Ternyata Borobudur adalah peninggalan kebudayaan Islam


Nabi Sulaiman AS adalah seorang utusan Allah yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah. Bahkan, burung dan jin selalu mematuhi perintah Sulaiman.

Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sementara itu, Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu.

Candi Borobudur merupakan candi Budha. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan lainnya. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi.

Lalu, apa hubungannya dengan Sulaiman? Benarkah Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang hebat dan agung itu? Apa bukti-buktinya? Benarkah ada jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu? Tentu perlu penelitian yang komprehensif dan melibatkan berbagai pihak untuk membuktikan validitas dan kebenarannya.

Namun, bila pertanyaan di atas diajukan kepada KH Fahmi Basya, ahli matematika Islam itu akan menjawabnya; benar. Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang ada di tanah Jawa.

Dalam bukunya, Matematika Islam 3 (Republika, 2009), KH Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.

Tentu saja hal ini menimbulkan penasaran. Apalagi, KH Fahmi Basya menunjukkan bukti-buktinya berdasarkan keterangan Alquran. Lalu, apa bukti sahih andai Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman atau bangunan yang pembuatannya merupakan perintah Sulaiman?

Menurut Fahmi Basya, memang terdapat beberapa simbol, yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Alquran. Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan. Pada relief yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang.

"Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: 'Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman'." (QS Al-Baqarah [2]: 248).

Kedua, pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. (QS Saba [34]: 14). Saat mengetahui Sulaiman wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Di Borobudur, terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan. Patung itu disebut dengan Unfinished Solomon.

Ketiga, para jin diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah Candi Prambanan.

Keempat, Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. (QS An-Naml [27]: 20-22). Reliefnya juga ada. Bahkan, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lainnya.

Kelima, kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud kepada sesama manusia. (QS An-Naml [27]: 22). Menurut Fahmi Basya, Saba artinya berkumpul atau tempat berkumpul. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba, karena burung tidak mengetahui nama daerah itu. "Jangankan burung, manusia saja ketika berada di atas pesawat, tidak akan tahu nama sebuah kota atau negeri," katanya menjelaskan. Ditambahkan Fahmi Basya, tempat berkumpulnya manusia itu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak sekitar 36 kilometer dari Borobudur. Jarak ini juga memungkinkan burung menempuh perjalanan dalam sekali terbang.

Keenam, Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata 'Wana' bermakna hutan. Jadi, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba.

Ketujuh, buah 'maja' yang pahit. Ketika banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba, pepohonan yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya. "Tetapi, mereka berpaling maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr." (QS Saba [34]: 16).

Kedelapan, nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata 'su'merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan 'Su'. Kesembilan, Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. "Pergilah kamu dengan membawa suratku ini." (QS An-Naml [27]: 28). Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya, surat itu ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.

Kesepuluh, bangunan yang tinggal sedikit (Sidrin qalil). Lihat surah Saba [34] 16). Bangunan yang tinggal sedikit itu adalah wilayah Candi Ratu Boko. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. "Ini membuktikan bahwa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman," kata Fahmi menegaskan.

Selain bukti-bukti di atas, kata Fahmi, masih banyak lagi bukti lainnya yang menunjukkan bahwa kisah Ratu Saba dan Sulaiman terjadi di Indonesia. Seperti terjadinya angin Muson yang bertiup dari Asia dan Australia (QS Saba [34]: 12), kisah istana yang hilang atau dipindahkan, dialog Ratu Bilqis dengan para pembesarnya ketika menerima surat Sulaiman (QS An-Naml [27]: 32), nama Kabupaten Sleman, Kecamatan Salaman, Desa Salam, dan lainnya. Dengan bukti-bukti di atas, Fahmi Basya meyakini bahwa Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman. Wallahu A'lam.

Sumber

147 komentar:

  1. wkwkwkwkwkwkw lucu, si empunya link pasti gak lulus TK

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anonim: Saya malah banyak tertawa kalau baca comment mu, kalau nggak suka ya nggak usah baca gitu......daripada mulutmu mengumbar kata2 jorok bau tai. mending buka situs lain, mungkin bisa membuat tenang hati

      Hapus
    2. Dulu borobudur pernah dibom sama teroris islam geblek. Eh..malah skrg klaim borobudur situs islam
      Ahahahahahaha....

      Hapus
    3. SEMUA PERANAKAN KRISTEN: ANAK HARAM!!! KERJAAN KOK CUMA NYANYI-NYANYI DIGEREJA... AGAM GAK JELAS... Q CUMA BISA TERTAWA MELIHAT PERANAKAN HARAM KRISTEN CUMA BERANI BERSIUL-SIUL COMMENT GAK JELAS. NI NOQ BAGI SEMUA PERANAKAN HARAM KRISTEN YANG GAK TERIMA. 085645771366

      Hapus
    4. ^awass.. jangan hubungin nomor di atas..
      MAHO GAN!

      Hapus
    5. semua di klaim punya islam...jgn jgn planet bumi jg di klaim punya islam...ya udah lah semuanya punya islam...

      Hapus
  2. ngawurr........ hobinya ngelamun, jadi imajinasinya kemana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hey bro. sebelum loe bicara seperti orang mabok. sebaiknya loe klik SUMBER dari artikel diatas (dibawah artikel ada tulisan SUMBER), trus loe liat artikel diatas itu bersumber dari ROL (Republika On Line). trus loe cari tau kebenaran dari artikel di atas.......

      Hapus
  3. ISLAM IS KONTOL14 Juli 2012 13.01

    blog bajingan.. klaim ke dunia internasional klo berani.. anjing.. kasihan anak orang yang percaya sama cerita ini.. kontol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kasar banget mas.....namanya kamu aja tuh dah menantang islam ...apa bener tuh dah mau hadapi umat islam denga id mu itu

      Hapus
    2. Kasar banget. Siapa tuh yang ngajarin? Pasti bukan ajaran dari agamanya.

      Hapus
    3. tak usah termakan omongan yg seperti itu, ia tak lebih baik dari kata-katanya

      Hapus
    4. KONTOL adalah hasil penemuan orang islam yang bernama asli "Al-Qaunthall"

      Hapus
    5. Septaliana seorang MUSLIMAH1 Maret 2013 02.03

      KASIAN banged ya AGAMA'y GAK ngajari tentang sopan santun... ya kalo emg U orang pinter buktiin donk klo yg d posting ini salah...
      jangan cuma ngomong doank men...
      kita tantang dech sebutin identitas klo emg U itu buka PECUNDANG...!!!

      Hapus
    6. Septaliana seorang MUSLIMAH1 Maret 2013 02.03
      KASIAN banged ya AGAMA'y GAK ngajari tentang sopan santun... ya kalo emg U orang pinter buktiin donk klo yg d posting ini salah...
      jangan cuma ngomong doank men...
      kita tantang dech sebutin identitas klo emg U itu buka PECUNDANG...!!!

      Udah terbukti sayang. Teroris islam goblok pernah ngebom tuh candi borobudur. Ngapain pula diklaim milik islam agama rahmatan itil kelamin.

      Candi milik islam candi boroDUBUR
      Wkwwkkwkwkwkwkwkkw

      Hapus
    7. YANG NULIS ITU SAMPAI JUMPA DI AKHIRAT YA.. GUE PENGEN LIAT MUKA LO PADA APA KATRO LO YG NULIS PD TGL 28 MARET GEU MO NGELIAT MUKA LO

      Hapus
    8. yang mengklaim candi borobudur itu milik islam syapa .????
      apa kalian tidak bisa baca. kalau artikel diatas itu hanya menuliskan kalau di candi borobudur itu tedapat peninggalan kebudayaan islam pada zaman nabi sulaiman.
      jadi orang terlalu melebih2kan pake bilang mengklaim.
      dasar idiot

      Hapus
  4. Balasan
    1. PERTAHANKANLAH OLEHMU AGAMA HINDU YANG BODOH ITU

      Hapus
    2. Yg pinter dikiiiiiit aja mas. Borobudur tuh bukan candi hindu, tp candi Budha yg agung, jauh lebih agung drpd batu kotak hitam kuatrok yg ada di negeri tandus yg ga punya budaya itu. Belajar yg banyak ya tong... sering2 buka : indonesia.faithfreedom.org

      Hapus
    3. kebudayaan hindu-buddha, dalam kenyataannya telah memberikan sumbangan besar terhadap bangsa ini. Tidak ada satupun kerajaan islam yang muncul setelah Sriwijaya dan Majapahit yang mampu menyamai apalagi melebihi kebesarannya. Peninggalan-peninggalannyapun masih bisa kita lihat sekarang. Apa yang ditinggalkan oleh Islam selain kemiskinan dan kebodohan? sehingga bangsa ini tidak bisa maju

      Hapus
    4. anda semua sudah di bodohi orang2 freemason jadi tidak tahu sejarah yg sebenarnya,,apa itu hindu? budha?

      Hapus
    5. Anonim17 Maret 2013 00.17
      anda semua sudah di bodohi orang2 freemason jadi tidak tahu sejarah yg sebenarnya,,apa itu hindu? budha?

      Elo yg ga tahu apa2 diem aja nyet!!
      Tuh candi pernah dibom ama org tolol kayak elo pada.

      Hapus
    6. lo pikir agama lo bagus? sekarang gini YANG BUAT TUHAN LO SIAPA KALO BUKAN ALLAH SWT MIKIR DONG LO PADA UDH PADA GEDE OTAKNYA MASIH PADA LEMOT...

      Hapus
  5. koplak mania....

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Itu patungx nabi sulaiman yg blm diselesaikan.

      Keh keh keh keh

      Hapus
  7. sungukong & cipatkay masuk muslim !

    BalasHapus
  8. NGAKAK GULING2

    Liam Neeson masuk Islam

    Simon Cowell masuk Islam

    Angelina Jolie masuk Islam

    Michael Jackson masuk Islam

    Bukti nyata kalau Michael Jackson masuk Islam sebelum kematiannya

    Paris Hilton masuk Islam

    Will Smith masuk Islam

    Britney Spears masuk Islam

    Justin Bieber masuk Islam

    Mark Zuckerberg masuk Islam

    Stephen Hawking masuk Islam

    [Kisah nyata] Satu gereja masuk Islam

    Sunita Williams, Astronot wanita India yang Masuk Islam

    Hitler masuk Islam di Indonesia

    Neil Armstrong masuk Islam

    Kaka masuk Islam

    Thiery Henry masuk Islam

    Striker MU Chicharito masuk Islam

    Gajah Mada masuk Islam

    Nyi Roro Kidul masuk Islam

    Jin berjubah hijau masuk Islam

    Socrates adalah seorang muslim

    Osiris adalah seorang muslim

    Wong Fei Hung adalah seorang muslim

    Tong Sam Cong adalah seorang muslim

    Judge Bao adalah seorang muslim

    Sidharta Buddha Gautama adalah seorang muslim

    Pattimura adalah seorang muslim

    Sisingamangaraja adalah seorang muslim

    Napoleon adalah seorang muslim

    Jack Sparrow adalah seorang muslim

    Albert Einstein adalah seorang muslim

    Zlatan Ibrahimovic adalah seorang muslim

    Leonardo Da Vinci adalah seorang arab muslim

    Abraham Lincoln is a Muslim

    Semua manusia lahir sebagai Islam

    Seluruh bumi ini adalah milik Islam

    Alien beragama Islam

    Kerajaan Majapahit dulunya adalah kerajaan Islam, bukan hindu

    Proses pembangunan piramida terinspirasi dari Alquran

    Facebook terinspirasi dari Alquran

    Korea Selatan terinspirasi dari Alquran

    Ide penemuan blue energy berasal dari ayat Alquran

    Penemu kungfu adalah orang muslim

    Aliran musik blues adalah ciptaan orang Islam

    Penemu musik adalah orang Islam

    Penemu teori relativitas adalah orang muslim, bukan Einstein

    Penemu teori evolusi adalah orang muslim, bukan Charles Darwin

    Tembok Cina adalah buatan orang Islam

    Borobudur adalah peninggalan kebudayaan Islam

    Benua Amerika ditemukan oleh orang Islam

    Pangeran William adalah keturunan Nabi Muhammad

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya apa,, nulis komen kayak gitu,,, mau mencela islam? eh gue ga peduli,, tentang orang2 yg loe bilang tadi, mau muslim , mau kafir,, terserah mereka,, gaka ngaruh,, islam ga bakalan rugi, walaupun ga di peluk oleh orang2 yg loe sebutin tadi,, siapa masuk islam berarti dia telah tahu apa itu kebenaran yg hakiki,, ngeti loe,,

      Hapus
    2. tau ya iih...

      Hapus
    3. orang yang masuk Islam itu orang yang cerdas...Dia mampu membedakan yg hak dan bathil.tapi yg bisanya ngehujat...biasanya gk pernah tau ajaran nya sendiri,cuma ikut2an org tua biar dapat uang jajan ama roti.Islam itu gak maksa.siapapun yg masuk islam dia orang yg cerdas.subhannalloh .termasuk Paus mundur,mau masuk Islam apa ngk.gk ngaruh.

      Hapus
    4. haha.... smua nya made in islam.babi enak juga made in islam.kenapa gak seluruh dunia aja loe bilang agama islam

      Hapus
    5. seluruh dunia masuk islam dan penuhlah arab saudi karena bnyak rombongan haji dan pastinya menambah devisa negara arab :D
      sungguh mulia sekali cita" yg bkin blog ini :D
      anda dpet keuntungan berapa persen dari uang jemaah haji ??
      hahahaha

      Hapus
    6. Wuakakakakakkakaaa..... ngakak guling-guling.... karena TIDAK ADA YG DIBANGGAKAN... sisanya cuma jadi teroris, bengak-bengok baca alquran di masjid, lainnya merasa didzolimi, sakit-hati, bom bunuh-diri, demi 72 bidadari, lainnya imigrasi, mengungsi... yaa dekar-dekat itu aja... agama syaitonnirojim wuakakakakkakakaa...

      Hapus
  9. Sip... Berarti Gambar2 telanjang di Borobudur juga tinggalan Islam dong.. :D wkwkwkwk....
    Wah Islam Pro-Pornografi, Kafir ente!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha bener mas, banyak tu gambar2 porno dilantai bawah, sampe sama belanda ditutup tuh :D

      seakan2 jilat ludah sendiri ya (nyengir)

      Hapus
    2. kamu yang fuck

      Hapus
    3. "fuck" adalah salah satu penemuan islam, yang kata aslinya dalam bahasa arab adalah "Al-Faq"

      Hapus
    4. kwokwokwoko ngakak baca komen di atas

      Hapus
    5. YG BENER AL-FALAQ, BODOH LO PADA...
      GAK PUNYA ORANG TUA LO PADA,, SEENGGAKNYA WALAUPUN MANUSIA KEYAKINANNYA BERBEDA PASTI DI AJARIN SOPAN SANTUN

      Hapus
    6. haha ngakak..... setuju kata fuck berasal dari ajaran muhammad saw yg aslinya al faq.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Abu Al-Musqlaim26 Februari 2013 04.46

      "Edan" juga merupakan salah satu penemuan muslim, aslinya adalah "Al-Aidan"

      Hapus
  11. agama ternyata juga dapat mendangkalkan kemampuan otak seseorang secara drastis, tujuannya hanya demi kemuliaan agamanya. hoax atau asli, urusan belakangan...

    BalasHapus
  12. taj mahal bukan buatan islam,kalo ada artikel kayak gitu gw baru percaya ama ini artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. KALO LO GAK PERCAYA NGAPAIN LO BACA NI ARTIKEL
      OTAK LO LOW YA?? KASIAN PASTI UDAH DI KELILINGIN SETAN
      HAHAHAHAHA

      Hapus
  13. saya jd penasaran siapa admin blog ini,, masalahnya saya menemukan alamat blog ini d facebook d fp penghinaan agama semua,

    BalasHapus
  14. min kalo sedang stress ada banyak tuh Rumah sakit jiwa terdekat,,, ente stress malah bikin blog dengan brita aneh2 ttg islam,,,, terbukti iri dengki bisa menyebabkan orang jd gila,,,,admin blog ini salah satunya,,,anggota gerombolan orang2 paranoid parah dalam faithfreedom

    BalasHapus
  15. itu di borobudur PATUNG semua looo
    apa nggak berhala tu bangun2 gituan???

    BalasHapus
  16. mengklaim apapun adalah sangat mudah, ini punyaku, itu punyaku, kalo bisa semuanya punyaku, kebenaran termasuk tuhan jg punyaku. (ambilah semua fren gak usah disisain, kami jg gak butuh hehehe...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, klaim kebenaran sama mudahnya dgn mengklaim borobudur ini, kasian

      Hapus
  17. wah baru kali ini aku dapat hiburan gratisss (ngakak gulink gulink) terima kasih tong song

    BalasHapus
  18. lho katanya haram nyembah2, bikin2 patung..
    tapi itu candikan isinya patung semua....
    hayooooo

    kalo mau ngekalim, bikin klaim yg masuk akalm jangan kaya gini malu2in deehhh....

    BalasHapus
  19. blog bangsat.... dasar ifrit.

    BalasHapus
  20. wkwkwkwk. Yang jelas MESJID ISTIQLAL arsitek nya beragama Kristen Protestan. Enggak usah ngaku-ngaku. Kalau Pagar Depan Rumah Gue jelas emang Orang Islam yang bangun. Itu jelas. Gue yang bayar kuli nye. ngok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan gaget,hp,laptop,komputer,internet yg nemuin jg kafir bro, tp heran yg nunggang onta dpdang pasir jg butuh GPS, MALU2IN simemed..hemm..

      Hapus
    2. dih maksud ngomong apo siih

      Hapus
  21. ini islam yang mana yach? yang makan babi bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abu Al-Musqlaim26 Februari 2013 04.48

      Muslim tidak boleh makan babi!



      masa jeruk minum jeruk.....

      Hapus
    2. yang makan babi agama yang lain, kalo islam megangnya aja haram apa lagi di makan...

      OONN..

      Hapus
  22. UNGKAPKAN TERUS MANTAAAPP...BIAR PARA MAHLUK-MAHLUK KAFIR KEREPOTAN & LEBIH TAU AKAN ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah jelas2 borobudur penuh dengan patung, bukannya haram tuh dikalian pake patung2 dewa gitu...
      jadi orang kok buta ya...main percaya berita bohong aja...kaya ga berpendidikan aja...

      Hapus
    2. Gimana gk percaya..orang Dy adminnya...wehwehweh...koplak.....

      Hapus
  23. penulis tolol
    spongebob adalah muslim
    spiderman adalah muslim
    dnal bebek adalah muslim
    maria ozawa adalah muslim
    semuanya muslim
    semuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..............deket kiamat manusia semakin sesat masuk muslim

    BalasHapus
  24. kayaknya ini adalah blog sumber inspirasi film innocence of muslims , film yg bagus btw

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru film innocence of muslims itu sumber inspirasinya penulis Al-q****
      wkwkwk...........

      Hapus
  25. Herannya banyak orang kafir yang membaca blog ini, tapi cuma bisa mencela saja karena sakit hati alias syirik hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahaha dan orang muslim percaya aja.
      Makanya Indo ga maju2.

      Hapus
    2. Kalau gk maju ya loe minggat ja dari indo, gampang kan..

      Hapus
  26. SODARA2KU, GIMANA KALO YANG PUNYA BLOG INI DI SURUH MEMPUBLIKASIKAN ASLI ORANGNYA? MUNGKIN GA??? INI SEMUA DI LUAR NALAR BRO!!! INI ORANG GA BENER YANG BIKIN BLOG INI.!!! SETAN ALAS TENAN WONG IKI REK.... BAJINGAN !!! SEOLAH2 MUSLIM SING JUARA DEWE. JUARA NGEBOM AKU PERCOYO!!! ASU!!!!!!!

    BalasHapus
  27. Dah tau blog ini namanya MUALLAF ALHAMDULILLAH.. kenapa non muslim ikut2an baca ..kan jadi kebakaran jenggot sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente beneran percaya Sulaiman yang bangun Candi Borobudur lengkap dengan patung2 Buddhanya?serius?

      Hapus
    2. hai Olla..... kawin siri yuuk

      Hapus
    3. Kafir jarang yg berjenggot ukhti. Jadi kafir bakar jenggotnya muslim.

      Kalo muslimnya kabur, terpaksa jembut muslimah yg kami bakar.

      Ga kebayang gimn lucunya.
      Huahahhahahaha...:D

      Hapus
  28. terus relief2 porno di borobudur menggambarkan pas si muhammad maen ama koleksi bininya kali ya..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha wong ma istrinya sendiri apa urusannya?..khann dagh muhrim.....

      Hapus
  29. Siapa lagi yang mau masuk surga ciptaan Muhamamd SAW yang ada 72 pelacur (bidadari) jelmaan allah swt yang siap berzina dengan siapaun yang pernah membunuh umat Allah dengan slogan iblis, allahu akbar dan pesta arak (khamar), setelah mabuk, acara ditingkatkan menjadi sex party dengan allah swt yang telah menjelma menjadi 72 pelacur (bidadari).

    Tidak ada satu ayatpun dikitab para nabi Israel (Yahudi) yang menyatakan, kalau surga ciptaan Allah mereka, memiliki 72 pelacur (bidadari) dan arak (khamar) mengalir.

    BalasHapus
  30. Kalau benar kuil borobudur peninggalam kebudayaan islam

    ko memperbolehkan patung ?? di quran sendiri patung diharamkan

    ko memperbolehkan relief/gambar ?? di quran sendiri gambar diharamkan

    nah loh.. nahloh... blogernya mikir kesini ga ya ??


    BalasHapus
    Balasan
    1. jamannya nabi sulaiman belum ada al-quran mas bro!!!!#aneh gak tau sejarah nabi??

      Hapus
    2. patung yang tidak diperbolehkan itu untuk disembah sebagai berhala kalau patung untuk menceritakan sejarah umat manusia seperti di borobudur itu boleh..jadi tidak tertutup kemungkinan juga,toh sampai sekrang pun ahli arkeologi belum bisa memastikan bagaimnaa borobudur ibuat dan kapan pastinya pembutannya.

      "Dan sebagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku)." (QS. Saba': 12)

      Hapus
    3. maklum lah bro...admin nulisnya maksa...asal comot n copas aja...

      Hapus
    4. Lho, bukannya untuk candi borobudur ini sudah ada prasastinya yang disebut "Kemulan di Bhumi Sambhara Budara, yang dikeluarkan oleh Sri Kahulunan (Pramodhawardhani, putri Raja Smaratungga dari dinasty Syailendra yang memerintah kerajaan Medang Bhumi Mataram pada tahun 750 - 824 M. Jadi ini dibangun dan diresmikan pada abad ke-9 Masehi. Bagaimana bisa terkait dengan Sulaiman (Salomon) yang berkuasa di Timur tengah pada abad ke-9 atau 10 Sebelum Masehi? Jadi selisihnya waktunya sangat jauh sekitar 1000 tahun...dengan perbedaan lokasi ribuan km?

      Hapus
  31. Tau gak "Yesus" itu Muslim (.....)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg muslim i2 bukan YESUS tp,,,,NABI ISA,sedangkan YESUS adalah muridnya nabi ISA,,,,,

      Hapus
    2. Yup bener Yesus muridnya Nabi Isa yang berkhianat

      Hapus
  32. hahahahahahhahahahahahah ngakak ngakak sampe sakit perut

    BalasHapus
  33. Balasan
    1. aq pernat liat doi pake j****b

      Hapus
    2. Abu Al-Musqlaim26 Februari 2013 04.50

      Memang benar, setelah masuk islam dia berganti nama menjadi "Maryam bin Auzawah"

      Hapus
  34. Gw punya ide gmn klo dibikin jg profile artis2 porno JAV yang udah jadi mualaf. Biar dakwahnya gak nanggung2. CMIIW.

    BalasHapus
  35. BLOG LASKAR ONTA PETAMBURAN DENGAN IMAJINASI TINGKAT SUPER TINGGI!!!ALIAS EDAN!!!

    BalasHapus
  36. nabi sulaiman terlahir dijaman jauh sebelum islam .....lul dahlul semakin puyeng nich bacanya

    BalasHapus
  37. Liam Neeson masuk Islam


    Simon Cowell masuk Islam


    Angelina Jolie masuk Islam


    Michael Jackson masuk Islam


    Bukti nyata kalau Michael Jackson masuk Islam


    Paris Hilton masuk Islam


    Will Smith masuk Islam


    Britney Spears masuk Islam


    Justin Bieber masuk Islam


    Mark Zuckerberg masuk Islam


    Stephen Hawking masuk Islam


    [Kisah nyata] Satu gereja masuk Islam


    Raja kristen masuk Islam


    Sunita Williams masuk Islam


    Jacques Yves Costeau masuk Islam


    Demitri Bolykov masuk Islam


    William Brown masuk Islam


    Hitler masuk Islam di Indonesia


    Neil Armstrong masuk Islam


    Thiery Henry masuk Islam


    Kaka masuk Islam


    Messi masuk Islam


    Striker MU Chicharito masuk Islam


    Gajah Mada masuk Islam


    Nyi Roro Kidul masuk Islam


    Jin berjubah hijau masuk Islam


    Dalai Lama converts to Islam


    Artis Korea Lee Ki Woo adalah seorang muslim


    Wong Fei Hung adalah seorang muslim


    Tong Sam Cong adalah seorang muslim


    Judge Bao adalah seorang muslim


    Sidharta Buddha Gautama adalah seorang muslim


    Pattimura adalah seorang muslim


    Sisingamangaraja adalah seorang muslim


    Napoleon adalah seorang muslim


    Jack Sparrow adalah seorang muslim


    Albert Einstein adalah seorang muslim


    Zlatan Ibrahimovic adalah seorang muslim


    Leonardo Da Vinci adalah seorang arab muslim


    Socrates adalah seorang muslim


    Osiris adalah seorang muslim


    Abraham Lincoln is a Muslim


    Semua manusia lahir sebagai Islam


    Seluruh bumi ini adalah milik Islam


    Seluruh umat hindu wajib masuk Islam


    Alien beragama Islam


    Kerajaan Majapahit dulunya adalah kerajaan Islam, bukan hindu


    Proses pembangunan piramida terinspirasi dari Alquran


    Facebook terinspirasi dari Alquran


    Korea Selatan terinspirasi dari Alquran


    Teori lubang hitam bersumber dari Alquran


    Teori molekul DNA berasal dari Alquran


    Pola sidik jari manusia berasal dari Alquran


    Ide penemuan blue energy berasal dari ayat Alquran


    Penemu kungfu adalah orang muslim


    Penemu robot adalah orang muslim


    Ilmu akuntansi adalah hasil penemuan orang muslim


    Aliran musik blues adalah ciptaan orang Islam


    Penemu musik adalah orang Islam


    Penemu teori relativitas adalah orang muslim, bukan Einstein


    Penemu teori evolusi adalah orang muslim, bukan Charles Darwin


    Penemu pesawat terbang adalah orang Islam, bukan Wright bersaudara


    Tembok Cina adalah buatan orang Islam


    Borobudur adalah peninggalan kebudayaan Islam


    Terusan Suez adalah hasil karya orang muslim


    Benua Amerika ditemukan oleh orang Islam


    Penduduk asli Amerika dulunya beragama Islam


    Bahasa Inggris berasal dari negara Islam


    Lady Diana dibunuh karena berniat ingin masuk Islam



    Pangeran William adalah keturunan Nabi Muhammad

    BLOG SAMPAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abu Al-Musqlaim26 Februari 2013 04.51

      SAMPAH adalah juga penemuan orang islam, nama aslinya "Al-
      Syamfa'ah"

      Hapus
  38. kalo dilihat secara filosofi borobudur lebih ke Budha bro!
    pake ilmu otak-atik gathuk gtu malah bikin mokal org muslim ntar...
    emg ratu saba org budha????

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Buddha" kan juga ditemukan oleh islam.
      nama aslinya "Al-Budza'ah"

      Hapus
  39. ...ternyata anjing dan babi beragama islam...subhanallah walhamdulillah.

    BalasHapus
  40. admin uda lama di Indonesia??
    masuk SD di Indonesia ga??

    BalasHapus
  41. //jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu//

    Saya baru tahu kalo umat Buddha ternyata muslim...Itu patung Buddha kenapa bisa di paling atas? Apa dulunya Sulaiman itu buddha? Jelaskan dong.
    Bung, itu yang buat orang Kristen lho.

    Di Kristen juga tertulis di Matius 8:18-22

    BalasHapus
  42. Yah, saya bilang sih itu buktinya lemah, dan orang yang meneliti tidak objektif.
    1. Nama orang jawa tidak semuanya diawali Su-. nama yang diawali Ma- juga banyak.
    2. Cnadi Borobudur ditulis dibangun jauh setelah Sulaiman wafat. Bukan berarti Quran berkata begini langsung diartikan saja. Lagipula nama 'Sulaiman' tidak saya ditemukan dalam nama laki2 Jawa. Harusnya dia dikenal dan dianggap besar kalau berhasil membangun candi B.
    3. Nama Su- bukan berarti jawa. Ada nama Negara arab bernama Su-. Lagipula kalau begitu kenapa Yunus tidak dibilang pernah pergi ke Korea? Nama korea-jepang dan Cina banyak.
    4. Jika ada nama Su- pun. harusnya Sulaiman/Salomo dilahirkan di Jawa, bukan di daerah T.Tengah. Lagipula nama nabi2 perj. Lama : Adam, Abraham/Ibrahim, Ishmael, Ishak, Yunus, Nuh, Ayub, Sulaiman, Amos, Ezra, Elia, Elisa, Yesaya, Yeremia, Samuel, Nahum, Habakuk, Nehemiah, Yosua,dsb. Itu berbeda2 bung. Habakuk saja H sendiri, tapi bukan berarti dia bukan Israel kan? Saya bilang sih hanya kebetulan. Ga mungkin saya kaitkan Habakuk dengan Hasoloan atau Halomoan dari batak kan? haha
    5. Nih untuk saba : http://www.fadhilza.com/2009/02/tadabbur/kaum-saba-dan-banjir-%E2%80%98arim.html
    Yang tulis bukan orang kafir kok haha.

    BalasHapus
  43. hati2 dengan hal2 yg ditulis oleh orang2 yg berasal/bersumber dari UIN, krn UIN itu sekarang sdh dikuasai oleh barat, mereka berusaha melemahkan Islam dan mengolok-olok Islam dari dalam Islam

    BalasHapus
  44. aslinya...ni yg nulis blog fantasinya luarrrrrr biasaaaaaa...
    kebanyakan coli kali..jd hayalannya tingkat tinggi.....

    BalasHapus
  45. semua yg di klaim dan ada di alquran (ditulis ntah ama nenek ato kakeknya sapa) duluan terjadi peristiwanya baru keluar tuh alquran nya...

    contohnya borobudur duluan di bangun, bis tu baru keluar alquran nya...
    jadi y gampang...apa yg ada tinggal tulis d alquran...cepat ato lambat tunggu org lain sadar dan mengklaim nya, jadi deh tu seperti semuanya milik islam :)

    beda ama weda, weda lebih dulu muncul drpd alquran dan d weda ada kapan islam muncul dan siapa yang membawa islam dan bagaimana perkembangan nya...

    jelas2 itu budha pemilik borobudur...
    ada patung nya...patung budha...
    masa islam buat candi isinya patung budha :v ngocol x ya ?

    gw juga bisa...
    tu jakarta gw yg buat pulaunya...dulu waktu gw suka main pasir d pantai g sengaja karena keasikan ya lama banget...
    timbun2 eh jadi pulau...
    trs di tempatin, dinamain jakarta...
    ntah siapa yg klaim ==a jahanam

    islam bodoh ya...
    apalagi fpi ama mui tuh...
    bacod ja dibawa...
    di guyur banjir lagi modar lu...
    menipis populasi lu lagi...

    cuiiiiihhhh
    lap pejuh pake ****A*
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. FUCK U ASHOLE.. DASAR ANAK HARAM

      Hapus
  46. kisah nyata 1 gereja masuk islam ?

    kisah nyata tidak boleh natalan di aceh baru ada...
    waktu tsunami tu...
    di usir disuruh natalan d hutan atas gunung 1 gereja...

    mereka mau2 aja krna g mau cri ribut...eh ternyata aman...
    ada tsunami :3

    azab allah x ya ?
    karena umatnya seenaknya..hahaha

    BalasHapus
  47. lumayan buat mengendurkan syaraf sambil senyum-senyum sendiri depan komputer.
    utk masalah agama khususnya islam utk berita aku lebih seneng dan tertarik sunni-syiah mau rukun itu saja sudah lebih dari seneng.

    BalasHapus
  48. blog ngelucu ni
    org arab asal agama islam gk ngekalim sembarangan tu ni ngasal aja -_-

    BalasHapus
  49. tidak hanya borobudur, tapi semua candi di indonesia ternyata dibangun oleh orang islam, misalnya:

    Prambanan = Al-Furambana'an
    Muara takus = Am-mu'arataq'us
    Mendut = Al-Mainduud
    Pawon = Al-Fhawoon
    Sewu = Asy-Syaiwuu
    Sukuh = Asy-Syuquh

    dan lain-lain

    BalasHapus
  50. boz, ente sadar ga kalo ga konsisten dalam menulis ?
    di artikel berjudul "Ternyata teknologi Teleportasi sudah pernah dibuat orang muslim" tertulis sbb :
    "Catatan sejarah mengenai pertemuan antara Nabi Sulaiman dengan Ratu Saba’ menjadi jelas dengan penelitian yang dilakukan negeri tua Saba’ di Yaman Selatan. ..." Dari artikel yg saudara tulis tsb lokasi Saba ada di Yaman Selatan.

    Trus di artikel "Ternyata Borobudur adalah peninggalan kebudayaan Islam" ente tuliskan :"Keenam, Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dari artikel ke-2 tampak lokasi Saba di Indonesia.

    Kesimpulan :
    1. artikel 1 dan ke 2 dalam hal "lokasi" Saba (kerajaan atau wilayah)adalah hal yg sama? mana yg betul ?
    (ane rasa anak SD bisa membedakan posisi Indonesia dan Yaman dilihat dari atlas).

    2. Bagaimana menurut ente mengaitkan Nabi Sulaiman (989-931 SM) dengan Borobudur yg dibuat pada tahun)800M ?
    apakah logis menganggap bahwa Borobudur (yg dibangun 1700 th setelah kematian Sulaiman) adalah peninggalan Sulaiman ?







    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana mau konsisten, wong yg pnya blog ini cuma copas-er..wkwk

      Hapus
    2. @Firdaus
      logikanya gini gan..
      1)Lokasi negeri saba bisa pindah2 dengan teknologi teleportasi islami
      2)Sulaiman bebas pakai mesin waktu islami

      Hapus
  51. cuman orang bodoh yg baca sampai habis lalu menghujat gak jelas. apa gak pernah sekolah lu semua?
    nabi sulaiman tidak beragama islam, melainkan agama tauhid dengan kitab taurat dan di palsukan isinya menjadi kitab weda. islam di bawa oleh nabi muhammad saw. patung2 pada zaman itu menggambarkan keagungan nabi sulaiman. walau aku belum baca buka yang di uraikan di atas. tapi aku benar2 mengerti tentang islam. yg bom itu belom tau cerita sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukakakaka pemikiran cucoklogy :v, sejak kapan taurat jadi weda ? di weda ga ada istilah nabi adam dkk :v ngocol gan :v

      Hapus
  52. Ini agama tetangga ngajak ribut,,, eh kriten lo kalau berani berhadapan langsung,,,

    Agama cinta kasih bermuka dua,,, pura-pura sok kasih tapi dibelakang menebar onar,,, tau gak yang disalib itu bukan isa totol,,, mana ada ceritanya tuhan mati,,, orang bodoh,,, tuhan mati dunia ancur,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ga berani memberi tanggapan bahwa candi borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman karena ini Wallahu alam namun saya baru sja melihat berita di Televisi yang menyebutkan bahwa sama sperti apa yang diungkapkan pada blog ini.. so ini hal yang patut untuk ditilik lgi. namun disini saya akan menyatakan bahwa dalam masa Sejarah dahulu bentuk-bentuk prasasti dan patung itu digunakan untuk menandai suatu pristiwa yang sedang terjadi. dahulu, manusia-manusia purba sering berbicara dengan menggunakan media relief/prasasti yang mereka buat pada dinding-dinding gua maupun yang lainnya (dalam sejarah seni). saya minta jangan saling mencaci antaragama, ini tidak baik bagi seluruh umat ke depannya. apakah kalian semua ingin negara ini hancur karna masalah perdebatan agama ?! itu adalah hal bodoh ! karena sudah dijelaskan dalam UU di Indonesia dan juga sudah dijelasan di kitab suci Al-Qur'an (surah Al-Kafirun) yang menjelaskan bahwa "Agamamu, Agamamu. Agamaku, Agamaku"

      dan bagi tadi yang komen bahwa Nabi Muhammad Saw ...... ada relief di bagian bawah C.Borobudur tsb yang menjelekkan Nabi Muhammad jika Nabi banyak istrinya dll. saya tegaskan bahwa Nabi Muhammad Saw banyak istrinya, namunnnnn Nabi Muhammad tidak menikah dengan wanita-wanita yang tidak karuan melainkan beliau menikah dengan nenek-nenek pun ada, karena menikah adalah sunnah dalam Islam. dan sang Nabi punn menikah karena ridho Allah bukan karena nafsu semata.
      saya bergerak di dunia Pariwisata, sehingga saya berkomentar seperti ini. saya tidak hanya mempeajari dunia wisata, namun saya juga mempelajari seni, agama, sejarah, bahasa, filosofi, dll.
      jangan sekali-kali klian membedakan agama satu dg yang lainnya. karena AGAMA adalah pilihan dan hidayah dari Tuhan.

      -NR-

      Hapus
    2. Gan, sorry ya sebelum nya. gw bukan agama seperti yang ente bilang tpi ane skolah di skolah agama yg ente bilang. Dan dari yang dipelajari TUHAN YESUS MATI DI KAYU SALIB DAN BANGKIT PADA HARI KETIGA. baca itu gan. BANGKIT LAGI. Itu menunjukkan kuasa nya sebagai Yesus Anak Allah sebagai JURU SELAMAT MANUSIA. Trims

      Hapus
  53. Coba lo pikir Indonesia ini ada karena di satukan oleh kerajaan majapahit dan sriwijaya. Emang ada kerajaan islam yang bisa nandingin kebesaran kerajaan di era itu..
    Lalu klo borobudur candi islam mengapa ada patung budha dan relief budanya.kata lain jika itu buatan islam .apakah islam mengakui dan mengagungkan agama budha. Dan jika rauto boko adalah kerajaan saba mengapa disana ada patung ganesha,budha,wisnu, dan lingga yoni..
    Ratu boko adalah kerajaan budha dan Hindu bro...
    Saya mohon yang update artikel ini mikirnya pake otak ya jangan pake pantat.walaupun kalian punya otak pasti otak anda otak ayam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro jangan salah kn semuanya di AKUI milik islam :D
      ilmu pengawuran itu agk horror otaknya :D

      Hapus
    2. bukan otak ayam bro. tpi otak udang. otak udang kan isi nya kotoran smua...bruakakak

      Hapus
  54. rata-rata yang komen diatas adalah orang2 yang tidak memiliki kesantunan, akan lebih bijak jika beragumentasi disertai bukti, asal ngomong membuktikan kualitas pribadi anda sendiri, menunjukkan bahwa anda yang mengaku beragama apapun agamanya hanya nempel diKTP tidak tercermin pada kata-kata saya yakin perilakunya tidak beda jauh...semoga yang sesat dibukakan hatinya

    BalasHapus
  55. elsani salistiana29 Mei 2013 00.00

    kalian semua jangan ribut. kita saling beragama, mempunyai keyakinan sendiri dan semua agama itu gak ada yang ngajarin buat rasis dan saling menjelekkan agama yang lain. udahlah rukun.

    Untuk ku Tuhan ku, untuk mu Tuhan mu
    Untuk ku agama ku, untuk mu agama mu

    Di Akhir nya tanggung jawab lah apa yang kalian anggap benar. ok .

    BalasHapus
  56. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAHAHAHAHAHA................
    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA..............

    GOKILLLLLL......... ^O^

    BalasHapus
  57. Orang keristen pasti tau siapa yg dijuluki sun of man di bibel
    tapi di bibel disebutkn seseorang yg lahir dari seorang wanita tidak mungkin menyamakan tuhan bahkan lebh rendah dari belatung.jd scra hematny son of man bkn than n lbh rendah dr belatung.
    N son of man punya awalan yaitu di kandang sapi n berakhir di salib knp tdk menymbah melkisedek yg hdupnya tak berawal djn tak berakhir..
    Lalu orang keristen yakin bahwa penyaliban sudah direncanakan sebelum yesus dikirim ke bumi tp knp pada sat penyaliban yesus berkata eli eli lama tadaktani yg artiny tuhan kenapa kau tinggal kn aq,memangnya yesus lupa dy ditakdirkan ke bumi untk di salib.
    N orang romawi yg menggantung yesus tdk tau mereka menangkap orang yg benar atau tdk krn i2 meminta bantuan yudas menunjukan orangny.
    Di bibel di terangkan orang yg mati digantung adalah orang hina n paus pun mengamini ny di surat korintus lalu bgaimana dgn yesus yg mati digantung.
    Kl memang bibel dr than knp isiny lbh banyak surt dari paulus.
    N pada saat yesus menyebarkan agamany dy membawa bibel yg mana? Matius,markus yohanes?
    N knp byk versiny?
    Apakah than tdk benar dgn kata2ny hngga manusia harus merubahny hngga berakibat byk versi.
    Bapak ku lebh besar dari pada aku
    aku tak dapat berbuat apa2 tanpa kekuasaan bapak ku.
    Buka bibel mu krn tak ada kristian yg hapal bibelny.
    Dan berfikirlah logika.
    Mash byak yg mau aq tanykn kpda mu saudara nasrani ku tntang agamu.
    Berhentilah memperolok2 tuhan dgn pemikiranmu.
    Dan berdialoglah dgn sopan dan logika.wassalam

    BalasHapus
  58. Bagus sekali rencana ini, dari hasil nukillan dari punca yang pasti dan ada yang mungkin, pokoknya minda berkembang, !.. Hasil pengumpulan sejarah juga agak jauh mendalam, kalau ada yang ngak sepakat/setuju ya udah , dicubaen buat Blog sebaik ini , apa anda bisa, syabas harus dikembangkan lagi topik seangkat ini ya..

    BalasHapus
  59. Ngakak fingang ana terbang

    BalasHapus
  60. Yang Bikin Ini Yakin Ga mabok? itu udah ketauan dari relief nya ada dewa2 orang Kalo ga hindu/buddha

    Candi borobudur itu menggambarkan kaum nya orang islam itu beda berpakaian nya pas zaman dahulu dengan orang hindu/buddha

    BalasHapus
  61. berarti sulaiman adalah seorang buddha LOL

    BalasHapus
  62. ciyee :v gua bingung orang" yg komen fada geblek kali ye? ini gua jadi merasa ni blog cmn temfat sebagai adu domba antar agama :v kaggak barokah minta ane fentung ape? :v

    BalasHapus
  63. Yang bikin ORANG TOLOL !!!! , GOBLOK !!! HERAN GUA LIATNYA.

    BalasHapus
  64. COMING SOON

    "Ternyata semua orang di indonesia asalah islam"


    TOLOL !!!

    GOBLOK !!

    BalasHapus
  65. LUcu... ilmunya akira toriyama dipake & asal nyambung aja bwakakakaka......luucu sekali sampe terpingkal2

    BalasHapus
  66. Namanya juga penelitian. Ilmu itu luas dan berkembang karena digali. Banyak kata orang benar ternyata salah setelah digali dan sebaliknya. Pendapat yang katanya tanpa bukti atau fakta dan hanya jadi bahan olokan tidak diterima dalam saint. Ilmu murni tidak membedakan benar atau salah tapi fakta. Jangan jadikan agamamu sebagai bahan untuk menjelek-jelekan, karena hanya akan memperlihatkan kualitas agamamu. Apapun agamamu. Belajar!

    BalasHapus
  67. Semua milik pencipta. Yg punya blog cinta dgn Islam tp cinta tok tdk mendalaminya. Jdnya ya kacau. G ada bukti ilmiah kl borobudur berkaitan dgn nabi sulaiman, Dan wonosobo jg g ada bukti, orang stupid pinternya merangkai cerita yg kebetulan nama sama relief mirip. Kl orang sperti ini dipelihara merusak cicit kita dimasadepan. Mending dihapus same blognini. Suram Dan men yes at kan.

    BalasHapus
  68. Dulu kata Bapak ane jaman PKI orang-orang PKI pd biking lubang kl partainya menang yg non PKI dibunuh Dan dimasukan kelubang yg sdh dibuat mreka. Tp setelah ane gede malah korban yg dibantai talk berdosa justru orang-orang PKI, myatnya di tembak dihutan, dgn sistem tunjuk ini itu diarak dinaikan trunk n entah kemana TDK ada kabar lg. Nah kaitanya dgn artikel diatas hampir mirip, membelokkan sejarah entah untuk politik agama atau me rasa senang agamanya paling wah, pendiri borobudur sailendra dia orang pin tar ilmu agamanya tinggi dan jamannya lbh dekat dgn nabi sulaiman drpd jaman kita, makanya semua relief yg ada berkaitan dgn Alam dunia akhirat. Saat borobudur runtuh jaman belanda krna letusan gunung relief byk ancur, n diperbarui andai saat ITU sy dijamannya Dan berkuasa maka akan sy buat relief kehidupanku, sehingga kamu sekarang melihat bahwa aku keturunan sailendra, bodooooh semuaaaaa. Drpd sia-sia mending sisa hidupmu cr dimana TUHAN sembunyi. Dan kl sdh ketemu dgn TUHAN tulis di blog ini, Biar yg baca artikel diblog INI tdk tersesat mencari TUHAN.

    BalasHapus
  69. Sedikit memberi arahan dan penjelasan : Itulah orang indonesia... sampai2 saya keheranan sendiri.... sudah dibantu tapi maunya macam2....harusnya berterimakasih kepada Rafless warisan budaya itu di pugar sampai sekarang ini... coba berpikir rasional???? sekarang sudah jaman modern & pluralism!!!! jangan hanya karena egois pada agama masing2 sehingga asal KLAIM sana sini... Pada belajar SEJARAH apa ga ya??? negara kita dulu itu pernah penjadi negara maritim yg maju & terkenal di asia terutama saat kerajaan sriwijaya-majapahit, krn sering terjadi pertukaran pelajar/bhiksu dari india, china dsb...Jangan anggap orang dulu/kuno itu primitif ya, justru sangat cerdas pemikirannya. Berbagai sumber sejarah juga sudah cukup jelas.... Coba kalian lihat lokasi sekitar atau satu pulau jawa & sumatera sekalipun,,, banyak ditemukan candi bercorak hindhu- buddha!!! SUDAH JELAS2 DI BOROBUDUR ADA RELIEF, BANGUNAN STUPA & ARCA BUDDHA yang mana ada relief yang sama ditemukan di candi2 sekitarnya... Perlu anda ketahui bahwa Stupa adalah tempat untuk menyimpan abu/relik orang suci. Arca budha untuk simbol sang guru buddha. Saya sebagai buddhism dan matematikawan juga ingin menanggagapi anggapan FB atas klaim borobudur peninggalan sulaiman. Sebagai ahli + dosen matematika seharusnya tahu kapan matematika itu ada??? Dari 1000 th SM juga sudah ada matematika, dan orang yang menemukannnya tentunya lebih pintar dong dari apa yg kita pelajari sekarang. Seharusnya jangan heran kalau orang dulu mampu membuat perhitungan yang luar biasa akurat dan tepat.... Jadi janganlah meragukan kehebatan orang2 nusantara dulu..... Kalu memang bukan buatan manusia, coba anda sekalian tunjukkan ciri-ciri benda buatan mahkluk gaib itu seperti apa....DAN COBA RENUNGKAN : " JIKA ADA ORANG DARI SUKU PEDALAMAN YG TIDAK PERNAH KE KOTA LALU PERGI KE JAKARTA MISALNYA, LALU KEHERANAN MELIHAT GEDUNG-GEDUNG TINGGI, MALL, DAN BANGUNAN MODERN LAINNYA, APAKAH ORANG ITU AKAN BERKATA BAHWA BANGUNAN2 ITU ADALAH BUATAN MAHKLUK GAIB SEPERTI AGAMA YG DIANUTNYA???? &&&Thanks. May All Being Be Happy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, penjelasan ente itu sangat logis. mencerminkan slimmy idiot yang gak bisa liat harta karun bagus dikit aja.....ada candi bagus, diklaim, ada pura bagus, diklaim, ada negara, orang2 hebat diklaim duh ni para pemutar tembok kabah tolol ama pencium memek bertitel hajar aswat kapan cerdasnya ya, halah....

      Hapus
  70. Mohon maaf apalah artinya semuanya dikatakan milik/dari/peninggalan/konsep Islam cuma untuk menyenangkan hati segelintir orang yg memang pengetahuan tentang agamanya kurang.Saya sedikitpun tdk merasa senang / takut apabila orang berduyun-duyun masuk ataupun meninggalkan keyakinannya.Setiap manusia mempunyai keyakinan berbeda dan itu memang dg sengaja diciptakan Tuhan agar kita bisa saling menghargai menghormati mengerti dengan perbedaan yg ada.Satu sisi dg bangga umat Islam mempublikasikan mualaf2nya tapi disatu sisi sangat membenci umat Islam yg meyakini keyakinan non muslim padahal cukup banyak yg melakukan itu tapi tdk terpublikasikan untuk itu marilah kita saling instropeksi diri agar tdk timbul kesombongan2 semata,karena manusia cuma bisa menafsirkan tanpa mengerti dg kepastian yg sebenarnya.Tuhan Maha pencipta,mengetahui segalanya tanpa batas Maha adil Maha pengasih dan penyayang dll banyak lagi sifat2 Tuhan yg diklaim dlm kitb2 suci. Mohon maaf trimakasih

    BalasHapus
  71. YANG PUNYA BLOG MASIH DISODOMI AMA DJAJAL THU!

    BalasHapus
  72. gw masuk greja,dicuekin sma yesus dia malah melengos,ahirny gw keluar.sambil duduk d teras gw baca bibel,ga sengaja gw buka lukas 2;21 yg isiny dihari ke 40 yesus d sunat.we jadi inget sm kontol we yg blom d sunat padahal w dh gede. sempet berpikir 'mungkin yesus ngeliat w melengoos karna w lom di sunat x ye.ahirny w pulang, trus w ke dokter ke spesialis kontol,akhirny w disunat.pas hari minggu w ke gereja mau bribadah dengan harapan yesyus ga cuek lg klo w datang ke gereja.pas w masuk greja w perhatiin, yesus w kira akan senyum gitu ngeliat w dh d sunat ehh malah melengos lg gw d cuekin lgi.ahirny w pulang 'sampe sekarang w ga pernah masuk gereja lagi .w pikir tuhan ko cuek.sampe2 w bersumpah klo yesus dh ga ngelengos lg baru w mau masuk greja.

    BalasHapus