gajah Mada... Pada masa itu dalam kitab negara kertagama disebutkan tentang Lembu Sora yang dihukum karena melanggar hukum... Dan mengenai Gagak Bongol sebagai Pemimpin pasukan Bhayangkara... Itu juga nama binatang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gajah mada itu seperti sebuah kiasan tentang suatu bentuk kekuatan strategi perang dan gagak bongol melukiskan tentang kekuatan intelijen...gimana...?

      Hapus
  3. td nulis di blog ini namanya Gaj Ahmada ada makamnya di mojokerto, skrg uda nulis lain lg, wkwkwkwkwkwkwkw lucu sekali penulis blog ini, dalam satu blog ada beragam versi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gajah mada itu perintis ajaran ahmadiah yg sekarang katanya mengajarkan aliran sesat menurut umat islam yg hanya bisa dan gampang didoktrin...he...he...sama kasusnya dgn syeckh sitti jenar yg melakukan pendalaman spiritual utk menemukan yg sejati benar namun juga dianggap sesat oleh para wali akhirnya dikeroyok dan dihabisi atas nama agama....bener gak..?

      Hapus
  4. bagaiman jika Kyai ngomgong sama setan qta ga tau,,, hahaha

    BalasHapus
  5. GAJAH MADA ITU ASLI ORANG LOMBOQ, SUMPAH....

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, pernah denger gajah mada itu malah dari bali/lombok...

      Hapus
    2. Pocong juga hasil penemuan orang islam, aslinyna bernama "Al-Fhauchong"

      Hapus
    3. mari kita tantang farhat abas untuk sumpah pocong

      Hapus
  6. setuju, pernah denger gajah mada itu malah dari bali/lombok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mboh mboh malah gak ngerti kok akuuu

      Hapus
    2. lombok itu juga bahasa jawa artinya cabe merah

      Hapus
    3. atas ane: you dont say?

      Hapus
  7. Lho.. lho...Gajah Mada gak di Jogja ta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gajah mada itu kan alamatnya di jalan kaliurang yogya

      Hapus
    2. Salah, alamatnya yang benar di jalan Truno Joyo Jakarta Selatan, ga percaya, datang sedniri tapi tamu harus lapor??.

      Hapus
    3. Jogja itu sebenarnya juga hasil penemuan islam, awalnya dia diberi nama "Al-Jhaugjha"

      Hapus
  8. mungkin itu kyai ngobrolnya ama setan yg nyamar?
    ato malah halusinasi, saking kepengennya ngaku2....
    bukti mana bukti...
    ga ada bukti yah hoax...

    BalasHapus
  9. tidak mengherankan, islam sudah ada sejak zaman kerajaan sriwijaya....600 tahun sebelum adanya majapahit...sejarah memang banyak dimanipulasi oleh penjaajah anti islam....dan antek2nya....hal demikian bukan hanya terjadi di indonesia saja..di cina juga demikian...diamerika , di eropa dll juga sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang kaya gini nih, yang gampang kepengaruh info2 SESAT,
      hei, pernah maen ke museum gak? liat aja tuh, peninggalan2 kerajaan majapahit, sriwijaya & kerajaan2 hindu buddha lainnya yang berupa patung2 dewa dewi hindu & patung buddhanya....

      SEJARAH GA MUNGKIN BISA BOHONG BUNG! GALI TANAH DIBEKAS SUATU PERADABAN KERAJAAN HINDU BUDDHA, CARI ARTEFAKNYA & LIHAT ITU DARI HINDU/BUDDHA ATO ISLAM!!!?????

      Hapus
    2. Belanda & inggris ga mungkin bohong lah, ngapain mereka keluar banyak uang mugar candi2 & melakukan penggalian2 kalo cuman buat konspirasi?
      aneh kan???

      Hapus
    3. memang salah satu fantasi favorit para muslimer adalah "yahudi berusaha menutupi kenyataan bahwa X sebenarnya adalah ditemukan/dibangun/dibuat oleh islam/muslim"

      mungkin sudah saatnya para muslimer sadar bahwa dunia tidak terlalu mempedulikan siapa yang menemukan, tetapi lebih peduli dengan apakah penemuan tersebut memang bermanfaat.

      Hapus
  10. semua gajah itu percaya kepada Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh diem jangan berantem
      mending ngesex kaya ane aja gan

      Hapus
    2. Ken Aryo Damar16 Januari 2013 19.37

      beginilah, omomgan para iblis yg lagi istirahat di dekat closet !

      Hapus
    3. kloset juga hasuil penemuan islam

      nama aslinya al-khlaused

      Hapus
    4. Sak karepmu,mungkin perkataanmu itu mmang baik untukmu,.

      Hapus
  11. Balasan
    1. KEN ARYO DAMAR16 Januari 2013 19.41

      bagi para orang kafir, para MUJAHID fiy SabiyliLLaaH dinamakan TERORIS. padahal menurutku : justru mereka dan para iblis la'natuLLaaH adalah TERORIS SESUNGGUHNYA !

      Hapus
    2. Termasuk para gembong-gembong teroris seperti Osama bin Laden MA (Modar Alhamdulillah), Amrozi cs MA, Dr Azahari MA, Noordin M Top MA, Abubakar Ba'asyir Laknatullah MI (Modar Insyaallah), Habib Riziq Laknatullah MI.

      Syukur Alhamdulillah ada Densus 88

      Hapus
  12. Namanya juga mengisyaratkan Islam,ahmad,,,,,,,gajh,ahmad.

    BalasHapus
  13. Terdapat isyarat Islam dari namanya,Gajh,ahmad.selain itu,Logikanya,jika ibu bpkku hindu,akupun kemungkinan besar beragama Hindu.knp mayoritas agama dari keturunan kerajaan Hindu(Majapahit)adalah muslim,ataukah memang Majapahit adalah kerajaan Islam/kesultanan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya gampang:

      Ya karena Bpk ente dan ente'x orang tolol...jadi mudah ke hasut....

      Wkkk...koplak.....

      Hapus
    2. Abu Al-Musqlaim7 Maret 2013 18.42

      Majapahit aslinya memang kekhalifahan Islam yang bernama "Al-Ma'azafahid"

      Hapus
    3. karena takut di bunuh sama islam makanya pindah ke islam.

      Hapus
  14. Jangan ngarang-ngarang gajah mada itu darimana-mana,..kalau dia dari lombok/bali..ngapain dia mengembangkan kerajaan majapahit yang dari jawa..bukannya ngembangkan kerajaan di wilayah bali........kitab negarakertagama itu benar Gajah Mada pasti dari Jawa...ngapain mengembangkan kerajaan orang kalau kerajaan di wilayahnya sendiri terbelakang

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin pindah, kan dia anak yatim piatu jadi pergi ke trowulan cari pekerjaan...
      jadi ga masalah toh, lagian bali & lombok juga banyak orang hindunya...

      Hapus
    2. Karena di Jawa, banyak orang tolol...jadi dy mesti kesana...bantuin.....

      Ehh...ternyata Tololnya kagak ketulungan, kayak ente....

      Ahihikkk.....Gitu z kok bingung....

      Hapus
    3. kalaw tolol kenapa orang jawa pamor diseluruh nusantara bagus dibandingkan pamor orang non jawa,eh klw orang pinter knp dipimpin presiden dari dulu orang jawa ,orang jawa yang geblek atw ente yang konyol???

      Hapus
  15. Blog Pembohongan Publik, beginikah perilaku umat muslim, segala cara dilakukan untuk membela agama, kebohongan yang nyata dipertontonkan seperti ini, lebih baik menyatakan satu kebenaran dari pada ribuan kebohongan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANJING KAU! JANGAN NGEJEK ISLAM LOE YA!
      DASAR KAFIR LAKANATULLAH! KAFIR BEGO DIPIARA!

      Hapus
    2. ASOE LOE! JANGAN NGEJEK MUSLIM DAN ISLAM LOE YA!
      DASAR KAFIR LAKANATULLAH! MASUK NERAKA JAHANAM AJA KAU!

      Hapus
    3. silahkan dicari kevalidan datanya
      ternyata tidak valid
      bukannya mengejek
      kalau tidak pasti ya untuk apa di posting
      apalagi berbau SARA

      Hapus
  16. ngae ngae doen de bes soleh-soleh ci pak kiyai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaaa....

      Jangan dimasukin hati bli....

      Orang sok bener lagi dakwah...wkwkkk....

      Hapus
  17. KAFIR KALIAN SEMUA! JANGAN NGEJEK ISLAM!
    AL-QURAN AJA BILANG SEMUA MANUSIA TERLAHIR SEBAGAI MUSLIM!
    KALIAN BOLEH NGEJEK AKU! TAPI JANGAN NGEJEK AGAMAKU!
    ISLAM IS THE BEST! ALLAHU AKBAR!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha
      agama itu buatan manusia gan....bukan buatan Tuhan...
      kitab suci, ajaran2 agama, tempat ibadat itu juga buatan manusia....
      yang memecah belah menjadi agama hanyalah para manusianya yang egois mau menag sendiri bahwa kepercayaanyalah yang paling benar...

      Hapus
    2. Tulisanmu dengan caps-lock dan penuh amarah itu sama sekali nggak menunjukkan kalo islam itu is the best mas,...

      MbA
      FFI

      Hapus
    3. Jika g suka dipukul jangan mukul, kalau g suka di ejek jangan mengejek. sekarang kalian membuat spekulasi g jelas, maka siap2lah dikritik, walau itu asin, pedas atau kecut. kalau marah itu goblok namanya. buat yang bikin artikel spekulasi g jelas, mohon belajar sejarah lebih dalam lagi, menurut saya pengetahuan anda lebih dangkal dari air kencing saya, terimakasih

      Hapus
    4. gue sih kagak ngejek islam, tapi muslimer2 bodoh yang bikin nama islam jadi jelek seperti kontol

      Hapus
    5. orang islam sblm ngomong, brtndk d pqr dl, ngk brtndk br ngomong... bisa2 jd fitnah...

      Hapus
    6. Balasan buat yg nulis 7 Maret 2013 18.44
      Ane ragu kalo ente ntu muslim gan.

      Hapus
  18. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa ratus juta orang amerika yang masuk Islam?

      Hapus
  19. gajah mada itu orang indonesia...

    BalasHapus
  20. nih kalo pengen lebih jelas tentang kisah gajah mada.... http://www.scribd.com/doc/43812481/1/RUNTUHNYA-MAJAPAHIT-1-Oleh-Damar-Shashangka

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus ni bro, lag baca....
      ini nih FAKTA!!!!
      sejarah ga bisa dibohongi, jangan percaya berita hoax kaya diatas
      ga tau malu....

      Hapus
  21. Gajah Mada emang mirip ama muhammad saw, tapi bedanya yang satu penyatu nusantara, yang satu perampok, penjajah n pemerkosa dari padang pasir. Biografi muhamad bisa diliat tuh di film innocence of muslims

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEN ARYO DAMAR16 Januari 2013 19.53

      diam kau hai AHLI NERAKA JAHANNAM !!!!!!!!!!!

      Hapus
    2. knp ya ada kitap yang katanya firman tuhan namun nabinya sendiri berzina,ada pemerkosaan saudara yusuf,dan banyak keganjilan lainnya ,namun mereka bilang agama penuh kasih ataw kitap penuh pornografi,kitap dibuat setelah 400 tahun tuhannya meninggal apa masih asli??????????coba pk logika dan ilmu yang benar,knp tuhan harus kirim anaknya berkorban demi menghapus dosa manusia,apa tuhanmu tidak berdaya,sedang tuhan paling berkuasa????jika kamu orang yang berfikir

      Hapus
    3. wei babi diam kau, anak iblis kau, kau punya agama tidak,, !! setan kau, jngan banyak bacot kau dsini,,,

      Hapus
    4. Nabi kami tidak berzina. ... film innocence of muslims?
      Itu hanya fitnah

      Hapus
  22. Yang betul gajah mada lahir di Batangtoru, disitu ada ditulis di son mula jadi ni Gajah Mada

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya? baru tau bro...
      dia marga apa ya?

      Hapus
  23. hanya org gila dan gemblung saja yg menghina Rosullulloh.film innocent moslem tdk akan menurunkan kemulian muhammad saw

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang menghina rasullullah tu da jelas2 anak setan, lahir dari rahim setan,,

      Hapus
    2. ahh masa iya anak setan :D
      setan kok teriak setan :D

      Hapus
  24. Astagfirulloh...


    peace mbak n mas bro....:)

    BalasHapus
  25. Sebenarnya Gajah Mada adalah orang islam, nama sebenarnya adalah GAJ' AHMADA.

    BalasHapus
  26. Sebenarnya Gajah Mada adalah orang islam, nama sebenarnya adalah GAJ' AHMADA

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaahaa..

      sipp tuh "GAJ'AHMADA"

      Hapus
    2. ga penting itu orang mana,,,yang terpenting adalah meniru tingkah laku gajah mada, itu yang paling penting,,,,ukir sejarahmu sendiri jangan mengukir sejarah orang lain jika itu membuat kalian semua saling bantah membantah,,,,,,!

      Hapus
    3. marah ya ....jangan pada emosi ah ....sudah pada sholat belum ????

      Hapus
  27. orang islam bisae meng klaim tapi g ada buktinya dari dulu ya gtu ktanya dari qur'an tapi qur'an yg mana qur'an yang di sanjung tapi yang belajar gak pecus cuma tiru2 orang jawa bisae cma mengklaim tok ya kan............

    BalasHapus
  28. asal aja diributkan. hadeuh, padahal masalah yg sepele. biar cepet aja, bahwa gajah mada itu asal'y dari tuhan/ciptaan tuhan. hahahahaha

    yang komen jg anonim alias orang ga punya muka semua. ga jelas bgt.

    BalasHapus
  29. oh iya lupa. JANGAN MERASA DIRI PALING BENAR DEH. LEBIH BAIK INTROSPEKSI. salam rahayu

    BalasHapus
  30. SEJARAH KEDIRI.

    Sesungguhnya kota Daha sudah ada sebelum Kerajaan Kadiri berdiri. Daha merupakan singkatan dari Dahanapura, yang berarti kota api. Nama ini terdapat dalam prasasti Pamwatan yang dikeluarkan Airlangga tahun 1042. Hal ini sesuai dengan berita dalam Serat Calon Arang bahwa, saat akhir pemerintahan Airlangga, pusat kerajaan sudah tidak lagi berada di Kahuripan, melainkan pindah ke Daha.

    Pada akhir November 1042, Airlangga terpaksa membelah wilayah kerajaannya karena kedua putranya bersaing memperebutkan takhta. Putra yang bernama Sri Samarawijaya mendapatkan kerajaan barat bernama Panjalu yang berpusat di kota baru, yaitu Daha. Sedangkan putra yang bernama Mapanji Garasakan mendapatkan kerajaan timur bernama Janggala yang berpusat di kota lama, yaitu Kahuripan.

    Menurut Nagarakretagama, sebelum dibelah menjadi dua, nama kerajaan yang dipimpin Airlangga sudah bernama Panjalu, yang berpusat di Daha. Jadi, Kerajaan Janggala lahir sebagai pecahan dari Panjalu. Adapun Kahuripan adalah nama kota lama yang sudah ditinggalkan Airlangga dan kemudian menjadi ibu kota Janggala.

    Pada mulanya, nama Panjalu atau Pangjalu memang lebih sering dipakai dari pada nama Kadiri. Hal ini dapat dijumpai dalam prasasti-prasasti yang diterbitkan oleh raja-raja Kadiri. Bahkan, nama Panjalu juga dikenal sebagai Pu-chia-lung dalam kronik Cina berjudul Ling wai tai ta (1178).

    Perkembangan Panjalu

    Masa-masa awal Kerajaan Panjalu atau Kadiri tidak banyak diketahui. Prasasti Turun Hyang II (1044) yang diterbitkan Kerajaan Janggala hanya memberitakan adanya perang saudara antara kedua kerajaan sepeninggal Airlangga.

    Sejarah Kerajaan Panjalu mulai diketahui dengan adanya prasasti Sirah Keting tahun 1104 atas nama Sri Jayawarsa. Raja-raja sebelum Sri Jayawarsa hanya Sri Samarawijaya yang sudah diketahui, sedangkan urutan raja-raja sesudah Sri Jayawarsa sudah dapat diketahui dengan jelas berdasarkan prasasti-prasasti yang ditemukan.

    Kerajaan Panjalu di bawah pemerintahan Sri Jayabhaya berhasil menaklukkan Kerajaan Janggala dengan semboyannya yang terkenal dalam prasasti Ngantang (1135), yaitu Panjalu Jayati, atau Panjalu Menang.

    Pada masa pemerintahan Sri Jayabhaya inilah, Kerajaan Panjalu mengalami masa kejayaannya. Wilayah kerajaan ini meliputi seluruh Jawa dan beberapa pulau di Nusantara, bahkan sampai mengalahkan pengaruh Kerajaan Sriwijaya di Sumatra.

    Hal ini diperkuat kronik Cina berjudul Ling wai tai ta karya Chou Ku-fei tahun 1178, bahwa pada masa itu negeri paling kaya selain Cina secara berurutan adalah Arab, Jawa, dan Sumatra. Saat itu yang berkuasa di Arab adalah Bani Abbasiyah, di Jawa ada Kerajaan Panjalu, sedangkan Sumatra dikuasai Kerajaan Sriwijaya.

    Penemuan Situs Tondowongso pada awal tahun 2007, yang diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Kadiri diharapkan dapat membantu memberikan lebih banyak informasi tentang kerajaan tersebut.

    Karya Sastra Zaman Kadiri

    Seni sastra mendapat banyak perhatian pada zaman Kerajaan Panjalu-Kadiri. Pada tahun 1157 Kakawin Bharatayuddha ditulis oleh Mpu Sedah dan diselesaikan Mpu Panuluh. Kitab ini bersumber dari Mahabharata yang berisi kemenangan Pandawa atas Korawa, sebagai kiasan kemenangan Sri Jayabhaya atas Janggala.

    Selain itu Mpu Panuluh juga menulis Kakawin Hariwangsa dan Ghatotkachasraya. Terdapat pula pujangga zaman pemerintahan Sri Kameswara bernama Mpu Dharmaja yang menulis Kakawin Smaradahana. Kemudian pada zaman pemerintahan Kertajaya terdapat pujangga bernama Mpu Monaguna yang menulis Sumanasantaka dan Mpu Triguna yang menulis Kresnayana.

    BalasHapus
  31. MAU DARI MANAPUN YANG JELAS GAJAH MADA PATIH MAJAPAHIT.

    BalasHapus
  32. GAJAH MADA ORANG KOTA GAAAN!! RUMAH NYA DEKET MANGGA BESAR! BUKTINYAA??? DI KOTA ADA JALAN GAJAH MADA!!! MASI GA PERCAYA?! NIH YAA, KONG ALI SEKARANG JADI NAMA JALAN DI RUMAH GUA, SOALNYA DULU KONG ALI SESEPUH SITU, TINGGAL DISITU! MASI NGGA NGERTI? MATI AJA LU GAAN, TAR NAMA LO GW JADIIN NAMA GANG!

    BalasHapus
  33. Biasalah Orang Muslim main klaim, karena mereka tidak punya peninggalan yang patut dibanggakan. sehingga Peninggalan Agama lain diklaim... wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jancuk we .... -_- anda gak terima sama postingan ini.. tapi jangan mengejek Agama Islam. karena belum tentu (mungkin tidak) agama anda adalah agama yg benar..

      Hapus
  34. Untuk sangkutan dengan mongol itu sangat menarik, bisa saja memang Gajah Mada keturunan Mongol, yaitu ibunya seorang pekerja seks jawa untuk melayani tentara mongol.
    memang tidak ada tentara mongol yang tertinggal, tapi mungkin karena ibunya seorang PSK, bisa saja benih mongol masih ada. itulah kenapa kisah masa lalu Gajah Mada tidak jelas, karena sangat kelam, terlahir dari seorang pelacur.....hehehe..

    BalasHapus
  35. kalaupun yg kalian utarakan benar semua,ataupun salah semua,toh kalo sudah waktunya HARI KIAMAT,kalian dan kita semua akan mati dan binasa...saling memaafkan adalah hal terbaik...

    BalasHapus
  36. Semua komentar2nya lucu, saya seneng bacanya, ngomongin pepesan kosong hahaha. Semua agama mengajarkan kebenaran makanya saya pusing milih yang mana soalnya semua bagus2, jadi saya pilih sinkretisme saja hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan ane setuju ma ente,,,,wong agama kok diributin,awkowkwokwokk..

      dalam masyarakat gag pernah tu gue tanya agama lho apa,,,,yang penting dia bersikap baik sama gue. gag pernah bikin sakit arti,,,semua agama tuh sama aja.

      Ane muslim gan,,,tapi ane juga sadara,,banyak yang mmbawa nama muslim juga buat menhancurkan yang lainnya..
      Sebenarnya ISLAM, YAHUDI, KRISTEN, BUDA,HINDU dll itu bukan yang diktp ente tapi diHATI ente...

      Hapus
  37. raja nusantara umumnya keturunan dari tanah sunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...........................................no coment...............................

      Hapus
    2. tetapi sunda umumnya keturunan arab.
      pas kalau begitu, semuanya adalah islaaaaam

      Hapus
  38. Gajah sudah masuk islam...
    Babi dan Anjing jadwal-nya kapan pak?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. babi dan anjing samaan kamu!

      Hapus
    2. anjing saya udah

      Hapus
    3. babi kan sudah lama masuk islam, karena itulah maka tidak boleh dimakan, soalnya masih sodara'an.

      Hapus
    4. Islam agama pedofil. Nabi nya aja biang pedofil. Najis.

      Hapus
  39. Sebenarnya ini tidak menunujukkan Gadjah Mada adalah seorang muslim. Lagipula itu kan kerajaan bukan Islam.

    BalasHapus
  40. INDONESIA tidak bakal ada kalo tidak ada orang sekuat Gajah Mada..!!

    BalasHapus
  41. Fakta Umum Gajah Mada diantaranya sebagai berikut:
    1. Asal usulnya tersembunyi
    2. Pemimpin yang punya visi, integritas dan keberhasilan
    3. Menjalani puasa dan moksa

    Gajah Mada adalah Gajah Mada, terserah orang2 mengklaim dia Hindu, Budha, Islam. Bila dia Hindu maka dia menjalani dharmanya. Bila dia Budha maka dia mampu mengekang nafsunya. Bila dia Islam maka dia adalah golongan Islam yang berahlak mulia. Yang pasti dia bukan termasuk orang2 bodoh, hedon atau menyedihkan sekalipun mengaku beragama.

    BalasHapus
  42. Yang jelek2 kin agama,, berarti agamanya sndiri blum benar

    BalasHapus
  43. 1. kasian sejarah bangsa indonesia, yang dirusak oleh bangsa sendiri tanpa ada fakta/bukti sejarah yg nyata.
    2. bangsa laen akan tertawa jika suatu bangsa tidak tahu pasti akan perjalanan sejarah bangsanya
    3. jika ingin belajar sejarah, hilangkan fanatik agama, ras, suku atau golongan.
    4. bersikaplah netral jika ingin belajar sejarah bangsamu.
    5. PEDULILAH TENTANG SEJARAH BANGSA N NEGARAMU KARENA ITU ADALAH KEBANGGAAN KITA DAN MILIK KITA

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bung!! orang2 fanatik agama semacam merekalah yang selalu merusak sejarah.memutar balik fakta.setiap ada pahlawan besar selalu dibilang beragama I...mungkin mereka maunya agama mereka yang pertama kali menyatukan nusntara.lihat dirimu dulu bung.terbukti sekarang penguasa kita.apa yg mereka bisa buat??bisanya korupsi atas nama agama..kekerasan atas nama agama..memalukan!!

      Hapus
  44. tapi bagaimana dengan koin perunggu peninggalan kerajaan gajah mada bertuliskan syahadat ?
    itu dapat dilihat di Musium Nasional RI, dengan nama Koin Kerajaan Majapahit, dengan No Inventaris : 2117/2771

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada koin china juga, kalo gitu majapahit itu kerajaan china kali ya :p
      tau sendiri kan, kekuasaan majapahit udah sampe kemana2. dah pasti mereka berdagang sampe kemana2 juga, baik sampe ke arab maupun ke china.
      la wong jamannya Sampokong aja dia mampir ke majapahit kok, makanya ada koin china dijaman majapahit.

      sekarang bayangin aja 1000 taun kemudian pas ada ahli sejarah liat sisa2 sejarah indonesia sekarang tus nemu uang dolar amerika, memangnya indonesia ini termasuk wilayah amerika? nggak kan????

      Hapus
  45. orang yang paling tau pasti lebih memilih untuk DIAM...!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  46. Gajah Mada mahapatih Majapahit beliau tokoh pemersatu nusantara pada zamannya, salut buat beliau

    BalasHapus
  47. tidak hanya gajah mada, tetapi gajah asia, gajah afrika, gajah sumatera, dan gajah-gajah yang lain itu sesungguhnya semua beragama islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh gajah mungkur jg islam gan :D
      waduk gajah mungkur :D
      hahahahaha

      Hapus
  48. orang modern katanya pintar2. bisa komunikasi langsung lewat internet. inilah model manusia indonesia yang modern. sibuk dengan agama.. orang sudah terbang jauh,,tapi kita masih merangkak berdebat agama.

    BalasHapus
  49. gajaah mada itu asli afrika gan...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemat saya gajah mada itu dr amerika,,,dr pedalaman amazon...karena badannya besar makanya diumpamakan seperti gajah...keturunannya sekarang adalah jemaah ahmadiyah, keturunannya....

      Hapus
  50. pengen yg lbh ekstreem
    gajah mada itu aslinya org sunda
    ini hasil dialog dengan rohnya gajahmada tadi malam
    ga percaya ?????
    klo ga percaya berarti anda msh waras
    ngapain juga ngeributin gajahmada org mana<mikirin aja,.....diri sendiri gimana pusing amat
    mau gajahmada org hongkong,ato papua,..........EGP

    BalasHapus
  51. poro sedulur kabeh ojo podho tarung yo, sing rukun ben slamet donya akherat.
    Gaj' Ahmada iku berasal dari kota Ma' Jenang Cilacap.

    Wallahualam...

    BalasHapus
  52. Gadjahmada orang papua

    BalasHapus
  53. gajah mada orang lampung,,,sekarang masih banyak sodaranya disana,,,

    BalasHapus
  54. GAJAH MADA asalnya adalah hulu balang nya panglima gajah tongga koto paliang ( GTKP ) di minangkabau tahun 1276. Pasukan singasari yang kalah di ampuni oleh PANGLIMA GTKP. Setelah itu di ambil GAJAH MADA di jadikan anak buahnya. GAJAH MADA di ajak prajurit SINGOSARI ke JAWA TIMUR. Pada saat RAJA MAJAPAHIT terdesak RA KUTI , Gajah Mada beserta pasukan nya menyelamatkan nya! begitu

    BalasHapus
  55. bisa jadi GAJAH MADA itu asal dari SILUNGKANG PADANG SIBUSUAK !

    BalasHapus
  56. ancur2 ni blog wakakkakakkaka

    BalasHapus
  57. gk usah berdebat,kerajaan majapahit itu dimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya di mekkah bro kn majapahit ikutan di klaim kerajaan islam :D
      hahahaha

      Hapus
  58. ga tau gan..belom pernah ketemu gajah mada gan

    BalasHapus
  59. Ya Allah alangkah NGAWURnya beberapa tulisan dalam blog ini. Gajah Mada seorang muslim ? Tahu apa sampeyan soal Gajah Mada ? Para sejarawan saja tak berani berkata begitu, karena tokoh ini hanya terdapat dalam Pararaton.
    Semoga Allah swt. mengampunimu, saudaraku yang NGAWUR dan kurang kerjaan.

    BalasHapus
  60. saya ini keturunan Gaja Mada lho... (dilarang protes)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, asuuuu...goblok

      Hapus
  61. doraemon, pokemon juga masuk islam ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEMUANYA mas masuk islam :D
      hohohoho

      Hapus
  62. sudah semua? OK, sekarang giliranku

    buat admin blog > sekarang ini sedang terjadi krisis kepercayaan, gan. Jadi jika posting suatu tulisan atau bagian tulisan atau kutipan, silakan membubuhkan sumbernya, jadi para pembaca bisa mengkroscek sendiri kebenaran artikel yang agan buat. paling tidak ada beberapa pic yang bisa memperkuat suatu pendapat dalam tulisan. Ingat, Gan, semboyan readers saat ini, "No Pic is Hoax". bahkan Pic pun kadang masih ada yang Hoax. jadi tidak sekedar kopas atau mengarang bebas (kayak ane kalo lagi Ujian).

    buat komentator (terutama yang muslim) > Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan) {Al Hujuraat : 11}

    jika ingin mengetahui kepastian apakah Gajah Mada itu orang Hindu / Islam / Yahudi / lainnya, berasal dari Jawa / Padang / Lombok / lainnya. Silakan ikuti secara LIVE sidang akhirat yang akan diselenggarakan di akhir zaman di Padang Mahsyar (bukan Padang Sumbar). tapi sepertinya waktu itu kita akan sibuk dengan urusan kita sendiri-sendiri. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raga BIOZ.

      Setuju gan :D.kayaknya gag penting deh gajah mada islam hindu jawa lombok,bla bla bla...yan penting gimana caranya bisa lulus cepet :( ,,,

      Hapus
    2. mantab agan..
      iya nanti pada ketahuan oleh Allah siapakah aku, kamu, dia, dan mereka termasuk golongan ahli surga atau neraka kita..

      Assalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh..

      Hapus
  63. Yg komen d blog lg gak ada kerjaan semua ngawur

    BalasHapus
  64. hedeeh ene ngantuk gan bobok duluya

    BalasHapus
  65. gokil pada luh,,

    BalasHapus
  66. saya menyesal ga nanya, padahal tadi papasan dengan gajah mada, didekat prapatan harmoni

    BalasHapus
  67. salam..
    mari yang beragama islam saya mengingatkan diri saya dan anda tuk pahami bersama hadits ini:

    Dari Abu Huroiroh rodhiallohuanhu
    sesungguhnya Rosululloh Shollallohu’alaihi wasallam bersabda:
    "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya (Riwayat Bukhori dan Muslim)..

    selanjutnya monggo comment..
    we're wanna be ihsan right?

    BalasHapus
  68. Untuk Sejelas-jelasnya silahkan kunjungi :
    http://lamongan-kota.blogspot.com/search/label/LEGENDA%20ASAL-USUL%20GAJAH%20MADA%20DARI%20LAMONGAN
    mungkin bisa memberi pencerahan...terima kasih

    BalasHapus
  69. yg tau agamanya gjah mada tu cma Tuhan..
    Klau gajah mada berasal dari minang sumbar, mana mungkinlah org minang
    kasih nama anaknya tu mada (artiny nakal or bandel) sdangkan gjah mada
    sendiri adalah makhluk ciptaan Tuhan yang ditakdirkan untuk mnyatukan
    nusantara.

    BalasHapus
  70. gitu aja kok repot...
    jelas saja diluar jawa banyak terdapat nama jalan GAJAH MADA atau semacam makam yang diaku-akui sebagai makam GAJAH MADA "sebenarnya itu hanya petilasan". ingat, kekuasaan majapahit saat itu sangat luas hingga ke mancanegara dan hampir terjadi SUMPAH AMUKTI PALAPA itu.
    Jadi jangan seenaknya ngomong kalo GAJAH MADA orang sumatera lah, kalimantan lah, minang lah.
    Cobalah berfikir pintar agan agan ini.
    Saya jelaskan disini, petilasan adalah tempat istirahat atau besemedi atau lain sebagainya yang digunakan orang atau tokoh tersebut, dalam hal ini GAJAH MADA. karena agung namanya saat itu, jadi tempat itupun diabadikan untuk memperingati bahwa beliau pernah datang ke tempat tersebut, hanya orang-orang saja yang salah mengartikan dan mengatakan itu sebagai MAKAM!!
    Catatan, di bandung saya tidak pernah mendengar ada jalan GAJAH MADA, kenapa ?
    Karena tragedi perang bubat yang menewaskan seluruh rombongan sunda yang dipimpin Baduga yang mulia prabu siliwangi, dan dendam masa lalu masih terbawa hingga saat ini. Dan peperangan bubat itu terpicu karena kesombongan Maha Patih Gajah Mada pada masa itu.
    Maaf saya hanya sedikit share yang saya tau, bukan maksud menggurui agan-agan sekalian.
    Terima kasih...

    BalasHapus
  71. Gajah Mada masuk islam??jangan terlalu ngawur dan memaksakan ya mas!!mentang2 Gajah Mada orang besar dan berjasa serta merta diklaim sebagai islam.orang 2 macam anda lah yang merusak sejarah demi kepentingan agama dan golongan anda sendiri.anda tdak tau cara berterimakasih kepada leluhur nusantara.masalah makam menghadap ke arah islam, itu semudah membalikan telapak tangan.karena ketika islam berkembang semua situs2 trmasuk istana dan makam2 hindu semua dihancurkan..dengan keji!!dan bisa saja makam Gajah mada dihadapapkan menurut islam,sungguh egois dan tdak bisa berterimakasih !!

    BalasHapus
  72. gajah memang sudah masuk islam karena dia tahu nanti disyurga sudah ditunggu 72 bidadari gajah berhidung panjaaaaaaaaang

    BalasHapus
  73. Jangan menjelek jelekkan agama satu dengan yang lain.gajah mada cerminan pancasila berbasis bhineka tunggal ika.forum ini sebagai pemersatu area karena kita bersaudara berada di bumi pertiwi indonesia.jangan jadi penghianat perjuangan pahlawan kita.mereka bersatu padu melawan penjajah tanpa pandang suku dan agama bersatu demi kemerdekaan indonesia.masalah terbesar kita adalah jika mati apa yg tlah kita berikan pada negara lalu kita dikenal orang berbudi baik atau jahat.camkan dan sadarlah...bersatulah saudaraku sebangsa setanah air..

    BalasHapus
  74. Sesungguh nya, kalian yg beranggap gajah mada itu dari situ dan dari yg lain, atau agama nya, hanya ingin dianggap mempunyai pahlwan Nusantra.
    Padahal Gajah mada tidak pernah membedakan siapa agama anda atau suku sekalian yg ada di Indonesia.
    Jika kita berdebt soal gajah mada Hingga saling hina agama satu dn yg lain nya, berrti kalian semua bukan lh orang yg pants disebut sebagai orang yg berterimakasih kepada seluruh pahlwan kita di nusantara.

    BalasHapus
  75. Blog ancuuuuuuuurrrrrrr.........pemecah SARA.....aku orang islam tp dengan sejarah jangan maen2....hrs ada penelitian ilmiah.......

    BalasHapus
  76. blog seru, dengan hati yang bening, kita ambil inspirasi baiknya

    BalasHapus
  77. Blog ini ko jadi ajang aduh argumen masalah sejarah...padahal semua itu hanyalah tafsiran...dan bukanlah kebeneran...ko malah dibahas secara ngotot...jadi lucu. Sayangilah sesama saudara yang sebangsa Tanah Indonesia.....Ok

    BalasHapus
  78. Maaf,,ini hanya analisis saya saja..jika salah mohon maaf...

    Jika dilihat buktinya..dijawalah banyak bukti yg terkait..

    Hanya tafsiran saja..jika dilihat ranah sejarah dan tujuan sumpah palapa gajah mada untuk mempersatukan nusantara..
    Nusantara dijaman dahulu disebut hanya pulau jawa dan melayu (sumatra sekarang).. Salah ndak ya maaf klo salah..

    Dan jika dilihat klo wilayah gajah mada itu hingga ke singapura..singapura jaman dahulu adalah tempat dagang, dilihat lokasi yang sangat strategis untuk dagang disaat itu..
    Seperti juga dibangka/tanjung pinang...sebagai tempat dagang internasional..

    Lalu bali...mengingat bali adalah kerjaan hindu majaphit yg masih kuat hingga sekarang

    Diminang kabau, diingat bahwa minang kabau dahulu kerajaan islam..mungkin juga ggajah mada berunding dg kerjaan islam untuk mempersatukan nusantara,,

    Tidak menutup kemungkinan, sang gajah mada, berkelana ketempat tersebut/ menjajah disana..di singapura, menjajah/berkelana/berunding di minangkabau..dan tempat2 lainnya....

    Lalu dimasing2 tempat tersebut ia meninggalkan jejaknya karya2nya.. mungkin berupa prasasti, dll..demi tujuaan sumpah palapanya mempersatukan nusantara

    Jadi ga salah klo dibangka ada nama desa gajah mada..lalu diminangkabau gajah mada dijadikan gelar..atau nama jalan..

    Masalah makam sesungguhnya ya masih misteri, kelahiran gajah mada juga misteri..dengan masing2 bukti sejarah yang ada...

    Maaf jika menyinggung..ini cuma tafsiran saya..

    BalasHapus
  79. Nah kenapa kelahiran dan kematian gajah mada misterius ? ; karena gajah mada adalah dewa wisnu yang turun ke bumi menjelma menjadi manusia untuk menyelamatkan dan menyatukan nusantara. Supaya majapahit sebagai pusat pemerintahan. Setelah berhasil beliau pun kembali ke nirwana dengan cara Moksa ( mati tanpa meninggalkan jasad ). Jadi gajah mada adalah hindu tulen , klo ada yg bilang islam itu lucu. karena orang muslim matinya, bunuh diri pake bom, di hukum mati ky amrozi dan mati dipenjara .

    BalasHapus
  80. Org minang dia tu,,,,adityawarman yg bawa nya...tau nggak siapa adityawarman?....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dia orang minang pasti namanya bukan Mada tapi Midun he he he

      Hapus
  81. Yg jls orang sunda smpe skrg dendam ma gajah mada,gmn klo skrg orang sunda perang ma orang jawa/keturunan majapahit,biar rame skalian.drpd dendam cm dlm hati,bs liver ntar.kita orang jawa siap kok habcurkan sunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar anda sangat sarkastik. menandakan anda tidak beretika dan berpendidikan rendah. masih ada orang picik dongo kayak monyet gt.

      Hapus
  82. smua comment aktive dalam satu tahun dgn tiada henti... ini bukti bahwa kita smua dari penjuru tanah air SANGAT MENCINTAI DAN MERINDUKAN SOSOK GAJAH MADA... karena bendera pemersatu nusantara ini ( hampir )adalah sama dengan bendera yang kita banggakan hingga sekarang yaitu
    Sang "MERAH PUTIH".................................. w

    BalasHapus
  83. Kenapa org sunda marah sama gajah mada gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. la wong dia membasmi orang sunda galuh itu .... mau nganter manten malah di bantai ....bukan di shooting he he he

      Hapus
    2. jangan pada emosi dong .... blog ini untuk mencari ilmu...dan sahabat.

      Hapus
  84. Yg jls krn perang bubat.klo pun skrg orang sunda msh dendam,kami pendukung gajah mada siap perang ma orang sunda skrg jg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju. untuk itu segera mobilisasi dan tarik orang jawa di tanah sunda. tarik balik ke jawa timur. setuju.....

      Hapus
  85. Gaj Ahmada adalah orang Irak. Dia berkelana ke nusantara karena negerinya sedang di jajah Mongol. Sedangkan Rd Wijaya adalah seorang pangeran dari Galuh (Kawali) dan Ibunya dari Kediri. Dia pulang ke Jatim bersama ibunya karena Bapaknya meninggal Dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gajah mada bersorban :D

      Hapus
  86. saya sudah pernah naik ke lagit kelima dan bertemu musa, dan dia bilang memang gadjah mada sudah masuk islam, lalu saya turun kebumi lau naik lagi kelangit kelima ketemu ketemu musa lagi, dan saya tanya 'musa kapan gajah mada masuk islam" dia bilang ""pagi tadi dia masuk islam".. ooooo

    BalasHapus
  87. Yang jelas dia orang Sunda (Tapi membangkang . . . dikit ), karena namanya Mada, Kalo dia orang Jawa pasti Modo, kalo dia orang Bali pasti Made, kalo dia orang Padang Pasti Midun ... he he he .... yang jelas dia kesatria hebat .....
    malahan sekarang ada di angkasa .... tuh Palapa .....

    BalasHapus
  88. Orang2 bukan Islam, memang enak2 saja mengangkat Almarhum tokoh2 Hebat jadi Dewa, malah tempat2 angker juga dibikin tokong/kuil segala, apa apaan ni sih,, Ada tokong Pak Kiayi juga diangkat Dewa (tapi benarnya Kiayi itu hidupnya Pak Imam).. Dipikirin deh..

    BalasHapus
  89. gajah mada tu berasal dari papua...........dulu ikut ayahnya merantrau ke jawa, kerja jadi pns katanya

    BalasHapus
  90. setauku org jaman dlu mati g d,kubur,tp d,bakar/d,tmpatkan d,dlm sebuah candi.. Gajah mada tu emg org jawa sob,cari di gunung wilis

    BalasHapus
  91. Hayam wuruk dan gajah mada...lahir di jakarta pas nya di di daerah kota.sepanjang jalan itu tempat bermain nya.setelah dewasa beliau pindah ke daerah jawa.maka di kasih nama jalan hayam wuruk/gajah mada..mungkin gak sih..?maaf kalau salah

    BalasHapus
  92. Ini salah satu tanda berakhirnya islam...
    Mabuk udah gak ketulungan....
    Islam sudah gagal dalam uji coba sebagai agama nusantara...
    Waktunya sudah habis... tinggal di diskualisifikasi...

    BalasHapus
  93. Taik gajahnya gak diklaim sekalian?

    BalasHapus
  94. Gajah Mada itu sama aja kayak semua orang2 yang lain, sama2 keluar dari vagina

    BalasHapus
  95. Gajah Mada itu anggota CIA. Yang nulis blog ini anggota Alkaida.. :)

    BalasHapus
  96. ya padabego lu pade.....GAJAH MADA yg orng lampung, buktinya Gajah cuma ada di lampung hehehehehehehehehehe

    BalasHapus
  97. tlisan inj mmbuat islam sprti sakit jiwa semua diklaim, rakus popularitas dan kekanak-2an. kita jadi sadar islam suka memanipulasi fakta kasihan bamget

    BalasHapus
  98. SAYA SANGAT SEDIH MEMBACA BERBAGAI DEBAT INI. SAYA ORANG YANG OLEH TUHAN DILAHIRKAN SEBAGAI ORANG BALI DAN BERAGAMA HINDU. PERKENANKANLAH SAYA MENYAMPAIKAN PEMAHAMAN DAN PENGERTIAN SAYA BERDASARKAN YG SAYA TAHU. GAJAH MADA DIKENAL KARENA BERBAGAI NASKAH SEJARAH PARARATON DAN TERUTAMA NEGARA KERTAGAMA YG DITEMUKAN DI BALI DAN LOMBOK. NAMA DEPAN GAJAH, ADALAH GELAR JABATAN PANGLIMA PERANG YG BIASA MENGGUNAKAN NAMA BINATANG SEPERTI GAJAH, KEBO, KUDA, DSB. DI BALI PUN BANYAK NAMA PANGLIMA PERANG BERGELAH GAJAH, SEPERTI GAJAH PARA, KEBO IWA, DSB DI JAWA JUGA GAJAH BIRU. SUMPAH GAJAH MADA ADALAH AMUKTI PALAPA, BANYAK YG MENGARTIKAN TIDAK MEMAKAN BUAH PALAPA. PADAHAL ARTI KATANYA A-MUKTI PHALAPA. MUKTI ARTINYA MOKSA, YAITU KEBEBASAN TERTINGGI SEBAGAI TUJUAN AGAMA HINDU, SEMENTARA PHALAPA ARTINYA BUAH. TEMAN MUSLIM MENGAMBIL KATA TERSEBUT MENJADI PAHALA. ORANG BILANG: KALAU BERBUAT BAIK, AKAN MEMPEROLEH PAHALA (BUAH DARI HASIL PERBUATAN PERBUATAN. PADAHAL ARTI SEBENARNYA DARI PAHALA ATAU PHALA ADALAH SETIAP PERBUATAN APA BAIK/BURUK AKAN MEMPEROLEH PAHALA/PHALA BAIK/BURUK YG SESUAI. KEMBALI KE SUMPAH GAJAH MADA. JADI ARTI SUMPAH A-MUKTI PHALAPA ADALAH GAJAH MADA TIDAK MAU MEMPEROLEH MUKTI/MOKSA SEBELUM NUSANTARA DIBAWAH MAJAPAHIT. PADA SEBUAH PURA DI GIANYAR, BALI, TERSIMPAN TOPENG KENCANA YANG JUGA DIKENAL SEBAGAI TOPENG GAJAH MADA. DALAM BANYAK BABAD, BANYAK BERCERITA TENTANG GAJAH MADA. APAKAH GAJAH MADA MASUK ISLAM? GAJAH MADA MENINGGAL DAN KONON MUKSA (TIDAK ADA JASADNYA, DI BALI DIKENAL BEBERAPA RAJA ATAU ORANG SUCI MENINGGAL SEPERTI INI) SEKITAR TAHUN 1360 AN. APAKAH ISLAM SUDAH BERKEMBANG DI MAJAPAHIT PADA WAKTU ITU? MARILAH KITA BERFIKIR SECARA LOGIS, JERNIH DAN JUJUR DIDALAM HATI. BAGI KAMI ORANG HINDU, RASA INGIN MEMILIKI DAN MEMONOPOLI APAPUN (TERMASUK, HARTA, ORANG, ILMU, AJARAN KEBENARAN APAPUN) ADALAH SUMBER BERBAGAI PERPECAHAN DAN PERTIKAIAN/PEPERANGAN. ITU ADALAH EGOISME. ITU SEBABNYA BANYAK KARYA YG ANONIM ENTAH KARYA SASTRA, BANGUNAN, SENI TARI, DSB. BUKANKAH ITU SEMUA ADALAH MILIK TUHAN? SIAPA ARSITEK DAN PEMBANGUN CANDI PRAMBANAN, KITA NGGAK TAHU! PARA MPU YANG MENDIRIKAN CANDI ITU TIDAK INGIN DIKENANG, DISANJUNG-SANJUNG, DIJUNJUNG, APALAGI DIDOAKAN. MEREKA BUKAN GILA PENGHORMATAN ! SETIAP DOA ATAU MANTRA HINDU PASTI DIAKHIRI DENGAN SHANTA, DAMAI ! BUKAN KEMENANGAN!!! JADI APAKAH GAJAH MADA SUDAH MASUK ISLAM DAN KARENA ITU ORANG HINDU AKAN MENJADI MERASA "KALAH", "TERHINA" ... HA HA. UNTUK APA MENARIK-NARIK BANYAK ORANG? SEPERTINYA KITA LUPA ATAU TIDAK MAU BELAJAR SEJARAH. MANUSIA SUDAH HADIR BERIBU-RIBU TAHUN... KEHADIRAN BERBAGAI BANGSA DENGAN KEPERCAYAAN/AGAMA DIMUKA BUMI TELAH DATANG DAN PERGI SILIH BERGANTI. LIHAT PENINGGALAN PIRAMIDA, KUIL/TEMPLE DSB YG TENTU DIBUAT OLEH MASYARAKAT YG TELAH MEMILIKI SUATU KEPERCAYAAN (AGAMA) YG HEBAT PADA JAMAN ITU. TOH AKHIRNYA TINGGAL KENANGAN. APAKAH AGAMA DAN BANGSA KITA LEBIH HEBAT DARI MEREKA DULU? APA ORANG YG MENGAKU BERAGAMA PALING HEBAT, PALING SEMPURNA , SUDAH MAMPU MEMBANGUN BANGUNAN SEHEBAT PIRAMID YG DIBUAT RIBUAT TAHUN LALU !! APAKAH NEGARA INDONESIA YG SEKARANG MAYORITAS ISLAM LEBIH HEBAT DARI KERAJAAN MAJAPAHI ATAU SRI WIJAYA YG MAYORITAS HINDU & BUDHA RIBUAN TAHUN LALU? SEBAGAI PENUTUP SAYA HANYA MENGINGATKAN BAHWA TUHAN ITU ADIL PADA AGAMA/KEPERCAYAAN APAPUN. JIKA ANDA MELAKUKAN PENGRUSAKAN, PENIPUAN, MANIPULASI SEJARAH DSB DENGAN ALASAN APAPUN (TERMASUK ALASAN AGAMA DAN TUHAN), MAKA ANDA / BANGSA AKAN MEMPEROLEH BALASAN YANG SAMA BERUPA KEHANCURAN SESUAI DENGAN HUKUM KARMA PHALA. INGAT TUHAN ITU PENCIPTA DAN TENTU HARUS ADIL PADA SEMUA MAHLUK CIPTAANNYA TERMASUK ALAM, BINATANG, MANUSIA DAN AGAMA/KEPERCAYAAN APAPUN ... SEMOGA SEMUA DAMAI, KITA SEMUA BER-SA-UDARA, KARENA MENGHIRUP UDARA YG SAMA. SATYAM EVAM JAYATE NAN RTAM. KEBENARAN PADA AKHIRNYA JAYA/MENANG TAK KAN MUSNAH ... MADE A

    BalasHapus
  99. bkakakkkaakakaka.... trus ceritanya dia ga spekulatif gitu?
    memang gajah mada tidak lahir dari buah kelapa atau dr pertapaan, dan memang beliau berasal dari jawa sebagai salah satu panglima pada kerajaan Majapahit. tapi dia non-muslim bro.. di silsilah babad dibuktikan jika beliau sampai meninggal masih hindu kejawen.. jika tidak 100% orang bali (yang dulunya merupakan orang jawa pelarian-- terutama orang yg berkasta hasil kerajaan majapahit pasti saat ini Islam)
    sepertinya blog ini ngawur,, dan mencoba memutar-balikkan fakta,

    BalasHapus
  100. gajah mada itu mempunyai 2 saudara yang sama-sama ada nama gajahnya,yaitu gajah SENO dan gajah WELO. kalaupun gajah mada itu berasal dari luar jawa,pastilah bahasanya bukan jawa. tapi kita lihat bahasa gajah mada yang tercatat dalam sumpahnya,yang terkenal dengan sumpah palapa. dan dia merupakan maha patih majapahit. dan kita lihat makam yang ada di daerah ngimbang, itu merupakan makam daripada ibu gajah mada.

    BalasHapus