Ternyata Jack Sparrow adalah seorang muslim


Captain Jack Sparrow, siapa tak kenal dirinya? Tingkah bajak laut kocak, cuek, dan gegabah yang muncul dalam tetralogi “Pirates of the Carribean” ini menarik minat banyak orang. Namun sedikit yang tahu jika Jack Sparrow adalah seorang muslim bernama Yusuf Rais!

Identitas Jack Sparrow terungkap dalam film terbaru “Pirates of the Carribean: Stranger Tides” yang tayang beberapa pekan terakhir. Coba lihat gambar poster di atas. Poster memperlihatkan keping aksesoris yang menggantung memiliki simbol bulan-bintang yang tak lain adalah simbol Islam yang dipopulerkan Kesultanan Turki Ottoman. Ini tidak kebetulan. John Ward alias Birdy alias Jack Ward adalah bajak laut kenamaan asal Inggris, hidup pada tahun 1553-1622. Seorang pelaut Inggris mendeskripsikan ciri-ciri fisik Jack sebagai bertubuh pendek dengan rambut tipis agak putih dan botak di bagian depan; wajah agak hitam dan berjanggut. Ia irit bicara dan acap mengutuk. Sering mabuk dari pagi hingga malam. Kelakuannya tidak mengenakkan. Bodoh dan idiot dalam berniaga.

Ia menjadi bajak laut sekitar tahun 1603. Ketika itu, bersama 30 orang rekannya, Jack merampas kapal layar ukuran kecil berbobot 25 ton dari Pelabuhan Portsmouth. Rekan-rekan kemudian mendaulat Jack sebagai kapten kapal. Proses mendaulat kapten ini tercatat sebagai sejarah pertama pembajak memilih sendiri pemimpinnya.

Berbekal sebuah kapal layar kecil, Jack menangkap kapal layar bernama “Violet” saat bergerak ke Isle of Wight. Dengan armada lebih besar, ia terus melakukan aksi pembajakannya sampai menangkap lagi kapal berbendera Perancis berukuran besar.

Armada Jack melanjutkan perjalanan menuju Laut Tengah yang berada di antara Eropa dan Afrika. Di sana mereka merampas kapal perang yang kemudian dinamai “The Gift”. Dengan kapal perang ini, Jack dan anak buahnya menyerang pedagang yang melintasi Laut Tengah selama dua tahun berikutnya.

Tahun 1605, The Gift merapat di Sale, Maroko. Dua orang pelaut, masing-masing, asal Inggris dan Belanda bergabung dengan komplotan Jack. Setahun kemudian Jack membuat perjanjian dengan Sultan Tunisia, Usman Dei, untuk menjadikan kota Tunis sebagai markas. Dari sini kegiatan pembajakan Jack semakin mencorong.

Sebuah kapal tua berbobot 60 ton bernama “Reniera e Soderina” berhasil dirampas Jack. Kapal ini kemudian karam saat berlayar di sekitar Yunani, menewaskan 400 awak di mana 250 orang di antaranya adalah muslim dan 150 lainnya adalah orang Inggris. Kematian ratusan muslim ini membuat rakyat Tunisia murka kepada Jack. Upaya Jack mendapatkan pengampunan dari Raja James I asal Inggris kandas. Namun Sultan Tunisia menepati janji dengan memberikan perlindungan buat Jack.

Kemurahhatian Sultan membuat Jack terpanggil menjadi orang Tunisia (ketika itu Tunisia di bawah kekuasaan Turki Ottoman). Jack lantas berganti nama menjadi Yusuf Rais, menikahi perempuan Italia sembari terus mengirim uang kepada istri tuanya di Inggris. Kisah pindah kewarganegaraan ini menginspirasi Robert Daborne dan menulis naskah berjudul “A Christian Turn’d Turk” pada tahun 1622.

Beberapa tahun selanjutnya, Jack meneruskan kegiatan pembajakan hingga mencapai kemakmuran. Sebelum pensiun dan menghabiskan usianya dengan hidup bahagia di Tunis, namanya harum karena menyelamatkan ribuan muslim dan yahudi Spanyol dalam sebuah pelayaran.

Tahun 1622, saat berusia 70 tahun, ia meninggal akibat wabah. Beberapa waktu menjelang kematian, ia beralih menjadi muslim.

Atas alasan sejarah itulah, pembuat film “Pirates of the Carribean: Stranger Tides” menyisakan sedikit ikon muslim pada diri Jack Sparrow alias Yusuf Rais. Jack memakai aksesoris dengan simbol bulan-bintang, sorban merah (tren pakaian muslim masa lalu), dan janggut. Tingkah slenge’an Yusuf Rais juga ditiru habis-habisan oleh Johny Depp saat berperan sebagai Jack Sparrow.

Sumber

43 komentar:

  1. over dongo cimeng melulu

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah ya... sesuatu banget

    BalasHapus
  3. Tahun 1622, saat berusia 70 tahun, ia meninggal akibat wabah. Beberapa waktu menjelang kematian, ia beralih menjadi muslim.

    (klaim sepihak)

    BalasHapus
  4. Taqqiya bangeeeetttt. Enggak sekalian tuh Johny Deep jadi muslim.

    BalasHapus
  5. Setuubuh, eh setujuuuuu!!!!
    Soalnya doi belajar rampok ama muhammad abis baca kisah perampokannya.

    Sumber : http://www.youtube.com/watch?v=__61nnb_quQ dan
    http://prophetmuhammadillustrated.com/pembunuhan-umm-qirfa.html

    BalasHapus
  6. Itu artinya menjadi bajak laut dan melakukan kejahatan adalah perbuatan yang patut dibanggakan dalam agama islam
    Pantas saja banyak umat islam yang menjadi teroris dan pembunuh

    BalasHapus
  7. Jack Sparrow itu kan tokoh fiktif????????
    kalo gitu besok gantian si spongebob ya :D
    (ngakak)

    BalasHapus
  8. Wah keren banget.. Baru tau bisa pindah agama setelah modar. Apa jangan2 ini kisah fiktif yang karakternya fiktif dengan berita fiktif yang ditulis oleh orang yang otak nya fiktif?

    BalasHapus
  9. BENAR TIDAKNYA ITU AKAN SULIT DI MENGERTI DENGAN NALAR MANUSIA,AKAN TETAPI MAHLUK-MAHLUK KAFIR AKAN KEBAKARAN JENGGOT KEREPOTAN DENGAN KEBENARAN ISLAM...BUKTI FAKTA NYATA,SEKARANG SAYA BERTEMAN SAMA ORANG AMERIKA,TERNYATA WARGA AMERIKA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM SECARA DIAM-DIAM,DI KARENAKAN BUKTI NYATA BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG SEBENARNYA,SETELAH MENGKAJI SEDALAM-DALAMNYA TENTANG ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi...kamu percaya kalo sibajak laut fiktif ini muslim????
      hehehehe

      Hapus
    2. Ada buku atau penelitian yang bisa dijadikan referensi gak? Biar sahih gitu

      Hapus
    3. wkwkwkwkwk....sory bro
      ane muslim, tapi kalau dah begitu cara qmu menyampaikan cerita (yang menurut khayalan mu benar).ketauan kali qmu bohong nya....
      refrensi yang qmu tulis di sebagian wacana itu pun ga bisa dijadikan patokan kebenaran... smua yang qmu tulis itu dugaan atau lebih pantas khayalan mu saja... (tolong qmu pelajarin dulu metode penelitian baru qmu bisa mengerti cara membuat suatu wacana yang benar2 fakta)

      aku ga ngerti qmu muslim atau tidak....
      kalau emank qmu muslim, tolong jangan pernah bikin malu agama kita dan nabi kita...

      tulisan mu hanya akan menunjukkan kalau agama kita itu adalah pembual yang sangat hebat dan bodoh dimata masyarakat....

      fanatisme adalah tindakan orang yang bodoh dan jgn bikin malu agama kita oke....

      Hapus
  10. Bukan, tidak tepat kalau dibilang Jack Sparrow adalah muslim karena memang tidak ada yang namanya Jack Sparrow dalam kehidupan nyata, tetapi ada kemungkinan karakter Jack Sparrow ini diilhami oleh seorang tokoh nyata bajak laut dari Inggris, yang pernah ditakuti di laut antara Eropa dan Afrika dan Mediteranian, Jack Ward alias Yusuf Reis. Coba deh, kalau nonton filmnya, setting kapal, bentuk tentara Inggris adalah mirip dengan setting kapal dan kehidupan di masa Yusuf Reis ini antara tahun 1600-1700 an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kalau nonton film terakhir dari film pirates of Carribean, anehnya konflik antara Jack Sparrow (nama yang sangat Inggris sekali), pasti dengan tentara Inggris dan bersetting di Inggris, padahal konflik bajak laut juga terjadi dengan ke kaisaran Prancis. Tetapi, terlepas dari apakah itu benar diilhami oleh tokoh nyata Yusuf Reis, ya hanya pembuat cerita Pirates of Carribean yang lebih tahu. Tapi siapalah yang bikin issu seperti ini??, bahwa Jack Sparrow adalah muslim, bisa jadi ada orang yang sebenarnya muslim bikin-bikin cerita dengan tujuan mencoreng muka orang Islam...menyamarkan bisa kalau di dunia maya..:)

      Hapus
  11. Gubrak, Jack sparrow itu tokoh fiktif, kalo tidak salah terinspirasi dari salah satu bajak laut yg cukup terkenal, Calico jack a.k.a John rackham, liat aja benderanya black pearl, itu benderanya persis yg dimiliki calico jack, sparrow n calico jack, juga punya kisah hidup yg sama, juga pernah sama2 punya dua wanita dikru kapalnya,

    BalasHapus
  12. 1 kata yg ga bisa lupa dari dia

    ''PARLEY''

    kata sakti yg diucap bajak laut klo g mau mati
    hahahhaha

    BalasHapus
  13. http://en.wikipedia.org/wiki/Jack_Ward salah info bisa sesat satu kaum yg ada, coba cek link dari ane, mungkin itu yg di maksud tolong jgn di plesetkan kebodohannya kasian yg udah bodoh makin bodoh

    BalasHapus
  14. Gw punya ide gmn klo dibikin jg profile artis2 porno JAV yang udah jadi mualaf. Biar dakwahnya gak nanggung2. CMIIW.

    BalasHapus
  15. itu adalah lambang yg dipakai oleh bajak laut yang notabene merampok, melakukan kekerasan, kejahatan dan barbarisme lainnya... jadi ya... simpulkan sendiri..

    BalasHapus
  16. Gue muslim juga...please masukin ke daftar dong.

    BalasHapus
  17. yah ampun.. gue sebagai sesama muslim bukannya bangga malah malu.
    ckckck..

    BalasHapus
  18. HAHAHAHAHAHHAHA BLOG SAMPAH. SEKALIAN AJA ANJING GW LO KLAIM SEBAGAI ISLAM, GW RELA KOK. HAHAHAHA.

    BalasHapus
  19. Ada referensi di wikipedia. Tak lihat banyak komen yg menunjukkan tingkat intelektual rendah. Plis riset dikit, sekali-kali pake otak lo..

    http://en.wikipedia.org/wiki/Jack_Ward

    BalasHapus
  20. Begitulah orang yang tidak berilmu/bodoh mengomentari sebuah tulisan dengan nafsu hewan bukan dengan akal/intelektual, yang menandakan akan dangkalnya pengetahuan ybs, jika mau jujur tinggal gali referensi dan kritiklah dengan cara ilmiah dan bukti empirik. bukan dengan menghujat, itu berarti akhlak si penghujat lebih rendah daripada hewan....SAYA SUKA TULISAN INI DAPAT MENAMBAH WAWASAN SAYA... THANKS BUAT YANG PUNYA BLOG KARENA SETELAH SAYA LIHAT DI WIKIPEDIA INFONYA JUGA AKURAT...

    BalasHapus
  21. sekalian aaja yah charles darwin si teori epolusi nyemot itu masukin islam kaka pemainternasional kaki... eh kuku... tatang...sukicep...tukimin...sukamaho!!!!!

    BalasHapus
  22. Jack Birdy benar seorang muslim. Tapi, Jack Sparrow hanya rekaan.

    BalasHapus
  23. yah.. ini bener2 edan namanya kaya gini mah masih kaga ada buktinya,, mending admin samper ke orng2 yg loe sebutin di arsip2 lu.. lu tnya agma dan alsn... lu sma aj ga bisa cerna ayat ,lakum dillukum walliyadin, kalau mau jdi pers jgn ecek2 yg profesional, DOSA...

    ASSTHAFIRULLAH HALAZIM......

    BalasHapus
  24. ngakak abis neh berita...
    makin ketauan otaknya para muslim bego ini..
    tukang klaim buntu..
    tukang klaim yang gak berasas atas fakta,..
    klaim sampah...

    hahahahahaha.....
    paling yang punya blog ne lulusan madrasah...
    hahahaha :D

    BalasHapus
  25. Jack sparrow memang muslim mass,dan namanya pun bukan jack sparrow . jack sparrow itu fiktif yang diangkat dari kisah nyata bajak laut terkejam no 2 didunia ,TAPI BUKAN JOHNY DEPP !!!!!!!! -_-

    BalasHapus
  26. Biarin aja...kan namanya juga ceritra...yg gak se 7 gak usah baca. terus berjuang.....biar hebo

    BalasHapus
  27. alhamdulillah
    karena membaca blog ini saya jadi insap
    saya sekarang percaya kebenaran islam 1000 persen
    saya sedikit cerita pengalaman spritual saya
    ternyata waktu isra mi'raj nabi muhammad sempat mampir di planet mars
    dan berhasil mengislamkan alien disana
    begitulah bisikan gaib yang saya dapat setelah sholat tahajud 100 rakaat
    allahu akbar...

    BalasHapus
  28. blog ini sebetulnya sumbernya dri mana ya ? apa udah ke bukti ?

    BalasHapus
  29. Loe Kristen?... Dia Budha?... Mereka Hindu?... Kalian Tau ane Muslim?... dan kite jalanin aje nih hidup bareng2 yang rame tapi dame... OK!. Alhamdullilah Ane Muslim. Hidup Anak Bangsa Indonesia!.

    BalasHapus
  30. ADMIN KONTOL KELUAR KOMENT LU NGENTOT
    SEENAK JIDAT BKIN CERITA KEK GNIAN
    EMNG DASAR TIKO BEGO

    BalasHapus
  31. Yup emang bener.
    Itu bukan klaim kosong belaka.
    Kita coba liat aja kapalnya, Black Pearl, sama itemnya sama Hajar Aswad di Mekah.
    Kemaren Black Pearl diwawancara jg dah mualaf.
    Alhamduillah.

    BalasHapus
  32. Oh ya maaf ne ya.Tuhan yang kalian anggap yesus itu didalam agama kami adalah nabi Allah Isa putranya Maryam.Ini semua adalah hal yang wajib kami umat islam yakini karena salah satu rukun iman yang ke empat.kita harus hidup rukun antar agama.jangan saling menghina dan merendahkan agama masing-masing.

    BalasHapus
  33. yang komen kotor gitu maksudnya apa ya???

    BalasHapus
  34. Islam itu agama yg indah dan damai, , ,

    BalasHapus
  35. nulis aja kgk bener "muncul dalam tetralogi "
    jack itu perampok , wajar aja klo ada benda2 aneh di badannya -_-
    liat tuh di kepalanya ada lebih dari 10 benda2 aneh yg mungkin saja punya makna

    BalasHapus