Judge Bao Hakim Agung Muslim Legendaris Dunia


QS.5 Maa'idah:8. Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Judge Bao adalah sebutan dalam bahasa Inggris, nama asli beliau adalah Bao Zheng (baca: Pau Ceng), seorang jaksa dari Dinasti Song (baca: Sung), tahun 999 – 1062, jabatannya sekaligus adalah Walikota Kaifeng. Dikenal karena ketegasan dan keberaniannya menegakkan hukum tanpa pandang bulu, sehingga lebih dikenal dengan nama Bao Qing Tian (baca: Pau Jing Thien), yang artinya adalah Bao Langit Biru, karena selalu membaca hukum yang mencerahkan rakyatnya di masa itu.

QS.4 Nisaa':135. Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu.

Tidak terdapat bukti apapun yang mendasari penggambaran tokoh Judge Bao ini adalah seorang yang berkulit hitam gelap seperti di filmnya, tapi penggambaran kulit hitam itu adalah menyiratkan simbol “kegelapan” di dunia keadilan Imperial China di masa itu.

Judge Bao terlahir dalam keluarga berpendidikan di Luzhou, yang sekarang dinamakan Hefei, di Provinsi Anhui, yang sampai sekarang merupakan provinsi paling miskin di China. Dalam usianya yang relatif muda, beliau sudah lulus ujian nasional tingkat tertinggi yang merupakan puncak dari seorang pelajar di masa itu, karena diwisuda langsung oleh kaisar, yang menyebabkan dia layak menyandang gelar Jinshi, kurang lebih setingkat Jaksa Agung Muda untuk penamaan di Indonesia.


QS.6 An'am:152. Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada sesorang melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat, dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat.

Kesan adil memang melekat erat dalam dirinya yang hidup di masa Dinasti Song (960 – 1279). Satu kisah mengenai sikap keadilan dirinya adalah ketika ia harus mengadili Chen Shimei, menantu raja, atas tuduhan Qin Xianglian. Chen dan Qing tadinya sepasang suami istri. Chen pergi ke ibu kota Kaifeng untuk mengikuti ujian negara. Setelah lulus, Chen bukannya kembali menjemput orang tua, istri, dan anaknya, ia malah mengaku bujangan dan berhasil memperoleh nama dan kedudukan dengan jalan menikahi putri raja.

Sementara itu Qin terpaksa membanting tulang merawat mertua dan anaknya. Ketika bahaya kelaparan melanda desa sampai menewaskan kedua mertuanya, Qin lantas membawa anak-anaknya ke Kaifeng. Namun, ia mendapati suaminya telah menikah lagi dan menolak mengakui keberadaan mereka.
Qin mengadukan nasib malangnya kepada Hakim Bao yang terkenal keadilannya. Hakim Bao lantas mengambil tindakan tegas untuk menghukum mati sang menantu raja, meski taruhannya adalah nyawa dan kedudukannya sendiri.

Keputusan ini ditentang permaisuri yang melarangnya mencampuri urusan keluarga raja. Perintah tegas permaisuri ini pun ditanggapi dengan ujaran dingin, “Keluarga raja dan rakyat jelata mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, tetap harus tunduk pada hukum negara.” Manakala permaisuri mengancamnya dengan kekerasan, Bao malah memilih menanggalkan topi dan jubahnya. Hukuman mati bagi Chen tetap dilaksanakan.

QS. 16 Nahl:90. Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

Itulah sikap tegas yang ditunjukkan Bao. Dia lebih rela kehilangan pekerjaan ketimbang mengkhianati hukum Islam yang dia yakini.

Sumber

39 komentar:

  1. Kocak apa kacrut beda2 tipis sih :))

    BalasHapus
  2. Sungukong & cipatkay masuk muslim

    BalasHapus
  3. goblok ga ketolongan nih anak yang nulis artikel, diajarin agamanya kali yah..? otak kok diletakin dipantat, ya gitu keluarnya kotoran semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayaaan buat dagelan:))

      Hapus
  4. Mao ZeDong juga muslim....
    Moshe Dayan muslim juga loh.....
    Ha...ha....ha...

    BalasHapus
  5. ngakak baca blog ini....

    BalasHapus
  6. hukum islamnya di sebelah mnaa?

    BalasHapus
  7. Judge Bao itu dewa kok...

    BalasHapus
  8. wali dalam islam itu hampir mirip ceritanya sama dewa cuma kalu wali tidak di sembah sembah kalau dewa disembah sembah penganutnya, judge bao kalo tidur jiwanya naik ke kahyangan seorang wali kalo tidur jiwanya naik ke 'Arasy yang berada di atas tujuh langit

    BalasHapus
    Balasan
    1. cafi wukhan werarci jia muslim khan?

      Hapus
  9. AlQur'an diringkas dalam surat Al Fatehah, Al Fatehah diringkas dalam BISMILLAHILROHMANILROHIM,BISMILLAHILROHMANILROHIM diringkas dalam huruf Ba, bukan berarti buda atau bilget ato bao ceng

    BalasHapus
  10. ha... ha... ha..., baru ketemu blog model begini, ini perlu di daftarkan ke MURI sebagai blog paling ngawur se dunia.

    BalasHapus
  11. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. temen amerikamu berbondong2 masuk islam, kamu sendiri malah jadi atheis
      weleh weleh....

      Hapus
  12. KAFIR KELIATAN DARI BAHASANYA YG NGGAK PUNYA SOPAN SANTUN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sopan, kamu yang ga sopan panggil2 orang lain kafir....

      Hapus
    2. ciri2 orang kagak punya sopan santun yaitu, panggil2 orang lain dengan sebutan kafir, pake capslock lagi, keliatan ga beradabnya....

      Hapus
  13. hahahaha nama aslinya judge bao aja ga disebutin tuh, blog bego

    BalasHapus
  14. Jd pengen kenal sama yg bikin ni blog Sumpah begony ga ketulungan hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bikin blog osama bin bohlam

      Hapus
  15. oi yang punya blog...request dong,gimana kalo Doraemon,Naruto,Spiderman ama Darth vader juga dimualapin..kan seru tuh..

    BalasHapus
  16. Islam agama top ... Rasisnya juga top apalagi bikin bom

    BalasHapus
  17. Hitler juga muslim, Karl Max juga muslim, Polpot juga ternyata muslim...gw punya data-datanya...

    BalasHapus
  18. miyabi muslim loh

    BalasHapus
  19. goblok yg bikin bblog ini , semua diasumsikan muslim semua ... ngaji dlu dech dipesantren Tebu Ireng ... tutup aja nech blog, pendalaman agama baru sedikit aja udh nulis macem2....

    belajar sama kiai2 NU dech yg mengajarkan toleransi dan cinta kasih... Baru jadi mualaf ya gan... maklum dech masih idealis dan sok tau... biasanya org yg baru pindah agama sok tau .. ilmu agama nya cetek tapi sok tau lebih dalem

    BalasHapus
  20. Wkwkwkwkk!!

    Telor ayam masuk islam dan udah sunat
    Tikus, kecoa, nyamuk semua pada sunat

    Warning :

    Merokok dapat menyebabkan ganguan jantung, kanker
    paru paru, dan Impoten

    Islam dapat menyebabkan kerusakan otak, gangguan
    mental, dan hilangnya akal sehat

    Hahahahaha..
    Hahahaha..

    Bisa mati ketawa ane di sini.

    BalasHapus
  21. putri salju dan 7 kurcaci juga muslim asal kalian tau...
    kata pinokio

    BalasHapus
  22. Ultraman, Power Ranger, Masked Rider, Doraemon, Ichigo, Dora, Teletubbies, Barney The Bear, Sinchan, Kobo Chan, Gundam juga Mualaf.

    BalasHapus
  23. Khonfusius. Lao Zhi juga Muslim ya? Wwkwkkwkwkw. Dia punya Jenggot soalnya.

    Kalo zhu Pat Kay gimana? Wkwkwkkwkwkw.

    Bener2 neh agama yang tolol


    BalasHapus
  24. Begitulah ajaran kalo ga punya panutan yang MULIA. Malu ya sama nabi mu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antonim. tiap lewat omonganmu merendahkan, mencibir dan lain sebagainya yang jelek-jelek. coba perhatikan komentar jelekmu begitu banyak. bikin orang panas hati. mungkin emang itu salah satu tujuanmu. sebaiknya kamu cepat berubah.

      Hapus
  25. blog yg bagus ini. ijin share ya, spy banyak yg dpt hidayah.

    BalasHapus
  26. Bao makan babi brart muslim sejati..
    perpanjang jenggot biar keren jadi tukang cabul jadi tukang kawin!!
    hahahaha
    Sama kaya Na*i ny Muh.......... Banyak bini..
    bnyk bini krna ga ad yg puasin ap doyan?
    puas2in dah sembah tembok sambil teriak pake TOA!!
    biar bangga!!!
    hahahaaha

    BalasHapus
  27. PAU CENG / PAU JING THIEN, NAMA MUALAFNYA PAJIRUDIN ?????????

    BalasHapus