Ternyata Wong Fei Hung adalah seorang muslim


Selama ini kita hanya mengenal Wong Fei Hung sebagai jagoan Kung fu dalam film Once Upon A Time in China. Dalam film itu, karakter Wong Fei Hung diperankan oleh aktor terkenal Hong Kong, Jet Li. Namun siapakah sebenarnya Wong Fei Hung?

Wong Fei Hung adalah seorang Ulama, Ahli Pengobatan, dan Ahli Beladiri legendaris yang namanya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional China oleh pemerintah China. Namun Pemerintah China sering berupaya mengaburkan jatidiri Wong Fei Hung sebagai seorang muslim demi menjaga supremasi kekuasaan Komunis di China.

Wong Fei-Hung dilahirkan pada tahun 1847 di Kwantung (Guandong) dari keluarga muslim yang taat. Nama Fei pada Wong Fei Hung merupakan dialek Canton untuk menyebut nama Arab, Fais. Sementara Nama Hung juga merupakan dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Hussein. Jadi, bila di-bahasa-arab-kan, namanya ialah Faisal Hussein Wong.

Ayahnya, Wong Kay-Ying adalah seorang Ulama, dan tabib ahli ilmu pengobatan tradisional, serta ahli beladiri tradisional Tiongkok (wushu/kungfu). Ayahnya memiliki sebuah klinik pengobatan bernama Po Chi Lam di Canton (PO CHILAM, itu bahasa cina dari P.O ISLAM : Perusahaan Obat ISLAM, makanya jelas bahwa WFH itu muslim tulen). Wong Kay-Ying merupakan seorang ulama yang menguasai ilmu wushu tingkat tinggi. Ketinggian ilmu beladiri Wong Kay-Ying membuatnya dikenal sebagai salah satu dari Sepuluh Macan Kwantung. Posisi Macan Kwantung ini di kemudian hari diwariskannya kepada Wong Fei Hung.

Kombinasi antara pengetahuan ilmu pengobatan tradisional dan teknik beladiri serta ditunjang oleh keluhuran budi pekerti sebagai Muslim membuat keluarga Wong sering turun tangan membantu orang-orang lemah dan tertindas pada masa itu. Karena itulah masyarakat Kwantung sangat menghormati dan mengidolakan Keluarga Wong.

Pasien klinik keluarga Wong yang meminta bantuan pengobatan umumnya berasal dari kalangan miskin yang tidak mampu membayar biaya pengobatan. Walau begitu, Keluarga Wong tetap membantu setiap pasien yang datang dengan sungguh-sungguh. Keluarga Wong tidak pernah pandang bulu dalam membantu, tanpa memedulikan suku, ras, agama, semua dibantu tanpa pamrih.

Secara rahasia, keluarga Wong terlibat aktif dalam gerakan bawah tanah melawan pemerintahan Dinasti Ch’in yang korup dan penindas. Dinasti Ch’in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya. Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam.

Wong Fei-Hung mulai mengasah bakat beladirinya sejak berguru kepada Luk Ah-Choi yang juga pernah menjadi guru ayahnya. Luk Ah-Choi inilah yang kemudian mengajarinya dasar-dasar jurus Hung Gar yang membuat Fei Hung berjaya melahirkan Jurus Tendangan Tanpa Bayangan yang legendaris. Dasar-dasar jurus Hung Gar ditemukan, dikembangkan dan merupakan andalan dari Hung Hei-Kwun, kakak seperguruan Luk Ah-Choi. Hung Hei-Kwun adalah seorang pendekar Shaolin yang lolos dari peristiwa pembakaran dan pembantaian oleh pemerintahan Dinasti Ch’in pada 1734.

Hung Hei-Kwun ini adalah pemimpin pemberontakan bersejarah yang hampir mengalahkan dinasti penjajah Ch’in yang datang dari Manchuria (sekarang kita mengenalnya sebagai Korea). Jika saja pemerintah Ch’in tidak meminta bantuan pasukan-pasukan bersenjata bangsa asing (Rusia, Inggeris, Jepun), pemberontakan pimpinan Hung Hei-Kwun itu nescaya akan berhasil mengusir pendudukan Dinasti Ch’in.

Setelah berguru kepada Luk Ah-Choi, Wong Fei-Hung kemudian berguru pada ayahnya sendiri hingga pada awal usia 20-an tahun, ia telah menjadi ahli pengobatan dan beladiri terkemuka. Bahkan ia berhasil mengembangkannya menjadi lebih maju. Kemampuan beladirinya semakin sulit ditandingi ketika ia berhasil membuat jurus baru yang sangat taktis namun efisien yang dinamakan Jurus Cakar Macan dan Jurus Sembilan Pukulan Khusus. Selain dengan tangan kosong, Wong Fei-Hung juga mahir menggunakan bermacam-macam senjata. Masyarakat Canton pernah menyaksikan dengan mata kepala mereka sendiri bagaimana ia seorang diri dengan hanya memegang tongkat berhasil menghajar lebih dari 30 orang jagoan pelabuhan berbadan kekar dan kejam di Canton yang mengeroyoknya kerana ia membela rakyat miskin yang akan mereka peras.

Dalam kehidupan keluarga, Allah banyak mengujinya dengan berbagai ujian. Seorang anaknya terbunuh dalam suatu insiden perkelahian dengan mafia Canton. Wong Fei-Hung tiga kali menikah kerana isteri-isterinya meninggal dalam usia pendek. Setelah isteri ketiganya wafat, Wong Fei-Hung memutuskan untuk hidup sendiri sampai kemudian ia bertemu dengan Mok Gwai Lan, seorang perempuan muda yang kebetulan juga ahli beladiri. Mok Gwai Lan ini kemudian menjadi pasangan hidupnya hingga akhir hayat. Mok Gwai Lan turut mengajar beladiri pada kelas khusus perempuan di perguruan suaminya.

Pada 1924 Wong Fei-Hung meninggal dalam usia 77 tahun. Masyarakat Cina, khususnya di Kwantung dan Canton mengenangnya sebagai pahlawan pembela kaum mustad’afin (tertindas) yang tidak pernah gentar membela kehormatan mereka. Siapapun dan berapapun jumlah orang yang menindas orang miskin, akan dilawannya dengan segenap kekuatan dan keberanian yang dimilikinya. Wong Fei-Hung wafat dengan meninggalkan nama harum yang membuatnya dikenal sebagai manusia yang hidup mulia, salah satu pilihan hidup yang diberikan Allah kepada seorang muslim selain mati Syahid. Semoga segala amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt dan semoga segala kebaikannya menjadi teladan bagi kita, generasi muslim yang hidup setelahnya. Amiin.

Sumber

87 komentar:

  1. Malu bacanya... Ironis segala sesuatu di klaim Islam. Terkesan Abu-Abu, tak berdasar Dan bias me jadi fitnah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wey,biarin dia membuktikannya jangan sampai jari-jari tangan lho banyak dosa gara-gara lho ngetik kata-kata kotor.

      Hapus
    2. membuktikan boleh saja , namun yang namanya bukti seharusnya memberikan fakta yang real tanpa ditambah tambahi maupun dikurang kurangi ...

      Hapus
    3. Dasar Loh Pembangkang....

      Hapus
    4. "Ironis" adalah salah satu penemuan umat muslim, nama aslinya "Al-Irhanis"

      Hapus
    5. mengapa malu baca. informasi sebagus ini sepantasnya diketahui oleh kaum muslimin. percayalah.

      Hapus
    6. dari namanya aja ketahuan itu orang keturunan jawa,contoh
      WONG JOGJA,WONG SUROBOYO,WONG SOLO,
      yang melahirkan WONG FEI HUNG itu adalah orang jawa yaitu WONG WADON

      Hapus
  2. wahahahahahahahahahaha blog ini benar2 memalukan sekali... hahahahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penulis blog ini benar benar meneladani nabi cabulnya yg tukang klaim. Nabi nabi yahudi di klaim beragama islam, Tuhan beragama islam, quran menyempurnakan kitab sebelumnya, sumbernya cuma satu orang penipu yg mengatas namakan jibril dan wahyu allah swt. Logikanya dimana, islam buatan nabi palsu itu harus mengucapkan kalimat syahadat....... mana nabi nabi terdahulu pernah bersaksi seorang amoral dan kriminal seperti muhammad sebagai utusan Allah... muhammad itu hidup -+ 500 tahun setelah yesus.
      Alquran sumbernya cuma satu orang yang bebicara dan memuji dirinya mengatas namakan allah. Apa kata kata yg diucapkan seseorang yg mangagungkan dan menguntungkan dirinya sendiri bisa dipercaya?...... coba kamu puji dirimu atau berkata kata untuk tujuan kepentinganmu sendiri kepada orang lain, pasti kamu di anggap gila..
      Begitu juga orang yahudi yg menganggap muhammad sebagai org gila, karena muhammad memuji dirnya sendiri dan mengumumkan dirnya sendiri sebagai nabi.... coba baca quran dan hadis, yg mengangkat muhammad sebagai nabi adalah istrinya sendiri, apa ini wajar?..... hari gini masih percaya dan mau jadi budak arab.

      Hapus
  3. BLOG TOLOL!!! Klaim COCOKLOGI!!! OTAK ADMINNYA SOMPLAK...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha emank goblok ini.... semua dicocok2an tanpa dasar ilmiah...... 2D oh 2D.....

      Hapus
  4. PO CHILAM, itu bahasa cina dari P.O ISLAM : Perusahaan Obat ISLAM, makanya jelas bahwa WFH itu muslim tulen...

    bwahahahahaha whahahahahah ahahahahahaha hahahahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, cacat ah blog nya..
      tah dari mana P.O itu bisa jadi Perusahaan Obat..
      bahasa Indonesia di sana di pakai juga ya?
      hancur abis dah blog nya..
      bulan suci ramadhan pun malah buat hal hal ga jelas..
      memang uda hancur umat nya yang satu ini..

      Hapus
    2. woalah..... woalah..... po chi lam kok jadi P.O. islam emang wfh dulunya orang indonesia yak..... moga-moga nyang baca ga sebodo nyang nulis.... hahahahhahahahah.... tjatjad mode on..... wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. Emang kalo orang kafiran ga mau bisa menerima yang baik baiknya

      Hapus
    4. apaan sih ni semua??

      Hapus
    5. Wah,bener2 super idiot bahlul koplak. Hahahahahahahahahahaha

      Hapus
  5. mau agama apa juga gak penting... yng dilihat itu bukan agamanya .. percuma ngaku muslim tapi hatinya kafir... islam itu dihati bukan diagama.. ini kok artikel malah mnjatuhkan islam ya ... yng gak terllu penting malah diekspos ... lantas klau dia itu agmanya apa mau diapain... sikap dn kepribadiannya yng dicari... itulah namanya islam sejati.. bukan islam diagamanya aja .. tapi hatinyaaa

    BalasHapus
  6. ini blog kayak gini ada ada aja -_-

    BalasHapus
  7. Mana kalimat yg menyatakan dia ISlam

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu cuma islam menurut bahasa yang berarti pasrah

      Hapus
    2. (Atas gw)
      Islam = Pasrah dibego-begoin
      Ahahahahahahaha...:)

      Hapus
  8. Anggap saja blog orang gila yang gak perlu di bawa kehati :))

    BalasHapus
  9. kakakakak ngaco bener deh,
    coba deh ente ke hongkong temuin tu si Gordon Liu, cucu muridnya WFH.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Gordon_Liu
    "Liu was born in Guangdong Province, China. He trained at Lau Cham's martial arts school of Hung Gar discipline, which descended from Wong Fei Hung's grand student (father to Lau Kar Leung)."

    tanyain aja langsung sama orangnya tuh! jamin langsung di tendangan tanpa bayangan nanti...:D

    BalasHapus
  10. jangan bilang kalau singo barong penemu reog ponorogo keturunan wong fei hung ya?! karena aku keturunan singo barong lho?! dan aku nggak suka ama orang cina yang pelit

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan rasis gan....
      mending komennya itu meluruskan hoax menjadi fakta...
      perasaanku di indonesia ini udah ga ada lagi rasis bin diskriminasi sejak reformasi lho...

      Hapus
    2. setelah nunggu lama akhirnya ada juga yang balas,haha thanks ya, i love peace with all of my heart

      Hapus
    3. sami sami gan :D

      Hapus
    4. Singo Barong juga penemuan islam. Aslinya bernama "Al-Syinga bin Bharang"

      Hapus
  11. jangan diambil hati, semua tau kok yang sebenarnya, ini kan cuma percaya silakan nggak percaya silakan

    BalasHapus
  12. Rulu Jiang Xin masuk islam? wow kereeen

    BalasHapus
  13. Maksud hati blog ini ingin mendedikasikkan agama Islam, tapi sayangnya isi blog ini semakin menunjukkan kalo umat Islam itu tolol dan agama gak laku...sama aja kaya Malaysia, suka nge-klaim milik orang lain....

    BalasHapus
  14. Wong Fei Hung -> Wong Faisal Hussein
    Lu Bu -> Lukman Bukhari
    Zhao Yun -> Zaahir Yaazid

    Yang mau nambah silahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw lebih ngakak liat yang komen ini muhammad aja blom lahir mas di zaman three kingdoms

      Hapus
  15. Alhamdu liLlah, blog ini memang benar benar cocok dengan otakku, makasih buanyak yua

    BalasHapus
  16. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibaca nih, dibaca

      kakakakak ngaco bener deh,
      coba deh ente ke hongkong temuin tu si Gordon Liu, cucu muridnya WFH.

      http://en.wikipedia.org/wiki/Gordon_Liu
      "Liu was born in Guangdong Province, China. He trained at Lau Cham's martial arts school of Hung Gar discipline, which descended from Wong Fei Hung's grand student (father to Lau Kar Leung)."

      tanyain aja langsung sama orangnya tuh! jamin langsung di tendangan tanpa bayangan nanti...:D

      Hapus
  17. KRISTEN,HINDU,BUDHA,YAHUDI,..dst,ITU BUKAN AGAMA MELAINKAN AKAL-AKALAN MANUSIA YANG DI RASUKI IBLIS/SYETAN SEBAGAI PENGGANGGU UMMAT MUSLIM DI MUKA BUMI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama itu apa sih? hanya sebuah paham konyol yang dibuat oleh manusia. tuhanNya, yang nyiptain ya manusianya. kitabnya, yang nulis ya manusia (bohong banget kalo bilang turun dari langit)...
      sama2 menghormati satu tuhan kok bilangnya yang lain itu bukan agama....
      jadi satu2nya agam tu cuman punyamu gitu?
      Wooooowwwww

      Hapus
  18. WongFei hung itu muslim itu hoax http://parahyangan.wordpress.com/2010/05/05/hoax-wong-fei-hung-seorang-muslim-adalah-hoax/

    kalo kalian bilang pemerintah china sentimen ma umat muslim sampe malsuin sejarah nutup2in tokoh muslim, berarti Zheng He (Sampokong) itu orang buddha ya? trus tokoh2 perjuangan boxer yang orang2 hui yang sampe bikin ngeri bangsa barat itu orang taoisme semua gitu??? bahkan jenderal2 kepercayaan chiang kesek & Mao Cetung yang orang2 hui itu orang kristen gitu???????

    BalasHapus
  19. ternyata Jet Lee sendiri juga seorang muslim
    Jet Lee => Zaid Ali

    ada lagi?

    BalasHapus
  20. Paus juga seorang muslim
    Paus Benediktus = Fauzi Al-Banaadiyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obama jg muslim X bro
      Oemar BAa MAa.

      Hapus
  21. akakakakakakakaakakakakakakakakaka
    faisal husein wong!!!
    wkwkwkwkkwkwwkwkwkkwkwkwkwkwwkwk

    BalasHapus
  22. wong fei hung aslinya bernama abu bakar al-faiyyah hung,
    dia adalah keturunan Yaman dan Tibet (saudara Habib rizieq), tetapi saat negara barat menjajah Asia ia kemudian hijrah ke Cina.
    dan keislaman al-faiyyah hung ditutup-tutupi oleh para agen zionis dan kemudian oleh orang Cina ia dinamai wong fei hung..

    BalasHapus
  23. aku baru tau kalo wong fei hung seorang muslim.alhamdulillah ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakakakakak satu lagi orang bego yang gampang dikadalin!!!!!

      Hapus
    2. Kadal juga hasil penemuan islam, aslinya bernama "Al-Qadhal"

      Hapus
  24. wong fei hung memang islam... itu benar

    BalasHapus
  25. "Po Chi Lam di Canton (PO CHILAM, itu bahasa cina dari P.O ISLAM : Perusahaan Obat ISLAM"

    -Po Chi Lam itu bahasa kanton
    -Trus diartikan jadi P.O ISLAM
    -trus diartikan lagi jadi Perusahaan Obat ISLAM

    #keliatan banget maksanya dan gak nyambungnya... :p

    BalasHapus
  26. malah bikin malu islam

    BalasHapus
  27. agama itu tuhan yg ciptakan...kmu percaya tentang siksa kubur....ap sih kunci surga itu......

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama itu ciptaan manusia, ajaran lah baru ciptaan uhan
      lalalala keliatan banget ga pernah liat dunia luar

      Hapus
    2. apa beda agama dan ajaran

      Hapus
    3. Saya ga pcaya yg namanya siksa kubur wahai ikhwan. Saya hanya percaya dengan "Siksa Dubur" :D
      Pelaku siksa dubur sudah ada di jkt bernama habib hassan assegaf

      Wuahahahahah...

      Hapus
  28. Udah tunggu kiamat aja dan nanti juga terbukti mana agama siapa yg benar....

    BalasHapus
  29. Blog ini menyenangkan sekali, penyegaran rohani sejati, ketawa ampe guling-gulingan jadinya. Tambah lagi dong siapa dan apa lagi yang ternyata dan berubah jadi Islam. Keren banget, sumpah...

    BalasHapus
  30. wong faisal hussein juga belajar satu jurus dari arab yaitu serudukan onta kunap

    BalasHapus
  31. ketawa guling guling sampe mencreeett n muntaaaahhh,,,,,

    BalasHapus
  32. Ciatttttt! Jurus kontol mamad tanpa tujuan. Aisah, zaenab, mariah koptik , tawanan perang udah jadi korban. Hehehe

    BalasHapus
  33. sAYA MEMBENARKAN WONG FENG HUNG ADL MUSLIM :)

    BalasHapus
  34. kebenaran hanyalah milik allah yg dalam bahasa indonesia tuhan.
    kita sebagai manusia yg telah di beri akal dan pikiran.
    kalo kita emang merasa punya agama berbuatlah untuk kebenaran itu sendiri.
    jangan sirik,dengki iri,murka.yg terpenting hidup didunia ini bermanfaat bagi sesama

    BalasHapus
  35. ini emang bener tau, tapi ga semua artikel benar, tapi kalau bagian ini memang benar loh.
    kristen ga usah sewot soalnya wong fe hung yang jelas sekalipun bukan kristen,dan ga ada unsur kekristenannya sama sekali.

    BalasHapus
  36. wakakakaka.. numpang ketawa aja deh..

    BalasHapus
  37. hati-hati min disepak Wong Fei Hung masuk p.o islam lo langsung..

    BalasHapus
  38. PO CHI LAM = PO (Perusahaan Obat) Islam

    jadi, CHILAM = Islam

    Wong Fei Hung ternyata beragama Chilam
    Agama mayoritas di Indonesia adalah agama Chilam
    Yang menemukan bla...bla...bla adalah seorang Muchlim

    BalasHapus
  39. alhamdulillah idolaku adalah MUSLIM

    BalasHapus
  40. wkwkkwkwkwkkkkkkkk malu maluin islam aja loeeeee .... prettttttt

    BalasHapus
  41. hahahahaha.....
    yesus mulai menghina....
    urus celana dalam yesus tu...
    gak pernah di ganti tuh...

    BalasHapus
  42. udah udah jgn adu argumen lagi semuanya bener gak ada yang salah yang penting jalani aja yang menurut kita bener jagan menjelek2an atau menghina satu sama lain kita semua kan ciptaan tuhan, semuanya sama.

    BalasHapus
  43. Mas Anonim Kerjanya Apa sih?
    salut buat Mas anonim...
    Cerdas dan berwawasan luas.
    Semoga mas anonim sehat selalu yah..
    Dan Diberi umur yang panjang yah...
    Kagum Saya

    trmksh

    BalasHapus
  44. Balasan
    1. sekarang analisanya, islam lebih dulu ada di cina di banding indonesia kalo ente lihat fotonya ente pasti bisa bedakan nur wajah orang muslim......, dan kungfu terkuat dulu di pegang sama orang muslim , contohnya panglima ho dll. semoga bermanfaat dan menjadi pencerahan..

      Hapus
    2. tak kungfu ndasmoe

      Hapus
  45. hany orang gila yg percaya wong fei hung itu muslim

    dari satu website menuliskan
    Po Chi lam

    po=perusahaan obat indonesia
    chi lam=islam
    hahahhaha
    ngakak berguling2

    sejak kapan negri china mengeja nama orang ato tempt itu menggunakan bahasa indo
    kedua
    Chi lam
    setahu aq,Chi itu sejenis ilmu pengbatan tenaga dalam
    ato orang yg ingin mempelajari ilmu tenaga dalam ato ilmu tahan pukulan
    dalam sebutan China
    Phai Ta Chi Kung
    bisakan dikatakan hampir seluruh wushu China yg berunsur tenaga dalam ada menggunakan kata Chi ini

    ga habis mikir napa orang ingin populerkan ajaran dgn membawa2 nama Orang teladan n orang nomor satu di Kwang Tung dan merupakan 1 dari sepuluh macan Kwang Tung

    BalasHapus
  46. Wong Fei Hung

    Wong/Huang@marga(antara mandarin n kantonis)
    Fei =terbang ato bisa arti lain
    Hung =merah

    semua harus lihat tulisan kanjiny,krn nama orang tionghoa agak susah dieja dgn menggunakan bahasa indo
    bisa mungkin Fei Hung ini arti lain adalah jagoan merah ato mungkin sengaja dikasih nama gtu krn berkaitan beliau adalah seorang wushu
    jd apaan dgn ejaan arab faisal hussen ,wkwkwkwk

    klo dilihat,yg bikin page iti maksa amat
    coba aja pakai foto Wong fei hung itu pakai jenggot,kan ada photo shop,biar kelihatan lebih mirip n 2D akan lebih percaya,hahhahahahha

    Btw,cucu2 dari murid Wong Fei Hung pasti ada yg msh dihongkong,tnyakan langsung aja kesana,kkkkkkk

    BalasHapus
  47. dan gimana pula jurus mabuk yg diciptakan pakai Wong Fei Hung

    alkohol tuh^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. woww jadi jurus kungfu dewa mabuk itu beneran y brow?

      Hapus
  48. WONG FEI HUNG TERNYATA MUSLIM......?????
    DIAM.......!
    BINGUNG..........?
    NGAKAK.......... WKWKWKWKWKWKW GUOBLOK......!!!!!!!!!!!

    ADA JUDUL PULA TERNYATA UMAT BUDHA NAMUN MURTAD.......!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  49. Faisal Hussein Wong>> WTF

    BalasHapus
  50. Islam Babi bangsat kalian stelah BUDDHA kau hina kini kau buat cerita yang tidak benar !!!!
    fucking moeslims >> Teroris+Anarkis+Pemberontak+Koruptor,etc........
    WTF la siau lang lu kiau :P

    BalasHapus
  51. MEMANG BENAR LOH, NAMA MUALAF WONG KA YING (BAPAK WONG FEI HUNG) ADALAH WANNADIN... DAN WONG FEI HUNG SENDIRI NAMA MUALAFNYA WANNAHIDIN.????????????????????????????

    BalasHapus